Besarnya 10 Manfaat Daun sidaguri Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat daun sidaguri

Manfaat daun sidaguri telah diyakini oleh banyak orang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan daun sidaguri ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan penyakit terutama untuk penyakit asam urat, tumor, benjolan di tubuh, sampai dengan penyakit kanker. Untuk anda semua yang belum mengetahui manfaat daun sidaguri ini, maka sebaiknya anda menyimak ulasan kami berikut ini.

Daun sidaguri ini adalah panggilan bagi daun yang berasal dari sebuah tanaman yang bernama Sidaguri. Tanaman ini adalah jenis tanaman liar yang cukup banyak tumbuh di Indonesia dan juga beberapa negara lainnya dengan iklim tropis. Walaupun Sidaguri ini termasuk tanaman liar, di dalamnya diketahui mempunyai kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat daun sidaguri secara lengkap akan kita bahas di sini.

Rahasia Manfaat Daun Sidaguri Untuk Kesehatan

Mengapa daun sidaguri itu sangat baik bagi kesehatan tubuh anda? Yang menjadi alasan utamanya adalah daun ini mengandung beberapa senyawa yang baik untuk tubuh anda. Seperti kandungan saponin, asam amino, fenol, alkaloid, tanin dan ada juga minyak atsirinya. Disamping daun sidaguri, anda juga dapat memanfaatkan bagian batangnya untuk dikombinasikan dengan daun sidaguri.

Batang dari tanaman sidaguri ini juga mengandung senyawa yang sehat seperti tanin, steroid dan juga beberapa senyawa lain yang berkhasiat untuk tubuh anda. Supaya anda tak salah dalam memahami manfaat daun sidaguri bagi kesehatan, maka akan kami sampaikan beberapa rincian tentang kegunaan dari daun Sidaguri ini untuk tubuh anda.

  1. Meredakan rasa nyeri di tubuh

nyeri-ditubuh

Selain memnggunakan obat, menghilangkan rasa nyeri di tubuh juga nyatanya bisa diatasi secara alami, diantaranya dengan memanfaatkan daun sidaguri. Hal tersebut lantaran kandungan alkaloid yang terdapat didalamnya mampu membantu mengurangi rasa sakit yang anda alami.

  1. Mengobati asam urat

Bagi anda yang kini tengah memiliki keluhan asam urat, anda bisa mencoba mengatasi berbagai gejala asam urat yang muncul dengan manfaat daun sidaguri ini. Caranya anda bisa merebus 3 batang sidaguri beserta daunnya dengan 2 gelas air hingga mendidih. Diamkan semalaman dan minum keesokan harinya.

  1. Obat kudis

Manfaat daun sidaguri yang bisa anda ketahui adalah sebagai daun yang bisa mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur misalnya kudis. Bukan kudis saja, penyakit jamur yang ada di kulit lainnya seperti kadas, kurap dan panu.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menyembuhkan bisul

bisul

Satu lagi manfaat daun sidaguri bagi kulit anda bisa juga  untuk menyembuhkan penyakit bisul. Daun ini abisa menjadikan bisul di kulit lebih cepat matang jadi akan dengan mudah diobati dan tidak merusak bagian jaringan kulit anda.

  1. Menyehatkan tulang

Khasiat yang dimiliki daun sidaguri dapat menyehatkan tulang. Kandungan alami yang terdapat didalamnya bisa menjadikan tulang anda jadi lebih sehat dan juga kuat dari masalah pengeroposan tulang anda.

  1. Mengatasi mimisan

Duan sidaguri juga dikenal akan khasiatnya untuk mengatasi mimisan. Hal tersebut lantaran didalamnya terdapat kandungan senyawa alami yang berguna untuk membekukan darahsehingga tidak mengalir keluar dari tubuh anda.

  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Jika anda kini tengah memiliki luka ringan di kulit anda, maka kondisi tersebut dapat mudah diatasi dengan menggunakan daun sidaguri. Daun sidaguri dipercaya mempercepat luka mengering sehingga tidak menimbulkan luka terbuka lagi nantinya.

  1. Obat bengkak

Pembengkakan yang terjadi di tubuh bisa disebabkan tubuh Anda bereaksi akan gangguan kesehatan. Dapat terjadi karena benturan atau radang pada tubuh Anda. Atasilah segera bengkak tersebut dengan mengambil manfaat daun sidaguri yang ada.

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Mencegah rematik

rematik

Penyakit rematik menyerang tulang dan persendian Anda. Sakit yang ditimbulkan berupa nyeri yang mungkin terkadang tidak tertahankan rasanya. Untuk dapat mengatasinya, Anda bisa mencoba khasiat daun sidaguri dalam meringankan nyeri saat terserang rematik.

  1. Mengatasi penyakit cacing

Daun sidaguri juga dapat menyembuhkan jenis penyakit lainnya seperti kasus cacingan. Sidaguri bisa membasmi semua cacing yang masuk ke pada organ pencernaan Anda, dengan begitu penyakit cacingan bisa diobati tuntas.

Ciri dan Karakteristik Daun Sidaguri

Anda mungkin akrab dengan daun sidaguri. Tanaman ini mudah ditemukan di berbagai tempat. Malah, karena sering terlihat, sidaguri kerap dianggap sebagai rumput biasa. Padahal tanaman ini memiliki banyak manfaat. Dalam kesempatan kali ini, izinkan kami sejenak mengingatkan kembali pada Anda mengenai apa itu daun sidaguri.

Sidaguri di Indonesia memiliki berbagai nama. Ada sidagori, guri, saliguri (Minangkabau); otok-otok; sadagori; taghuri; kahindu; selegui. Sementara sidaguri dalam Bahasa Inggris disebut arrowleaf sida.

Dalam klasifikasi ilmiah, sidaguri memiliki nama latin Sida rhombifolia L. Tumbuhan ini berada pada genus Sida, familia Malvalaceae, dan ordo Malvales.

Daun sidaguri tumbuh liar di berbagai jenis area. Ia mudah ditemukan di lapangan rumput, daerah sekitar peternakan, bahkan terkadang di tempat pembuangan sampah. Tanaman ini sendiri awalnya hanya berada di Asia Timur hingga Tenggara, namun di masa lalu sidaguri sempat diekspor oleh India ke berbagai belahan dunia.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Masyarakat kerap membedakan sidaguri antara yang jantan dan betina. Cara membedakan sidaguri jantan dan sidaguri betina adalah melihat dari rumpunnya. Sidaguri jantan memiliki daun yang lebih besar, dengan bunga yang tergolong sedikit. Sementara sidaguri betina memiliki daun lebih kecil dengan bunga lebih banyak.

Ciri Tanaman Sidaguri

Tanaman-Sidaguri

Batang sidaguri

Batangnya tumbuh bercabang, dengan tinggi mencapai 120 cm, dengan batang yang menua menjadi berkayu. Batang yang lebih muda berwarna hijau tua dengan ditumbuhi bulu-bulu.

Daun sidaguri

Daun sidaguri berwarna hijau tua dengan bentuk serupa hati, dengan panjang  4 hingga 8 cm. Daunnya sendiri bergerigi di bagian tepi.

Bunga

Bunga sidaguri tergolong sedikit. Ia hanya muncul di ketiak daun, dengan  mahkota bunga yang terdiri dari 5 kelopak dengan warna kuning, dan pada jenis tertentu pangkal kelopaknya berwarna merah. Bunga sidaguri muncul sepanjang tahun. Meski demikian, umumnya umur bunga sidaguri hanya bertahan beberapa jam sebelum kemudian layu.

Buah dan biji

Pada masing-masing buah sidaguri terdapat ruang/kendaga sebanyak 8 hingga 10 buah, dengan diameter mencapai 6-7 mm. Saat tua, buah ini menjadi hitam.

Tanaman ini dapat dikembangbiakkan melalui biji, namun dapat juga dengan menggunakan stek batang. Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat biasanya adalah bagian akar, daun, dan juga batangnya.

Kandungan Zat Sidaguri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bagian dari sidaguri yang dapat dimanfaatkan adalah bagian daun, batang, dan akar.

Berikut ini kandungan sidaguri berdasarkan masing-masing bagian tumbuhan:

  • Kandungan daun tanaman sidaguri
    DI dalam daun sidaguri terdapat senyawa alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, dan juga asam amino. Selain itu terdapat pula sedikit kandungan minyak atsiri.
  • Batang tanaman sidaguri
    Di dalam batang tanaman sidaguri terkandung kalsium oksalat dan ada juga kandungan tannin.
  • Akar tanaman sidaguri
    Di bagian akar tanaman sidaguri, terdapat adanya alkaloid, steroid dan ada pula kandungan ephedrine.

Seluruh kandungan ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan Anda.

kata untuk mencari artikel ini:
  • akar sidaguri
  • manfaat daun batang dan akar sidagori
  • manfaat sidaguri
  • Leave a Comment

/* */