Kumpulan Penyakit

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun Kelor

Daun Kelor – Anda mungkin pernah mendengar ungkapan peribahasa yaitu dunia tak selebar daun kelor. Hal ini karena memang daun kelor mempunyai ukuran yang kecil. Tapi meskipun kecil, manfaat daun kelor sangatlah banyak, terutama bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Para ilmuwan bahkan menyebutnya sebagai pohon ajaib atau Miracle Tree.

 

Kandungan Manfaat Daun Kelor

Sebaiknya bayi dan juga nak- anak yang sedang dalam masa pertumbuhan itu mengkonsumsi daun kelor. Ini adalah saran dari WHO. Sebab di dalam daun kelor terkandung berbagai macam zat yang bermanfaat diantaranya adalah:

  • Vitamin C 7x lipat daripada jeruk.
  • Vitamin A 4x lipat lebih banyak daripada wortel.
  • Potasium 3x lipat daripada pisang.
  • 2x lipat protein daripada susu.
  • Kalsium 4x lipat daripada susu.

Daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang semakin banyak dari sayur ataupun buah lainnya. disamping itu, kandungan vitamin A dan juga potasium dalam daun kelor sangat tinggi, sehingga ini sangat baik bila dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bukan hanya untuk kesehatan saja, bahkan manfaat tanaman kelor juga bisa untuk melindungi lingkungan sekitar, seperti tanah longsor. Air hujan bisa di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang begitu rapat, di kawasan Konso dan Arba Minch sudah menerapkannya. Digunakan pula sebagai konservasi tanah, terasering. Saat musim kemarau datang, akar yang berada disekitar pohon kelor bisa menyimpan air dan ini menjadi sumber air untuk tanaman lainnya.

 

Daftar Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Di bawah ini akan kami sampaikan berbagai macam manfaat daun kelor untuk membantu kesehatan dan kecantikan tubuh. Diantaranya dalah:

  1. Menjaga Berat Badan Tubuh Tetap Ideal

Hal yang jangan dilupakan adalah agar kita selalu menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya. Studi yang dilakukan para ahli menemukan bahwa teh kelor membantu untuk menangani masalah pencernaan yang manfaatnya untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori dalam menurunkan berat badan. Kandungan polyphenol yang tinggi dalam teh kelor bersifat sebagai antioksidan. Membuat racun dalam tubuh dapat terdetoksifikasi serta sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

  1. Mengobati Penyakit Herpes

Jenis penyakit kulit yang satu ini sering muncul dan terjadi dengan tiba- tiba. karena rasanya yang gatal dan perih akan memberikan bekas merah di awal dan akhirnya menghitam setelah beberapa hari bahkan juga tak jarang seseorang yang mengalami penyakit herpes yang parah sampai bernanah.

Daun kelor menjadi salah satu tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat dari penyakit Herpes ini. Manfaat daun kelor untuk penyakit ini bisa diaplikasikan dengan cara ambil beberapa lembar daun kelor, kemudian daun ditumbuk hingga halus. Setelah itu baru kemudian ditempelkan pada kulit yang mengalami herpes tersebut.

  1. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Saat ini di berbagai negara, ternyata ekstrak daun kelor ini sudah digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan kosmetik. Sebab daun kelor mengandung berbagai nutrisi penting seperti seng, tembaga, zat besi, mangan, silika serta magnesium. Oleh karena itu kelor bisa menjadi pelembab yang alami.

Manfaat daun kelor yang telah diekstrak ini juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan bisa membersihkan kulit. Ada lebih dari 30 zat antioksidan yang terdapat dalam kelor bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Untuk membuatnya cukup mudah. Caranya ambillah beberapa daun kelor yang masih muda. Kemudian ditumbuk sampai benar- benar halus dan pakailah sebagai bedak.

Baca Juga :

 

  1. Daun Kelor Menyehatkan Mata

Kandungan tinggi vitamin A dalam daun kelor sangat baik untuk mata. Agar organ mata selalu  sehat dan mata juga tampak jernih, maka konsumsi daun kelor sangat bermanfaat. Manfaat daun kelor juga bisa untuk menyembuhkan penyakit mata, bisa dengan dimakan secara langsung setelah daun dicuci bersih.

Vitamin A pada daun kelor berperan penting sebagai pelindung bagi kesehatan mata, mulai dari mengurangi resiko mata minus, plus, silinder juga katarak. Konsumsi daun kelor juga baik untuk pasien diabetes dan bermanfaat dalam menjernihkan pandangan mata penderita diabetes.

  1. Manfaat Daun Kelor Sebagai Farmakologis

  • antimikroba,
  • antijamur,
  • antihipertensi,
  • antihyperglikemik,
  • antitumor,
  • antikanker,
  • anti-inplamasi
  • ekstrak daun kelor untuk antidiare atau antidiarraheal activity. Dosis tepatnya oral 300 mg/kg berat badan.

Hal ini karena adanya kandungan diantaranya asam askorbat, flavonoid, phenolic, dan karatenoid.

Adapun berbagai manfaat daun kelor yang lain bisa dibuat menjadi teh dengan kandungan polifenol catechin. Khususnya epigallocatechin gallate (EGCG) yang kegunaannya adalah sebagai berikut :

  • menghambat pertumbuhan sel kanker,
  • membunuh sel kanker,
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL secara efektif
  • mencegah pembekuan darah abnormal yang merupakan penyebab utama stroke dan serangan jantung.

Kandungan EGCG dalam daun kelor pada sebuah studi khusus menunjukkan bahwa dari 3g teh daun kelor yang telah dilarutkan menggunakan 200 ml air dengan suhu 90oC adalah sebesar 114.37 mg.

  1. Mengobati Sariawan

Daun kelor kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat. Seperti yang kita tahu vitamin C ampuh menangani masalah yang berkaitan terhadap kesehatan mulut juga tubuh. Karena itulah, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk lauk makan.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Daun kelor memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mencegah dan mengobati keluhan pencernaan, sakit maag, infeksi, serta kerusakan ginjal.

Penggunaan umum minyak kelor dapat membantu meningkatkan fungsi hati, karena manfaat detoksifikasi racun dan zat berbahaya di tubuh. Sehingga memungkinkan bisa mengatasi penyakit sembelit, diare, batu ginjal, dan infeksi saluran kemih.

  1. Memperlambat efek penuaan

Tahun 2014 sebuah studi diterbitkan pada Journal of Ilmu dan Teknologi Pangan guna menguji manfaat dari tanaman kelor. Mengetahui tentang kadar enzim antioksidan yang berharga, peneliti ingin menyelidiki apakah daun kelor bisa membantu memperlambat efek penuaan, dengna memanfaatkan antioksidan herbal alami, yang mampu menyeimbangkan hormon secara alami.

Sembilan puluh wanita menopause dilibatkan dalam studi tersebut antara usia 45-60 tahun. Terbagi dalam tiga kelompok, yang diberikan berbagai tingkat suplemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi dengan kelor dan bayam menyebabkan peningkatan yang signifikan senyawa antioksidan, yang berperan penting dalam memperlambat efek penuaan.

  1. Menguatkan dan Melembabkan Rambut

Teh daun kelor memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk menguatkan dan melebatkan rambut. Jadi rambut akan lebih kuat, mengkilap, dan jadi sehat.

Itulah 9 manfaat daun kelor yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit dan untuk kecantikan kita. Tentu saja dengan konsumsi dengan jumlah yang tepat dan pengaplikasian yang tepat pula makan manfaatnya dapat terasa secara maksimal. Semoga bermanfaat ya!

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan | admin Kesehatan | 4.5
/* */