Kumpulan Penyakit

8 Obat Diare Bayi Alami dan Di Apotik Paling Ampuh

Obat Diare Pada Bayi

Obat Diare Pada Bayi

Obat Diare Pada Bayi – Ketika mendapati bayi terserang diare, maka pastinya para ibu akan merasa sangat khawatir, karena diare adalah salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan bahkan mematikan jika tidak segera ditangani dengan baik. Penyakit diare sendiri merupakan kondisi dimana terjadi frekuensi buang air besar dalam jumlah banyak dan sering serta memiliki bentuk fases yang encer.

Pada orang dewasa, frekuensi buang air besar akan dilakukan antara satu atau dua kali dalam sehari, namun jika sedang terkena diare frekuensinya bisa lebih sering. Diare sendiri tidak hanya dapat menyerang orang dewasa saja, tetapi juga dapat menyerang anak-anak dan bahkan bayi. Ketika masih bayi atau balita, frekuensi buang air besar secara normal akan lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karena itu, para ibu jangan langsung mengartikan jika bayi anda mengalami diare, anda bisa mencari tahu terlebih dahulu tanda-tanda diare pada bayi.

Obat Diare Bayi Alami dan Generik Yang Aman

Jika bayi anda positif terserang diare, maka sebaiknya anda segera melakukan tindakan dengan membawanya ke dokter. Namun sebelum anda membawa bayi anda kedokter, anda bisa melakukan penanganan dirumah terlebih dahulu dengan memberikan bayi anda obat diare. Tetapi pemberian obat ini hanya boleh dilakukan pada bayi usia di atas 1 tahun, jika usia bayi anda masih dibawah 1 tahun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Obat Diare Alami Untuk Bayi

Jika bunda merasa takut memberikan obat-obatan kimia untuk mengobati diare pada bayi anda, maka tidak ada salahnya jika anda memberikan obat-obatan alami yang jauh lebih aman. Berikut ini beberapa obat diare alami untuk bayi, diataranya yaitu :

  1. Air Tajin

Di dalam air tajin memiliki kandungan zat tepung yang sangat tinggi, sehingga air taji ini sangat efektif untuk membantu mengobati diare yang di derita oleh bayi. Khasiat air tajin ini sudah terbukti ampuh untuk mengobati diare pada bayi sejak dulu, sehingga anda tidak perlu meragukannya lagi. Untuk membuat air tajin sangatlah mudah, anda bisa merebus ½ kg beras dan rebus dengan 1 liter air. Ketika air rebusan beras ini sudah mendidih, anda bisa mengambil air yang ada pada permukaan nasi dengan menggunakan centong dan tuangkan ke dalam gelas. Setelah itu, tambahkan gula dan sedikit garam dapur. Biarkan dingin dan kemudian berikan kepada bayi selagi hangat.

  1. Saus Apel

Obat diare untuk bayi berikutnya yaitu dengan menggunakan saus apel, bahan alami ini sudah sejak dulu digunakan sebagai obat diare baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Di dalam buah apel mengandung zat bernama pektin yang terbukti sangat ampuh untuk membantu proses penyerapan kadar air dalam usus halus dan juga usus besar dalam tubuh bayi. Anda tidak perlu meragukan khasiat dan keamanan dari obat alami ini, karena saus apel terbukti aman dan tanpa menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh bayi.

Cara membuatnya sangat mudah, ambil satu buah apel segar dan potong menjadi beberapa bagian, lalu rebus sampai tekstur buahnya lembut dan tambahkan gula sebanyak 1 sendok makan. Setelah itu, lumatkan dan berikan kepada bayi.

  1. Buah Pisang

Sama dengan buah apel, buah pisang juga memiliki kandungan senyawa pektin yang sangat berkhasiat untuk mengobati diare pada bayi serta memelihara kesehatan pencernaan bayi. Biasanya dokter juga akan menyarankan anda untuk memberikan buah pisang kepada bayi yang terserang diare. Perlu anda ketahui bahwa, kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang mampu menggantukan elektrolit tubuh yang sudah hilang akibat terkena diare. Sedangkan jika bayi anda sudah berusia diatas 1 tahun, maka anda bisa memberikan jus buah pisang secara rutin setiap hari sampai diare sembuh.

  1. Berikan ASI Secara Sering

Bagi bayi, ASI adalah asupan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh bayi. Selain itu, ternyata ASI juga dapat menjadi obat alami yang sangat ampuh untuk mengobati diare pada bayi. Oleh karena itu, ketika bayi anda terserang diare berikan ASI sesering mungkin untuk mencegah dehidrasi sekaligus menghentikan diare.

Obat Diare Pada Bayi Di Apotik

Berikut ini beberapa jenis obat diare untuk bayi, diantaranya yaitu :

  1. Norit

Obat diare untuk bayi yang pertama yaitu bernama Norit. Obat diare ini bisa anda temukan diapotik dengan mudah, obat ini merupakan suatu karbon yang berasal dari ekstrak tumbuhan berkhasiat. Norit memiliki daya serap yang sangat tinggi dan aman diberikan kepada bayi dan anak-anak, sehingga mampu secara maksimal mengatasi masalah pada pencernaan. Meski aman tanpa efek samping berbahaya, penggunaan obat diare ini tetap harus berada dalam pengawasan dokter dan anda tidak bisa memberikannya secara sembarangan.

  1. Lacto B

Obat diare berikutnya yang bisa anda berikan kepada bayi yaitu bernama Lacto B, obat ini sangat mudah didapatkan di apotik terdekat. Penggunaan obat ini dapat diberikan kepada bayi usia diatas 1 tahun dan anak-anak, obat ini sangat efektif untuk membantu mengatasi berbagai masalah pada saluran pencernaan bayi. Obat diare ini berupa obat serbuk, dosis yang dapat diberikan untuk bayi usia diatas 1 tahun yaitu 1 sachet sehari atau sesuai anjuran dokter.

  1. Oralit

Obat diare berikutnya yang bisa anda berikan kepada bayi yaitu oralit. Obat ini terbukti mampu menghentikan diare dan mencegah tubuh bayi mengalami dehidrasi akibat diare. Obat oralit ini sangat aman diberikan untuk mengobati diare, tetapi jika akan diberikan kepada bayi sebaiknya harus ada anjuran dari dokter. meskipun oralit bukan jenis obat yang khusus untuk mengobati diare, tetapi pemberian oralit ini dapat membantu mencegah tubuh bayi mengalami dehidrasi dengan cara mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Jika diare tetap berlangsung dan tidak kunjungi sembuh dalam 3 hari, sebaiknya segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

  1. Loperamide

Untuk mengobati diare pada bayi usia 1 tahun, anda juga bisa memberikan obat Loperamide. Loperamide merupakan jenis obat diare berbentuk tablet dan juga kapsul, obat ini sangat efektif untuk mengobati diare akut. Sebenarnya penggunaan obat diare ini hanya dapat diberikan untuk anak usia diatas 12 tahun, sehingga penggunaan obat ini harus anda anjuran dari dokter.

Penggunaan obat Loperamide ini memang sangat efektif untuk mengobati diare dengan cara memperlambat kerja usus besar, sehingga makanan akan lebih lama tertahan di dalam usus. Dengan demikian, usus akan menyerap cairan dari makanan tersebut dan akhirnya fases yang dikeluarkan akan menjadi lebih padat.

Perhatian :

Untuk mencegah terjadi hal yang tidak dinginkan, akan jauh lebih baik jika anda segera membawa bayi ke dokter apabila terkena diare. Jangan tunggu kondisi diare parah, karena penyakit ini akan sangat berbahaya dan bahkan mematikan jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Itulah beberapa jenis obat diare pada bayi yang bisa anda berikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para orang tua semua terutama bagi anda yang baru saja memiliki bayi. Jaga selalu kesehatan bayi anda agar ia tumbuh dengan sehat dan cerdas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat diare untuk bayi
  • obat mencret bayi
  • obat diare bayi
  • obat mencret untuk bayi
  • obat diare anak 1 tahun
  • obat mencret balita
  • obat diare untuk balita
  • obat diare buat bayi
  • obat diare paling ampuh untuk balita
  • obat diare balita
  • obat mencret untuk balita
  • obat diare untuk anak 1 tahun
  • obat mencret anak 1 tahun
  • obat bayi mencret
  • obat mencret buat bayi
8 Obat Diare Bayi Alami dan Di Apotik Paling Ampuh | Doktersehat | 4.5
/* */