Ketahuilah Tanda-Tanda Anemia Yang Menyerang Tubuh

tanda Anemia

Tanda Gejala Anemia – Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terbilang umum karena banyak orang yang sering merasakan gangguan anemia ini. Anemia atau kekurangan darah adalah penyakit yang menyerang bagian sel darah di dalam tubuh. Akibat seseorang terserang anemia akan membuat sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan. Jika daya tahan tubuh ini melemah, maka akan banyak penyakit yang dapat menyerang tubuh, karena pertahanan tubuh yang lemah sehingga tidak bisa melawan berbagai serangan penyakit.

Meski terlihat sepele, namun sebaiknya kita tidak boleh mengabaikan gangguan kesehatan anemia ini. Karena anemia juga bisa membuat segala aktivitas kita menjadi terbengkalai karena adanya tubuh yang lemas dan tidak fit. Maka dari itu penting bagi kita untuk tahu sepenuhnya tentang anemia ini, apa saja yang menjadi tanda dari anemia yang dapat kita rasakan, berikut ulasan lengkapnya.

Tanda dan Gejala Penyakit Anemia

  1. Wajah Tampak Pucat

Sebenarnya sangat mudah untuk bisa mengetahui bahwa tubuh sedang mengalami gejala anemia. Karena anemia ini dapat membuat bagian-bagian tubuh kita terlihat putih dan tampak pucat. Seperti bagian kelopak mata, ujung jari, tangan dan juga wajah. Wajah seseorang yang menderita anemia akan terlihat pucat dan putih, hal ini disebabkan oleh adanya aliran darah yang tidak bisa menyebar dengan baik ke seluruh bagian tubuh. Sehingga menyebabkan rona merah dari kulit tubuh pun ikut hilang.

  1. Mudah Sakit

Penderita anemia juga akan memperoleh imbas yang kurang enak, sebab dengan adanya gangguan anemia, secara otomatis juga akan membuat daya tahan tubuh menurun. Jika sistem kekebalan tubuh ini menurun, maka tidak bisa lagi menjadi penghadang penyakit yang akan masuk kedalam tubuh. Hasilnya kita pun akan mudah sekali sakit, bahkan jika sudah sakit akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa sembuh dari sakit tersebut.

  1. Merasakan Lelah Berlebihan

Penting untuk diketahui, bahwa saat kita sering merasakan lelah yang tidak seperti biasanya maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda dari anemia. Anemia memang sering membuat penderitanya mengalami rasa lelah yang berlebihan, hal ini di karenakan anemia dapat menurunkan suplai darah yang diakibatkan oleh kerusakan beberapa sel-sel darah di dalam tubuh. Sel-sel darah ini seharusnya memiliki fungsi untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh.

  1. Nyeri Pada Leher

Sejatinya baik masalah hipertensi atau anemia akan sama-sama menyebabkan gejala timbulnya nyeri atau pegal pada bagian leher. Seperti kita ketahui bahwa leher kita adalah penopang bagian kepala yang sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan. Jika sampai otot leher ini berhenti bergerah hanya dalam hitungan detik saja, maka bisa membuat sakit atau nyeri tak tertahankan di bagian leher ini. Saat leher menderita pegal atau nyeri pasti akan berakibat pada masalah sakit kepala. Sebab itu penting bagi kita untuk lebih sering mengolahragakan leher dengan menggerakannya sebentar-sebentar saja terlebih saat sedang beraktivitas yang menuntut leher untuk berdiam diri dan berkonsentrasi. Hal ini akan membuat otot leher menjadi tegang dan kaku yang akhirnya timbul rasa nyeri dan menimbulkan sakit kepala.

  1. Mudah Marah

Mungkin selama ini kita berpikir bahwa mudah marah merupakan salah satu ciri masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun faktanya, seseorang yang menderita anemia pun akan mudah merasa marah. Penderita anemia seringkali dibuat sangat kelelahan, yang akhirnya dari kelelahan inilah yang membuat penderita tersebut tidak bisa berkonsentrasi dalam melakukan segala hal, sehingga hal ini akan memancing segala amarahnya, dan akan kesulitan untuk mengendalikannya.

  1. Nyeri Pada Perut

Munculnya rasa nyeri di perut juga salah satu tanda atau ciri dari anemia, yang akan membuat kita merasakan tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Namun perlu untuk dicermati dan dipahami, karena ada banyak jenis gangguan kesehatan lainnya yang juga dapat membuat gejala yang sama seperti asam lambung, demam dan gejala dini dari penyakit liver.

  1. Tangan Berkeringat

Bagi kita yang awam terhadap tanda penyakit anemia tentu tidak akan mengetahui bahwa tangan yang mudah berkeringat juga bisa menjadi gejala dari penyakit anemia. Meskipun gejala ini lebih sering dianggap sebagai tanda dari penyakit jantung koroner. Apabila anemia menyerang, organ jantung pun tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga hal ini akan membuat tubuh terasa lelah atau yang biasa disebut dengan kelelahan otot jantung. Untuk itu guna menghindari penyakit jantung maka segeralah atasi anemia secepatnya.

  1. Kelopak Mata Terlihat Pucat

Salah satu tanda gejala anemia yang dapat kita amati adalah bagian kelopak mata yang akan terlihat pucat. Pucat di bagian kelopak mata ini juga menandakan adanya kondisi tubuh yang melemah dan masalah stres juga dapat membuat gejala yang sama seperti anemia ini.

  1. Bagian Ujung Jari Pucat

Selain itu anemia juga bisa di kenali tanda-tandanya dari adanya bagian ujung jari yang tampak sangat pucat dan terasa mudah lelah dan lemas. Tangan akan terlihat pucat dan putih, hal ini terjadi di kerenakan adanya aliran darah yang terlalu sedikit sampai pada jari-jari tangan kita.

  1. Detak Jantung Tidak Beraturan

Penyakit jantung ternyata berkaitan erat dengan gejala anemia. Untuk itu kita harus bisa waspada terhadap penyakit ringan seperti anemia ini. Sebab jika penyakit yang ringan kita sepelekan, akan berujung pada masalah yang lebih besar dan akan semakin sulit lagi untuk kita mencari pengobatannya. Saat anemia melanda biasanya akan membuat detak jantung menjadi tidak beraturan. Dan hal ini akan berisiko besar terhadap timbulnya penyakit jantung.

  1. Sakit Kepala

Setiap orang yang menderita anemia pasti akan mengalami gejala yang satu ini. Sakit kepala yang kita derita dapat menjadi bentuk dari adanya masalah anemia yang tidak segera diatasi. Hal ini pasti terjadi karena sakit kepala akan berhubungan dengan saraf-saraf tubuh secara langsung, apabila didapati tubuh tidak dapat mengembalikan fungsi dari saraf tubuh maka akan timbul sakit kepala yang sangat berat.

  1. Mual

Gejala anemia selanjutnya adalah sering merasakan mual yang dapat membuat kita merasa tidak nyaman. Mual tidak hanya menjadi tanda adanya penyakit pada pencernaan, akan tetapi dapat menjadi bagian dari penyakit anemia yang masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Itulah tadi Tanda dari penyakit anemia yang penting untuk diketahui, sehingga jika kita merasakan tanda-tanda diatas, bisa secepatnya mencari solusi terbaik untuk mengatasinya.

kata untuk mencari artikel ini:
  • kumpulan ciri anemia
  • anemia berhubungan dengan syaraf
  • tubuh menjadi pucat penyakit apa itu
  • mata putih pucat
  • lemas kelopak mata pucat
  • leher sakit apa tanda anemia
  • kelopak mata pucat dan badan terasa dingin
  • ciri fisik yang terlihat pada penderita anemia
  • ciri ciri penyakit apa tangan tampak putih pucat
  • badan lemes mata pucat
  • Apakah anemia bisa membuat badan terasa nyeri
  • apa penyebab badan sering kedutan dan tubuh terlihat pucat
  • apa anemia sebabkan tubuh nyeri
  • anemia dan liver sama nggak
  • anemia bikin badan berkeringat
  • Leave a Comment

/* */