Cara Menyembuhkan Penyakit Stroke Gejala dan Penyebab

Penyakit Stroke – Seiring dengan semakin bertambahnya usia manusia, akan lebih sering terserang berbagai macam jenis penyakit. Salah satunya penyakit stroke. Stroke menyerang siapa saja. Penyakit stroke adalah serangan pada otak yang terjadi secara mendadak diakibatkan karena penyebab penyakit stroke adalah pecahnya pembuluh darah otak yang ditandai dengan kematian jaringan otak. Cara menyembuhkan penyakit stroke ini tidak mudah karena terjadi pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga aliran darah dan oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan reaksi biokimia yang akan merusak sel-sel saraf otak.

Keganasan Penyakit Stroke

penyakit stroke

penyakit stroke

Di kutip dari penelitian yang menjelaskan bahwa jumlah penderita penyakit stroke di Indonesia tiap tahun semakin meningkat. Pada tahun 2012, sebuah lembaga mencatat sekitar 500.000 kasus yang menderita penyakit stroke dan 12.500 orang meninggal. Sebaiknya pengobatan awal pencegahan menjadi hal penting dalam menangani kasus penyakit stroke.

Kondisi penderita penyakit stroke bisa ringan dan parah tergantung seberapa parah kerusakan yang terjadi pada saraf di dalam otak yang mati, penderita penyakit stroke tidak dapat menjalani hidup dengan baik disebabkan peredaran darahnya yang tidak lancar akan mempengaruhi style life-nya.

Penyebab Penyakit Stoke

  • Faktor Resiko Medis

Penyebab penyakit stroke dari resiko medis yaitu hipertensi, kolesterol, arterosklerosis, gangguan jantung, diabetes serta penderita memiliki riwayat stroke dalam keluarga. Menurut data statistik yang didapatkan ada sekitar 80% pemicu penyakit stroke adalah hipertensi.

  • Faktor Resiko Perilaku

Penyebab penyakit stroke dari resiko perilaku disebabkan pola makan yang tidak sehat dan kebiasaan merokok dan minum minuman yang beralkohol tinggi. Atau penderita sering konsumsi junk food atau gorengan. Makanan yang mengandung lemak trans dengan minyak terhidrogen didalamnya akan memicu serangan resiko stroke. Di dalam kolesterol jahat yang ada didalam darah akan semakin menurun. Penyebab lainnya yaitu penderita penyakit stroke malas berolahraga dan obesitas tinggi. Pemicunya yaitu suasana hati yang berubah-ubah/marah tanpa alasan yang jelas.

American Stroke Association menjelaskan bahwa faktor yang menyebabkan terserangnya penyakit stroke adalah usia, Resiko penyakit stroke seseorang bisa meningkat dua kali lipat. Meskipun biasanya terjadi pada usia lanjut/tua tidak menutup kemungkinan usia muda akan terserang penyakit stroke

  • Kematian Ke-lima

Harus diketahui bahwa penyebab penyakit stroke menjadi penyebab utama kematian kelima dan sebagai pemicu utama disabilitas. Penyakit stroke terjadi di beberapa bagian otak yang tidak mendapatkan dara dan oksigen sehingga  sel otak menjadi mati

  • Usia

American Stroke Association menjelaskan bahwa faktor yang menyebabkan terserangnya penyakit stroke adalah usia, Resiko penyakit stroke seseorang bisa meningkat dua kali lipat. Penyakit store juga diakibatkan kelamin atau CADASIL (Cerebral Autosomal Dominat Arteriopathy with sub-cortical Infarcts and Leukoencephalopathy).

  • TIA (Transient Ischemic Attack)

TIA (Transient Ischemic Attack) atau yang biasanya disebut stroke ringan merupakan serangan yang terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah sehingga otak tidak dapat menerima oksigen dan nutrisi dalam darah. Gejala yang dialaminya yaitu kebutaan, paralysis dan biasanya berlangsung beberapa menit saja dan penderita sembuh dalam waktu 24 jam.

Gejala Penyakit Stroke

Sebelumnya, masyarakat harus memahami dan dapat memperoleh informasi terkait penyakit stroke dan yakin bahwa penyakit stroke akan menyerang otak dimana memiliki tanda utama yang harus diketahui. Hal tersebut sangatlah penting agar masyarakat lebih waspada terhadap serangan penyakit stroke yang mendadak. Berikut gejala penyakit stroke :

  • Susah berjalan
  • Mendadak pusing dan sakit kepala tanpa diketahui penyebabnya
  • Mendadak sulit bicara atau meracau dan tidak dimengerti
  • Kehilangan keseimbangan
  • Kedua mata mendadak kabur
  • Lemas pada satu bagian tubuh
  • Rasa mual, muntah-muntah
  • Pingsan mendadak atau kehilangan kesadaran secara mendadak

Bagi para wanita disarankan agar lebih berhati-hati sebab kelompok wanita jauh lebih beresiko untuk terkena penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan oleh pil KB, kehamilan dan juga terapi hormon setelah menopause.

Untuk gejala penyakit stroke ringan penanganannya harus dilakukan dengan pemeriksaan ke medis/dokter karena hal tersebut seakan beresiko terkena penyakit stroke berat. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan neurologis yang dapat mengevaluasi dari tingkat kesadaran, sensasi dan juga penyakit stroke. Penderita akan dicek pernapasan dan sirkulasi darah serta tanda lainnya.

Cara Mengatasi Penyakit Stroke

  • Menghindari dan Menghentikan Kebiasaan Merokok Bagi Perokok Aktif

Kebiasaan seperti ini akan menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah dan membuat darah menjadi mudah menggumpal. Oleh karena itu anda harus menghentikan kebiasaan merokok untuk menghindari resiko terkena penyakit stroke.

  • Pemeriksaan Tensi Darah Secara Rutin dan Berkala

Tekanan darah yang tinggi juga akan menyebabkan pembuluh darah anda mengalami tekanan ekstra. Namun tidak menunjukan gejala yang parah, sebaiknya anda sering mengecek tensi darah secara teratur.

  • Mengendalikan Penyakit Jantung

Apabila anda memiliki riwayat gangguan penyakit jantung atau kolseterol tinggi maka sebaiknya harus berhati-hati meskipun telah makan makanan sehat dan berolahraga terkadang hal tersebut meningkatkan resiko terjadinya penyakit stroke.

  • Mengendalikan Stress dan Depresi

Stress sendiri dapat menyebabkan penyakit fisik seperti pusing, nyeri dan sebagainya. Ketika hal tersebut tidak cepat diatasi maka akan menyebabkan problem dimana akan beresiko terkena penyakit stroke.

  • Makan Makanan yang Sehat

Hal tersebut sudah anda dengar sering kali dimanapun, bahwa makanan sehat sangat baik bagi kesehatan, empat sehat lima sempurna. Sebaiknya sering mengkonsumsi sayur-sayuran  dan menghindari atau mengurangi konsumsi daging terlalu banyak maka sudah mengurangi resiko terkena penyakit stroke. Karena lemak jenuh yang terdapat pada daging akan menimbulkan pembuluh darah mengeras. Sebaiknya anda juga lebih sering mengkonsumsi makanan yang berserat.

  • Mengurangi Penggunaan Garam

Garam akan meningkatkan tekanan darah yang menyebabkan penyakit stroke, maka sebaiknya hindari penggunaan garam yang terlalu banyak pada makanan.

  • Pengecekan Berat badan

Obesitas akan meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung serta diabetes. Hal tersebut akan memicu terjadinya penyakit stroke.

  • Olahraga Rutin

Dengan melakukan serangkaian aktivitas fisik/ berolahrga maka akan membantu anda menurunkan tensi darah dan mendapatkan keseimbangan lemak yang sehat. Dengan begitu, anda selangkah dalam mengurangi dan mencegah terjadinya penyakit stroke.

  • Mengurangi Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat menaikkan tensi darah, karena itu sebaiknya anda harus mengurangi mengkonsumsi minuman yang dapat menyebabkan tekanan darah yang memicu terkena penyakit stroke.

  • Sosialisasi/workshop

Mengikuti perkembangan informasi dan teknologi yang ada mengenai kesehatan. Hal tersebut penting bagi manusia untuk banyak memperoleh informasi apapun. Dengan mengikuti sosialisasi kesehatan atau workshop akan menambah pengetahuan mengenai kesehatan dan penyakit stroke.

Cara pencegahan penyakit stroke lainnya dengan cara memberikan edukasi terhadap diri sendiri bahwa betapa bahayanya penyakit stroke. Penderita yang mengalami penyakit stroke terkadang akan mengalami gejala yang berulang. Untuk penyakit stroke ringan, penanganannya harus dilakukan dengan baik selain mengikuti rehabilitas. Seseorang yang menderita penyakit stroke .

Demikian ulasan yang lengkap telah kami sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi penyakit stroke, semoga ulasan yang telah kami berikan tentang penyakit stroke diatas dapat menjadi referensi anda dalam mencari kesembuhan, semoga lekas sembuh. Terima kasih 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • Cara menyembuhkan gejala stroke
  • Leave a Comment

/* */