11 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis – Tubuh manusia terdiri dari 60% air. Namun sebagian orang mengkombinasikan dengan jeruk nipis dalam segelas air putih untuk menambah cita rasa. Jeruk nipis atau dikenal dengan sebutan Citrus aurantifolia sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang banyak manfaatnya. Cita rasa dari buahnya sangat asam. Biasanya anda pasti menggunakannya sebagai penyedap masakan, minuman ataupun sebagai pembersih karat pada logam.

Tidak dipungkiri sebagai bahan herbal alami, manfaat jeruk nipis sangat ampuh untuk meredakan batuk, dahak dan dapat membantu proses pencernaan. Jeruk nipis juga mengandung minyak lomonene dan lonalool yang mana kandungan buahnya adalah synephrine dan juga methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C. Asam sitrat pada jeruk nipis mampu mencegah kambuhnya pada pasien pasca operasi batu ginjal. Manfaat jeruk nipis yang sebagai sumber antioksidan yang baik akan melindungi tubuh dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Anda tentu ingin mempertahankan kesehatan bukan? Sumber dari Healthline berikut manfaat air jeruk nipis, yaitu :

1. Meremajakan Kulit

Manfaat jeruk nipis untuk wajah dipercaya melembabkan dan meremajakan kulit anda dikarenakan mengandung vitamin C serta flavanoid.

2. Memperbaiki pencernaan

Dikarenakan sifat jeruk nipis asam maka dapat merangsang sekresi cairan pencernaan. Anda yang menderita sembelit, asam dari jeruk nipis akan membersihkan sistem sekresi.

3. Melawan Infeksi

Anda sudah pasti menginginkan tubuh yang sehat bukan? Tentu saja, semua orang pun menginginkan tubuh yang sehat. Vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada jeruk nipis akan memperkuat kekebalan tubuh dan juga membantu anda melawan virus influenza.

4. Membantu Proses Diet

Manfaat jeruk nipis untuk diet bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Manfaat jeruk nipis sebagai tips diet adalah dapat membantu anda untuk mengontrol berat badan. Asam sitrat yang terdapat pada perasan air jeruk nipis akan meningkatkan sistem metabolisme, membantu membakar banyak kalori dan juga menyimak sedikit lemak pada tubuh.

5. Menurunkan Gula Darah

Vitamin C pada jeruk nipis akan sangat membantu anda dengan penderita diabetes. Jeruk nipis memiliki indeks glikemik yang rendah dan dapat membantu anda dalam proses mengatur tubuh dan menyerap gula ke dalam aliran darah.

6. Mengurangi Resiko Terserang Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat jeruk nipis sebagai resiko berkurangnya penyakit jantung dan stroke. Hal tersebut dikarenakan jeruk nipis memiliki magnesium dan kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah secara kamu dan meningkatkan sirkulasi darah.

7. Mencegah penyakit Kanker

Kita semua tahu benar, bahwa penyakit kanker merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal yang berkembang dibagian tubuh. Dengan anda memanfaatkan manfaat dari jeruk nipis maka akan mengurangi resiko sel kanker yang berkembang. Sifat dari antioksidan yang terdapat pada jeruk nipis akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Mengurangi Peradangan

Anda tidak perlu khawatir, vitamin C pada jeruk nipis juga mengurangi tingkat peradangan pada tubuh. Jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat. Anda cukup memeras dan memasukkan beberapa tetes ke dalam air lalu diminum.

9. Membantu Otak Bekerja Lebih Optimal

Karena jeruk nipis mengandung magnesium dan potasium tinggi maka anda diwajibkan mengkonsumsi air jeruk nipis agar otak anda berfungsi maksimal. Manfaat jeruk nipis membantu mencegah dehidrasi sehingga anda akan mampu fokus lebih baik dengan energi yang cukup.

10. Melancarkan Buang Air

Manfaat jeruk nipis hangat akan sangat membantu sistem diuretic kembali normal. Ya, dikarenakan jeruk nipis sangat membantu membuang racun dari hati melalui enzim detoksifikasi yang ada dalam hati.

11. Mengatur Mood/Suasana Hati

Ya dikarenakan jeruk nipis sangat memiliki banyak manfaat pada tubuh, maka energi juga akan semakin meningkat. Tinggi konsentrasi dari vitamin C pada tubuh juga juga akan membantu menyingkirkan kelelahan dari aktivitas seharian yang dijalani. Dan, tidak lupa juga air perasan jeruk nipis akan sangat membantu mengurangi stress yang berlebihan.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengobati Penyakit

Berdasarkan Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia) seorang herbalis yang bernama Hj.Sarah Kriwsanti beserta Dr. Setiawan dalimartha juga memberikan tips manfaat jeruk nipis sebagai penyembuh penyakit. Berikut tips mengolah jeruk nipis yang dapat  membantu adalah :

  • Ambeien

Manfaat jeruk nipis adalah sebagai ambeien. Caranya dengan cukup bersihkan 10 gr jeruk nipis kemudian direbus dengan air lalu di saring.

  • Amandel

Manfaat jeruk nipis juga untuk mengobati amandel. Anda bisa merebus kulit jeruk nipis yang sudah dibersihkan atau juga bisa dipakai untuk berkumur. Hal tersebut dapat anda lakukan 3-4 kali sehari

  • Batuk

Manfaat  jeruk nipis sebagai obat batuk penyembuh penyakit batuk. Anda cukup memeras jeruk kemudian dicampur dengan 1 sendok makan madu dan juga sedikit garam, aduk dan disaring. Anda dapat meminum 2-3 kali sehari.

  • Bau Badan

Manfaat  jeruk nipis untuk menghilangkan Bau Badan jika anda memiliki aroma tubuh yang tidak sedap akan membuat orang lain menjauhi kita. Bagi anda yang memiliki aroma kurang sedap, tidak perlu berkecil hati. Memanfaatkan jeruk nipis baik bagi kesehatan. Dengan cara memotong jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian oles irisan tersebut dengan kapur sirih lalu oleskan pada ketika setelah mandi. Cara ini bisa kalian lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Menyembuhkan Batu Ginjal

Bagi anda penderita batu ginjal, manfaat jeruk nipis juga sangat ampu. Caranya dengan memeras air jeruk nipis dan dicampur air minum selagi hangat. Lakukan hal tersebut pada malam hari selama 10 hari.

  • Difteri

Manfaat jeruk nipis lainnya sebagai penyembuh difteri. Caranya dengan memeras airnya lalu seduh dengan air panas lalu tambahkan madu. Kemudian dikumur selama dua menit. Lakukan cara tersebut selama tiga hari.

  • Jerawat

manfaat jeruk nipis untuk jerawat bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat. Semua orang tentu akan merasa risih dengan timbulnya bintik jerawat pada area wajah terutama wanita. Nah dengan manfaat jeruk nipis, anda dapat mencegah timbulnya jerawat yang akan merusak aktivitas anda. Cara menghilangkan jerawat secara alami mudah saja, cukup dengan menggosokkan irisan jeruk nipis kemudian digosokkan pada area wajah yang ada jerawatnya.

  • Mencegah Rambut Rontok dan Berketombe

Manfaat jeruk nipis untuk rambut. Nah Lagi-lagi bagi ada yang memiliki rambut rontok dan ketombe jangan khawatir. Berbagai macam dapat dilakukan dengan obat herbal satu ini. Vitamin C, kalium dan magnesium terdapat pada jeruk nipis akan sangat membantu anda untuk mendapatkan rambut yang indah bak putrid Cleopatra. Caranya pun mudah. Cukup dengan oleskan irisan jeruk nipis pada kulit kepala lalu dibungkus dengan handuk semalaman dan dikeramsi pada esok harinya. Hal tersebut dapat anda lakukan 3 kali dalam seminggu.

  • Meredakan Vertigo

Anda yang menderita vertigo. Pasti cukup lelah dengan gejala yang sering terjadi secara tiba-tiba bukan? Anda cukup atasi dengan jeruk nipis. Anda hanya perlu melakukan beberapa kali sehari. Dengan melumatkan daun jeruk nipis kemudian gosokkan di tengkuk, pelipis dan juga dahi.

Demikian ulasan dan juga penjelasan yang sudah kami berikan tentang Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan Tubuh Anda. Semoga ulasan diatas bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan tubuh anda dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Sehat Selalu 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat jeruk nipis untuk kecantikan
  • manfaat untuk kesehatan tanaman jeruk nipis
  • air jeruk nopis sebagai obat kecantikan
  • manfaat madu dan jeruknipis untuk kesehatan
  • manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
  • manfaat jeruk nipis jika sering diminun buat tubuh
  • manfaat jeruk nipis
  • mamfaat temulawak dan perasan air jeruk nipis
  • mafaat air jeruk nipis buat kesehatan dan kecantikan
  • jeruk nipis yg terbaik
  • Jeruk nipis untuk kesehatn
  • tips kesehatan jeruk nipis
  • Leave a Comment

/* */