Kumpulan Penyakit

Tips Memilih Kosmetik Aman Untuk Ibu Hamil

Tips Memilih Kosmetik Aman Untuk Ibu Hamil

Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil – Hamil bukan alasan untuk tidak merawat kulit agar tetap tampil cantik dan menarik. Namun ada kabar yang menyebutkan bahwa penggunaan kosmetik sangat berbahaya bagi ibu hamil. Pasalnya, di dalam kosmetik mengandung zat-zat berbahaya yang bisa terserap oleh tubuh melalui pori-pori kulit.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa hampir setiap wanita pastinya ingin selalu tampil cantik dan menarik pada setiap kesempatan, tidak terkecuali pada saat tengah hamil. Sebenarnya ibu hamil masih tetap bisa melakukan perawatan untuk mempercantikan dengan memakai produk kosmetik tertentu yang aman dan baik untuk ibu hamil. Namun para ibu hamil harus lebih selektif dalam memilih produk kosmetik yang akan di pakai, mengingat banyak sekali beredar produk kosmetik di pasaran yang mengandung berbagai kandungan zat-zat kimia berbahaya.

Tips Memilih Produk Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Bagi anda para ibu hamil yang hendak membeli produk kosmetik, ada beberapa hal penting yang perlu bumil perhatikan pada saat memilih produk kosmetik yang dibutuhkan, diantaranya yaitu :

  • Produk Khusus Untuk Kulit Berjerawat

Banyak ibu hamil yang sering bermasalah dengan munculnya jerawat, sebab pada saat sedang hamil akan terjadi perubahan hormon yang menyebabkan munculnya jerawat. Ketika bumil akan membeli produk perawatan kulit khusus untuk menghilangkan jerawat apalagi untuk jerawat yang sudah meradang, maka hindari produk kosmetik yang di dalamnya mengandung zat bernama isotretinoin dan tretinoin. Hal ini dikarenakan, kedua kandungan zat kimia tersebu dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Selain itu, hindari juga memilih produk kosmetik yang mengandung asam salisilat karena dapat menyebabkan proses pengelupasan pada kulit.

  • Produk Khusus Unuk Anti Penuaan

Selain jerawat, masalah kulit lain yang kerap di alami oleh para ibu hamil yaitu munculnya tanda penuaan pada kulit. bagaimana pun juga, ketika tengah hamil perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil kerap menyebabkan kulit tampak kusam dan muncul tanda-tanda penuaan. Untuk mengatasinya, pastikan bumil tidak salah dalam memilih produk kosmetik yang anda butuhkan, terutama untuk produk kosmetik yang mengandung zat retinoid. Hal ini dikarenakan, kandungan zat tersebut dapat mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan.

  • Produk Tabir Surya

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit, terutama pada saat berada di bawah terik panas matahari yang dapat membuat kondisi kulit tidak menentu. Untuk itu, kulit anda sangat membutuhkan produk tabir surya untuk melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit kering, kusam dan terbakar. Produk tabir surya yang baik dan aman untuk ibu hamil yaitu yang di dalamnya mengandung seng oksida dan titanium dioksida, karena kedua zat tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya papara panas sinar matahari. Selain itu, produk tersebut jugta tidak akan terserap oleh kulit yang dapat mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.

  • Produk Pewarna rambut

Ketika anda tengah hamil, sebaiknya anda mencoba untuk bisa menahan diri agar untuk sementara waktu tidak dulu mewarnai rambut dengan menggunakan produk pewarna rambut yang biasa anda pakai. Hal ini dikarenakan, di dalam produk pewarna rambut mengandung zat Ammonia yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Selain itu, di dalam produk pewarna rambut mengandung zat pewarna kimia yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Meskipun efek samping penggunaan produk pewarna rambut ini masih dalam tahap penelitian, namun dengan dikenali dari berbagai kandungan zat yang ada di dalamnya sebaiknya bumil menghindarinya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada calon buah hati anda.

  • Produk Pewarna Kuku

Selain produk pewarna rambut, produk pewarna kuku juga wajib untuk anda hindari selama kehamilan. Hal ini dikarenakan, di dalam produk pewarna kuku mengandung berbagai zat pewarna kimia yang dapat berdampak burug bagi janin dalam kandungan. Zat tersebut akan terserap oleh tubuh melalui sela-sela kuku. Perlu anda ketahui bahwa di dalam pewarna ditemukan kandungan zat phthalates yang dapat meningkatkan resiko kelainan pada tubuh bayi.

  • Pilih Produk Kosmetik BerBPOM

Ketika anda sedang mencari produk kosmetik, pastikan produk yang anda pilih sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM) untuk memastikan jika produk kosmetik tersebut memiliki kandungan yang aman.

Tips Perawatan Kulit Wajah Alami Saat Hamil

Disamping memilih produk kosmetik yang aman untuk ibu hamii, anda juga sebaiknya tidak lupa untuk melakukan perawatan kulit wajah dengan cara alami. Berikut ini beberapa tips perawatan wajah alami yang tidak boleh anda lupakan saat hamil, yaitu :

Merawat Wajah Dengan Masker Buah-Buahan

Saat hamil, anda tidak perlu heran jika kulit wajah anda tampak kusam dan muncul berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak, tanda penuaan dan masalah kulit wajah lainnya. Hal ini dikarenakan, tubuh ibu hamil sedang mengalami perubahan hormon. Pada saat hamil, memang sebaiknya bumil tidak sembarangan untuk memilih produk kosmetik.

Untuk menutrisi kulit wajah saat hamil, sebaiknya bumil melakukan perawatan secara rutin dengan menggunakan masker alami dari aneka buah-buahan. Beberapa jenis buah yang baik dan aman untuk merawat dan menutrisi kulit wajah saat hamil diantaranya seperti buah alpukat, tomat, mangga dan berbagai jenis buah-buahan lainnya. Melakukan perawatan wajah menggunakan masker alami ini dapat membuat kulit wajah tampak lebih bersih, cerah dan bebas dari masalah kulit lainnya.

  • Membersihkan Kulit Wajah Secara Teratur

Pada saat sedang hamil, bumil sangat disarankan untuk rutin dan teratur membersihkan kulit wajah. waktu yang tepat untuk mencuci muka yaitu setiap sebelum tidur, bangun tidur dan setiap setelah melakukan aktivitas yang dapat membuat kulit wajah terkena debu dan polusi udara. Pada saat mencuci muka, pastikan anda menggunakan sabun muka yang aman dan cocok dengan jenis kulit anda.

  • Memakai Pelembab Yang Aman

Setiap setelah mencuci muka dan setiap akan pergi keluar rumah, sebaiknya jangan lupa untuk memakai pelembab kulit wajah dan pastikan menggunakan produk pelembab yang aman untuk ibu hamil dan sudah terdaftar di BPOM. Gunakan pelembab yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit anda, jika kulit wajah anda cenderung berminyak, maka sebaiknya pilih produk pelembab yang tidak mengandung olive oil.

Itulah beberapa hal penting yang perlu bumil perhatikan pada saat akan memilih produk kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Sedikit tambahan yang tidak kalah penting untuk anda ketahui, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan dalam penggunaan produk kosmetik. Jika anda memang merasa ragu dan takut untuk memakai produk kosmetik yang biasa anda pakai sehari-hari sebelum hamil, maka solusi terbaiknya anda bisa melakukan perawatan wajah dengan bahan-bahan alami.

Selamat mencoba dan semoga informasi yang kami sampaikan tentang tips memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil diatas dapat bermanfaat untuk anda sekalian.

Tips Memilih Kosmetik Aman Untuk Ibu Hamil | Doktersehat | 4.5
/* */