Kenali 4 Jenis Penyakit Penyebab Gangguan Sistem Pernapasan

Penyakit Penyebab Gangguan Pernapasan – Dengan cara bernapas tentunya kita memperoleh oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menghasilkan sebuah energi dan saat menghembuskan nafas, zat limbah karbondioksida akan terbuang melalui hidung ataupun mulut. Akan tetapi ada juga beberapa jenis penyakit yang bisa mengakibatkan terganggunya sistem pernapasan dalam tubuh kita.

Sistem pernapasan adalah merupakan organ dalam tubuh manusia yang difungsikan sebagai pertukaran gas yang dibutuhkan ketika melakukan pernapasan. Proses pernapasan ini berawal dari hidung atau mulut yang kemudian menuju ke paru-paru. Seluruh organ pernapasan tersebut saling berkolaborasi untuk menghasilkan oksigen yang kita gunakan untuk bernapas dan mengeluarkan zat beracun dalam tubuh, serta mengontrol suhu dalam tubuh agar tetap seimbang.

Akan tetapi ada saat dimana semua fungsi sistem pernapasan tersebut menjadi terganggu yang pastinya akan mengakibatkan seseorang menjadi kesulitan memperoleh oksigen yang dibutuhkan. Penyebab gangguan pernapasan tersebut umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti polusi udara, zat beracun, infeksi pernapasan, asap rokok dan lain sebagainya. Keadaan ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ pernapasan kita, yang mengakibatkan seseorang akan mengalami gangguan pernapasan.

Jenis-Jenis Penyakit Penyebab Gangguan Sistem Pernapasan

Nah, untuk anda yang ingin mengetahui jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, bisa anda baca penjelasan selengkapnya berikut ini.

  1. Penyakit Asma

    Penyakit Asma

    Sumber : google.com

Asma merupakan salah satu gangguan sistem pernapasan yang mengakibatkan saluran pernapasan mengalami peradangan. Kondisi ini bisanya disebabkan karena beberapa faktor seperti udara dingin, kelelahan, pikiran stres, asap rokok, dan lain sebagainya.

Beberapa penyebab penyakit asma tersebut akan mengakibatkan saluran pernapasan menjadi lebih sensitif yang tidak jarang seseorang yang menderita asma akan mengalami penyumbatan pada saluran pernapasan yang akhirnya membuat penderita menjadi sulit untuk bernapas.

Penyakit asma ini tentunya perlu kita waspadai, karena apabila seseorang sudah terkena asma berat, penderita akan mengalami sesak napas yang terkadang tidak cukup dengan mengkonsumsi obat tertentu. silahkan lihat obat asma Tentunya keadaan seperti sudah sangat parah yang perlu secepatnya memperoleh penanganan serius. Karena dikhawatirkan penyakit ini bisa mengancam nyawa si penderita.

  1. Penyakit Bronkitis
    Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis adalah suatu penyakit pada sistem pernapasan yang diakibatkan infeksi saluran pernapasan yakni pada organ paru-paru, yang bisa mengakibatkan organ paru-paru mengalami iritasi. Apabila selaput bronkus yang masih sehat tentunya akan memproduksi lendir untuk menyumbat debu atau partikel lain yang dapat memicu iritasi tersebut. Namun jika selaput bronkus sudah terinfeksi virus, maka produk lendir yang dihasilkan akan sangat banyak atau berlebihan.

Alhasil, bisa dipastikan penderita akan mengalami batuk-batuk yang disertai dengan keluarnya lendir. Kemudian apabila dikarenakan virus, gangguan sistem pernapasan ini umumnya bisa mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu, tanpa perlu menjalani pengobatan serius. Akan tetapi, untuk bronkitis yang diakibatkan karena bakteri, tentunya membutuhkan obat antibiotik, supaya kuman dan bakteri bisa hilang sepenuhnya.

  1. Penyakit Paru Obstruktif Kronis
    Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyakit paru kronis ini adalah salah satu jenis penyakit paru-paru yang diakibatkan peradangan pada organ tersebut, sehingga kondisi ini bisa memicu gangguan pernapasan yang dikarenakan adanya kerusakan pada sistem saluran napas. Penyakit ini ternyata jika dibiarkan, lama kelamaan bisa menjadi sangat parah. Faktor utama yang menjadi penyebab penyakit paru kronis ini yaitu akibat kebiasaan merokok.

Tapi tidak menutup kemungkinan seseorang yang bukan perokok aktif pun bisa terserang penyakit ini. Apabila demikian, biasanya dikarenakan adanya kelainan genetik ataupun karena alergi terhadap asap yang mengandung bahan kimia.

Penyakit Paru Obstruktif Kronis ini ternyata dapat mengakibatkan kerusakan pada organ paru-paru. Sedangkan untuk metode pengobatan yang ada saat ini cuma bisa membantu memperlambat pertumbuhan penyakit ini. Maka dari itu untuk anda yang mengalami penyakit ini, sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan merokok, kemudian memakai inhaler, mengonsumsi obat. Namun apabila ternyata fungsi paru-paru anda sudah tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, sebaiknya anda sesegera mungkin menjalani transplantasi paru.

  1. Alergi/Reaksi Anafilaksis Pernapasan
    Reaksi Anafilaksis Pernapasan

Walaupun kasus alergi atau reaksi anafilaktik ini jarang sekali terjadi, tapi kita jangan pernah menyepelekan kondisi seperti ini. Reaksi anafilaktik merupakan respon tubuh terhadap alergen, namun secara berlebihan. Yang mana pemicu alergi seperti ini bisa dikarenakan penggunaan obat, konsumsi makanan, gigitan serangga, dan penyebab lainnya.

Gejala yang ditimbulkan dari gangguan saluran pernapasan ini biasanya berbentuk sebuah reaksi alergi seperti misalnya kulit terasa gatal, batuk-batuk, kaki dan tangan terasa dingin, hingga penurunan kesadaran. Apabila sudah dalam kondisi seperti ini, tentunya perlu penanganan serius dari pihak dokter atau rumah sakit untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada penderita. Itu karena kondisi ini bisa membuat penderitanya kehilangan nyawa.

Jadi, apabila diantara anda ada yang sedang mengalami gangguan sistem pernapasan dengan menunjukkan gejala-gejala yang sama seperti pada penjelasan diatas tadi, kami sarankan untuk secepatnya memeriksakan kondisi penyakit anda tersebut ke dokter untuk memastikan gejala penyakit yang sedang anda alami.

Nah saat ini mungkin anda harus lebih waspada tentang berbagai penyakit yang akan menyerang dan mengakibatkan gangguan penyakit pada kesehatan tubuh anda. Jadi diatas sebagian penyakit yang dapat menyebabkan gangguan system pernapasan. Masih banyak lagi penyakit yang dapat menyebabkan anda sesak nafas. Untuk melihat penyakit lainnya silahkan anda search di dalam website kami. Sekian dan semoga selalu Sehat.

kata untuk mencari artikel ini:
  • sebutkan 4 gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia beserta penyebabnya
  • penyakit pada sistem pernapasan dan penyebabnya
  • penyakit pernafasan
  • debutkan 4 contoh penyakit pada sostem perapasan yg djsrbabkan virus
  • penyakit pernapasan serta penyebabnya
  • https://www kumpulanpenyakit com/penyakit-sistem-pernapasan/
  • penyakit gangguan pernafasan
  • penyakit organ dalam
  • sebutkan 4 gang
  • tuliskan 5 bahaya merokok bagi kesehatan peenapasan manusia
  • asma merupakan gangguan pada sistem respirasi yang mengakibatkan
  • gangguam sistim pernapasan
  • gangguan dan penyakit pada sistem pernapasan penyebab dan cara mencegah serta gambar
  • gangguan pada pernapasan beserta penyebab dan cara mengatasi
  • gangguan pada sistem pernafasan beserta penyababnya
  • Leave a Comment

/* */