Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

Manfaat Bunga Rosella

Bunga rosella ini sering disebut sebagai asam kumbang atau asam paya. Tanaman ini hampir selalu berbunga di sepanjang tahun. Kecuali memang jika pohonnya sudah tua. Manfaat bunga rosella memiliki kandungan alami untuk kesehatan. Dalam kelopak bunganya yang ini mengandung protein, kalsium, lemak, air, karotena, thiamine, niacin dan riboflavin.

Kandungan manfaat bunga rosella untuk kesehatan ternyata banyak sekali. Sehingga bunga rosella dibuat menjadi obat herbal atau teh rosella. Teh herbal rosella ini juga bisa membantu anda yang sedang menjalankan program diet. Jadi apa saja manfaat bunga rosella ini? kita simak selengkapnya di sini.

Khasiat dan Manfaat Bunga Rosella Yang Tak Terkira

Banyak manfaat bunga rosella yang sudah dikeringkan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu diantaranya adalah untuk mengobati gusi berdarah, melancarkan saluran kemih, mengatasi hipertensi, flu, membantu diet, batuk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di bawah ini akan kami sampaikan beberapa manfaat bunga rosella yang bisa membantu anda yang sedang diet dan juga menjaga kesehatan tubuh anda.

  1. Bunga Rosella Sebagai Antikanker

manfaat-rosella-antikanker

Senyawa-senyawa kelompok antosianin pada ekstrak bunga rosella mencapai 51% dan 24% bersifat antioksidan. Senyawa-senyawa ini akan bekerja sebagai penghambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker. Bahkan sampai mematikan sel-sel kanker melalui mekanisme apoptosis (bunuh diri) sel-sel kanker.

 

Baca Juga : Pengobatan Kanker Secara Medis

 

  1. Bunga Rosela Sebagai Sumber Antioksidan

manfaat rosella

Bunga Rosella mengandung senyawa fenolik yang nantinya berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan antioksidannya empat kali lebih besar dibanding antioksidan yang terdapat dalam daun Kumis Kucing. Disamping itu, kandungan senyawa lain dalambunga rosella seperti antosianin dan gossipetin bisa melindungi diri akibat penuaan, seperti diabetes, gejala penyakit jantung juga penyakit kanker.

Baca Juga : Makanan Kaya Antiosidan

 

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat bunga Rosella ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit yang datang. Cukup dengan mengonsumsi teh Rosella secara rutin setiap pagi sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat secara berkala.

  1. Manfaat Bunga Rosella Untuk Kecantikan

Bunga rosella ini ternyata juga dapat digunakan untuk kecantikan. Bunga rosella dapat membantu menyehatkan kulit. Bila Anda sudah memasuki usia yang tidak lagi muda,tentunya akan berusaha dengan berbagai macam cara agar bisa merawat dan meremajakan kulit anda.

Khasiat bunga rosella ini bisa anda jadikan untuk proses peremajaan kulit anda. Jika Anda rutin melakukannya, kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan kencang. Karena di dalam bunga rosella mempunyai kandungan asam amino, protein esensial, dan juga vitamin C yang bisa menjadikan kulit Anda tampak lebih sehat dan juga kencang.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat rosella tekanan darah

Anda merupakan penderita darah tinggi juga kolesterol? Jangan khawatir, sebab teh Rosella dapat dijadikan pilihan sebab kandungan dalam Rosella mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Inilah satu diantara sekian banyak manfaat bunga Rosella yang membantu orang terlepas dari masalah kolesterol jahat. Ketika tekanan darah meningkat, maka metabolisme tubuh akan bermasalah dan tidak fit. Dengan menggunakan teh Rosella, maka masalah serius kesehatan bisa dihindari.

  1. Program Diet Alami

Untuk anda semua yang punya masalah kelebihan berat badan, teh rosella tepat sekali untuk diet. Manfaat vitamin C dalam teh rosella dapat membantu tubuh kita untuk melepaskan kolesterol dan lemak. Jadi, sebaiknya  konsumsilah teh rosella pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, supaya daya tahan tubuh akan meningkat. Sebab saat tubuh metabolismenya baik, maka proses menurunkan berat badan akan mudah sehingga program diet alaminya sempurna.

  1. Mencegah Pengeroposan Tulang

Bunga Rosella mengandung mineral juga vitamin yang bermanfaat bagi tulang anda seperti zat besi, kalium, kalsium dan vitamin D juga. Hal ini sangat penting dan membantu Anda untuk mencegah pengeroposan pada tulang, khususnya bagi Anda yang sudah berusia lanjut.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bunga rosella sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kita tahu, sistem kekebalan tubuh penting sekali dalam mencegah serangan penyakit. Saat anda konsumsi teh rosella, maka sistem kekebalan tubuh secara berkala akan meningkat. Lebih baik lagi kalau mengkonsumsi teh rosella secara teratur di pagi hari.

  1. Antikolesterol

Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan yang berperan sebagai antikolesterol. Senyawa tersebut akan mengurangi penimbunan lemak jahat (LDL) di dalam pembuluh darah. Hasil pemberian ekstrak rosella ke hewan percobaan telah membuktikan adanya pengurangan kadar kolesterol yang signifikan. Ini dibuktikan oleh Cung Shan dari Medical University di Taiwan.

  1. Terapi gangguan liver

Bunga rosella terbukti ampuh melindungi organ hati dari senyawa perusak yang bernama tert butyl hidroperoksida (TBH). Organ hati pun terbebas dari proses steasis dan fibrosis.

Cara Mengambil Manfaat Bunga Rosella Dengan Benar

Produk-produk olahan bunga rosella di pasaran sudah banyak, antara lain: teh, salad, jelly, selai, saus, sup, minuman, pikel, tart, puding, sirup, angur, dan gelatin. Produk-produk olahan tersebut biasanya berwarna merah karena adanya kandungan senyawa antosianin yang tinggi.

Cara umum konsumsi rosella yaitu dibuat teh. Cara membuatnya sangat mudah. Ambil kelopak bunga dan daun rosella secukupnya. Buang bijinya, lalu cuci bersih, selanjutnya tinggal dikeringkan. Setelah kering, teh rosella tinggal diseduh dengan air panas sama seperti halnya kita membuat teh tubruk. Tambahkan madu untuk menambah rasa.

Ekstrak bunga rosella memiliki mekanisme kerja yang langsung terasa bagi tubuh. Cara membuat ekstrak yang termudah dengan cara pelumatan. Ambil bunga rosella secukupnya. Buang biji-bijinya. Lalu cuci bersih. Masukkan ke blender dengan ditambahkan sedikit air untuk memudahkan pelumatan. Setelah itu disaring dan diambil airnya. Ekstrak bunga rosella siap dipakai segar untuk pemakaian luar. Untuk pemakaian di dalam tubuh harus dilakukan sterilisasi. Untuk proses sterilisasi bisa memakai autoklaf.

Efek Samping Bunga Rosella

Selain mengetahui manfaat bunga rosella, ternyata kita juga harus tahu bahwa bunga rosella ini juga ada efek sampingnya bagi kesehatan. Apa saja itu?

Di samping memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, bunga rosella juga memiliki risiko-risiko negatif bagi tubuh. Hal ini karena tiap bahan makanan pasti mengandung anti gizi. Misalnya saja pada singkong yang mengandung sianida yang bisa meracuni tubuh. Beberapa efek samping bunga rosella bagi tubuh kita, antara lain:

  1. Mengganggu sistem pencernaan
  2. Membuat organ ginjal bekerja lebih keras
  3. Merangsang emmenagogue
  4. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil
  5. Tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki tekanan darah rendah
  6. Penderita kelainan jantung

Para ahli masih banyak yang tertarik dengan manfaat bunga rosella untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini menggembirakan kita semua. Apalagi produk-produk olahan bunga rosella sangat digemari oleh masyarakat luas. Tak hanya cantik penampilan bunganya, khasiatnya memang benar-benar ciamik buat tubuh.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan mengenai manfaat bunga rosela untuk kesehatan, diet dan juga kecantikan. Selain itu kami juga sampaikan penggunaan serta efek sampingnya dengan jelas. Semoga bermanfaat.

  • Leave a Comment

/* */