Penyakit Vertigo – Gejala, Jenis, Pemeriksaan dan Pengobatan

Penyakit vertigo – Penyakit Vertigo adalah gejala vertigo sensasi diri merasa berputar yang serangannya secara tiba-tiba. Serangan yang dirasakan terkadang menghambat rutinitas. Serangan Vertigo sendiri mulai dari pusing secara perlahan hingga berkala dan menyebabkan penderita sulit melakukan serangkaian aktivitasnya sehari-hari. Seperti pusing secara tiba-tiba atau terkadang orang menyebutnya sebagai perasaan halusinasi seolah-olah lingkungan atau diri sendiri yang sedang bergerak.

Anda mungkin pernah merasakan pusing ketika bangkit dari duduk yang berlama-lama atau berbaring di tempat tidur kemudian terserang kepala yang berputar-putar. Kenali penyebabnya bisa saja itu bukan dikarenakan anemia melainkan penyakit vertigo telah menyerang anda.

Penyakit Vertigo

Penyakit Vertigo

Gejala Penyakit Vertigo

Gejala penyakit vertigo sendiri yaitu ditandai dengan hilangannya keseimbangan, seperti penderita kesulitan untuk berdiri, berjalan dan disertai nistagmus. Penyebab penyakit vertigo biasanya disebabkan gangguan dibagian dalam telinga. Gangguan ini yang akan memicu keseimbangannya.

Untuk Gejala Vertigo Lainnya yaitu :

  • Benign paroxysmal positional vertigo (BBPV) yaitu gejala yang dipicu oleh perubahan posisi kepala tertentu.
  • Migrain
  • Penyakit Meniere
  • Inflamasi saraf vestibular pada bagian dalam telinga
  • Luka di kepala dan juga leher
  • Gangguan pada otak/tumor
  • Pemakaian obat-obatan tertentu yang dapat merusak telinga

Jenis-jenis Penyakit Vertigo yaitu :

  • Vertigo Perifer

Untuk vertigo ini merupakan jenis yang paling umum terjadi pada orang. Pemicunya yaitu gangguan mekanisme keseimbangan bagian dalam telinga yang meliputi labirinitis, vestibular neuronitis, BPPV dan Meniere.

Berikut gangguan yang menyebabkan vertigo perifer, antara lain :

  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

BPPV pemicu utama vertigo yang disebabkan perubahan posisi/gerakan kepala secara tiba-tiba seperti medongak, memutar atau mendundukan kepala. BPPV menyerang tanpa sebab yang jelas. BPPV juga terjadi ketika penderita mengalami infeksi pada telinga, cidera pada kepala atau lama berbaring di tempat tidur. Serangannya berlangsung selama beberapa menit dan gejala lainnya terjadi seperti rasa mual, muntah, pusing. BBPV terjadi akibar Kristal kalsium karbinat yang terlepas dari dinding saluran telinga bagian dalam. Serpihan menyebabkan gangguan ketika masuk ke saluran dalam telinga yang penuh dengan cairan. Gejala ini menyerang pada umumnya penderit yang lansia.

Labirinitis merupakan saluran berliku dan penuh dengan cairan di bagian dalam telinga yang mengendlikan pendengaran serta keseimbangan. Peradangan akibat infeksi struktur. Labirinitis disebabkan oleh virus influenza dan juga bakteri. Gejalanya, penderita akan merasakan sakit di telinga, telinga berdenging, kehilangan pendengaran atau demam yang sangat tinggi. Labirinitis dapat ditangani dengan cara rehabilitasi vestibular. Namun jenis terapi ini masih belum berkembang di Negara Indonesia sendiri.

  • Vestibular Neuronitis

Peradangan ini terebar hingga labirin dalam telinga dan berlangsung berhari-hari dan disebabkan oleh virus dan penderita mengalami kehilangan pendengaran.

  • Meniere

Penyakit jenis ini merupakan penyakit yang tergolong langka dalam menyerang bagian dalam telinga. Terjadinya meniere sangat mendadak dan berlangsung berjam-jam bahkan sampai berhari-hari dan memicu kondisi mual dan muntah pada penderitanya.

  • Vertigo Sentral

Untuk vertigo ini merupakan gejala dari gangguan pada otak kecil yang terletak di bawah otak besar. Penyebab timbulnya gejala vertigo sentral yaitu ditandai migraine, stoke, transient ischaemic attack (TIA) yang diakibatkan penggunaan abot-obatan tertentu serta gangguan tumor.

Tahap  Diagnosa Penyakit Vertigo yaitu :

Untuk diagnosa penyakit vertigo pertama-tama melihat gambaran dari gejala secara detail mengai situasi penderita saat mengalami serangan pertama seperti kemunculan vertigo, pengaruh terhadap keseharian penderita seperti mual atau muntah-muntah. Atau mengecek riwayat kesehatan pada penderita, obat-obatan yang dikosumsi dan mengecek infeksi pada saluran telinga.

Metode Pemeriksaan Penyakit Vertigo

  • Pemeriksaan dengan Cara Memicu Vertigo

Di anjurkan untuk memeriksa penyakit vertigo dengan membedakan penyebab di balik vertigo itu sendiri. Dimana prosesnya meliputi bagian dalam pada telinga dan juga mata dan kemungkinan dokter akan memeriksa keseimbangan dengan alat Dix-Hallpike.

  • Pemeriksaan THT

Sebaiknya penderita harus mengetes THT (Telinga, hidung, tenggorokan) terutama jika penderita mengalami tinnitus.

  • Pemeriksaan Nistagmus

Pemeriksaannya dengan proses elektronistagmografi dan proses perekam gerakan mata dengan kacamata vidionistagmografi.

  • MRI/CT scan

Dokter akan menganjurkan pada penderita untuk melakukan MRI atau CT scan pada bagian kepala untuk memeriksa penyebab penyakit vertigo. Sebab terkadang vertigo tidak memerlukan pengobatan secara khusus karena akan sembuh dengan sendirinya.

Metode Pengobatan Penyakit Vertigo

  • Manuver Epley

Manuver Epley atau terkadang dapat disebut teknik reposisi kanalit terbukti efektif dalam mengobati penyakit vertigo. Proses ini meliputi gerakan pada kepala selama 30 detik. Dengan melakukan proses ini, maka kondisi penderita akan membaik namun tetap dilakukan secra berkala agar mendapatkan kondisi yang benar-benar sembuh secara maksimal.

  • Latihan brandt-Daroff

Proses latihan ini seberanya serangakain gerakan untuk pereda BBPV, tetapi ini bukan cara untuk menyembuhkan hanya mengurangi gehala vertigonya saja. Jika penderita tidak memahami dengan baik, sebaikanya dianjurkan untuk mendatangi dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan secara lebih lanjut.

  • Rehabilitasu Vestibular/VRT

Penderita disarankan mengikuti serangakian latihan VRT untuk mendorong otak agar beradaptasi terhadap sinyal. Otak dirangsang mengandalkan sinyal dari bagian lain tubuh.Terapi jenis ini membutuhkan bimbingan spesialin audiologi atau fisioterapi.

  • Konsumsi obat dari Dokter

Penderita vertigo yang memeriksa secara lanjut ke tempat medis akan darankan untuk mengunakan resep obat yang dari dokter saat telah di diagnosa dan pada umumya obat hanya diminum kurang lebih selama tiga hari saja. Seperti Procholorperazine. Obat jenis ini berfungsi untuk memblokir pengaruh dopamine yang dapat meredakan mual dan muntag yang dirasakan penderita akibat serangan vertigo yang terjadi secara tiba-tiba. Indikasi dari obat jenis ini rasa kantuk bagi penderita. Atau penderita dapat mengkonsumsi obat Antihistamin, dimana berfungsi mengalangi pengaruh senyawa histamin. Sama seperti obat procholorperazine, dapat meredakan mual dan rasa muntah pada penderita vertigo. Jenis yang biasa diberikan oleh dokter sendiri yaitu cinnarixine, cyclizine. Jenis ini untuk serangan vertigo ringan. Indikasinya pun akan menimbulkan sakit kepala atau sakit perut pada penderita. Namun jika serangan vertigo disebabkan oleh meniere, maka dianjurkn untuk menggunakan obat betahistine. Untuk obat jenis ini mengobati penderita yang disebabkan meniere sendiri dan juga gangguan keseimbangan lainhya. Ini biasanya diberikan oleh dokter untuk jangka panjang.


Cara Mengatasi Penyakit Vertigo

Cara mengatasi penyakit vertigo tergantung dari penyebabnya karena vertigo sendiri termasuk bagian dari gejala seperti yang dikatakan dipembahasan sebelumnya bahwa indikasi dari gangguan bagian dalam telinga penderita. Selain metode pengobatan yang dianjurkan oleh dokter, penderita vertigo juga bisa menghindari konsumsi obat-obatan khusus atau obat-obatan yang menimbulkan infeksi pada telinga, penderita juga lebih baik menghindari gerakan secara tiba-tiba agar tidak terjatuh, tidak jongkok atau mendongak dan bila perlu membatasi penggunaan garam.

Demikian ulasan yang telah kami sampaikan mengenai Penyakit vertigo dan cara mengatasi penyakit vertigo. Semoga ulasan diatas bisa membantu anda dalam mencari referensi dan panduan untuk menemukan solusi bagi penyakit anda. Semoga Lekas sembuh 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • https://www kumpulanpenyakit com/penyakit-vertigo/
  • apa solusi untuk kristal kalsium yg terlepas
  • gejala penyakit vertigo
  • penyakit vertigo apa obatnya
  • scan kepala vertigo
  • vertigo minum cairan infus diminum
  • Leave a Comment

/* */