Kumpulan Penyakit

13 Tips Melahirkan Normal Anak Pertama Bebas Risiko

tips melahirkan normal

Tips Melahirkan Normal – Kehamilan seperti menjadi bunga tersendiri dalam kehidupan pernikahan, apalagi jika kehamilan tersebut adalah kehamilan anak pertama. Bagi pasangan yang sudah lama menikah ataupun baru menikah pasti ingin segera memiliki momongan. Terlepas dari kebahagiaan kehamilan anak pertama, ada satu hal yang tidak boleh terlewatkan yakni mempersiapkan proses kelahiran. Mayoritas wanita termasuk Anda pasti menginginkan proses lahiran yang normal, akan tetapi banyak isu yang beredar bahwa melahirkan normal justru sangat sakit. Memang benar, bahwasanya melahirkan secara normal jauh lebih sakit daripada operasi namun ada beberapa tips melahirkan normal yang dapat Anda lakukan. Tips-tips tersebut nantinya akan meminimalisir rasa sakit atau berbagai risiko yang tidak diinginkan selama proses lahiran.

 

Tips Melahirkan Normal yang Harus Anda Ketahui

Sebagai calon ibu, Anda tidak perlu takut lagi dengan prosesi melahirkan apalagi melahirkan secara normal. Proses penyembuhan ketika Anda memilih lahiran normal akan jauh lebih cepat dibandingkan ibu yang melahirkan dengan operasi. Sebelum itu, untuk menguatkan kembali niat Anda memilih melahirkan secara normal cermatilah beberapa tips-tips berikut ini:

1. Rajin Berkonsultasi Dengan Dokter Kandungan

Selama masa kehamilan, Anda harus rutin berkonsultasi ke dokter kandungan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin. Berkonsultasi disini bukanlah konsultasi biasa, Anda dapat menyampaikan beberapa kekhawatiran menghadapi masa persalinan. Nantinya dokter akan menenangkan Anda dan memastikan bahwa apapun proses melahirkannya akan dilakukan sesuai standar dan penuh tanggung jawab. Disamping itu Anda juga berhak mendapatkan informasi yang akurat terkait tips melahirkan normal atau sejenisnya. Ketika melakukan sebuah pemeriksaan kandungan biasanya dokter akan memberikan berbagai macam tes. Sebelum melakukan tes tersebut Anda dapat menanyakan terlebih dahulu sejauh mana tingkat kepentingan dari tes yang dilakukan. Apabila dirasa tidak terlalu penting Anda dapat memilih untuk menolaknya, hal tersebut berguna agar Anda tidak was-was dan gugup ketika mengetahui hasilnya.

2. Tenang Saat Terjadi Kontraksi

Kebanyakan ibu hamil akan panik apabila terjadi kontraksi di perutnya, apalagi jika waktu sudah masuk masa melahirkan. Salah satu tips melahirkan normal yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang saat terjadi kontraksi. Jika tidak terjadi pecah ketuban Anda tidak perlu cemas berlebih, lakukanlah beberapa gerakan ringan di dalam rumah seperti berjalan-jalan atau berendam dalam air hangat. Cara tersebut akan memudahkan Anda merasakan pembukaan, nah begitu pembukaan sudah mulai dirasakan barulah Anda dapat langsung ke rumah sakit atau bidan.  Ketika tiba di rumah sakit atau bidan dengan keadaan sudah pembukaan, maka proses melahirkan secara normal akan berjalan dengan lancar.

3. Memilih Sarana Melahirkan yang Baik

Kunci agar proses melahirkan anak pertama berjalan lancar dan normal adalah memilih sarana melahirkan yang baik. Memilih sarana masuk dalam kategori tips melahirkan normal, Anda harus memilih tempat melahirkan dengan fasilitas yang lengkap. Selain itu pihak yang menangani harus yang berkompeten dan memiliki kesabaran biasanya dokter atau bidan yang sabar akan memotivasi Anda tetap bertahan untuk melahirkan normal. Perlu Ana ketahui operasi sesar hanya dilakukan apabila pasien sudah tidak kuat lagi. Bisa juga terjadi kendala-kendala pada ibu dan janin yang apabila tetap dilakukan proses melahirkan normal justru akan sangat membahayakan untuk keduanya. Tidak menutup kemungkinan, apabila Anda tidak memilih sarana yang baik pihak dokter atau bidan akan langsung menawarkan operasi.

4. Mencoba Mendengarkan Musik

Tidak dapat dipungkiri bahwa persalinan normal sangatlah sakit, terutama untuk Anda yang baru pertama kali melahirkan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada tips melahirkan normal yang dapat dilakukan sebagai peredam rasa sakit menjelang persalinan yaitu dengan mendengarkan musik. Begitu Anda mendengarkan musik yang disukai cobalah secara perlahan-lahan berlatih mengatur nafas. Bisa juga melakukan beberapa gerakan ringan di atas ranjang yang terpenting menjelang persalinan normal Anda jangan diam saja di atas kasur. Hal tersebut akan membuat tubuh merasa lelah dan menjadi lebih sakit saat persalinan berlangsung.

5. Menjalani Kursus Pra Melahirkan

Tips melahirkan normal yang satu ini adalah yang paling banyak dipilih, apabila Anda menginginkan persalinan normal maka harus direncanakan sejak dini. Mulailah rutin mendatangi dan mengikuti kursus pelatihan pra melahirkan, disana Anda akan diajarkan berbagai macam teknik saat persalinan. Biasnya yang diajarkan disini adalah proses pernafasan, mempersiapkan kondisi jasmani dan mental menjelang melahirkan dan rileksasi. Beberapa pembuktian menyebutkan bahwasanya seorang ibu yang mengikuti kursus pra melahirkan cenderung lebih siap selama proses persalinan. Kursus ini juga dilakukan minimal untuk membantu Anda menyiapkan diri menghadapi rasa sakit saat persalinan normal nanti.

6. Menjaga Berat Badan

Sejak awal kehamilan mungkin Anda merasakan nafsu makan menjadi bertambah dan menginginkan berbagai macam jenis makanan. Hal tersebut wajar saja karena selama masa kehamilan Anda harus memiliki asupan nutrisi gizi yang cukup. Semakin sehat tubuh Anda semakin siap pula untuk menjalani persalinan normal. Akan tetapi pada tips melahirkan normal yang harus diperhatikan kali ini adalah masalah berat badan, Anda harus pandai mengontrol berat badan. Jangan sampai berat badan berada pada angka yang berlebihan karena jika demikian akan menghambat niat atau rencana Anda untuk melahirkan secara normal. Memiliki berat badan yang terlalu berlebihan saat hamil juga dapat berbahaya dan berisiko terkena komplikasi kehamilan.

7. Makan Sebelum Proses Persalinan Berlangsung

Makan menjadi tips melahirkan normal yang sering disepelekan, Anda harus tahu bahwa persalinan normal membutuhkan banyak energi. Bagi yang belum memiliki pengalaman melahirkan tentulah hal ini menjadi sangat riskan, apabila Anda kehabisan energi bisa saja kondisi tersebut akan sangat membahayakan. Untuk menambah energi, cobalah makan beberapa cemilan yang Anda sukai pastikan cemilan yang dimakan adalah cemilan sehat dan tidak menimbulkan muntah. Pemberian makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tidak dianjurkan, mengapa demikian? Karena dapat menimbulkan mual saat persalinan. Energi ini sangat dibutuhkan di detik-detik terakhir persalinan normal yaitu ketika mendorong bayi benar-benar keluar.

8. Melakukan Simulasi Nyeri

Tips melahirkan normal untuk anak pertama agar lancar dan meminimalisir risiko dapat Anda lakukan dengan melakukan simulasi nyeri. Lakukan simulasi ini bersama orang yang berkompeten seperti dokter. Pada kegiatan simulasi nyeri Anda akan dibimbing untuk mencari posisi paling nyaman ketika melahirkan normal nanti. Pemilihan posisi yang nyaman dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang dialami. Akan tetapi, kembali perlu diperhatikan simulasi ini tidak boleh Anda lakukan seorang diri tanpa adanya pendampingan.

9. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Menjalani proses persalinan yang lancar dengan rasa sakit yang tidak berlebih dapat diakali dengan menjaga kesehatan. Tips melahirkan normal yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan.  Ketika tubuh Anda sakit atau dalam keadaan tidak normal kesehatannya pihak dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi sesar. Hal yang lebih parah apabila tubuh sudah mencapai yang namanya komplikasi, jika Anda sudah komplikasi maka melanjutkan persalinan normal akan sangat berbahaya. Menjaga kesehatan yang dimaksudkan disini sangat dianjurkan diterapkan sejak trimester pertama kehamilan. Walaupun sedang hamil bukan berarti menjadi alasan Anda tidak berolahraga, olahraga menjadi cara paling ampuh dalam menjaga kesehatan Anda dan bayi yang sedang dikandung. Makanan yang dikonsumsipun harus mulai dipertimbangkan, ibu hamil sangat rentan sekali sakit. Apabila daya tahan tubuhnya tidak kuat maka akan mudah jatuh sakit atau terserang penyakit baru. Dengan kondisi yang seperti itu rasanya tidak mungkin Anda akan melakukan persalinan normal, jadi selalu jaga kesehatan selama proses kehamilan.

10. Mengetahui Pergerakan Posisi Bayi

Tips melahirkan normal yang dapat dilakukan Anda dan suami selanjutnya adalah memantau dan melihat perkembangan posisi bayi. Di masa awal kehamilan, posisi kepala bayi masih terletak di atas namun seiring berjalannya waktu bayi dalam perut akan memutar. Pantaulah terus pergerakan bayi Anda, umumnya menjelang masa persalinan bayi akan otomatis memutar kepala di bagian bawah. Kemudian dilanjut dengan prosesi pembukaan, pada tahap pembukaan posisi bayi sudah menyesuaikan dengan ruang pinggul ibunya. Apabila posisi bayi sampai pada masa akan melahirkan tidak kunjung berubah sesuai dengan seharusnya maka mau tidak mau jalan keluarnya adalah dengan dilakukan operasi.

11. Jangan Sungkan untuk Berteriak

Tips melahirkan normal yang dapat Anda terapkan selanjutnya adalah jangan malu untuk mengeluarkan suara. Dengan mengeluarkan suara akan meminimalisir rasa sakit tersebut bahkan jika Anda ingin berteriak lakukan saja. Mengeluarkan suara pada saat terjadi kontraksi atau menjelang persalinan membawa banyak sekali manfaat. Mengeluarkan suara bagi ibu hamil ketika menjalani persalinan normal akan membuat otot panggul dan paha jauh lebih santai. Akan tetapi, apabila Anda mengeluarkan suara saat proses melahirkan hal tersebut juga harus dipantau. Jangan sampai energi terkuras habis untuk berteriak, padahal proses persalinan masih panjang.

12. Melakukan Relaksasi Otot

Otot-otot dalam tubuh Anda harus mulai dilatih apabila menginginkan persalinan dengan proses normal. Tips melahirkan normal dengan melakukan Latihan relaksasi otot dapat mulai rutin dilakukan memasuki usia kehamilan trimester kedua. Apabila otot-otot dalam tubuh tidak segera dilatih maka ketika persalinan berlangsung Anda akan merasakan sakit yang luar biasa. Rasa sakit yang luar biasa akan mempengaruhi keselamatan ibu dan janin, apalagi jika Anda tidak kuat menahan rasa sakitnya.

13. Hilangi Sugesti Buruk Tentang Persalinan Normal

Tips melahirkan normal yang terakhir adalah membebaskan diri Anda sendiri dari berbagai macam sugesti buruk tentang prosesi persalinan normal. Anda harus memiliki sikap optimis dan jangan takut, sebisa mungkin hindari berbagai pemberitaan yang menakuti-nakuti. Apabila Anda tidak segera mengabaikan sugesti ini, maka akan berdampak pada keadaan psikis. Psikis yang terganggu secara langsung akan mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungannya.

Baca Juga :

 

Itu dia tips melahirkan normal anak pertama yang harus Anda ketahui sejak dini. Secara umum keberhasilan prosesi melahirkan secara normal bergantung pada dukungan orang sekitar dan keadaan psikis si ibu sendiri. Untuk itulah apabila Anda masih ragu dan takut untuk melahirkan normal lebih baik jangan dipaksakan karena dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, selamat mencoba.

kata untuk mencari artikel ini:
  • tips melahirkan normal anak pertama
  • tips agar mudah melahirkan anak pertama
  • apa yang diajarkan di kursus melahirkan
  • Berat badan agar persalinan normal
  • pelatihan dini supaya mudah melahirkan
13 Tips Melahirkan Normal Anak Pertama Bebas Risiko | admin Kesehatan | 4.5
/* */