13 Jenis Penyakit Mata Gejala Penyebab dan Gambarnya

Penyakit Mata

Penyakit Mata – Kita semua tentu tahu bahwa mata merupakan salah satu dari panca indra yang penting bagi hidup manusia. Mata merupakan indra penglihatan. Dengan mata, semua orang dapat melihat hal-hal disekitar mereka, melihat warna birunya langit di pagi hari, melihat kendaraan lalu lalang, melihat manusia satu dengan lainnya dan sebagainya. Akan tetapi kita semua juga perlu tahu, panca indra penglihatan tidak selalu sehat seperti halnya yang kita pikirkan.

Ada berbagai macam penyakit mata yang terjadi sadar maupun tidak kita sadari. Seperti halnya, kadang kala kita tiba-tiba merasa sakit saat berlama-lama di depan computer/laptop atau ketika membaca buku di malam hari sambil berbaring di kasur atau juga kesulitan membaca tulisan yang terpampang di papan tulis. Meskipun tidak selalu penyakit mata itu menular namun jika tidak di ketahui penyebabnya akan merusak mata.

Nah kalau anda merasa seperti itu jangan panik, ada baiknya anda mengenal macam-macam penyakit mata, gejala dan cara mengatasinya. Sehingga anda tidak perlu merasa takut kornea anda rusak atau anda tiba-tiba langsung buta seketika.

Macam – Macam Penyakit Mata

1. Penyakit Mata Koloboma

Penyakit Mata Koloboma

Penyakit Mata Koloboma

Penyakit dimana dikenal dengan istilah lubang yang terdapat pada struktur mata, seperti lensa mata, kelopak mata, iris, retina, koroid atau diskus optikus. Penyakit Kolomba mempengaruhi pandangan tergantung bagaimana tingkat keparahan yang dialami oleh penderita tergantung dengan ukuran dan lokasi. Terkadang mata dapat mengecil dan penderita dapat mengalami penyakit mata lainnya.

2. Penyakit Mata Bufthalmus

Penyakit Mata Bufthalmus

Penyakit Mata Bufthalmus

Penyakit mata bufthalmus tergolong penyakit dengan tekanan bola mata yang meninggi sejak lahir dan diakibatkan oleh tekanan bola yang meninggi, ukuran bola mata. Penderita yang mengalami penyakit jenis ini umumnya takut menatap cahaya, kornes membengkak serta warna kornea menjadi keruh. Biasanya untuk mengurangi cairan pada bola mata maka dilakukan goniotomy agar tidak menganggu penglihatan penderita.

3. Penyakit Mata Blefaritis

Penyakit Mata Blefaritis

Penyakit Mata Blefaritis

Penyakit mata jenis ini merupakan peradangan yang terjadi pada kelopak mata dikarenakan produksi minyak yang berlebihan sehingga mengganggu penderita. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit mata blefaritis yaitu ditandai dengan mata merah, nyeri, panas, gatal, berair dan juga adanya luka yang membengkak pada kelopak mata. Penyakit mata blefaritis sendiri terbagi dua jenis yaitu blefaritis anterior dan posterior. Untuk jenis blefaritis anterior merupakan peradangan di kelopak mata bagian luar depan, dimana melekatnya bulu mata dan penyebabnya sendiri yaitu adanya bakteri yang dinamakan stafilokokus. Untuk penyakit mata blefaritis posterior, yaitu peradangan di kelopak mata bagian dalam bersentuhan dengan mata. Penyebabnya kelainan pada kelenjar minyak

4. Penyakit Mata Endoftalmitis

Penyakit Mata Endoftalmitis

Penyakit Mata Endoftalmitis

Penyakit mata endoflatmitis merupakan penyakit infeksi yang terjadi pada lapisan mata bagian dalam dan bola mata bernanah. Gejalanya sama dengan penyakit mata blefaritis yaitu mata merah, nyeri dan terjadi gangguan mata. Penyakit ini timbul dikarenakan mata tertusuk oleh benda tajam. Penyakit mata endoftalmitis jika tidak di tangani dengan cepat akan menimbulkan kebutaan bagi penderita.

5. Penyakit Mata Gonoblenorrhoe

Penyakit Mata Gonoblenorrhoe

Penyakit Mata Gonoblenorrhoe

Penyakit mata ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir dikarenakan sang ibu yang menderita penyakit mata. Penyakit mata gonorrhoe dapat menyerang orang dewasa melalui tangan. Gejala sakit mata yaitu mata bengkak, bernanah.

6. Penyakit Mata Iridosiklitis

Penyakit Mata Iridosiklitis

Penyakit Mata Iridosiklitis

Untuk penyakit mata iridosiklitis penyebabnya dari gigi berlubang. Bagi anda yang menderita sakit gigi berlubang lebih baik cepat untuk menanganinya karena penyakit mata ini akan sangat mengganggu penglihatan karena adanya bintik-bintik hitam sehingga tidak dapat untuk disepelekan,

7. Penyakit Mata Dakriosistitis

Penyakit Mata Dakriosistitis

Penyakit Mata Dakriosistitis

Penyakit dimana ada penyumbatan pada saluran yang mengalirkan air mata ke hidung. Penyakit mata dakriosistitis disebabkan alergi pada saluran. Akibat yang terjadi akan menimbulkan nyeri sampai mengeluarkan nanah dan penderita akan mengalami demam.

8. Penyakit Mata Glaukoma

Penyakit Mata Glaukoma

Penyakit Mata Glaukoma

Penyakit mata Glaukoma ditandai dengan peradangan yang mulai kabur serta berkurangnya lebar penglihatan. Hal ini dapat merusak retina dan saraf pada mata. Jika tidak ditangani dengan cepat akan menimbulkan kebutaan bagi penderitanya. Hal ini disebabkan saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga membesar dan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata dan akhirnya saraf mata tidak mendapat aliran darah dan akan mati.

9. Gangguan Lensa Mata

Gangguan Lensa Mata

Gangguan Lensa Mata

Penyakit gangguan pada lensa mata ada beragam. Anda mengenalnya dengan istilah Miopi, Hiperopi, Presbiop, Astigmatisma, Amblyopia, Starbismus, Silindris

10. Infeksi Mata

Infeksi Mata

Infeksi Mata

Penyakit jenis ini juga beragam. Pada umumnya sering terjadi yaitu infeksi pada selaput lendir putih mata dan kelopak mata atau biasanya lebih dikenal dengan sebutan mata merah. Ada pula yang disebut dengan Belekan. Belekan merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus disertai bakteri. Gejalanya membuat bulu mata saling menempel sehingga sulit untuk dibuka ketika bangun tidur. Ini karena banyaknya kotoran dan bakteri yang menempel. Infeksi mata sering terjadi pada anak-anak dan sangat menular. Infeksi lainnya yaitu Bintitan. Ini sering kali dialami oleh sebagian orang tidak hanya anak-anak namun orang dewasa terkadang terserang infeksi mata bintitan. Bintitan ini disebabkan Karen adanya infeksi bakteri pada kelenjar pada dasar bulu mata tetapi dapat sembuh dengan sendirinya sehingga tidak perlu panik yang berlebihan.

11. Katarak

Katarak

Katarak

Nah penyakit yang satu ini sepertinya banyak diderita orang. Katarak sendiri merupakan penyakit kerusakan mata yang disebabkan lensa mata berselaput dan rabun, lensa menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembus. Penderita katarak akan mengalami penglihatan yang buram atau abu-abu lebih jelasnya ketajaman penglihatannya akan berkurang. Sensitivitas pada kontras pun akan hilang. Disarankan penderita sering untuk berkonsultasi mata ke spesialis mata untuk menjaga kesehatan pada mata.

12. Sakit Mata Hordeolum

Sakit Mata Hordeolum

Sakit Mata Hordeolum

Penyakit mata hordeolum merupakan infeksi pada satu atau beberapa kelenjar di tepi atau bawah kelopak mata. Namun akan sembuh sendirinya dalam beberapa hari kemudian. Penyebab sakit Hordeolum adalah bakteri dari kulit. Gejala dan tandanya berawal pada kemerahan, nyeri pada tepi kelopak mata. Biasanya akan bengkak namun hanya sebagian kecil pada kelopak mata saja. Pada tengah daerah yang membengkak seringkali terlihat bintik kecil yang berwarna kuning berbentuk abses dan cenderung pecah dan bernanah. Untuk mencegah terjadinya hordeolum maka disarankan mencuci tangan sebelum menyentuh kulit pada bagian mata

13. Penyakit Mata Eksoftalmus

Penyakit Mata Eksoftalmus

Penyakit Mata Eksoftalmus

Eksoftalmus merupakan penyakit mata dengan penonjolan pada salah satu bola mata yang disebabkan oleh tiroid, peredaran di belakang mata, tumor jinak, thrombosis sinus kavernosus dan malformasi arteriovenosa. Gejala dan tandanya adalah satu atau kedua bola mata akan tampak menonjol.

Karena penyebab penyakit mata bermacam-macam, maka pengobatannya akan bermacam-macam pula tergantung tingkat dan kerusakannya. Untuk pengobatan penyakit mata  Konjungtivitis Bakteri jika sakit mata disebabkan oleh infeksi bakteri makan diresepkan untuk menggunakan obat mata tetes atau salep antibiotik atau salep untuk alergi mata. Bisa dengan obat tetes anti-inflamasi. Penting juga untuk menghindari hal yang menyebabkan alergi pada mata. Selain pengobatan mata, tips yang dapat anda lakukan untuk meredakan sakit mata yaitu anda dapat melindungi mata dari debu, asap dan zat iritan. Jangan mengucek mata secara berlebihan, hindari penggunaan make up bagi para wanita yang suka bermake up setiap harinya. Bagi anda pengguna lensa kontak, maka lepaskanlah selama sakit mata berlangsung agar cepat melakukan pemulihan.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Jenis Penyakit Mata agar bisa menjadi referensi anda dalam mencari solusi bagi penyakit mata yang anda derita maupun keluarga anda juga. dan semoga lekas sembuh Terima Kasih 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • penyakit mata
  • jenis penyakit mata
  • macam macam sakit mata
  • jenis sakit mata
  • penyakit pada mata
  • macam macam penyakit mata
  • macam macam penyakit mata dan gambarnya
  • jenis jenis penyakit mata
  • jenis penyakit mata serta gambarnya
  • macam sakit mata
  • macam2 penyakit mata
  • macam penyakit mata dan gambarnya
  • penyakit yang menyerang mata
  • macam penyakit mata
  • gambar penyakit mata
  • Leave a Comment

/* */