20 Pantangan Untuk Ibu Hamil Yang Harus Diketahui

20 Pantangan Untuk Ibu Hamil

Pantangan Ibu Hamil – Tumbuh kembang janin di dalam kandungan masih sangatlah rentan terhadap berbagai gangguan yang disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu disebabkan oleh faktor keturunan maupun gaya hidup anda sehari-hari. Bayi lahir dengan sehat dan selamat tentu menjadi harapan setiap orang tua terutama bagi ibu hamil itu sendiri, sehingga berbagai cara pun dilakukan agar janin yang dikandung tetap sehat.

Apa Saja Pantangan Untuk Ibu Hamil yang Wajib Dihindari?

Maka tak heran jika banyak sekali tradisi yang telah berkembang di kalangan masyarakat umum terkait dengan kehamilan, tradisi tersebut bertujuan untuk menjaga selama janin ada dalam kandungan sampai dilahirkan. Bahkan secara medis beberapa tradisi ada yang bisa diterima dengan baik, namun ada pula yang masih dalam tahap perkembangan dan penelitian untuk mendapat kepastian dari tradisi-tradisi yang berkembang di tengah masyarakat.

Selama menjalani masa kehamilan, para ibu hamil dituntut untuk selalu menjaga asupan nutrisi dalam jumlah cukup untuk mendukung tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Selain itu, ada pula pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh ibu hamil, baik itu dari segi makanan maupun pola dan gaya hidup sehari-hari yang dapat mempengaruhi kesehatan janin itu sendiri.

Oleh karena itu, pada ulasan kali ini akan mengulas tentang berbagai pantangan untuk ibu hamil yang sebaiknya jangan dilakukan. Pantanagan apa saja itu? Mari kita simak satu per satu dibawah berikut ini.

Daftar Pantangan Untuk Ibu Hamil

Berikut ini 20 pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil selama masa kehamilan sampai melahirkan, yaitu :

  1. Jangan Mengkonsumsi Makanan Mentah

Pantangan pertama yang harus di patuhi oleh ibu hamil yaitu jangan mengkonsumsi makanan mentah, baik itu makan yang berasal dari hewan maupun sayuran. Sebab, di dalam makanan mentah terdapat kumpulan bakteri, virus dan parasit berbahaya yang dapat menyebabkan keguguran. Jika anda ingin mengkonsumsi makan yang berasal dari hewan maupun sayuran, sebaiknya masak terlebih dahulu hingga matang sempurna agar terhindari dari resiko yang ditimbulkannya.

  1. Jangan Mengkonsumsi Ikan Yang Mengandung Merkuri

Pada umumnya, mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamil dan janin. Namun tentunya tidak semua jenis ikan baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena ada beberapa jenis ikan yang di dalamnya mengandung zat merkuri tinggi yang dapat mempengaruhi kesehatan otak dan sistem saraf janin. Oleh karena itu, anda harus lebih selektif dalam memilih jenis ikan yang akan dikonsumsi. Beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri yaitu seperti ikan mackerel, ikan todak dan ikan tilefish.

  1. Jangan Mengkonsumsi Makanan Pemicu Alergi

Jika anda, suami atau anak anda yang lainnya memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu, maka sebaiknya anda juga menghindari makan tersebut untuk memperkecil kemungkinan juga bisa di alami oleh janin yang sedang anda kandung. Beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadinya alergi yaitu seperti kacang atau berbagai produk olahannya.

  1. Hindari Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol sangat penting untuk anda hinari, karena dengan minum minuman ini dapat menyebabkan terhambatnya asupan nutrisi dan aliran oksigen pada janin. Resiko mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan bayi lahir dengan gangguan IQ dan gangguan pada fisiknya.

  1. Hindari Makanan Dan Minuman Berkafein

Mengkonsumsi makanan atau minuman beralkohol memang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan, begitupun pada ibu hamil. Konsumsi makanan dan minuman berkafein pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko keguguran dan bayi lahir dengan memiliki berat badan rendah. Bahkan lebih parahnya, banyak kasus bayi mengalami kematian saat lahir.

  1. Hindari Asupan Kalori Secara Berlebihan

Selama kehamilan, tubuh memang sangat membutuhkan asupan kalori, namun dalam jumlah yang cukup dan porsi yang tepat. Sebab, jika ibu hamil terlalu mendapatkan asupan kalori dalam jumlah yang belebihan dapat beresiko mengalami obesitas. Jika ibu hamil mengalami obesitas dapat meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan berlebih (obesitas) atau terkena diabetes.

  1. Hindari Memakai Pakaian Ketat

Jika sebelum anda hamil dan mengandung suka memakai pakaian ketat, maka setelah anda mengandung sebaiknya jangan pernah berani untuk memakainya lagi. Hal ini dikarenakan, memakai pakaian ketat dapat berpengaruh buruk terhadap tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok

Jika kebiasaan merokok sebelum hamil tetap anda lakukan, maka dapat meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah dan bahkan bayi lahir dengan berbagai gangguan kesehatan.

  1. Hindari Minum Susu Yang Tidak Dipasteurisasi

Ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk minum susu mentah yang belum dipasteurisasi. Proses pasteurisasi ini dilakukan untuk membasmi kuman dan bakteri jahat yang dapat mempengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan. Maka dari itu, sebaiknya adna lebih teliti memilih produk susu dan pastikan anda memilih produk susu yang sudah dilakukan proses pasteurisasi.

  1. Jangan Membersihkan Kotoran Kucing

Jika anda memiliki kucing peliharaan di rumah, maka jangan pernah anda membersihkan kotoran kucing sendiri, karena sangat berbahaya bagi ibu hamil. Infeksi parasit dari kotoran kucing tersebut dapat meningkatkan resiko keguguran dan bahkan kematian bayi saat dilahirkan. Jika bayi tersebut lahir dengan selamat, besar kemungkinan bayi mengalami kejang atau menderita penyakit kejiwaan,

  1. Berendam Air Panas atau Sauna

Ibu hamil dilarang untuk berendam air panas atau melakukan perawatan mandi sauna. Berdasarkan hasil peneltian yang dilakukan, resiko keguguran akan meningkat dua kali lipat jika ibu hamil sering berendam air panas atau mandi sauna pada awal kehamilan.

  1. Hindari Mengkonsumsi Obat Tertentu Tanpa Anjuran Dokter Atau Bidan

Selama kehamilan, ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan tanpa anjuran dari dokter ataupun bidan. Hal ini dikarenakan, kandungan zat yang terdapat pada obat tersebut akan masuk ke dalam plasenta dan juga sirkulasi janin yang ada dalam kandungan. Jika hal ini terjadi, maka resiko keguguran akibat janin mengalami keracunan atau bahkan kematian. Maka dari itu, jika akan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan yang selalu menangani pemeriksaan kehamilan anda setiap bulannya.

  1. Hindari Melakukan Diet

Ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk melakukan diet selama kehamilan, karena akan sangat beresiko terhadap tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Jika ibu hamil melakukan diet, maka akan berdampak terhadap berkurangnya asupan vitamin, mineral dan juga nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Pantangan Untuk Ibu Hamil Lainnya :

  1. Hindari Memakai Sepatu Hak Tinggi
  2. Hindari Menggunakan Obat Anti Nyamuk Bakar atau Semprot
  3. Hindari Berkendari Di Jalanan Jelek Bergelombang
  4. Hindari Melakukan Perawatan Pada Rambut Menggunakan Bahan Kimiawi
  5. Hindari Melakukan Perawatan Kulit
  6. Hindari Mengkonsumsi atau Memakai Obat Jerawat
  7. Hindari Melakukan Perawatan Pedikur dan Medikur

Itulah tadi 20 pantangan untuk ibu hamil yang harus dihindari agar kesehatan janin selalu terjaga dengan baik dan bayi lahir dengan sehat dan selamat. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

kata untuk mencari artikel ini:
  • buah alpukat
  • pantangan
  • jenis sayuran yang harus di hindari ibu hamil
  • kalau orang hamil yang harus diketahui
  • makanan yang dihindari ibu hamil agar bayi tidak ada gangguan
  • menjaga ibu hamil atau orang tua terlebih dahulu?
  • pantangan hamil
/* */