5 Obat Kolesterol Tinggi di Apotik Paling Ampuh

Obat Kolesterol

Obat Kolesterol

Obat Kolesterol Tinggi Paling Mujarab

Obat Kolesterol Paling Ampuh – Kolesterol tingi atau dalam istilah medis dikenal dengan sebutan Hiperkolesterolemia merupakan suatu kondisi dimana kadar kolesterol dalam darah mengalami peningkatan yang melebihi batas normal. Kolesterol sendiri adalah senyawa lemak lilin yang lebih banyak diproduksi organ hati dan sisanya di hasilkan dari makanan. Seseorang yang mengalami kolesterol tinggi sangat beresiko menderita penyakit serius, penyakit tersebut dapat disebabkan oleh karena terjadinya pengendapan kolesterol dalam jumlah yang berlebihan pada saluran pembuluh darah seperti penyakit jantung dan juga stroke.

Menurut dari data dari WHO pada tahun 2012 melaporkan bahwa diperkirakan mencapai sekitar 35% penduduk Indonesia memiliki masalah kolesterol tinggi, itu artinya jika sepertiga dari penduduk Indonesia beresiko terkena jenis penyakit arteri. Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi dan penyebab dari kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh karena kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Namun perlu juga anda ketahui bahwa kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Berikut dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa obat kolesterol tetapi sebelumnya mari review sejenak tentang kolesterol.

Apa Itu Kolesterol ?

Fakta mengenai kolesterol

Faktanya kolesterol sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi untuk membantu dalam menciptakan sel-sel baru agar tubuh dapat berfungsi dengan baik dan normal. Selain itu, kolesterol juga ternyata dapat membantu tubuh dalam memproduksi vitamin D, hormon dan juga asam empedu yang baik untuk mengurai lemak. Di dalam darah, kolesterol akan dibawa oleh protein dan penggabungan inilah yang disebut dengan Lipoprotein. Lipoprotein sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Lipoprotein rendah yang disebut dengan LDL atau lebih dikenal dengan sebutan kolesterol jahat dan juga Liporotein dengan tingkat kepadatan tinggi atau LDL yang disebut dengan kolesterol baik.

Kolesterol HDL sendiri dapat berfungsi untuk mengangkut kolesterol dari dalam organ hati menuju ke sel-sel yang membutuhkannya, namun jika jumlah dari kolesterol tersebut terlalu berlebihan dapat menyebabkan terjadinya penumpukan kolesterol yang mengendap pada dinding-dinding arteri serta dapat memicu berbagai jenis penyakit berbahaya. Sementara itu, HDL berfungsi untuk mengangkut kolesterol untuk dikembalikan menuju ke organ hati. Kemudian di dalam organ hati kolesterol tersebut akan di urai dan dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran. Jumlah kolesterol yang dibutuhkan dalam darah yang disarankan dapat berbeda-beda sesuai dengan kondisi dari orang tersebut, untuk mengetahui jumlah kolesterol dalam darah bisa di cek dengan melakukan tes darah.

Maka dari itu, sebaiknya lakukan pengecekan kolesterol dalam darah secara rutin agar terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya yang dapat mengintai sewaktu-waktu.

Dampak Buruk Kolesterol Tinggi

Apabila kolesterol tinggi telah mengendap pada dinding arteri, maka sirkulasi darah untuk menuju jantung, otak dan juga organ-organ tubuh lain yang membutuhkan akan terhambat. Dengan demikian, seseorang yang memiliki kolesterol tinggi memiliki resiko lebih tinggi terjadi penyempitan pada pembuluh darah sehingga dapat memicu penyakit seperti serangan jantung dan juga stroke.

Kadar kolesterol berlebih juga ternyata dapat menyebabkan muncul rasa sakit pada bagian dada depan atau bagian lengan, kondisi ini dapat terjadi ketika pasien mengalami stres atau ketika melakukan pekerjaan yang berat. Parahnya lagi, kolesterol tinggi dapat memicu seseorang menderita penyakit jantung koroner. Kondisi akan semakin memburuk jika penderita kolesterol tinggi memiliki masalah lain seperti hipertensi, diabetes atau bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung dan juga stroke di dalam keluarga mereka.

Seiring dengan perkembangan jaman dan banyaknya bermunculan aneka jenis kuliner, banyak beragam kuliner yang memiliki kandungan kolesterol, sehingga banyak kalangan masyarakat yang menderita kolesterol tinggi. Namun sayangnya, berbagai jenis obat kolesterol pun masih sangat terbatas. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang berbagai jenis obat kolesterol yang dapat diberikan kepada para penderita kolesterol tinggi.

Cara mengobati kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan beberapa cara mulai dari menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan rendah lemak dan kolesterol, menjaga berat badan dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu sesuai anjuran dokter. Dengan mengkonsumsi obat tertentu sesuai saran dokter memang dapat menjadi solusi terbaik untuk menurunkan kolesterol tinggi, hasil penelitian menunjukan jika pasien kolesterol tinggi yang mengkonsumsi obat kolesterol generik akan lebih teratur dan juga lebih konsisten dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi obat paten.

5 Merk Obat Kolesterol yang Bagus

Obat Kolesterol

Obat Kolesterol

Berikut ini merupakan beberapa jenis obat kolesterol tinggi generik, diantaranya yaitu :

1. Golongan Statin

Satin adalah salah satu obat kolesterol tinggi yang mampu menghambat enzim HMG CoA reductase. Obat ini dapat menghambat proses sintesis kolesterol dalam organ hati, Statin sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Disamping itu, obat kolesterol tinggi ini termasuk ke dalam golongan Statin yaitu dengan dosis 5-40 mg, Pravastatin dosis 10 – 40 mg, Atorvastatin dengan dosis sekitar 10 – 80 mg, Simvastatin dengan dosis sekitar 5 – 40 mg, Lovastatin dengan dosis sekitar 10 – 80 mg, Fluvastatin dengan dosis sekitar 20 – 80 mg.

2. Golongan Asam Fibrat

Asam Fibrat adalah jenis obat kolesterol yang memiliki efek untuk meningkatkan aktivitas pada lipoprotein Lipase. Jenis obat kolesterol tinggi yang satu ini mampu menghambat produksi LDL dalam hati dan sekaligus dapat meningkatkan aktivitas dari reseptor LDL. Beberapa jenis obat yang termasuk ke dalam golongan asam fibrat yaitu fenofibrat dengan dosis 160 mg dan juga Gemfibrozil dengan dosis 300 mg.

3. Golongan Asam Nikotinat

Pada golongan obat ini dapat sangat efektif untuk menurunkan tingkat produksi dari VLDL pada organ hati yang dapat berakibat pada turunnya kadar kolesterol LDL, trigliserida dan juga meningkatnya kadar kolesterol HDL.

4. Golongan Resin Pengikat Asam Emped

Untuk jenis obat kolesterol paling ampuh yang satu ini dapat bekerja dengan cara mengikat asam empedu yang terdapat pada bagian dalam usus dan juga mampu meningkatkan proses perubahan pada kolesterol di dalam organ hati untuk menjadi asam empedu. Dengan demikian, kadar kolesterol LDL dalam hati akan mengalami penurunan dan kolesterol HDL akan tetap atau sedikit mengalami peningkatan. Beberapa jenis obat kolesterol pada golongan ini diantaranya seperti , Kolestiramin dengan dosis 8 – 16 gram, colesevelam dengan dosis 6,5 gram dan juga colestipol dengan dosis 10 – 20 gram.

5. Golongan Obat Penghambat Absropsi Kolesterol

Obat ini dapat bekerja dengan sangat efektif untuk membantu proses penyerapan kolesterol dan dalam usus, namun obat ini tidak akan mempengaruhi terhadap proses penyerapan trigliserida, asam empedu vitamin larut lemak dan juga asam lemak. Untuk jenis obat yang termasuk ke dalam golongan ini yaitu Ezetimibe 10 mg.

Baca Juga:

Itulah beberapa jenis obat generik yang biasa diberikan kepada penderita kolesterol tinggi, selain obat generik ada juga obat kolesterol paten yang dapat anda konsumsi. Bagaimana, sudahkah anda mencoba mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengobati kolesterol tinggi yang anda alami? Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang Jenis Obat Kolesterol Paling Ampuh semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu bagi anda semua yang membutuhkan. 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat kolesterol di apotik
  • obat kolesterol generik
  • obat kolesterol tinggi di apotik
  • obat penurun kolesterol
  • obat kolesterol terbaik
  • obat penurun kolesterol generik
  • Obat kolesterol
  • nama obat kolesterol
  • obat penurun kolesterol di apotik
  • obat kolesterol tinggi
  • Obat kolestrol di apotik
  • obat lemak darah di apotik
  • obat penurun kolestrol
  • obat kolesterol apotik
  • obat penurun kolesterol tinggi
  • Leave a Comment

/* */