15 Tips Merawat Rambut Demi Mahkota yang Sehat

Tips Merawat Rambut

Rambut adalah mahkota semua manusia, terutama untuk wanita. Tanpa adanya rambut, penampilan seorang wanita serasa kurang sempurna. Mengingat betapa pentingnya rambut, maka tidak heran banyak wanita yang habis-habisan melakukan perawatan. Maka dari itu, bagi perempuan-perempuan yang memiliki masalah rambut, bisa disimak tips merawat rambut berikut ini.

Tips Merawat Rambut untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Permasalahan rambut yang sering ditemukan adalah rontok, lepek dan tidak berkilau. Kebanyakan perempuan memang mengeluhkan hal-hal seperti itu, apalagi para kaum hawa yang memiliki rambut panjang. Bahkan tidak jarang, mereka menemukan rambut bercabang di mahkotanya. Tidak enak dilihat dan mengganggu, menjadi alasan mengapa mereka ingin menyingkirkan permasalahan-permasalahan rambut. Bagi Anda yang memiliki permasalahan rambut dan sampai sekarang belum bisa mengatasinya, simak tips merawat rambut di bawah ini:

 

1. Penggunaan Masker DIY

Masker DIY adalah sejenis masker yang bisa Anda buat di rumah. Masker-masker jenis ini terbuat dari bahan-bahan alami yang sangat mudah Anda temukan. Alpukat, lidah buaya, telur, dan bahan-bahan lainnya. Tapi bahan umum yang sering dipakai adalah lidah buaya. Dalam pemakainya, Anda cukup mengambil daging buah, usapkan secara merata ke seluruh rambut, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Masker lidah buaya cukup ampuh untuk menghitamkan rambut. Anda yang berkeinginan untuk memiliki rambut hitam dan berkilau sangat dianjurkan menggunakan masker ini di rumah. Selain mudah ditemukan, masker lidah buaya juga tidak membuat kantong Anda jebol.

 

2. Pilih Shampo Sesuai Kondisi

Sama halnya dengan kulit, rambut pun memiliki berbagai macam tipe. Ada tipe kering ada pula tipe berminyak. Perawatan yang diberikan pada kedua tipe rambut, tentu saja berbeda. Maka ketika Anda memutuskan untuk membeli shampo, sesuaikan dulu dengan rambut Anda. Jika rambut Anda bertipe kering, pilihlah shampo yang bisa melembabkan. Shampo yang sesuai jenis rambut, akan membantu memulihkan kondisi rambut Anda.

Menghindari shampo-shampo yang memiliki zat-zat yang keras pun perlu Anda lakukan. Sebaiknya Anda jangan memilih shampo yang di dalamnya mengandung zat sodium lauryl sulfate. Shampo yang mengandung zat tersebut akan mempercepat kerusakan rambut Anda.

 

3. Menggunakan Baking Soda

Untuk Anda yang sering mewarnai rambut, dalam rangka mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh zat kimia pewarna rambut, Anda bisa menggunakan baking soda. Penggunaan baking soda cukup mudah dilakukan, Anda tinggal memasukkan 3 sendok makan baking soda ke air bilasan. Gunakan air tersebut untuk membilas shampo. Baking soda sangat berguna membersihkan zat-zat kimia yang tertinggal dari penggunaan cat rambut. Tips merawat rambut ini bisa Anda gunakan setiap ingin mengecat atau mengganti warna rambut.

 

4. Keramas dengan Cara yang Benar

Mengetahui cara keramas yang baik juga perlu Anda lakukan. Ketika keramas, gunakanlah air yang biasa-biasa saja. Bukan air dingin maupun air panas. Air panas akan menyebabkan minyak alami dari rambut Anda hilang. Pada akhirnya rambut cenderung menjadi kering. Sedangkan jika Anda menggunakan air dingin, rambut akan mengalami kekusaman. Tips merawat rambut selanjutnya adalah Anda jangan buru-buru menyisir rambut ketika basah. Rambut basah yang buru-buru disisir akan membuat kerusakan rambut Anda semakin meningkat. Sisirlah rambut setelah setengah kering.

 

5. Potong Rambut Bercabang

Permasalahan rambut bercabang, seringkali ditemui pada wanita-wanita yang memiliki rambut panjang. Penyebab terjadinya rambut bercabang karena kondisi rambut yang kering. Minyak alami di dalam rambut berada di tingkat yang rendah. Untuk mengatasi rambut yang seperti ini, Anda bisa memotong ujung-ujung rambut yang bercabang. Perlu diketahui bahwa memotong rambut bercabang tidak boleh sembarangan. Gunting yang digunakan haruslah gunting yang tajam. Jika Anda tidak tahu, contoh gunting-gunting yang digunakan oleh salon adalah gunting-gunting yang cocok digunakan. Sebenarnya tips merawat rambut dengan cara memotong ujung-ujung rambut bisa Anda lakukan di rumah. Hanya saja harus dengan catatan Anda menggunakan gunting yang benar-benar tajam, penggunaan gunting yang tumpul justru menimbulkan dampak tidak baik bagi rambut.

 

6. Tidak Berlebihan Menggunakan Aksesoris Rambut

Aksesoris rambut memiliki jenis yang macam-macam, yang paling umum adalah ikat rambut. Sekalipun ikat rambut adalah hal kecil tapi kegunaannya sangat besar sekali. Tanpa adanya ikat rambut, banyak wanita yang merasa kegerahan. Rambut panjang mereka juga cenderung tidak bisa dikondisikan. Apalagi bagi mereka yang memakai kerudung, ikat rambut menjadi sesuatu yang penting.

Dibalik kegunaan ikat rambut, ternyata rambut yang sering diikat tidak baik. Keseringan mengikat rambut akan membuat rambut mudah patah. Untuk itu, jangan sebaiknya jangan terlalu sering mengikat rambut, terutama dengan ikatan yang ketat. Selain rambut mudah patah, ikatan yang terlalu kuat pun akan membuat kepala Anda pening. Tips merawat rambut tentang aksesoris tidak sampai di situ, wanita yang gemar memakai catokan perlu hati-hati. Catokan yang memiliki panas yang berlebih akan mengakibatkan rambut kering dan rusak. Boleh saja memakai catokan, asal tidak terlalu sering. Tidak terlalu dianjurkan untuk kesehatan rambut Anda.

 

7. Menyisir dengan Baik

Menyisir rambut memiliki kiatnya masing-masing. Tidak asal-asalan dalam melakukannya. Kebanyakan wanita tidak mengetahui bagaimana menyisir rambut yang benar. Mereka hanya tahu menyisir dan ketika rambut kusut, mereka akan menarik sekuat tenaga sampai rambut kusut tersebut berubah menjadi normal. Padahal hal-hal demikian tidak dibenarkan dalam tips merawat rambut. Rambut yang disisir dengan kasar akan membuat rambut mengalami kerusakan hebat bahkan bisa melukai kulit kepala.

Tips merawat rambut yang perlu diperhatikan ketika menyisir adalah sisirlah dari bagian bawah terlebih dahulu, baru ke atas. Cara tersebut bisa mengurangi rambut dari serangan kerontokan. Kerontokan rambut juga bisa disebabkan karena Anda menyisir terlalu dekat dengan akar rambut.

 

8. Kurangi Pemakaian Hair Dryer

Hair dryer memiliki fungsi untuk mengeringkan rambut. Perempuan-perempuan yang tidak memiliki banyak waktu, sering melakukan tips merawat rambut basahnya dengan menggunakan hair dryer. Padahal kenyataannya, rambut yang dibiarkan kering sendiri secara alami sangat dianjurkan untuk dilakukan. Solusi lain yang bisa Anda lakukan untuk mengeringkan rambut dengan pemakaian kipas angin. Intinya, hindari semaksimal mungkin untuk menggunakan hair dryer. Rambut yang kering adalah salah satu akibat yang sering terjadi dari penggunaan hair dryer secara terus-menerus.

 

9. Minyak Almond

Minyak almond memiliki manfaat untuk melembabkan rambut. Dengan kekuatan yang dipunyainya, minya almond dapat mencegah masalah rambut seperti rontok, rambut kusam dan kering. Tips merawat rambut jenis ini bisa Anda lakukan melalui memanaskan terlebih dahulu minyak, tunggu hingga dingin. Oleskan minyak tersebut ke seluruh lapisan rambut, tunggu 20-30 menit. Setelah dirasa sudah cukup, bilas dengan air biasa. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa melanjutkan dengan ritual keramas seperti biasa. Rambut akan lebih lembut dibandingkan sebelum Anda menggunakan minyak almond.

 

10. Masker Jus Lemon

Manfaat lemon tidak hanya terbatas untuk kulit wajah saja, lemon bisa digunakan untuk masker rambut. Lemon yang sudah dikupas dari kulitnya, selanjutnya Anda blender. Oleskan secara merata sampai akar-akar rambut, tunggu selama 10 menit dan bilas menggunakan air. Jus lemon memiliki kegunaan untuk merawat rambut Anda dari kekusaman dan menjadikan rambut Anda lebih sehat dan indah. Tips merawat rambut semacam ini bisa Anda lakukan minimal dua hari sekali.

 

11. Makan-makanan Bergizi

Tips merawat rambut tidak hanya sebatas pada daerah luar saja. Dari dalam rambut juga perlu diperhatikan. Dengan memakan makanan bergizi seperti kacang-kacangan, daging, susu, ikan dan makanan yang lain dapat membantu Anda dalam merawat rambut. Merawat rambut dengan cara ini pun tidak terbatas pada keindahan rambut saja, aspek-aspek lain pun turut serta berpengaruh. Misalkan saja kulit Anda menjadi lebih cerah.

 

12. Kondisioner Rambut

Tidak sulit menemukan kondisioner rambut. Anda dengan mudah menemukannya di warung-warung kelontong, mini market hingga super market-super market besar. Kondisioner biasa dipakai setelah Anda memakai shampo. Oleskan di ujung-ujung rambut, diamkan beberapa saat lalu bilas. Tips merawat rambut dengan menggunakan kondisioner sangat ampuh dalam melembutkan rambut. Walaupun memang efeknya hanya sementara tapi cukup untuk membuat rambut Anda mudah diatur seharian. Anda bebas menggunakan kondisioner dari merk apa saja, apapun yang cocok dengan kantong dan kondisi rambut.

Baca Juga :

 

13. Makan Outmeal

Rambut Anda rontoh? mengkonsumsi outmeal sangat bermanfaat untuk mengurangi kerontokan. Kandungan biotin yang terkandung dalam outmeal sangat membantu dalam menjaga kelembapan rambut dan memperkuat akar-akar rambut. Tips merawat rambut jenis ini bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan karbohidrat di dalamnya cukup mengenyangkan jangka panjang, sehingga Anda tidak mudah untuk merasakan lapar.

 

14. Jangan Menggosok Rambut dengan Handuk

Anda pasti sering bukan menggosok rambut menggunakan handuk setelah keramas? kebiasaan seperti ini ternyata tidak baik untuk kesehatan rambut. Kondisi rambut yang basah cenderung lebih rapuh dan mudah rontok. Jadi Anda sangat tidak disarankan untuk menggosok-gosokkanya. Memang menggosok-gosokkan rambut ketika basah berfungsi mempercepat proses pengeringan rambut. Tapi demi kebaikan rambut Anda, hal seperti ini lebih baik jangan dilakukan lagi. Akan lebih baik jika Anda membungkus rambut Anda menggunakan handuk dan mendiamkannya sampai kering. Membungkus rambut hingga kering sangat bermanfaat dalam mencegah kerontokan dan menjaga kelembapan rambut.

 

15. Hindari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari memang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Tapi terpapar sinar matahari yang lama akan menyebabkan rambut Anda semakin kering. Paparan sinar matahari yang terlalu sering akan menghilangkan kelembapan pada rambut dan pada akhirnya rambut akan mudah patah dan rusak.

Merawat rambut memang susah-susah gampang. Tergantung pada ketekunan Anda dalam merawatnya. Meskipun cara-cara di atas sedikit membutuhkan usaha ekstra, tapi semua itu demi kelangsungan kehidupan rambut. Rambut yang rusak secara tidak sadar akan menurunkan percaya diri Anda. Daripada Anda lama-lama menghabiskan waktu untuk mencatok lebih baik waktu-waktu tersebut Anda gunakan untuk maskeran rambut. Jelas tidak menimbulkan efek samping, bahkan menutrisi rambut jauh lebih baik. Tips merawat rambut tidak perlu mahal, cukup dengan telaten dan rajin merawatnya. Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk pergi ke salon, creambath atau apapun itu yang membuat uang Anda menipis.

kata untuk mencari artikel ini:
  • OBAT menghilangkan bau mulut
  • rambut sehat adalah
  • rambut adalah mahkota
  • Leave a Comment

/* */