Kumpulan Penyakit

19 Tips Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami 100% Ampuh

tips memutihkan gigi

Tips Memutihkan Gigi – Gigi yang bersih, sehat, dan putih memang dambaan setiap orang. Dengan gigi yang putih, kepercayaan diri pun menjadi semakin meningkat. Dengan gigi yang putih berkilau, tersenyum menjadi sebuah kebiasaan baik yang sulit untuk tidak dilakukan. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk membuat gigi menjadi putih. Adapun memutihkan dengan cara instan, maka nantinya uang yang harus dikeluarkan pun semakin banyak. Tips Memutihkan Gigi berikut ini akan membantu Anda mendapatkan senyum indah setiap saat tanpa harus mengeluarkan uang banyak dan waktu tertentu.

 

Tips Memutihkan Gigi dengan Bahan Tradisional

Perubahan warna pada gigi umumnya disebabkan oleh banyak faktor. Sebaiknya hentikan terlebih dahulu faktor pemicu perubahan warna pada gigi. Setelah itu, mulailah mendisiplinkan diri untuk melakukan langkah-langkah pemutihan gigi secara tradisional. Ingatlah bahwa Tips Memutihkan Gigi  ini merupakan cara alami yang harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang cepat dan bertahan lama. Jadi jangan samakan dengan penggunaan bahan kimia di dokter gigi. Terutama yang perlu diingat adalah langkah ini bebas dari efek samping.

 

 1. Strawberry

strawberry

Sebagai buah yang memiliki rasa manis dan kecut, strawberry juga dapat memutihkan gigi. Kandungan vitamin C dan asam ellagic pada strawberry mampu membuat gigi menjadi putih. Dalam waktu singkat hasilnya sudah dapat dilihat. Selain itu, tidak perlu melakukan proses pembuatan bahan pemutih gigi dengan strawberry karena hanya dengan mengunyahnya saja Anda sudah dapat melihat hasilnya. Tips memutihkan gigi dengan strawberry sangat mudah dilakukan. Dapat juga dicampur dengan baking soda sebanyak satu teh dan dioleskan pada gigi lalu diamkan dua menit. Jangan lupa dibilas dan lakukan dua kali dalam seminggu.

 

2. Siwak

siwak cara memutihkan gigi

Siwak merupakan dahan dari sebuah pohon siwak. Sejak zaman Mesir kuno, bahan ini telah digunakan untuk membersihkan gigi. Tips Memutihkan Gigi  dengan siwak adalah dengan menghaluskannya hingga menjadi bubuk. Pilihlah siwak dengan tekstur lembut dan campurkan siwak yang telah halus tersebut dengan air. Oleskan pada gigi dan diamkan lima menit. Akhiri dengan berkumur dan lakukan juga seminggu dua kali.

 

3. Minyak Kelapa

minyak kelapa memutuhkan gigi

Sebuah minyak yang kaya akan manfaat adalah minyak kelapa. Tidak hanya untuk kulit dan rambut, ternyata bahan ini juga sangat baik untuk mencegah plak pada gigi dan menjadikan gigi lebih putih. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa tersebut ke gigi secara merata dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Tips Memutihkan Gigi yang satu ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan karena setelah didiamkan selama 10-15 menit, Anda tinggal meludahkannya dan berkumur hingga bersih. Akhiri dengan sikat gigi.

 

4. Kulit Jeruk

kulit jeruk

Jika Anda makan jeruk, tidak perlu membuang kulitnya karena Tips Memutihkan Gigi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Vitamin C pada kulit jeruk sangat efektif untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan membuat pasta dari bubuk kulit jeruk yang telah dikeringkan dan diblender. Campurkan dengan air dan oleskan pada gigi. Diamkan selama 3 menit dan kumurlah dengan air hangat. Untuk hasil yang optimal, ulangi langkah ini minimal dua kali seminggu.

 

5. Garam dan Lemon

garam dan lemon

Kombinasi kedua bahan ini merupakan Tips Memutihkan Gigi yang sangat ampuh. Garam memiliki sifat pengelupas alami yang dapat mengikis noda pada gigi. Sementara itu, lemon dapat melunturkan noda di lapisan enamel. Pertama, Anda hanya perlu mencampur satu sendok teh garam dengan beberapa tetes lemon dan gosokkan campuran tersebut pada gigi. Diamkan beberapa menit dan berkumurlah dengan menggunakan air hangat. Kedua, Anda dapat secara langsung mengaplikasikannya pada gigi dan diamkan beberapa menit sebelum berkumur dengan air bersih.

 

6. Cuka Sari Apel

cuka apel

Untuk Tips Memutihkan Gigi  menggunakan cuka sari apel, Anda tidak perlu membuatnya karena bahan alami ini telah banyak dijual di pasaran. Dengan harga yang pas di kantong, Anda dapat menggunakannya berkali kali. Terbukti bahwa kandungan pada sari cuka apel dapat menghilangkan noda pada gigi yang utamanya disebabkan oleh kafein serta nikotin. Jika digunakan untuk berkumur, maka bakteri dalam mulut akan mati terutama bakteri penyebab karies. Cukup dengan melarutkan dua sendok cuka apel ke dalam setengah gelas air dan berkumurlah selama kurang lebih satu menit. Gosoklah gigi setelah berkumur untuk kembali menetralkan kondisi mulut.

 

7. Baking Soda

Khusus untuk Tips Memutihkan Gigi  dengan baking soda, Anda hanya dapat melakukannya minimal satu atau dua bulan sekali karena jika berlebihan dapat merusak gigi. Hal yang perlu diingat adalah bahwa baking soda bersifat bubuk maka perlu dibuat menjadi pasta terlebih dahulu. Campurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok air dan oleskan pada gigi. Diamkan selama tiga menit dan berkumurlah dengan air hangat.

 

8. Baking Soda dan Jus Lemon

baking soda

Kombinasi baking soda dan lemon merupakan sebuah kolaborasi yang dapat membuat gigi berkilau. Baking soda juga dapat dicampurkan dengan hidrogen peroksida maupun strawberry. Tips Memutihkan Gigi dengan baking soda dan lemon dapat dilakukan dengan mencampur beberapa sendok baking soda dengan sedikit jus lemon. Letakkan pada gigi dan gosok gigi secara merata. Terakhir, berkumurlah dengan air bersih.

 

9. Apel

Tidak hanya menyehatkan, apel juga dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Namun satu hal yang perlu diingat adalah efek yang diberikan dari penggunaan apel sebagai Tips Memutihkan Gigi adalah cukup lama dan berproses. Yang perlu dilakukan hanyalah mengunyah apel karena apel memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan kerusakan pada gigi.

 

10. Arang

Sekalipun cara ini sedikit aneh namun ternyata terdapat zat aktif karbon yang dapat membantu memutihkan gigi. Tips Memutihkan Gigi dengan arang juga tidak dapat dilakukan secara rutin. Adapun yang harus dilakukan adalah menumbuk arang hingga menjadi bubuk dan campurkan dengan sedikit air. Kumurlah menggunakan campuran air tersebut dan bilas dengan air hangat. Sebaiknya hanya dilakukan maksimal dua kali dalam sebulan karena adanya zat pada arang yang dapat merusak lapisan pelindung gigi.

 

11. Kunyit

kunyit gigi

Kunyit sangat mudah ditemukan di dapur Anda dan sifat abrasif pada kunyit juga ringan. Namun sekalipun demikian, kunyit tetap dapat memutihkan gigi dan membuat gusi bebas dari mikroba berbahaya. Carilah kunyit bubuk dan taburkan pada sikat gigi. Sikatlah gigi seperti biasa lalu diamkan selama 2-3 menit. Kumur dengan air bersih kemudian sikat gigi menggunakan pasta gigi biasa. Tips Memutihkan Gigi menggunakan kunyit cukup sering dilakukan orang-orang tempo dulu.

 

12. Jeruk Nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis kaya akan vitamin C. Selain menjadi pemutih gigi, jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri dalam mulut. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras. Larutkan dengan segelas air hangat lalu berkumur dengan air larutan tersebut. Tips Memutihkan Gigi yang satu ini dapat dilakukan sesering mungkin.

 

13. Buah Pinang

Memiliki kandungan astringent dan hemostatik membuat buah pinang dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Yang perlu dilakukan adalah membakar biji pinang hingga hangus lalu tumbuk dan gunakan untuk olesan pada gigi.

 

14. Neem

Daun Neem

Zat azadirahtin pada Neem mampu memutihkan gigi sekaligus berperan sebagai antibakteri. Rebus daun Neen sebanyak 4-5 lembar dengan satu setengah gelas air, namun pastikan airnya tidak terlalu panas. Saring hingga hangat-hangat kuku dan berkumurlah menggunakan air saringan ini sebelum dan sesudah menyikat gigi. Anda dapat melakukannya setiap hari.

 

15. Jahe

Sebagai tanaman sejuta manfaat, jahe juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi dengan cara yang amat mudah. Anda hanya perlu membersihkan jahe dan memarutnya. Gunakan air perasan tersebut untuk berkumur dan sisa parutannya dapat diusapkan secara langsung ke gigi.

 

16. Garam Epsom

Mengandung Magnesium dan Sulfat membuat garam Epson berbeda dengan garam meja lainnya. Selain dapat memutihkan gigi juga dapat membunuh berbagai macam bakteri di mulut. Cara penggunaannya adalah dengan melarutkan garam Epson ke dalam air dan gunakan untuk menyikat gigi. Setelah itu sisa airnya gunakan kembali untuk berkumur dan bilas dengan air biasa. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga :

17. Daun Jambu Biji

Beberapa masalah gigi dan gusi dapat hilang dengan penggunaan daun jambu biji. Terdapat kandungan flavonoid dan fenol dimana keduanya dapat membantu menghilangkan stres oksidatif. Adapun yang perlu dilakukan adalah menyiapkan 1-2 lembar daun dan dicuci bersih. Buatlah pasta kasar dari daun tersebut dengan cara menghancurkannya. Gosok gigi dengan pasta kasar tersebut dan diamkan selama 1-2 menit. Lanjutkan dengan berkumur dan sikatlah gigi seperti biasa.

 

18. Kulit Pisang

Simpanlah kulit pisang yang telah dimakan isinya dan potong menjadi potongan yang lebih kecil lalu gosokkan bagian dalam secara perlahan ke seluruh bagian gigi dan diamkan selama kurang lebih 2 menit. Kumur dengan air hangat. Cara ini juga dapat dilakukan setiap hari hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Butuh ketelatenan dan kedisiplinan tinggi untuk hal yang satu ini.

 

19. Seledri

seledri gigi

Tidak hanya dapat digunakan sebagai sayuran dan pelengkap pada sayuran ternyata seledri juga dapat memutihkan gigi dengan cara yang amat sangat mudah. Cukup dengan mengunyah seledri karena kandungan selulosanya yang dapat membersihkan gigi, sudah cukup untuk membuat gigi nampak lebih putih. Selain itu kandungan airnya yang tinggi dapat merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai pembersih alami rongga mulut. Sama halnya dengan sayuran lainnya, seledri juga tidak perlu diolah sedemikian rupa untuk mendapatkan efek pemutih yang ada. Dalam hal ini, seledri memiliki fungsi yang sama pada wortel jika dikonsumsi mentah.

 

Demikianlah beberapa Tips Memutihkan Gigi yang dapat dicoba. Semua metode diatas aman digunakan dan tentu saja irit biaya. Namun sebelum mencobanya, pastikan terlebih dahulu dan pisahkan bahan-bahan apa saja yang boleh digunakan secara rutin dan yang tidak agar Anda tetap mendapatkan hasil yang terbaik. Jauhkan juga faktor-faktor penyebab gigi menjadi tidak tampil putih lagi seperti merokok dan mengkonsumsi minuman berkafein secara berlebihan. Imbangi dengan rajin menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal dan lebih cepat.

kata untuk mencari artikel ini:
  • bahan alami tradisional zaman dulu untuk memutihkan perawatan gigi
19 Tips Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami 100% Ampuh | admin Kesehatan | 4.5
/* */