8 Penyakit Kulit Yang Sering Menyerang Bayi

Penyakit Kulit Pada Bayi

Penyakit Kulit Pada Bayi – Kulit bayi yang baru lahir hingga berumur satu tahun memiliki kulit yang masih sangat rentan, sehingga para orang tua harus lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit bayi dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan memandikan bayi secara rutin dan benar.

Muncul ruam dan bintik merah pada kulit bayi menjadi masalah kulit yang umum di alami oleh bayi, meskipun termasuk masalah kulit yang ringan tetapi tetap dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan bahkan dapat membuat bayi rewel. Apalagi jika kondisi ini di alami oleh bayi yang lahir prematur, maka biasanya masalah tersebut akan lebih sulit untuk disembuhkan dibandingkan pada bayi yang lahir normal.

Penyakit kulit bisa menyerang bayi kapan saja, terkadang kondisi tersebut dapat menujukan gejala yang ringan sehingga sering di abaikan oleh para orang tua. Padahal jika tidak segera ditangani dengan baik, penyakit kulit yang awalnya terlihat ringan bisa bertambah parah dan sulit untuk disembuhkan. Maka dari itu, sebaiknya sebagai orang tua harus mengenali berbagai jenis penyakit kulit yang dapat menyerang kulit bayi, sehingga anda bisa tahu bagaimana cara pencegahan dan penanganan yang tepat.

Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi

Berikut ini beberapa jenis penyakit kulit yang sering menyerang kulit bayi, diantaranya yaitu :

  1. Intertrigo

Penyakit kulit pertama yang sering menyerang bayi yaitu Invertigo. Invertigo merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sering kali muncul pada daerah lipatan tubuh bayi seperti pada bagian leher, ketiak, selangkangan, pantat dan juga lipatan tangan dan kaki serta lipatan tubuh bayi lainnya. Penyakit ini lebih sering menyerang bayi yang memiliki tubuh gemuk, sehingga banyak para orang tua yang tidak menyadari ketika bayinya terserang penyakit kulit Invertigo karena banyak lipatan tubuh yang jarang terbuka. Terkadang penyakit kulit ini tidak menimbulkan rasa sakit atau perih, tetapi tergantung pada bagian kulit mana yang terkena penyakit ini.

  1. Biang keringat

Biang keringat juga sering kali di alami oleh bayi, penyakit kulit yang satu ini sebenarnya tidak berbahaya dan juga tidak menyebabkan kulit bayi mengalami infeksi. Tetapi biang keringat sering kali menimbulkan bintik putih dan merah yang biasanya sering menyerang bagian kulit wajah, leher, punggung dan selangkangan. Untuk bayi yang mengalami biang keringat, biasanya bayi akan sulit untuk tidur dan merasa tidak nyaman. Ketika cuaca sedang panas, biasanya biang keringat ini akan menimbulkan rasa perih dan akan semakin terasa perih ketika terkena keringat. Maka dari itu, jika penyakit kulit ini tidak segera diatas sering kali membuat bayi sering menangis.

  1. Seborrhea

Seborrhea adalah salah satu jenis penyakit kulit yang sering menyerang kulit bayi. Meskipun penyakit ini tidak berbahaya dan tidak akan menular, tetapi jika tidak segera diatas dengan baik dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan bahkan rewel. Seborrhea sering kali menyerang kulit bayi pada area wajah, kulit kepala dan semua kulit yang terletak di bagian atas tubuh. Penyakit kulit ini disebabkan oleh karena produksi sel kulit yang terlalu berlebihan, bahkan jika tidak segera diatas dapat menyebabkan peradangan pada kulit bayi dengan ditandai munculnya kemerahan dan rasa gatal yang sering membuat bayi merasa tidak nyaman.

Jika masalah kulit ini tidak segera diatas dengan baik, maka dapat menyebabkan kondisinya semakin parah. Bahkan ada beberapa bayi yang pada kulit kepalanya memiliki banyak sekali ketombe, ketombe juga bisa muncul pada beberapa bagian kulit bayi lainnya seperti alis dan di sekitar telinga bayi. Penyakit kulit Seborrhea pada bayi ini sering di alami oleh bayi yang masih berumur dibawah 6 bulan.

  1. Eksim

Eksim merupakan jenis penyakit kulit yang juga cukup rentan di alami oleh bayi sejak bayi berumur 3 hingga 4 bulan. Eksim ini berupa ruam yang sering muncul pada bagian kulit kepala, pipi, dada, lengan, kaki dan juga beberapa bagian kulit tubuh bayi lainnya. Tetapi ketika bayi memasuki umur diatas satu tahun, maka penyakit eksim ini bisa saja muncul pada bagian kulit lengan, siku, pergelangan tangan dan kaki, punggung, lutut dan kulit tubuh lainnya. Tingkat keparahan dari penyakit eksim ini dapat terjadi dalam beberapa tahapan seperti tahap ringan, kesing, berkerak dan meletus. Jika penyakit kulit pada bayi ini sudah mengalami infeksi, maka bisa berkembang, berair dan bahkan bernanah.

  1. Cradle cap

Penyakit kulit yang sering di alami oleh bayi berikutnya yaitu jenis penyakit kulit yang sering menyerang bagian kulit kepala bayi. Penyakit kulit yang satu ini sangat sering terjadi pada bayi, terutama pada bayi yang baru lahir dan tidak jarang pula bisa di alami oleh bayi yang sudah cukup berumur. Penyakit kulit ini sering kali disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan, sehingga dapat menimbulkan kerak putih atau dikenal dengan sebutan sebum.

Pada awalnya, penyakit ini terlihat seperti ketombe pada umumnya, namun pada bagian kulit kepala yang terkena Cradle cap akan tumbuh dengan tidak normal. Meskipun jenis penyakit kulit ini biasanya hanya sering menyerang bagian kulit kepala saja, tetapi tidak menutup kemungkinan bagian kulit tubuh lainnya pun bisa terserang seperti pada bagian kulit leher, ketiak dan bagian kulit disekitar popok bayi. Jika kondisinya sudah cukup parah, maka dapat menyebabkan kulit menjadi berkerak, berwarna kuning dan bahkan akan muncul borok jika sudah terkena infeksi.

  1. Jerawat Bayi

Ternyata kulit berjerawat tidak hanya di alami oleh usia remaja dan dewasa saja, bayi usia beberapa bulan pun bisa mengalaminya. Kemunculan jerawat bayi ini bisa terjadi dengan sangat mudah pada kulit bayi, bahkan dapat menyerang bagian kulit wajah, pipi dan juga hidung bayi. Mungkin anda akan melihat penyakit jerawat bayi ini mirip seperti komedo yang sering muncul pada kulit orang dewasa. Penyebab dari kemunculan penyakit kulit ini dikarenakan oleh faktor kelebihan hormon tertentu pada tubuh bayi selama masih dalam kandungan, kemudian kondisinya akan semakin memburuk jika pada kelenjar minyak memproduksi kadar minyak berlebih.

  1. Erythema toxicum

Jenis penyakit kulit yang sering menyerang kulit bayi yaitu Erythema toxicum. Penyakit kulit ini yang bersifat beracun, penyakit ini sering muncul pada kulit bayi yang baru lahir dan juga pada bayi yang lahir dengan kondisi normal. Tanda-tanda kemunculan penyakit ini dapat terlihat sejak hari pertama bayi lahir dengan di tandai munculnya tanda kemerahan pada kulit bayi, bahkan akan muncul benjolan kecil secara merata hingga ke bagian kulit tangan dan kaki bayi. Meskipun penyakit ini cukup menakutkan, namun kondisi penyakit ini umum terjadi pada bayi yang baru lahir dan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 3-4 hari setelah kelahiran.

  1. Milia

Penyakit kulit terakhir yang sering di alami oleh bayi yaitu penyakit Milia. Penyakit ini dapat dikenali dengan munculnya tanda bintik berwarna putih berukuran kecil, bintik kecil berwarna putih ini akan menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit bayi, sehingga akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Umumnya, bayi yang masih berusia 4 minggu sering terserang penyakit kulit ini.

Penyakit Milia bisa saja muncul pada bagian tubuh seperti gusi dan langit-langit mulut. Milia sendiri dikenal dengan penyakit kista kecil yang di dalamnya berisi keratin, yaitu suatu protein yang dihasilkan oleh kulit. penyakit milia sendiri sering muncul pada area kulit di kelopak mata, pipi dan juga bagian tubuh yang terbuka.

Itulah beberapa jenis penyakit kulit yang sering di alami oleh bayi, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

kata untuk mencari artikel ini:
  • penyakit kulit pada bayi
  • yhsm-coolpad
  • penyakit kulit bayi
  • https://www kumpulanpenyakit com/penyakit-kulit-bayi/
  • penyakit yang berbahaya
  • penyakit yang menyebabkan kulit menjadi hitam pada bayi
  • donlod nama obat pnumbuh rambut
  • obat sakit kulit pada bayi
  • mengenali penyakit kulit
  • masalah yang sering muncul pada usia bayi baru lahir
  • macam penyakit kulit bayi
  • macam penyakit gatal pada wajah bayi
  • macam macam penyakit kulit pada bayi
  • beberapa penyakit kulit yang di alami anak
  • jenis penyakit kulit pada bayi
  • Leave a Comment

/* */