Kumpulan Penyakit

26 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan dan Kandungannya

manfaat buah ciplukan

Buah Ciplukan

Buah Ciplukan – Awalnya buah ciplukan ini hanya dianggap sebelah mata, mengingat tanaman ciplukan hidup liar di persawahan, dan semak-semak. Namun demikian, setelah banyak orang yang mengetahui manfaat buah ciplukan ini, buah ini menjadi naik daun dan buah bibir.

Banyak orang mulai membicarakan buah ini termasuk manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Banyak orang juga mulai tertarik untuk mendapatkan manfaat buah ciplukan ini dan banyaknya permintaan akan buah ciplukan tersebut, membuat harga buah ciplukan juga melonjak cukup tinggi.

Buah ciplukan yang biasanya hanya diharga kurang dari sepuluh ribu perkilonya kini mencapai ratusan ribu untuk tiap kilonya. Hal tersebut tentunya sangat beralasan mengingat banyak manfaat dan khasiat yang didapatkan dari ciplukan. Yang menarik ialah tidak hanya buahnya saja yang memberikan manfaat tetapi juga daun hingga akarnya. Selain itu, cara mengolah ciplukan ini juga cukup mudah dan simpel. Anda tidak perlu peralatan dan cara yang khusus. Kebanyakan hanya perlu merebusnya dan menumbuknya.

 

Kandungan Buah Ciplukan

Buah ciplukan atau dengan nama latin Physalis angulata L. banyak mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan hal ini sebanding dengan kandungan gizi yang dimilikinya. Beikut detail kandungan dalam buah ciplukan : Senyawa aktif yang terkandung didalamnya diantaranya Saponin, Flavonoid, Polivenol dan fisalin. Sedangkan kandungan didalam tanaman senidiri diantaranya Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F dan Withangulatin A. Sedangkan Bijinya mengandung 12 – 25 % Protein, 15 – 40 % minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam stearate. (Sumber : ccrc.farmasi.ugm.ac.id)

Apa saja manfaat yang bisa diambil dari ciplukan ini? berikut ialah 26 manfaat ciplukan dan cara mengolahnya.

  1. Manfaat Ciplukan Untuk Penyakit Jantung

Buah ciplukan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami penyakit jantung. Untuk mengolahnya, ambil 40 helai daunnya dan haluskan, bisa dengan blender atau di tumbuk layaknya jus. Minum jus daun ciplukan tersebut tanpa campuran apapun. Anda juga bisa mengkonsumsi daunnya langsung, namun pastikan bahwa daunnya sudah bersih terlebih dulu.

  1. Khasiat daun Ciplukan untuk Payudara

Manfaat buah ciplukan juga bisa digunakan untuk obat herbal kanker payudara.  Buah ini merupakan salah satu buah tradisional yang bisa menyembuhkan penyakit payudara.  Bagaimana cara mengolahnya? Cukup siapkan 4 helai daun ciplukan bagian yang pucuk, tunas kunyot dan 4 biji beras.

Tumbuk semua bahan tersebut hingga halus. Setelah itu, lumurkan hasil tumbukan tersebut ke bagian payudara. Cukup mudah bukan?

  1. Manfaat Ciplukan untuk Asma

Buah ciplukan bisa juga lho digunakan sebagai penyembuh asma lho. Ingin tahu manfaat buah ciplukan dan cara mengolahnya untuk asma? Cukup mudah. Ambil saja daun dan batangnya, rebus dengan air secukupnya. Minum air hasil rebusan tersebut.

Jika tidak anda bsia mengambil daun ciplukan tersebut dan dicampur dengan kapur sirih. Hancurkan keduanya dengan menggunakan telapak tangan. Setelah itu, basahi dengan air. Kemudian, anda bisa menggenggam hingga keluar air yang mempunyai warna hijau keputihan dan buihnya. Oleskan semuanya itu ke bagian dada, perut dan punggung.

 

  1. Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan

Buah ciplukan ini juga bisa menghilangkan penyakit kurap lho. Bayangkan deh jika kamu terjangkit penyakit ini, tentu bikin gak nyaman dan mengurangi kecantikanmu. Penyakit ini memang merusak penampilan fisik seseorang, terlebih jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka.

Bagaimana cara mengolahnya? Cukup mudah. Haluskan daun ciplukan  dan oleskan pada bagian yang terkena kurap.

  1. Khasiat Ciplukan untuk Darah Tinggi

Punya penyakit hipertensi? Buah ciplukan bisa menjadi solusi yang tepat. Cara mengolahnya juga cukup mudah. Rebus beberapa helai daun, buah dan akar ciplukan tersebut dengan air secukupnya. Tunggu hingga air rebusan tersebut hingga tersisa kurang lebih setengah dari volume awal.

Untuk hasil yang maksimal, konsumsi hasil rebusan ini secara rutin dan teratur.

  1. Buah Ciplukan untuk Turunkan Demam

Anak anda demam? Jangan terburu-buru beli obat kimia dulu deh. Beri anak anda buah ciplukan ini karena khasiatnya bisa untuk menurunkan deman untuk anank-anak dan orang dewasa.

  1. Khasiat Ciplukan untuk Penyakit Kuning

Penyakit kuning memang banyak dialami oleh bayi yang baru lahir, khususnya bayi yang lahir dalam kondisi prematur. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan salah satunya ialah memandikan bayi tersebut dengan campuran buah ciplukan yang sudah di keringkan.

  1. Bersihkan Kencing Kotor dengan Ciplukan

Jika anda mengalami kondisi kencing kotor, maka bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan buah, daun dan buah ciplukan ini. rebus dengan air secukupnya dan sisakan sedikit untuk dikonsumsi.  Untuk hasil yang maksimal, bisa anda lakukan secara rutin dan teratur.

  1. Manfaat Buah Ciplukan untuk Orang Pingsan

Orang pingsan juga bisa diatasi dengan bagian pohon ciplukan ini, yakni bagian akarnya. Bakar akarnya hingga menjadi abu dan campur dengan kapur sirih, sedikit minyak kelapa. Oleskan pada bagian kepala orang yang pingsan tersebut.

  1. Khasiat Ciplukan untuk Stroke

Banyak orang mengatakan bahwa mengkonsumi semua bagian ciplukan baik buahnya, daunnya hingga akarnya bisa membantu menyembuhkan penyakit stroke. Namun demikian, perlu adanya penelitian yang mendalam untuk membuktikannya secara ilmiah.

  1. Manfaat Ciplukan untuk Kecerdasan

Kandungan zat yang ada dibuah ciplukan ini juga diklaim bisa menambah kecerdasan. Bagaimana cara mengolahnya? Cukup campurkan buah ini dengan jeruk nipis, gula dan air secukupnya. Konsumsi minuman tersebut secara rutin dan teratur.

  1. Buah Ciplukan untuk Diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh orang. Karena jika tidak dirawat dan diatasi dengan baik, akan berakibat fatal, bahkan akan berakibat pada kematian. Ciplukan bisa digunakan sebagai salah satu obat tradisional mengatasi masalah tersebut.  cara mengolahnya cukup mudah.  Rebus semua bagian buah ciplukan, baik akar, batang dan buahnya dengan air secukupnya. Tunggu hingga air rebusan tersebut tersisa kurang lebih setengahnya. Minum secara rutin dan teratur.

  1. Mengatasi Sakit Persendian

Buah kecil nan bulat ini juga diklaim bisa mengobati masalah sakit persendian.  Bagaimana caranya? Cukup mudah campurkan beberapa helai daun dengan kapur sirih. Tempelkan campuran tersebut ke bagian persendian yang sakit.

  1. Manfaat Ciplukan untuk Turunkan Kolesterol

Punya masalah dengan kolesterol? Buah ciplukan ini bisa menjadi solusi yang ampuh lho. Caranya juga cukup mudah dan simpel. Konsumsilah dua atau tiga helai daun ciplukan setiap hari. Pastikan ya daunnya sudah dicuci dan bersih.

  1. Khasiat Ciplukan untuk Anemia

Penyakit kekurangan darah atau Amelia bisa juga diatasi dengan buah ciplukan. Cara mengolahnya hanya dengan merebus beberapa helai daun dan batangnya dengan air secukupnya. Minum air rebusan tersebut dengan rutin dan teratur.

Baca Juga :

  1. Manfaat Ciplukan untuk Penawar Racun

Selain air kelapa, buah ciplukan ini juga mempunyai manfaat untuk menawarkan racun yang masuk di dalam tubuh. Cukup bersihkan buah ciplukan tersebut dan konsumsi langsung beberapa buah ciplukan tersebut.

  1. Khasiat Ciplukan untuk Mengobati Epilepsi

Epilepsy atau ayan memang harus diatasi dengan pengobatan oleh dokter. Namun demikian, sebagai obat tradisional pendamping, buah ciplukan bisa menjadi solusi yang aman. Konsumsi buah ciplukan yang sudah dibersihkan kurang lebih 10 buah setiap hari.

Untuk mengetahui apakah buah ini efektif atau tidak untuk mengatasi penyakit ayan, memang diperlukan penelitian ilmiah yang lebih dalam.

  1. Buah Ciplukan untuk Mengobati Sariawan

Sariawan memang bukan penyakit yang serius namun sangat menganggu. Pengidap penyakit ini biasanya akan merasa sakit ketika makan, hingga berbicara. Kandungan vitamin C pada bulan buah ciplukan bisa menjadi obat tradisional yang aman. Bagaimana cara mengolahnya? Cukup konsumsi buah ini kurang lebih 10 butir baik langsung atau dibuatkan jus.

  1. Khasiat Ciplukan untuk Vertigo

Untuk mengatasi vertigo ini, anda bisa merebus daun, batang dan akarnya dengan air secukupnya. Rebus hingga air mendidih, kemudian saring air rebusan tersebut hingga terpisah dengan ampasnya. Minum ramuan ini sehari tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Manfaat Buah Ciplukan untuk Cadangan Energi

Buah ciplukan merupakan buah sehat yang mengandung gula alami di dalamnya. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya rasa manis ketika anda mengkonsumsi buah ciplukan ini. dengan kata lain, mengkonsumsi buah ini akan memberikan enegri pada tubuha anda.  tentunya energy tersebut dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, konsumsilah buah ini secara rutin.

  1. Khasiat Buah Ciplukan untuk Meredakan Batuk

Buah kecil ini juga diklaim bisa membantu menyembuhkan batuk. Cara mengolahnya juga cukup mudah, anda hanya perlu mencampur 5 buah ciplukan ini dengan segelas air hangat. Rebus hingga mendidih dan bisa juga ditambahkan dengan perasan jeruk nipis.

Aduk campuran tersebut hingga merata. Minum ramuan tersebut selagi masih hangat secara rutin dan teratur.

  1. Menurunkan Pilek

Punya masalah flu? Kandungan vitamin C pada buah ciplukan ini bisa membantu dalam meredakan penyakit flu tersebut. bagaimana cara mengolahnya? Cukup mudah, ambil beberapa helai daun ciplukan kemudian rebus dengan air secukupnya. Tunggu hingga air mendidih dan saring air rebusan tersebut. minumlah air rebusan tersebut.

  1. Manfaat Ciplukan untuk Obat Radang Tenggorokan

Buah manis ini juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa merebus beberapa helai daun buah ciplukan ini dengan air secukupnya dan minum air rebusan tersebut secara rutin dan teratur.

  1. Buah Ciplukan untuk Mempercepat penyembuh luka

Kandungan klorofil yang ada pada daun ciplukan ini bisa membantu dalam mempercepat penyembuhan luka. Cara membuatnya obat alaminya cukup mudah. Anda hanya perlu menumbuk daunnya dan mengoleskannya pada luka tersebut.  cukup mudah bukan?

  1. Mengobati Penyakit Getah Bening

Rebusan daun ciplukan ini juga bisa digunakan untuk mengobati dan meringankan penyakit kelenjar getah bening. Konsumsi rebusan air ini dengan rutin dan teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

  1. Manfaat Ciplukan untuk Camilan Sehat

Jika anda membutuhkan camilan sehat yang kaya akan nutrisi, maka buah ciplukan ini bisa menjadi solusinya.  Buah ini bisa menjadi jajanan sehat untuk anak anda di tengah banyaknya camilan diluar yang kurang terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Itulah manfaat buah ciplukan dan cara mengolahnya. Ternyata buah kecil tersebut bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan cara pengolahan yang cukup mudah juga. buah ini akhir-akhir ini juga menjadi buah bibir di tengah masyarakat karena khasiatnya. Banyak orang yang tertarik untuk mengkonsumsi buah ini mengakibatkan permintaan banyak dan harga buah ciplukan juga semakin tinggi.

Sekarang ini mulai banyak orang yang membudidayakan pohon ciplukan ini selain untuk kesehatan juga untuk komoditas mengingat harga buah ciplukan juga cukup mahal.

kata untuk mencari artikel ini:
  • 26manfaat ciplukan untuk berbagai penyakit dan cara pembuatan baik d rebus atau d tampal
  • manfaat ciplukan dan cara mengolahnya
26 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan dan Kandungannya | admin Kesehatan | 4.5
/* */