Kumpulan Penyakit

14 Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

manfaat daun sirih

Daun Sirih

Daun Sirih – Segala jenis penyakit memang sudah ada obatnya. Sekarang ini, perkembangan di dalam dunia kesehatan sangatlah maju dan tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi manusia. ada banyak sekali obat yang ditemukan dan bisa ditemukan untuk kesembuhan penyakit.

Diantaranya banyaknya obat, khususnya obat herbal tersebut, salah satu tanaman yang juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh ialah daun sirih merah. Ya, sudah sejak lama, manfaat daun sirih ini digunakan dalam berbagai keperluan dunia medis dan kecantikan.

Daun sirih merah memang terkenal akan khasiatnya khususnya dalam menghentikan pendaharan yang terjadi pada hidung. Daun siri tersebut juga dikenal sebagai tanaman herbal yang luar biasa mengingat beberapa jenis penyakit bisa disembuhkan dengan bantuan duan sirih merah. Kandungan komponen aktif di dalam daun tersebut menawarkan banyak manfaat yang mampun untuk mengobati  banyak penyakit mulai penyakit ringan hingga penyakit berat.

Apa saja jenis penyakit yang bisa diobati dengan mafaat daun sirih merah ini? simak ulasannya sebagai berikut.

 

1. Manfaat Daun Sirih merah untuk Mata

Sudah sejak dulu, daun sirih merah ini digunakan untuk mengatasi permasalahan pada mata. Daun sirih tersebut mengandung komponen alkaloids yang berperan sebagai anti bacteria dan juga anti inflamasi yang menyebabkan mata mudah merah karena iritasi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mata Merah

Bagaimana cara mengolah obat herbal tradisional ini menjadi obat mata? Berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan 20 lembar daun sirih merah
  • Rebus air ke dalam wadah, untuk banyaknya anda bisa menggunakan 4 hingga 5 cangkir.
  • Tunggu air dan daun tersebut direbus hingga menyisakan kurang lebih 2 cangkir air rebusan.
  • Saring air rebusan tersebut.
  • Gunakan air rebusan tersebut sebagai kompres mata atau tidak anda bisa menggunakan air rebusan tersebut untuk merendam mata dalam waktu kurang lebih 10 menit.

 

2. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Pendarahan Hidung

Selain dikenal sebagai pengobatan yang efektif untuk mata merah, daun sirih merah juga mempunyai manfaat untuk menghentikan pendarahan pada hidung. Kandungan phenyl poppies dan terpene di dalam daun sirih tersebut akan membantu darah yang keluar melalui lubang hidung anda dengan cepat bisa berhenti.

Bagaimana cara menggunakan daun sirih ini untuk pengobatan hidung? Caranya cukup mudah dan simpel, anda tinggal ambil satu lembar daun sirih merah, bersihkan dan, cuci. Setelah itu, anda bisa menggulung daun tersebut dan memasukkan gulungan daun tersebut ke dalam lubang hidung.  Seketika pendarahan yang keluar dari hidung anda tersebut akan terhenti.

 

3. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Kulit

Ternyata khasiat daun sirih merah ini juga bisa untuk kesehatan kulit, khususnya dalam menyembuhkan kulit dari berbagai masalah seperti bisul, borok dan yang lain.  Daun sirih merah ini mengandung vitamin C dan antiseptic. Kedua komponen aktif tersebut mampu untuk menghambat dan membunuh kuman yang mneyebabkan penyakit kulit tersebut.

Untuk cara melakukan pengobatan ini, anda hanya perlu mengambil selembar atau dua lembar daun sirih yang telah dibersihkan dan dicuci. Setelah itu, anda bisa mengunyah lembaran daun tersebut dan biarkan daun tersebut bertahan di mulut anda kurang lebih selama 10 menit.  Setelah itu, anda bisa mengeluarkan kunyahan daun tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa melakukan pengobatan alami ini selama dua kali sehari.

 

4. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kewanitaan

manfaat daun sirih untuk kewanitaaan

Keempat ialah manfaat daun sirih merah untuk organ kewanitaan.  Daun ini mempunyai kandungan antiseptik yang mana kandungan tersebut bisa efektif dalam menjaga organ kewanitaan agar tetap terjaga, bersih dan sehat.

Bagaimana cara menggunakan daun sirih alami untuk pengobatan organ kewanitaan? Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil 7 hingga 8 lembar daun sirih merah. Rebus daun tersebut dengan air sebanyak kurang lebih 5 cangkir. Biarkan daun terebus hingga menyisakan air kurang lebih 2 cangkir. Setelah itu, saring air rebusan tersebut. anda bisa menggunakannya untuk merendam organ kewanitaan tersebut.

Gunakan wadah yang memudahkan anda untuk melakukan pengobatan tersebut. jika tidak anda juga bisa menggunakan daun sirih merah ini sebagai campuran ketika anda sedang berendam di bathup dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukan perawata secara rutin dan teratur.

Baca Juga : Obat Keputihan Alami

 

5.  Manfaat Daun Sirih untuk Luka Bakar Ringan

Manfaat selanjutnya dari daun sirih ialah daun ini bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar yang ringan. Ketika ada orang yang terbakar, anda bisa mengobatinya dengan menggunakan daun sirih merah ini.

Daun sirih ini mengandung alkaloids, antioksidan dan juga vitamin C yang akan bermanfaat dalam meringankan inflamasi pada kulit atau area tubuh yang terbakar.  Bagaimana cara membuat obat alami luka bakar ringan dari daun sirih? Berikut langkah-langkahnya.

  • Tumbuk atau lembutkan 3 hingga 5 lembar daun sirih merah.
  • Campurkan tumbukan tersebut dengan dua sendok teh madu.
  • Oleskan tumbuhkan tersebut ke bagian kulit yang terbakar. Lakukan ini 2 kali sehari.

Gunakan obat ini sebagai obat eksternal saja dan hanya bisa digunakan untuk luka bakar ringan saja.

 

6. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Gusi Berdarah

Daun sirih merah ini juga mempunyai manfaat untuk membantu menyembuhkan gusi berdarah secara alami dan tanpa efek samping. Kandungan saponins, kalsium, posporus, dan tannins akan membantu meringankan inflamasi yang terjadi ketika gusi luka.

Bagaimana cara membuat obat alami untuk gusi berdarah ini? berikut ini ialah langkah-langkahnya.

  • Siapkan kurang lebih 10 lembar daun sirih merah.
  • Rebus daun sirih tersebut dengan air secukupnya.
  • Rebus dan tunggu hingga air rebusan tersebut menjadi setengah dari awal dimasukkan tadi.
  • Saring air rebusan daun sirih tersebut dan diamkan hingga dingin.
  • Gunakan air rebusan tersebut untuk merendam atau berkumur.

Untuk hasil yang efektif, anda bisa melakukannya  3 kali sehari.

 

 7. Manfaat Daun Sirih merah Untuk Obat Bronkitis

Kandungan komponen aktif yang terkandung dalam daun sirih merah ini, juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit bronchitis. Untuk membuat obat alami ini, anda hanya perlu untuk merebus 6 hingga 10 lembar daun sirih merah dengan air kurang lebih 300 ml. rebus air tersebut dan sisakan hingga setengahnya. Setelah itu, dinginkan dan saring rebusan air tersebut dan kemudian minum.

Ramuan tersebut mengandung tannins yang mempunyai fungsi untuk menyembuhkan penyakit bronkitis. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa meminumnya sehari 3 kali.

 

8. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Masalah Perut

Jika anda mengalami masalah perut, maka anda juga bisa mengunakan obat alami daun sirih merah alami ini. daun sirih merah ini mengandung terpenoid dan juga clavicle yang mana kedua kandungan tersebut bisa degan efektif menyembuhkan masalah perut.

Bagaimana mengkonsumsi obat alami ini? caranya cukup mudah. Anda tinggal merebus daun tersebut dengan jumlah 7 atau 8 lembar. Rebus daun tersebut dengan air kurang lebih 4 atau 5 cangkir. Setelah itu, tunggu rebusan tersebut hingga menyisakan air 2 cangkir. Setelah itu, anda bisa menyaring air rebusan tersebut dan mendinginkannya.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda bisa mengkonsumsi ramuan daun sirih merah ini sehari tiga kali.

 

9. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Obat Gigitan Serangga

Anda terkena gigitan serangga? Tenang! Tidak usah khawatir. Daun sirih merah juga bisa digunakan sebagai obat alami yang ampuh dan manjur dalam mengatasi gigitan serangga. Bagaimana cara menggunakannya? Caranya cukup mudah dan simpel.

Anda hanya perlu menyiapkan kurang lebih 20 hingga 30 lembar daun sirih merah dan campurkan semua daun tersebut ke dalam bak mandi anda.  untuk memperoleh hasil yang maksimal anda bisa melakukan perawatan ini sehari dua kali, pagi dan sore.

 

10. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Tekanan Darah Tinggi

Daun sirih merah ini mengandung phenol dan minyak essential yang bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah. Bagi siapa yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi, maka mengkonsumsi rebusan daun ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk menambah rasanya, anda bisa mencampur air rebusan daun sirih tersebut dengan madu. Anda bisa mengkonsumsi sebanyak dua kali sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 

11. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Obat Batuk

Daun sirih merah juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan batuk anda. bagaimana caranya? Berikut ulasanya.

  • Siapkan 5 lembar daun sirih merah yang sudah di cuci dan dibersihkan
  • Rebus daun tersebut bersama dengan 300 ml air.
  • Minum rebusan air daun tersebut sebanyak dua kali sehari.

Kandungan vitamin B dan vitamin C serta alkaloidnya akan meringankan inflamasi yang disebabkan oleh batuk pada bagian tenggorokan.

Baca Juga : Obat Batuk Alami

 

12. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Tumor

Kandungan Antioksidan, terpernoid dan flavonoid  yang terkandung dalam daun sirih merah tersebut bisa menambah sistem imun seseorang. Ketika sistem immune tersebut meningkat, maka sel darah putih yang ada di tubuh akan mampu menghancurkan kandungan carcinogenic atau tumor berbahaya yang ada di dalam tubuh.

 

13. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Diabetes

Selain bisa bermanfaat untuk pengobatan tumor, salah khasiat dari daun herbal satu ini ialah bisa digunakan sebagai obat diabetes.  Daun ini mengandung eugenol, clavicle, pyrene, dan terpenoids yang akan berperan dalam mengatur tingkat gula darah.

Untuk mengolahnya menjadi obat herbal yang manjur, anda hanya perlu merebus daun ini dan kemudian anda bisa meminumnya secara rutin dan teratur.

 

14. Manfaat Daun Sirih untuk Asam Urat

Daun sirih merah ini juga bisa digunakan untuk pengobatan asam urat. Dengan mengkonsumsi daun ini akan meringankan rasa sakit dan Kristal asam urat yang berada di dalam tubuh. Bagaimana untuk membuat ramuan alami asam urat tersebut?

  • Siapkan 8 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci dan dibersihkan.
  • Rebus air sebanyak 500 ml dan masukkan semua lembar daun tersebut.
  • Rebus air tersebut hingga tersisa kurang lebih 3 cangkir air.
  • Minum rebusan air tersebut sebanyak kurang lebih 75 ml, 3 kali sehari.
  • Jika anda merasakan pahit, maka anda bisa menambahkan dua sendok teh madu.

Itulah 14 manfaat daun sirih untuk kesehatan badan yang bisa anda ketahui.  Sekarang anda sudah mengerti bukan? Ternyata tanaman di sekitar kita banyak mengandung manfaat dan khasiat yang luar biasa.

Menggunakan pengobatan dengan daun sirih merah tersebut bisa menjadi alternatif yang aman untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

14 Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Dan Kesehatan | admin Kesehatan | 4.5
/* */