6 Daftar Obat Tipes Paling Ampuh Terbaik

Obat Tipes

Obat Tipes

Obat Typus Anak dan Dewasa Paling Ampuh

Obat Tipes Paling Ampuh – Melakukan terapi antibiotik adalah cara yang sangat efektif untuk mengobati penyakit Tifus (Tipes), pengobatan ini harus segera diberikan agar kondisinya tidak semakin memburuk. Dengan melakukan pemeriksaan sampel darah, tinja dan juga tes urine yang dilakukan di laboratorium dapat menentukan jenis obat antibiotik apa yang tepat untuk diberikan. Selain itu, pemberian jenis obat penurun demam pun baik untuk diberikan agar suhu tubuh pasien tipes cepat turun ke suhu normal. Perawatan penyakit tipes sendiri dapat dilakukan di rumah jika kondisinya belum terlalu parah, tetapi jika kondisinya sudah cukup parah sebaiknya segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan secara intensif dengan menjalani rawat inap. dan diberikan obat gejala tifus terbaik dari dokter

Perawatan Tipes Di Rumah

Pada umumnya, seseorang yang menderita penyakit tipes stadium awal akan membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu pengobatan dengan menggunakan jenis obat antibiotik berbentuk tablet yang telah diresepkan. Meski biasanya tubuh akan membaik setelah 2-3 hari mengkonsumsi obat antibiotik, namun jangan hentikan pengobatan dan minum antibiotik sampai habis. Hal ini sangat penting untuk dilakukan dalam memastikan jika bakteri di dalam tubuh benar-benar telah mati.

Meski demikian, pemberian obat antibiotik untuk mengobati sakit tipes akan menimbulkan masalah yang berbeda-beda pada setiap negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Perkembangan bakteri Salmonella Thypi akan menjadi lebih kebal terhadap reaksi antibiotik. Bahkan pada beberapa tahun yang lalu, bakteri tersebut menjadi lebih kebal terhadap reaksi antibiotik dari golongan ampicillin, kloramfenikol dan juga trimotheprim-silfamethoxazole.

Maka dari itu, segera periksakan kondisi kesehatan anda jika semakin memburuk setelah menjalani perawatan di rumah. Karena pada beberapa kasus penyakit tipes bisa saja kembali kambuh. Agar kondisi tubuh bisa kembali pulih dan mencegah agar penyakit ini tidak kembali kambuh, anda bisa mencoba menjalani beberapa langkah berikut ini.

  • Istirahat yang cukup dan teratur.
  • Makan dalam porsi sedikit namun sering, jika makan dalam porsi banyak bisa 3 kali sehari.
  • Cukupi cairan tubuh dengan sering minum air putih.
  • Biasakan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun ketika sebelum dan sesudah makan serta ketika selesai buang air besar.

Pengobatan Tipes di Rumah Sakit

Di rumah sakit, biasanya para pasien akan diberikan jenis antibiotik dalam bentuk suntikan. Jika memang diperlukan, pemberian suapan cairan dan juga nutrisi akan diberikan dengan cara memasukannya ke pembuluh darah melalui infus. Lama pengobatan ini biasa dilakukan sampai hasil tes pada urin dan tinja telah bersih dari bakteri penyebab penyakit tipes.

Pemberian infus ini diberikan karena biasanya perawatan pada pasien tipes yang dilakukan di rumah sakit akan disertai dengan muntah dan diare terus menerus, bahkan dapat di sertai dengan mengalami perut kembung. Pemberian infus ini bertujuan untuk mencegah tubuh pasien mengalami dehidrasi yang diakibatkan dari gejala diare yang cukup parah. Jika penyakit tipes ini diderita oleh anak-anak, maka sangat direkomendasikan untuk segera dirawat di rumah sakit sebagai tindakan pencegahan.

Pada beberapa kasus yang telah terjadi, tindakan operasi mungkin akan diperlukan apabila terjadi komplikasi yang dapat membahayakan nyawa pasiennya seperti mengalami pendarahan atau kerusakan pada sistem pencernaan. Namun kondisi tersebut sangat jarang terjadi dan kebanyakan kondisi pengidap tipes akan berangsur-angsur membaik setelah melakukan pengobatan di rumah sakit dalam jangka waktu sekitar 3-5 hari. Tubuh pasien akan membaik secara perlahan setelah beberapa minggu pasca infeksi sampai kondisi tubuh benar-benar pulih kembali.

Bakteri Menetap Di Dalam Tubuh

Pada beberapa pasien tipes yang telah sembuh sudah tidak menunjukan berbagai gejala tipes, namun bakteri Salmonella Typhi akan tetap bersarang pada saluran usus selama bertahun-tahun. Sekitar 5%, pengidap penyakit tipes yang tidak menjalani pengobatan yang tepat dan kemudian pulih kembali, maka mereka akan terus membawa bakteri tersebut dalam tubuhnya. Dengan demikian, tanpa mereka sadari jika mereka dapat menyebabkan orang lain terinfeksi dengan melalui tinja yang dikeluarkan.

Obat Tipes Anak Dan Dewasa Paling Ampuh di Apotik

Berikut ini merupakan beberapa jenis obat penyakit tipes yang efektif untuk melawan bakteri Salmonella Typhi penyebab penyakit tipes (Tifus), diantaranya yaitu :

  1. Chloramphenicol

Menurut informasi yang disampaikan oleh Dr. Zulfiqar Bhutta menjelaskan bahwa obat Chloramphenicol ini masih memiliki tingkat kesembuhan yang cukup tinggi untuk membantu menyobati pasien tipes. Beliau pun menyarankan agar penggunan jenis obat ini, asalkan anda harus membatasi penggunaan jenis obat tipe  lain seperti fluoroquinolones, sehingga tidak akan terjadi efek resistensi pada obat yang berkelanjutan.

  1. Amoxicillin

Pemberian obat Amoxicillin ini dapat dilakukan melalui sistem suntik atau dikonsumsi secara langsung yang berbentuk tablet. Amoxicillin sendiri merupakan salah satu jenis obat yang sangat efektif untuk mengobati penyakit tipes, bahkan Amoxicillin ini memiliki tingkat kekambuhan yang hanya 4-8 % saja. Selain itu, Amoxicillin juga terkenal sebagai jenis obat yang paling aman terhadap terjadinya resistensi. Penggunaan obat ini sebaiknya diberikan dengan rekomendasi dari dokter.

  1. Trimethoprim-Sulfamethoxazole

Mungkin bagi sebagian dari anda nama obat ini masih terdengar asing, karena jenis obat ini hanya di berikan kepada pasien tipes yang sudah kronis. Penggunaan obat ini selama 6 minggu dapat mengobati gejala dari penyakit tipes dan juga mencegah pasien mengalami kondisi yang lebih berbahaya. WHO juga melaporkan bahwa penggunaan obat ini akan sangat membantu asalkan direkomendasikan dengan resep dokter.

  1. Fluoroquinolones

Fluoroquinolones merupakan jenis obat tipes anak-anak dan dewasa yang dianggap sebagai jenis obat pilihan menurut informasi dari WHO. Fluoroquinolones juga termasuk kedalam jenis obat norfloksasin, levofloxacin dan juga ciprofloxacin. Menurut hasil laporan dari WHO menyampaikan bahwa jenis obat ini mampu membersihkan atau membuang bakteri samonella hingga 80 %, mungkin anda akan melakukan perbincangan terlebih dahulu dengan dokter ketika akan menggunakan obat ini, namun obat ini tidak akan cocok jika digunakan bersamaan dengan pemberian obat Chloramphenicol.

  1. Ceftriaxone

Pemberian obat ini mungkin akan menjadi alternatif terbaik yang akan diberikan oleh dokter ketimbang menggunakan obat Fluoroquinolones yang memiliki tingkat resiko mengalami resistensi yang lebih tinggi. Ceftriaxone adalah jenis obat antibiotik yang khusus untuk diberikan dengan cara di suntikan. Efek samping dari obat ini biasanya akan menimbulkan alergi dan penyakit kuning kepada para pasien, sehingga pemberian obat ini harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter.

  1. Azithromycin

Obat ini juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan obat Ceftriaxone yang dapat menjadi pilihan agar tidak mengalami resistensi, obat ini sangat efektif untuk mengobati penyakit tipes pada anak-anak dan juga orang dewasa.

Baca Juga:

Pengobatan Tambahan ketika Penyakit Tipes Kembali Kambuh

Bagi beberapa orang yang menderita gejala tipe dan kambuh kembali setelah sepekan melakukan pengobatan dengan antibiotik, maka dokter biasanya akan memberikan resep antibiotik meskipun gejala yang dirasakan tidak separah pada awal terserang. Namun setelah menjalani pengobatan namun hasil tes masih menunjukan jika anda masih terdeteksi adanya bakteri salmonella typhi, maka dokter biasanya akan menyarankan agar anda menjalani pengobatan selama 28 hari dengan antibiotik kembali untuk membersihkan sisa-sisa bakteri yang ada pada saluran usus. Hal ini dapat mengurangi potensi pada diri anda sebagai pembawa bakteri penyakit tipes jangka panjang. Pastikan selama anda masih terinfeksi penyakit tipes, sebaiknya hindari melakukan aktivitas mengolah makanan atau memasak dan pastikan anda selalu membersihkan tangan serta gunakan cairan antiseptik.

Demikianlah ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai Obat Sakit Tipes di Apotik, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca semua. 🙂

Terima kasih dan sampai jumpa dan Lekas Sembuh 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat tipes
  • obat gejala tipes
  • obat typus
  • obat tifus
  • Obat sakit tipes
  • obat tipes di apotik
  • obat sakit tipes di apotik
  • obat penyakit tipes
  • obat tipes paling ampuh
  • obat tipus
  • obat tipes paling ampuh di apotik
  • obat untuk tipes
  • obat tipes anak
  • obat ti
  • obat tipes yang ampuh
/* */