11 Obat batuk Tradisional Berdahak dan Kering Paling Ampuh

Obat Batuk Dewasa

Obat Batuk Dewasa

Obat batuk Berdahak dan Tidak Berdahak Tradisional

Daftar Obat batuk Tradisional – Batuk adalah suatu respon alami dari sistem pertahanan pada saluran napas apabila terdapat gangguan dari luar. Respon tersebut dapat berfungsi untuk membersihkan lendir atau mengeluarkan bahan iritan seperti debu, asap ataupun benda asing lain untuk dikeluarkan dari paru-paru.

Batuk memang jarang mengindikasikan adanya penyakit yang serius dan biasanya akan sembuh kurang dari tiga minggu, sehingga tidak perlu pengobatan khusus dan pemberian obat batuk pun belum terbukti efektif sepenuhnya. Untuk mengobati batuk juga dapat dilakukan dengan menggunakan ramuan alami seperti madu dan air perasan lemon, kedua bahan alami ini cukup efektif membantu meringankan batuk tingkat ringan. Sebelum kita membahas tentang topik utama yaitu obat batuk tradisional dan obat batuk alami yang paling ampuh mari kita ulas sedikit tentang batuk, mari simak.

Apa Itu Batuk ?

Obat Batuk Anak

Obat Batuk Anak

Jenis-jenis Batuk

Batuk sendiri terdiri dari dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering biasanya dapat ditandai dengan rasa gatal pada tenggorokan, batuk tanpa disertai dengan dahak ini biasanya dapat terjadi ketika memasuki tahap akhir pilek atau ketika terdapat paparan bahan iritan. Sedangkan jenis batuk berdahak justru akan sangat membantu karena dapat mengeluarkan dahak yang menumpuk pada saluran tenggorokan, sinus dan juga paru-paru. Tetapi batuk berdahak juga akan sangat menyakitkan dan mengganggu jika terus-terusan keluar dahak yang banyak.

Penyebab Batuk

Penyebab utama dari batuk yaitu disebabkan oleh karena terjadinya infeksi pada saluran pernapasan oleh virus. Namun disamping itu, ada beberapa faktor penyebab batuk lainnya yang meliputi :

  • Akibat dari kambuhnya penyakit jangka panjang, diantaranya seperti asma, bronkitis dan penyakit paru.
  • Alergi
  • GERD
  • Adanya cairan pada saluran hidung yang menetes pada tenggorokan
  • Merokok
  • Akibat dari paparan asap, debu dan juga senyawa kimia

Meskipun beberapa faktor penyebab batuk diatas jarang terjadi, namun tetap dapat menjadi penyebab awal yang menyebabkan seseorang mengalami batuk jangka panjang.

Bagi anda yang menderita batuk, ada banyak obat batuk paling ampuh yang dapat anda beli di apotik atau toko obat terdekat. Namun jika anda tidak sempat untuk membeli obat batuk, maka anda bisa minum obat batuk tradisional atau obat batuk alami yang dapat anda buat sendiri dirumah. Berikut ulasannya untuk membuat obat batuk paling ampuh dibawah ini.

Ada beberapa bahan alami yang ampuh untuk mengobati batuk kering dan juga batuk berdahak, untuk lebih jelasnya simak informasi lengkapnya dibawah berikut ini.

Daftar 5 Obat Batuk Tradisional Untuk Batuk Kering Gatal di Tenggorokan Secara Alami

1. Obat Batuk Kulit Jeruk Mandarin

Obat Batuk Kulit Jeruk Mandarin

Obat Batuk Kulit Jeruk Mandarin

Obat batuk tradisional dengan jeruk mandarin memang salah satu jenis jeruk yang sangat enak dan manis, namun dibalik itu semua jeruk ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan gejala batuk kering dengan cepat. Caranya sangat mudah, anda cukup merebus 10 gram kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan dengan 2 gelas air, lalu tambahkan 25 gram kencur yang telah di iris tipis. Rebus hingga air rebusan hanya tersisa 1 gelas saja, lalu angkat dan dinginkan. Minum obat batuk alami ini 2 kali sehari selagi hangat, lakukan cara ini sampai batuk sembuh. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan kulit jeruk mandarin ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak.

2. Obat Batuk Bunga Mawar

Obat Batuk Bunga Mawar

Obat Batuk Bunga Mawar

Obat batuk tradisional dengan bunga mawar selain memiliki bentuk dan warna yang indah, siapa sangka ternyata bunga mawar ini juga sangat ampuh untuk meringankan gejala batuk kering. Caranya yaitu, siapkan 10 gram bunga mawar yang masih segar, lalu tim bunga mawar tersebut dengan air bersih matang secukupnya. Kemudian tambahkan gula batu secukupnya, lalu minum ramuan herbal batuk ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan kulit bunga mawar ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak.

 3. Obat Batuk Madu dan Lada Hitam

Obat Batuk Madu dan Lada HitamObat Batuk Madu dan Lada HitamObat Batuk Madu dan Lada Hitam

Obat Batuk Madu dan Lada Hitam

Obat batuk tradisional dengan Manfaat madu memang sudah tidak perlu diragukan dalam mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk dalam meredakan batuk kering. Anda dapat mengkombinasikan antara madu dengan lada hitam, karena kedua bahan alami ini sangat ampuh untuk meredakan batuk kering. Caranya yaitu, campurkan satu sendok makan madu dengan sejumput lada hitam bubuk, aduk hingga tercampur merata dan konsumsi secara rutin obat batuk alami ini 2-3 kali sehari. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan madu dan lada hitam ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak.

4. Obat Batuk Jahe

Obat Batuk alami Jahe

Obat Batuk alami Jahe

Obat batuk tradisonal dengan jahe dan Pastinya anda sudah sering menggunakan jahe sebagai pelezat aroma dan rasa masakan. Namun ternyata jahe juga sangat bermanfaat untuk meredakan batuk, terutama untuk batuk kering. Caranya yaitu, iris-iris jahe secukupnya dan rebus dengan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih dan hanya tersisa 2 gelas saja, lalu tambahkan gula merah secukupnya untuk menambah rasa nikmat pada ramuan jahe ini. Minum obat batuk alami ini 2 kali sehari sampai batuk reda. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan jahe ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak.

5. Obat Batuk Madu dan Susu

Obat Batuk Madu dan Susu

Obat Batuk Madu dan Susu

Obat batuk kering tradisional untuk Batuk kering memang sangat mengganggu dan membuat tenggorokan kering serta tidak nyaman. Untuk mengobatinya, anda bisa membuat ramuan sendiri dengan bahan alami dari madu dan susu. caranya cukup mudah, anda hanya perlu menambahkan 1-2 sendok madu pada 1 gelas susu, dan minum selagi hangat. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan madu dan susu ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak dan sangat disarankan untuk obat batuk ibu hamil

Itulah beberapa obat batuk alami dan obat batuk kering tradisional untuk meredakan batuk kering, jika batuk tidak kunjung sembuh dalam 1 minggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

6 Obat Batuk Tradisional Untuk Batuk Berdahak Secara Alami yang Bagus 

Ada beberapa bahan alami yang ampuh untuk meredakan batuk berdahak dan sekaligus membantu mengeluarkan dahak, diantaranya yaitu :

1.Obat Batuk Minum Teh Jahe

Obat Batuk Minum Teh Jahe

Obat Batuk Minum Teh Jahe

Obat batuk Herbal alami dan tradisional dengan minum teh jahe tidak hanya dapat mengobati batuk kering, ternyata jahe juga sangat efektif untuk mengobati batuk berdahak. Rasa hangat yang dihasilkan bisa dijadikan obat batuk berdahak tradisional yang mampu membantu mengencerkan dan sekaligus mengeluarkan dahak yang menumpuk. Caranya yaitu, parut jahe secukupnya dan peras airnya. Setelah itu, tambahkan pada air teh panas dan diamkan sampai air teh hangat dan siap untuk diminum. Minum teh jahe ini setiap pagi dan malam sebelum tidur. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan Minum teh jahe ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak.

2. Obat Batuk Kunyit

Obat Batuk Kunyit

Obat Batuk Kunyit

Obat batuk tradisional Kunyit memang memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan sama hal nya dengan jahe, kunyit juga cukup ampuh untuk membantu meredakan batuk berdahak dan melancarkan pernafasan. Caranya yaitu, siapkan satu sendok teh parutan kunyit, lalu tambahkan pada segelas susu hangat dan minum obat batuk alami ini secara rutin 2 kali sehari. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan Kunyit ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak.

3. Obat Batuk Jeruk Nipis dan Madu

Obat Batuk Jeruk Nipis dan Madu

Obat Batuk Jeruk Nipis dan Madu

Obat batuk berdahak tradisonal campuran air perasan jeruk nipis dan madu memang sudah sangat dipercaya mampu meredakan batuk dengan cepat. Caranya yaitu, campurkan satu sendok teh air perasan jeruk nipis dengan 1 sendok teh madu. Minum obat batuk alami ini secara rutin 2-3 kali sehari.  Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan jeruk nipis dan madu ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak.

4. Obat Batuk Daun Sirih

Obat Batuk Alami Daun Sirih

Obat Batuk Alami Daun Sirih

Manfaat daun sirih memang terbukti memiliki khasiat yang besar bagi tubuh manusia, baik itu untuk masalah kesehatan maupun masalah kewanitaan. Salah satunya yaitu dapat sebagai Obat batuk tradisional batuk berdahak. Caranya pun sangat mudah, anda cukup merebus air daun sirih sebanyak 5 lembar dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan tersisa 2 gelas saja, angkat dan biarkan sampai air rebusan daun sirih hangat dan siap diminum. Minum satu gelas obat batuk alami ini di pagi hari dan satu gelas malam hari. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan daun sirih ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak.

5. Obat Batuk Daun Kemangi

Obat Batuk Daun Kemangi

Obat Batuk Daun Kemangi

Obat batuk Alami tradisional Daun kemangi juga ternyata dipercaya mampu mengobati batuk berdahak dan sekaligus membantu mengencerkan dahak serta mengeluarkannya. Cara membuat ramuan obat batuk berdahak alami yang satu ini cukup mudah, ambil segenggam daun kemangi yang masih segar dan rebus dengan 1 gelas air. Rebus hingga mendidih dan diinginkan, minum ramuan ini selagi hangat dan lakukan 2-3 kali sehari sampai batuk sembuh. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan Daun kemangi ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak.

6. Obat Batuk Minum Air Hangat

Obat Batuk Berdahak dan Kering dengan Minum Air Hangat

Obat Batuk Minum Air Hangat

Cara terakhir untuk Obat batuk Herbal alami dan tradisional yaitu dengan minum air putih hangat secara rutin, air hangat ini mampu mengencerkan dahak yang kental, sehingga batuk pun akan berangsur-angsur reda. Selain obat batuk dewasa obat batuk alami dengan Minum Air Hangat ini bisa dikonsumsi untuk obat batuk anak dan sangat disarankan untuk obat batuk ibu hamil

Baca Juga:

Itulah beberapa obat batuk tradisonal untuk batuk berdahak yang dapat anda coba buat sendiri di rumah, pengobatan batuk dengan obat batuk alami ini terbukti lebih aman dan tanpa efek samping. Demikian ulasan yang dapat disampaikan tentang Obat Batuk Paling Ampuh dan Cepat. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh. 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat batuk alami
  • obat batuk tradisional
  • obat batuk herbal
  • obat batuk berdahak alami
  • obat alami batuk
  • obat herbal batuk
  • obat alami batuk berdahak
  • obat tradisional batuk
  • obat batuk bayi
  • obat herbal batuk berdahak
  • obat batuk tradisional untuk dewasa
  • obat herbal untuk batuk
  • obat batuk a
  • obat alami untuk batuk
  • obat alami batuk kering
/* */