9 Obat Jantung di Apotik Paling Ampuh Terbaik

Obat Jantung

Obat Jantung

Obat Penyakit Jantung di Apotik Paling Ampuh

Daftar Obat Jantung Paling Ampuh – Jantung adalah salah satu organ di dalam tubuh yang fungsinya sangat penting dan vital, organ tubuh yang memiliki ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa ini berfungsi untuk memompa dan mengalirkan darah keseluruh tubuh. Maka dengan demikian, kita harus senantiasa menjaga kesehatan jantung dengan menjalani pola hidup sehat antara lain seperti menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi serta di imbangi dengan olahraga rutin, sehingga kesehatan jantung selalu terjaga dan terhindar dari penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner atau dikenal juga dengan istilah penyakit jantung iskemik, penyakit ini sangatlah berbahaya dan bahkan menjadi salah satu jenis penyakit pembunuh nomor satu di dunia termasuk di Indonesia. Angka kematian di Indonesia yang disebabkan oleh penyakit jantung mencapai 35% dan menurut data dari Federasi Jantung Dunia, Asia Tenggara memiliki angka kematian mencapai 1.8 juta kasus pada data tahun 2014.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner sendiri terbagi menjadi dua jenis yang dibedakan berdasarkan tingkat dari penghambatan sliran darah menuju jantung yaitu angina (angin duduk) dan juga serangan jantung. Seseorang dapat terserang penyakit jantung koroner apabila aliran darah menuju ke organ jantung terhambat oleh tumpukan lemak. Penumpukan lemak yang terjadi pada arteri jantung disebut juga dengan istilah medis aterosklerosis dan kondisi tersebut menjadi penyebab utama dari seseorang menderita penyakit jantung koroner.

Kondisi tersebut tentunya dapat mempengaruhi pengurangan suplai darah pada jantung, bahkan aterosklerosis juga dapat memicu terjadinya pembentukan trombosis atau lebih dikenal dengan sebutan penggumpalan darah. Jika hal ini terjadi, maka aliran darah yang menuju ke organ jantung akan tersumbat sepenuhnya dan inilah yang menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. Beberapa faktor penyebab dari aterosklerosis sendiri dapat di picu oleh beberapa faktor yaitu seperti kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi, usia, keturunan dan juga akibat kebiasaan merokok.

Jika penyakit jantung tidak segera ditangani dengan serius dan mendapatkan pertolongan medis, maka dapat berakibat terjadinya komplikasi dan bahkan berujung pada kematian. Jika organ jantung di dalam tubuh tidak dapat menerima suplai darah dengan baik hingga jantung terlalu lemah dalam memompa darah, maka kinerja jantung akan semakin menurun atau lebih dikenal dengan gagal jantung. Komplikasi yang terjadi bisa secara bertahap ataupun secara tiba-tiba, kondisi ini pun dapat menyebabkan beberapa organ tubuh lain seperti ginjal dan paru-paru akan ikut terpengaruh.

Bagi anda yang mengidap penyakit jantung, maka sebaiknya anda mulai untuk menerapkan pola hidup sehat dari sekarang dengan memperhatikan pola makan, olahraga teratur, menghentikan kebiasaan merokok dan minum obat secara teratur. Meskipun penyakit jantung sangat sulit di sembuhkan, namun setidaknya anda bisa mencegahnya agar tidak semakin memburuk.

Jenis-Jenis Merk Obat Penyakit Jantung

Obat Jantung di Apotik

Obat Jantung di Apotik

Dengan menerapkan pola hidup sehat saja tidaklah cukup dalam menangani penyakit jantung. Oleh karena itu, biasanya dokter akan memberikan penanganan dengan memberikan obat jantung tertentu atau dengan menjalani penanganan melalui prosedur operasi dalam mengawasi penyakit mematikan ini.

Berikut ini merupakan beberapa jenis obat jantung di apotek yang biasa diberikan kepada pasien penyakit jantung, diantaranya yaitu :

1. Statin

Statin merupakan jenis obat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, pemberian obat ini mampu menghambat proses perkembangan penyakit jantung. Ada beberapa jenis obat Statin yang biasa diberikan dokter seperti Pravastatin, Simvastatin dan juga Atorvastatin.

2. Antiplatelet

Antiplatelet merupakan jenis obat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya proses penggumpalan darah pada arteri yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. Jenis obat Antiplatelet yang biasa diberikan dokter yaitu seperti clopidogrel, ticagrelor, prasugrel dan aspirin pada dosis rendah.

3. Anti-hipertensi dan obat diabetes

Bagi anda yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi ataupun penyakit diabetes, maka sangatlah penting untuk anda dapat mengontrol perkembangan penyakit tersebut. Pastikan obat Anti-hipertensi dan obat diabetes yang anda konsumsi sesuai dengan aturan dan memberikan efek samping yang baik. Jika setelah mengkonsumsi obat tersebut kondisi anda tidak ada perubahan atau bahkan bertambah parah, maka segera periksakan dan konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Penting juga untuk anda ketahui, dengan menerapkan pola hidup sehat juga dapat membantu menangani kedua jenis penyakit ini.

Jenis-Jenis Obat Penyakit Jantung Angina (Angin Duduk)

1. Beta-blockers

Pasien penyakit jantung Angina yang mengkonsumsi obat jantung di apotik ini, maka laju dari denyut jantung menjadi berkurang dan sirkuliasi darah pun akan menjadi lebih lancar. Kondisi ini menandakan jika beban jantung menjadi lebih ringan dan efek dari serangan angina pun bisa dihindari. Jenis obat Beta-blockers pun terdiri dari beberapa macam seperti  metoprolol, bisoprolol, atenolol dan juga propranolol.

2. Calcium channel blockers

Dengan mengkonsumsi obat jantung ini, maka pembuluh darah yang asalnya menyempit akan mengalami pelebaran, sehingga aliran darah menuju ke jantung akan semakin lancar.

3. Nitrat

Nitrat adalah jenis obat penyakit jantung yang dapat bekerja dengan cara memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah yang menuju ke organ jantung menjadi lancar dan juga dengan minum obat ini dapat meredakan gejala penyakit jantung angina. Jenis obat Nitrat ini tidaknya tersedia dalam bentuk tablet, tetapi juga tersedia dalam bentuk spray, gel dan juga koyo. Efek dari obat tersebut pun berbeda-beda, ada yang cepat dan ada yang bertahap. Dari banyaknya jenis obat penyakit jantung angina, gliseril trinitrat and isosorbide mononitrate merupakan jenis obat yang paling sering digunakan.

4. Ivabradine

Khusus bagi pasien penyakit jantung yang tidak dapat mengkonsumsi obat jantung beta-blockers misalnya dikarenakan alasan mengidap infeksi paru-paru, maka obat Ivabradine ini sering kali diberikan untuk meringankan beban organ jantung dengan cara menurunkan laju dari denyut jantungnya.

Baca Juga:

5. Nicorandil

Nicorandil merupakan jenis obat penyakit jantung yang sering digunakan sebagai alternatif lain bagi pasien yang tidak bisa mengkonsumsi obat jenis Calcium channel blockers. Fungsi dari obat ini pun sama yaitu untuk memperlancar aliran darah menuju ke organ jantung dengan cara memperlebar saluran pada pembuluh darah.

6. Ranolazine

Obat penyakit jantung Angina yang terakhir yaitu Ranolazine, obat ini dapat bekerja dengan cara membuat otot pada organ jantung menjadi lebih rileks namun tidak berpengaruh terhadap laju detak jantung ataupun saluran pada pembuluh darah. Untuk itu, jenis obat ini sering diberikan kepada penderita gagal jantung atau bagi mereka yang memiliki ritme jantung yang bersifat abnormal.

Itulah beberapa jenis Obat Jantung Paling Ampuh untuk penyakit jantung yang sering diberikan kepada pasien yang mengidap penyakit jantung baik itu penyakit jantung jenis serangan jantung ataupun penyakit jantung Angina (Angin Duduk). Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai Daftar Obat Penyakit Jantung, semoga informasi yang kami bagikan diatas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi anda semua. 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat jantung
  • obat jantung lemah di apotik
  • nama obat penyakit jantung
  • obat jantung di apotik
  • obat sakit jantung
  • obat j
  • obat ja
  • nama obat jantung di apotik
  • nama obat jantung
  • obat penyakit jantung
  • obat untuk jantung
  • obat angina di apotik
  • obat serangan jantung
  • obat utk jantung?
  • obat lemah jantung dari dokter
/* */