Kumpulan Penyakit

Fakta 10 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun salam

Daun Salam

Daun salam, pasti kita sudah tak asing lagi dengan bumbu masak yang satu ini. Ibu rumah tangga sering memakai daun salam sebagai bumbu dalam masakan agar menambah aroma sedap masakan. Akan tetapi tahukah anda semua bahwa manfaat daun salam ini bukan sekedar untuk memasak saja. Manfaat daun salam juga bisa untuk kesehatan tubuh sebagi obat penyakit dan untuk kecantikan juga bisa.

Memang saat ini belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat daun salam khususnya untuk kesehatan secara umum. Didukung dengan banyaknya penelitian yang saat ini dilakukan, menyatakan bahwa dalam daun salam terdapat kandungan nutrisi baikuntuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih lagi, daun salam bisa berpotensi menangkal efek buruk dari penyakit kronis.

Jaga Kesehatan Dengan manfaat Daun Salam

Di dalam selembar daun salam terkandung vitamin, senyawa dan mineral yang menawarkan berbagai macam manfaat. Orang Romawi dan Yunani juga banyak yang menggunakan manfaat daun salam ini. Sebab dipandang sebagai lambang kedamaian, kebijaksanaan, dan juga perlindungan. Di bawah ini akan kami sampaikan beragam manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh anda.

 

1. Pengobatan Diabetes dengan Daun Salam

Manfaat daun salam telah dibuktikan dengan efektif untuk mengobati penyakit diabetes melitus tipe 2 dengan menurunkan glukosa darah, trigliserida, dan kolesterol. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa konsumsi selama 30 hari. Karena antioksidan yang berada di daun salam memungkinkan tubuh untuk dapat memproses insulin dengan efisien. Sehingga hal ini baik untuk penderita diabetes dan orang yang mengalami resistensi insulin.

  • Siapkan lalu rebus 7 hingga 15 lembar daun salam menggunakan 3 gelas air sampai mereka menjadi 1 gelas.
  • Saring dan tunggu sampai dingin.
  • Minum sekaligus sebelum makan.
  • Metode ini diterapkan dua kali jadi manfaat daun salam bisa diserap tubuh dengan cepat

 

2. Mencegah Penyakit Kanker

Radikal bebas bisa menyebabkan sel-sel sehat bisa bermutasi menjadi sel-sel kanker yang sangat berbahaya, dan daun salam bisa mencegahnya.

Zat euganol, quercetin, catechin, asam caffeic, bisa memberikan perlawanan terhadap berbagai  jenis kanker dan dapat melindungi tubuh. Daun salam mengandung zat phytonutrient yang disebut dengan parthenolide dan sudah terbukti secara khusus dapat menahan proliferasi sel kanker serviks.

 

3. Menurunkan asam urat

Rasa nyeri saat terkena asam urat memang sangat menyiksa sehingga akan menganggu kegiatan sehari-hari. Asam urat terjadi saat kandungan purin tubuh meningkat secara drastis. Sebagian purin ada yang mengendap di sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Asam urat sering menyerang pada sendi kaki dan membuatnya bengkak.

Konsumsi makanan misalnya kacang, emping melinjo dan sebagainya bisa menyebabkan asam urat. Menyeruput seduhan daun salam bisa menjadi cara mengatasi asam urat. Daun salam memiliki kandungan zat yang mampu mengurangi keluhan asam urat.

Manfaat daun salam sebagai obat alami asam urat, bisa dilakukan dengan merebusnya. Siapkan 10 lembar daun salam, lalu direbus dengan 700 cc air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa 1/3 nya saja. Kemudian anda saring air rebusan, lalu minum selagi masih hangat.

 

4. Khasiat Daun Salam Menurunkan Tekanan Darah.

Daun salam termasuk daun penurun darah tinggi yang cepat. Ini cara merebus daun salam untuk penurun darah tinggi: Siapkan 7-10 lembar daun salam segar dengan 3 gelas air sampai mereka menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum ramuan tersebut dua kali sehari, 1 gelas untuk masing-masing waktu.

 

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Pencernaan sangat penting karena perannya dalam memberikan energi bagi tubuh, untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Saat pencernaan terganggu proses penyerapan sari-sari makanan juga mengalami gangguan. Akibat dari hal ini bisa menimbulkan sembelit juga diare.

Saat mencampur daun salam dalam masakan, sudah bisa memberikan manfaat dalam melancarkan pencernaan, juga akan mengatasi masalah pencernaan. Kotoran di dalam tubuh akan tertimbun karena pencernaan tidak lancar, dan itu bisa menjadi racun dalam tubuh. Anda dapat minum ramuan air daun salam rebus, yang dapat ditambah sedikit garam. Ini terbukti ampuh untuk mengatasi diare.

Enzim di dalam daun salam membantu memperbaiki kerusakan pada sistem pencernaan. Sumber lain menyebutkan cara membuat rebusan air daun salam, pertama-tama siapkan 15 gram daun salam, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus dengan satu gelas air selama sampai mendidih. Dalam rebusan tambahkan juga sedikit garam kemudian air rebusan tadi disaring. Minum saat masih hangat.

 

6. Meredakan Rasa Sakit

Minyak yang diekstrak dari daun salam mengandung sifat anti inflamasi yang akan mengurangi rasa sakit akibat keseleo, strain, arthritis, rematik serta nyeri. Sakit kepala dan migrain bisa diatasi dengan minyak daun salam. Daun salam juga akan meningkatkan sirkulasi darah. Dalam kasus nyeri sendi, daun salam tanah dan daun jarak yang diikatkan pada daerah sekitar sendi yang meradang, akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

 

7. Meredakan Kulit Stress

Kulit stres juga bisa diatasi dengan daun salam, sehingga akan mencegah keriput pada kulit. Untuk membuatnya 5 daun salam kering direbus dengan 2 gelas air dengan wadah tertutup. Lalu buka tutupnya dan biarkan mendidih sekitar 2 menit. Sekarang tuangkan minuman ke dalam mangkuk besar dan menutupi kepala Anda dengan handuk, menghirup uap ini.

 

8. Obat gatal-gatal pada kulit

Penyebab gatal bermacam-macam, ada beberapa yang disebabkan oleh keadaan kulit yang terlalu kering, ada juga karena iritasi, reaksi dari alergi, dll.

Terdapat cara alami untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit yaitu dengan daun salam. Cukup mudah, cuci bersih daun salam (cuci menggunakan air mengalir). Selanjutnya daun salam digiling sampai halus, dan dibalurkan diagian kulit yang terasa gatal. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, balut bagian kulit tersebut dengan menggunakan kain kasa.

Baca Juga :

 

9. Khasiat Daun Salam Untuk Diet

Daun salam adalah daun yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan alami. Daun salam baik untuk mengurangi berat badan kita. Efek daun salam untuk diet bisa mengatatasi masalah berat badan . daun salam bisa mengecilkan perut. Sudah banyak pengalaman diet daun salam dan testimoni diet daun salam diluar sana seperti FB atau IG. Berikut cara merebus daun salam kering untuk diet penurunan berat badan:

Ambil dan Cuci 20-30 lembar daun salam kering dan rebus dalam 4 gelas air sampai mereka menjadi 2 gelas. Biarkan mereka dingin. Minum dua kali sehari, di pagi hari dan di malam hari, 1 gelas untuk masing-masing waktu. Lalukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal. Sebelum merebusnya keringkan daun salamnya.

 

10. Pengobatan gangguan ginjal

Daun salam bisa dimanfaatkan untuk mengobati infeksi ginjal, bahkan batu ginjal. Resep pengobatan alami ini, caranya dengan mendidihkan 5 gram daun salam di dalam 200 ml air, biarkan ar mendidih tersebut hingga tinggal 50 ml air.

Air rebusan disaring dan minum dua kali sehari, ini akan bermanfaat menghentikan terbentuknya batu ginjal.

Itulah 10 manfaat daun salam yang bisa digunakan untuk membantu kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Fakta 10 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh | admin Kesehatan | 4.5
/* */