Rabun Dekat (Tanda Gejala Penyebab) dan Cara Mengobatinya

Rabun Dekat

Rabun Dekat

Apa Itu Rabun Dekat ?

Tanda Gejala Penyebab Rabun Dekat  – Pengertian  Rabun dekat yaitu masalah pada mata yang mengakibatkan pasien tak dapat lihat objek dekat dengan terang atau tampak buram, tetapi umumnya benda yang jauh malah tampak terang. Rabun dekat, dimaksud dengan juga hyperopia, kerap dihubungkan sebagai permasalahan pembiasan. Mata bakal jadi gampang capek bila alami rabun dekat.

Tanda-tanda Rabun Dekat

Rabun dekat biasanya berlangsung pada orang yang berumur diatas 40 th. akibat menyusutnya kekuatan mata bersamaan menambahnya umur. Tetapi beberapa kecil anak-anak juga dapat terlahir dengan keadaan ini. Lensa mata anak-anak lebih fleksibel dibanding dengan orang dewasa, jadi umumnya anak-anak yang menanggung derita rabun dekat tidak selamanya mempunyai permasalahan dengan pandangan mereka. Tetapi rabun dekat pada anak-anak mesti selekasnya diatasi lantaran dapat menyebabkan komplikasi, seperti mata malas (amblyopia) atau mata juling (strabismus). Periksakan keadaan mata anak ke dokter untuk tahu adakah permasalahan pada penglihatannya.

Gejala Rabun Dekat

  • Sakit kepala
  • Mesti mengerlingkan mata untuk lihat dengan terang
  • Mata berair atau berwarna kemerahan
  • Kesusahan untuk membaca
  • Mata merasa capek selesai konsentrasi lihat objek dekat, seperti memakai computer atau membaca
  • Objek jauh tampak terang, namun objek dekat terlihat tak konsentrasi serta buram

Penyebab Rabun Dekat

Penyebab Rabun dekat berlangsung lantaran sinar yang masuk ke mata tak terlalu fokus didalam retina, namun terlalu fokus di belakangnya. Hal semacam ini berlangsung lantaran kornea sangat datar atau kurang melengkung, lensa yang kurang tidak tipis, serta bola mata sangat pendek

Lensa mata coba melakukan perbaikan permasalahan pembiasan yang terlalu fokus di belakang retina lewat cara jadi lebih tidak tipis. Tetapi pada pasien rabun dekat, hal semacam ini kurang efisien. Akhirnya pandangan bakal jadi buram lantaran sinar tak dapat terlalu fokus dengan benar. Di bawah ini yaitu sebagian aspek yang dapat mengakibatkan rabun dekat:

Genetika: Beberapa orang diwariskan penyakit rabun dekat oleh orangtua

Umur: Rabun dekat seringkali berlangsung pada orang yang berumur diatas 40 th tetapi masihlah ada peluang dapat dihadapi oleh semua umur dari anak-anak sampai dewasa

Terkecuali sebagian aspek yang dijelaskan diatas, ada pula aspek lain yang dapat mengakibatkan terjadinya rabun dekat, yakni tumor di sekitaran mata, diabetes, permasalahan pembuluh darah di retina atau foveal hypoplasia, serta mata yang tidak berkembang prima waktu bayi masihlah didalam kandungan atau dimaksud sindrom mata kecil.

Penyebab Rabun Dekat

Penyebab Rabun Dekat

Diagnosis Rabun Dekat

Umumnya masalah pandangan pada anak-anak masihlah dapat sembuh, itu penyebabnya utama untuk mendeteksi mulai sejak awal dengan lakukan kontrol mata pada anak-anak dengan cara teratur. Rusaknya mata permanen bisa berlangsung bila tak lakukan penyembuhan. Diagnosis rabun dekat pada step awal bakal memudahkan dokter untuk memberi perawatan yang pas untuk mengatasinya adalah

Tes mata dikerjakan untuk mengecek pandangan serta kesehatan mata yang dikerjakan oleh optometrist. Kontrol mata umumnya dengan diawali pertanyaan yang bakal diserahkan oleh optometrist seperti adakah permasalahan pandangan yang khusus, apabila ada, telah berapakah lama berjalan. Optometrist akan bertanya apakah Kamu tengah melakukan penyembuhan atau menanggung derita masalah kesehatan spesifik.

Tes pandangan: Tes ini umumnya dikerjakan dengan Kamu membaca rangkaian huruf yang pada setiap barisnya selanjutnya jadi semakin kecil atau dimaksud dengan Snellen chart. Tes ini mempunyai tujuan mengecek pandangan, baik jarak dekat ataupun jarak menengah. Bila Kamu memakai kacamata atau lensa kontak, janganlah lupa untuk membawanya lantaran tes ini bakal dikerjakan dengan serta tanpa ada kacamata atau kontak lensa.

Tes mata: Tes ini dikerjakan untuk mengecek sisi dalam mata dengan memakai alat yang menyinari pupil atau umum dimaksud oftalmoskop. Diluar itu, tes ini dapat mengecek koordinasi serta gerakan mata, refleks pupil, apabila ada keadaan seperti diabetic retinopathy dan glaukoma.

Bila berdasar pada hasil tes yang dikerjakan di ketahui kalau ada persoalan pada mata, umumnya optometrist bakal mengulas kacamata atau kontak lensa yang pas dengan Kamu. Apabila permasalahan pada mata cukup kronis atau membutuhkan perawatan medis lebih, Kamu bakal dirujuk ke dokter pakar mata atau oftalmologis.

Baca Juga:

Rabun Jauh Tanda Gejala Penyebab dan Pengobatannya

Cara Pengobatan Rabun Dekat

Pengobatan Rabun Dekat

Pengobatan Rabun Dekat

Ada banyak Cara Pengobatan Rabun Dekat yang dapat dikerjakan untuk menangani rabun dekat seperti yang bakal diterangkan di bawah ini.

Lensa kontak

Lensa kontak bisa dipakai untuk menangani rabun dekat serta mempunyai manfaat yang sama dengan kacamata, tetapi lantaran enteng serta tak tampak, sebagian orang lebih pilih memakai lensa kontak dibanding kacamata.

Tanyakan dengan optometrist untuk tahu lensa kontak yang sesuai sama Kamu, lantaran lensa kontak ada dari beragam bahan serta design. Infeksi mata bisa berlangsung bila tak melindungi kebersihan lensa kontak dengan baik. Tanyakan pada dokter atau optometrist mengenai langkah penggunaan serta penyimpanan lensa kontak yang baik serta benar.

Kacamata

Kacamata yang dipakai untuk menangani rabun dekat mempunyai lensa yang ujungnya lebih tidak tipis dibanding sisi tengah atau dimaksud dengan lensa cembung, yang dapat bikin konsentrasi dengan cara akurat lantaran cahaya sinar bakal jatuh diatas retina.

Tingkat keparahan rabun dekat yang dihadapi bakal punya pengaruh pada ketebalan, berat, serta lengkungan lensa yang perlu dipakai. Bersamaan menambahnya umur, lensa mata bakal semakin kaku serta mungkin saja membutuhkan kacamata yang semakin kuat.

Operasi

Operasi yang paling bisa diandalkan untuk menangani rabun dekat yaitu operasi laser untuk tingkatkan lengkungan kornea supaya sinar dapat lebih terlalu fokus.

Operasi laser mempunyai resiko rusaknya serta infeksi yang lebih kecil dibanding dengan operasi tradisional lantaran dalam operasi laser tak memakai alat yang masuk mata.

Pasien yang melakukan operasi laser tak perlu dirawat inap dirumah sakit. Perawatan ini umumnya membutuhkan saat sekitaran satu jam. Pasien yang sudah melakukan operasi laser mesti memeriksakan diri kembali pada klinik atau tempat tinggal sakit.

Di bawah ini yaitu tiga type paling utama operasi laser yang bisa menangani rabun dekat :

Laser in situ keratectomy (LASIK). LASIK yaitu operasi yang memakai laser untuk merubah bentuk kornea serta adalah prosedur yang seringkali dipakai.

Photorefractive keratectomy (PRK). PRK memakai laser untuk singkirkan sedikit jaringan kornea hingga merubah bentuk kornea.

Laser epithelial keratomileusis (LASEK). LASEK juga memakai laser untuk merubah bentuk kornea, tetapi memakai alkohol untuk mengendurkan permukaan kornea sebelumnya pada akhirnya diangkat.

Diantara tiga type operasi laser paling utama seperti yang dijelaskan diatas, LASIK adalah type operasi yang paling banyak diambil lantaran mempunyai sebagian keunggulan, yakni sistem pengobatan yang relatif lebih cepat serta pasien nyaris tak rasakan rasa sakit. Namun LASIK cuma dapat dikerjakan bila kornea mata cukup tidak tipis untuk kurangi resiko terserang resikonya serta komplikasi seperti kehilangan pandangan lantaran LASIK mempunyai prosedur yang lebih rumit.

Bila kornea mata kurang tidak tipis untuk lakukan operasi LASIK, jadi pasien dapat lakukan operasi PRK atau LASEK. Namun ke-2 operasi itu membutuhkan saat pemulihan yang lebih lama

Tak semuanya pasien rabun dekat dapat lakukan operasi laser. Di bawah ini yaitu sebagian keadaan pasien yg tidak pas melakukan operasi laser : mempunyai permasalahan mata yang lain seperti katarak serta glaukoma, penyakit yang merubah system kekebalan badan seperti rheumatoid arthritis atau HIV, ibu hamil atau menyusui, pasien diabetes, serta pasien presbyopia atau rabun dekat akibat sistem penuaan.

Aspek umur dapat juga merubah type perawatan yang sesuai sama untuk dikerjakan. Pandangan pada orang yang berumur dibawah 21 th. masihlah beralih serta tak bisa dikerjakan operasi laser. Untuk Kamu yang berumur diatas 21 th., yakinkan kalau dalam dua th. paling akhir, lensa mata Kamu tak alami pergantian yang banyak sebelumnya melakukan operasi laser.

Tanyakan keadaan mata Kamu dengan dokter sebelumnya mengambil keputusan untuk lakukan operasi laser lantaran walaupun tidak sering berlangsung, namun tetaplah ada peluang terjadinya komplikasi seperti di bawah ini:

  • Pandangan jadi menyusut atau hilang karena kornea mata jadi sangat tidak tebal atau dimaksud dengan ectasia.
  • Terjangkit microbial keratitis yang disebabkan oleh terinfeksinya kornea mata.
  • Bila jumlah jaringan yang di ambil dari kornea mata salah perhitungan jadi pandangan dapat lebih buruk.
  • Lingkaran sinar bakal tampak di sekitaran cahaya sinar.
  • Mata merasa kering.

Cara Mencegah Rabun Dekat

Cara Mencegah Rabun dekat tidak bisa dihindari, tetapi ada banyak Cara Mencegah Rabun dekat yang dapat Kamu kerjakan untuk menolong membuat perlindungan mata serta pandangan Kamu.

  • Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi komplit.
  • Memakai penerangan atau pencahayaan yang baik.
  • Janganlah merokok.
  • Memeriksakan keadaan mata dengan cara teratur.
  • Membuat perlindungan mata dari cahaya matahari segera.
  • Memakai kacamata yang pas.
  • Mengatur masalah kesehatan kritis seperti diabetes.
  • Mengetahui tanda-tanda masalah pada mata.

Komplikasi Rabun Dekat

Rabun dekat bisa mengakibatkan sebagian komplikasi atau permasalahan seperti di bawah ini:

Amblyopia atau Kelemahan Pada Mata: Hal semacam ini berlangsung akibat mata juling atau masalah mata yang lain, seperti katarak yang mengakibatkan satu diantara mata jadi lebih menguasai.

Strabismus atau mata juling: Hal semacam ini berlangsung saat ke-2 mata konsentrasi pada objek yang tidak sama, disebabkan oleh tak sejajarnya posisi ke-2 mata.

Kendala keselamatan: Bila rabun dekat tak diakukan dengan benar baiknya janganlah mengemudikan kendaraan atau menjalankan mesin berat untuk keselamatan sendiri serta orang lain.

Penurunan kwalitas hidup: Rabun dekat mungkin saja bakal membatasi kebiasaan yang perlu dikerjakan serta merubah kwalitas hidup.

Komplikasi rabun dekat pada orang dewasa tidak sering berlangsung, sedang pandangan ganda atau diplopia, konsentrasi berlebihan, mata malas, serta mata juling seringkali dihadapi oleh anak-anak yang menanggung derita rabun dekat tingkat kronis.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai Penyakit Rabun Dekat, semoga ulasan diatas dapat membantu anda dalam mencari literatur tentang penyakit mata anda, semoga lekas sembuh 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • 100 rabun dekat
  • obat untuk rabun dekat
  • Rabun dekat dapat diatasi dgn kacamata
  • rabun mata tanpa di awali rasa saki
  • tanda 2 rabun dekat
/* */