Penyakit Trypophobia – Pengertian Gejala Penyebab Pengobatan

Penyakit Trypophobia – Tahukan anda, apa itu phobia? Phobia atau fobia adalah perasaan takut yang berlebihan pada sesuatu atau pada fenomena tertentu. Umumnya, orang yang memilikiphobia aneh sering menjadi bahan bully oleh teman-teman dan orang yang ada di sekitarnya.

Penyakit Trypophobia

Penyakit Trypophobia

Ada banyak sekali jenis-jenis phobia yang dialami. Untuk mengetahui lebih jelas apa itu Phobia, anda bisa simak pengertian, penyebab dan juga cara mengatasi masalah penyakit Phobia dibawah berikut ini.

Pengertian Trypophobia

Trypophobia merupakan suatu jenis penyakit yang ditandai dengan perasaan takut berlebih dan bahkan cenderung hal yang ditakutinya tidak masuk akal (fobia) terhadap segala sesuatu yang berbentuk lubang. Perasaan ketakutan ini baru ditemukan oleh para ilmuan di bidang psikolog berasal dari University Essex di Inggris.

Menurut dari beberapa kasus yang terjadi, orang yang mengidap penyakit Trypophobia akan menjadi seorang yang paranoid setelah mereka tergigit serangga. Sebab mereka akan merasa sangat cemas dan berfikir jika gigitan serangga tersebut akan membesar dan membuat kulit bolong-bolong. Meski banyak orang yang mengakui jika mereka termasuk orang yang menderita penyakit Trypophobia, tetapi menurut Ameican Psychiatric Associationas and Statistical Manual of Mental Disorders tidak pernah mengakui jika kondisi tersebut merupakan jenis fobia yang sebenarnya.

Mereka menemukan penjelasan mengenai penderita dari penyakit Trypophobia bahwa penderita Trypophobia tidak dapat melihat sesuatu yang memiliki banyak lubang dengan pola berulang, contohnya seperti lubang yang terdapat pada sarang semut, sarang lebah dan lubang laun sejenisnya. Para penderita penyakit Trypophobia akan merasakan beberapa gejala seperti mual, muntah, migren dan pusing. Bahkan penderita Trypophobia juga sering mengalami jantung berdebar dan mengeluarkan keringat panas.

Gejala Penyakit Trypophobia

Penderita penyakit Trypophobia akan merasakan beberapa gejala atau tanda ketika mereka terserang perasaan takut setelah melihat lubang yang ada di hadapannya, seperti  :

  • Muncul perasaan panik dan perasaan takut yang berlebihan ketika tergigit serangga atau melihat benda yang terdapat banyak lubang-lubang kecil yang tersusun seperti sarang semu, sarang lebah dan lubang lain sejenisnya.
  • Sering muncul perasaan cemas tinggi dan dapat mengurangi respon dari gerak tubuhnya.
  • Keluar keringat banyak yang disertai dengan suhu panas disekujur tubuhnya.
  • Jantung penderita akan berdetak sangat kencang dan bahkan sering disertai dengan sesak napas.
  • Jika terjadi pada anak-anak, mereka akan menjadi sangat rewel dan terus menangis karena ketakutan.

Gejala-gejala yang telah kami sebutkan diatas adalah dampak dari psikis yang disebabkan oleh karena fobia terhadap lubang yang ada di hadapannya. Sebagaimana yang telah kami ketahui bahwa fobia sendiri merupakan sebuah perasaan takut berlebih yang dialami oleh seseorang terhadap suatu benda atau obyek yang dapat menimbulkan efek nyata, sedangkan pada orang normal memang kelihatannya sangat tidak masuk akal.

Menurut dari hasil penelitian yang di pimpin oleh Geoff Cole telah menemukan penjelasan bahwa kemungkinan faktor penyebab utama dari munculnya rasa takut pada seseorang yang menderita penyakit Trypophobia ini yaitu dikarenakan adanya kemiripan secara visual terhadap pola lubang berulang dan dibandingkan dengan salah satu jenis hewan tertentu. Bahkan mereka juga meyakini jika reaksi dari perasaan jijik dan rasa takut tersebut merupakan efek samping dari proses adaptasi evolusioner yang dilakukan untuk menghindari serangan dari hewan beracun. Hal ini memang di dasari oleh kondisi dimana pada setiap individu memiliki sifat bawaan untuk selalu waspada terhadap hal-hal yang dapat mencelakakan dan merugikan.

Penyebab Penyakit Trypophobia

Menurut hasil penelitian dari para ahli menemukan apa yang menjadi penyebab utama dari penyakit Trypophobia ini, beberapa kalangan berpendapat jika penyakit aneh ini hampir sama dengan penyakit phobia lainnya yang bisa di alami sejak usia anak-anak seperti phobia ketinggian. Sehingga, penyebab utama dari penyakit Trypophobia  ini kemungkinan besar di akibatkan dari perasaan trauma pada sesuatu saat sejak mereka memasuki tahap awal dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan, penyebab utama dari penyakit Trypophobia ini masih belum bisa diketahui secara pasti, karena belum terdapat alat tes seperti alat tes phobia.

Cara Mengatasi Penyakit Trypophobia

cara mengatasi Trypophobia

cara mengatasi Trypophobia

Cara untuk mengatasi penyakit Trypophobia memang pada dasarnya sama dengan jenis phobia pada umumnya, yaitu dengan menghilangkan rasa takut berlebih pada suatu lubang kecil sedikit demi sedikit. Kami juga telah siapkan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit Trypophobia. Cara ini kami dapatkan dari berbagai sumber, diantaranya yaitu :

  • Desentiasi Sistematis

Cara mengatasi Penyakit Trypophobia yang pertama yaitu dengan cara terapi yang membuat si penderita merasa lebih rileks. Setelah mereka merasa nyaman dan tenang, maka secara perlahan akan diperlihatkan sebuah gambar yang terdapat lubang-lubang yang terdapat pada tubuh manusia kepada si penderita.

  • Reframing

Reframing adalah salah satu cara mengatasi Penyakit Trypophobia dengan cara mengobati perasaan takut pada lubang-lubang yang selalu membayangi mereka di masa lalu dan menceritakannya kepada psikiater mulai dari awal si penderita mengalami Penyakit Trypophobia.

  • Flooting

Melakukan pengobatan menggunakan cara flooting memang cukup keras bagi si penderita Trypophobia. Pengobatan terapi Trypophobia ini dilakukan dengan cara menempatkan pasien penderita pada sebuah tempat yang berisi banyak gambar lubang-lubang, cara ini dilakukan sampai mereka kuat menahan rasa sakit dan sampai mereka tidak merasa takut lagi. Tetapi cara ini tergolong sangat memaksa dan sangat keras, sehingga pada saat pertama kali melakukan pengobatan ini bisa saja si penderita mengalami pingsan atau mengalami pusing dan muntah-muntah.

  • Abreaksi

Cara mengatasi Trypophobia dengan cara Abreaksi ini dilakukan dengan melakukan pendekatan kepada penderita. Pendekatan ini dilakukan untuk memperlihatkan sebuah gambar atau foto lubang yang terdapat pada tubuh manusia. Jika penderita terlihat sudah terbiasa dan tidak merasa takut lagi, maka gambar atau foto tersebut akan semakin didekatkan kepada si penderita, sehingga mereka akan mulai terbiasa.

  • Konsumsi obat-obatan

Cara mengatasi penyakit Trypophobia yang terakhir yaitu dengan cara pemberian jenis obat-obatan tertentu. Ini adalah pilihan terakhir untuk menyembuhkan penyakit Trypophobia, tetapi pemberian obat ini tidak baik untuk diberikan dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan timbulnya efek samping lainnya. Tetapi jika memang kondisinya terpaksa, maka si penderita penyakit Trypophobia akan diberikan jenis obat antidepresan, obat beta-blocker dan juga obat-obatan lain sejenisnya.

Jika anda atau salah satu anggota keluarga anda ada yang dicurigai mengalami gangguan penyakit Trypophobia, segera konsultasikan dengan psikiater atau ahlinya untuk mencegah agar gangguan kesehatan ini tidak berlarut terlalu lama, karena jika sudah terlalu lama dan menjadi kebiasaan penyakit ini akan sangat sulit di sembuhkan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, gejala, penyebab dan pengobatan penyakit Trypophobia. Semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

kata untuk mencari artikel ini:
  • penyakit trypophobia
  • pengertian trypophobia
  • Trypophobia : Gejala Penyebab Pengobatan
  • arti trypophobia
  • maksud trypophobia
  • trypophobia adalah
  • penyakit trypophobia disebabkan oleh
  • penyakit phobia
  • apa yang dimaksud trypopho
  • gejala trypophobia
  • apa yang dimaksud dengan thyrophobia
  • wasp fills holes in car with egg
  • apa itu trypophobia
  • arti trypopobia
  • berikut penampakan gambar trypophobia
  • Leave a Comment

/* */