Kumpulan Penyakit

Manfaat Buah Plum Untuk Sehatnya Tubuhmu

Manfaat Buah Plum

Masih jarang orang yang mengetahui manfaat buah plum ini. Bahkan nama buah plum saja juga masih banyak orang yang merasa asing saat mendengarnya. Hal ini disebabkan tak semua orang dapat menjumpai buah plum dan juga merasakan bagaimana rasa dari buah plum ini. Harga buah plum yang mahal dan sulitnya menjumpai buah ini menjadi alasan bahwa buah plum termasuk dalam buah dengan kelas menengah keatas.

Harga buah plum yang mahal setara dengan kandungan manfaat buah plum tersebut. Buah ini berasal dari Cina, jadi masih  digolongkan sebagai jenis buah import. Karena ini import, wajar jika harganya tergolong mahal. Dengan manfaat buah plum yang banyak, maka para ahli gizi menyarankan agar konsumsi buah plum supaya badan selalu sehat.

Manfaat Buah Plum dan Kandungan Gizinya

Banyak sekali kandungan gizi di dalam buah plum. Kandungan senyawa buah Plum menyehatkan dan menyegarkan. Di dalam buah plum terdapat kandungan gizi seperti berikut ini :

  • Plum mengandung vitamin dan mineral.
  • Vitamin di dalam buah plum banyak sekali. Seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E , vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3 dan juga vitamin B-6.
  • Plum memiliki kandungan asam askorbat dan asam folat.
  • Mineral dalam buah ini adalah kalsium, fosfor, fluor,magnesium, seng dan zat besi.
  • Serat tinggi, rendah kalori dan tidak ada lemak jenuh.
  • Kaya akan antioksidan.

Jika saat ini anda sedang melakukan program diet demi menjaga berat badan yang ideal, maka buah plum ini wajib dimasukkan dalam daftar menu diet. Mengapa demikian? karena buah plum rendah kalori (46 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh. Sangat mendukung diet sehat Anda bukan?

Daftar Manfaat Buah Plum Merah

Buah yang sering diolah menjadi selai ini ternyata sangat kaya akan berbagai kandungan vitamin dan mineral. Berbagai diantaranya adalah magnesium, vitamin C, serat, kalsium, vitamin A, vitamin B, kalium, zat besi dan masih banyak lainnya. Kombinasi berbagai kandungan inilah yang membuat manfaat buah plum merah untuk kesehatan sangatlah baik.

 

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat plum untuk tubuh

Manfaat buah plum merah yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh. Sebab buah plum merah mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi sehingga dapat membantu tubuh Anda terhindar dari serangan bakteri, kuman dan virus penyebab berbagai penyakit ringan juga penyakit yang sangat berbahaya.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Anda

 

  1. Mengontrol Kolesterol

Disamping dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C yang terkandung dalam buah plum bisa membantu mengontrol kolesterol tubuh anda. Selain itu, serat yang ada di dalam buah plum secara alami dapat dengan sendirinya membersihkan racun yang ada dalam empedu. Sehingga tubuh Anda akan merasa lebih segar juga sehat.

 

  1. Membantu Sistem Pencernaan

manfaat plun untuk sistem pencernaan

Serat sangat banyak terdapat di dalam buah plum. Ini sangat bermanfaat dalam proses pencernaan. Buah plum sendiri merupakan sumber serat yang baik. Oleh sebab itu dapat melancarkan pencernaan jadi anda akan terhindar dari penyakit yang namanya sembelit. Dibandingkan zat psyllium, serat buah plum lebih banyak dimiliki.

Zat yang Bermanfaat Dalam Proses Pencernaan

  • Senyawa sorbitol yang terdapat dalam plum membantu usus dalam proses pencernaan.
  • Untuk mengatur sistem pencernaan ini peran senyawa isatol.
  • Isatin dan sorbitol jika digabung dapat bermanfaat memberi efek pencahar jadi bisa mendorong sekresi cairan pada usus. Membantu meningkatkan pembilasan limbah di dalam usus besar.

 

  1. Membantu Mengatasi Obesitas

UntukAnda yang berat badannya berlebih atau tergolong obesitas, coba tambahkan buah plum pada menu diet harian Anda. Ini dilakukan bukan tanpa sebab, ternyata penelitian membuktikan buah plum bisa membantu menurunkan berat badan tubuh.

Kelebihan manfaat buah ini bisa memberikan efek anti-inflamasi dan anti-obesitas pada sel tubuh yang berbeda, juga pada sel-sel lemak. Selain itu anda juga akan terhindar dari komplikasi yang diakibatkan dari masalah obesitas. Penyakit kardiovaskular dan diabetes bisa teratasi karena senyawa fenolik dan flavonoid seperti katekin, kuersetin, antosianin, dan asam klorogenik didalamnya.

Baca Juga : Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

 

  1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Buah ini dikenal kaya kandungan vitamin A sehingga bisa membantu menjaga kesehatan mata juga dapat membuat selaput lendir mata jauh lebih sehat dari sebelumnya. Disamping itu buah plum merah memiliki kandungan zeaxanthin yang bisa membantu menjaga retina selalu sehat.

 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat plum untuk kulit

Selanjutnya khasiat buah plum merah bisa menjaga kulit tetap sehat. Ini disebabkan plum merah memiliki kandungan vitamin E, yang memiliki peran penting menjaga kesehatan kulit juga melindungi membran sel pada pertahanan tubuh.

 

  1. Melindungi Tubuh Dari Penurunan Kognitif

Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kognitif. Anda akan mudah terkena penyakit stroke, parkinson dan juga alzheimer ketika kognitif menurun. Konsumsi jus plum setiap hari bisa melindungi diri anda dari masalah tersebut.

Zat Yang Bermanfaat Dalam Penurunan Kognitif

  • Flavonoid adalah zat dominan yang membuat tubuh anda terlindung dari penurunan kognitif.
  • Fitonutrisi membuat tubuh terhindar dari peradangan disebabkan proses neurologis tubuh. Ini bermanfaat juga dalam meningkatkan memori otak jadi anda akan terhindar dari alzheimer atau pikun.

 

  1. Membantu Kelancaran Fungsi Sistem Saraf

Kandungan vitamin B-6 buah plum sangat penting untuk sistem saraf pusat, seperti untuk membantu penghantaran sinyal saraf, membantu pertumbuhan normal bagian otak dan membantu membentuk hormon yang bisa memengaruhi mood atau suasana hati seseorang. Senyawa Triptofan bisa memproduksi serotonin dalam tubuh anda yang erat hubungannya dengan konsentrasi, kualitas tidur dan nafsu makan anda akan semakin baik.

 

  1. Baik untuk Jantung

manfaat plum jantung

Buah plum dengan tampilannya yang menarik ini mempunyai dampak yang positif bagi kesehatan jantung. Dari sebuah penelitian menyatakan konsumsi plum kering teratur bisa membantu mempromosikan fluiditas darah pada arteri sehingga bisa mengurangi risiko berbagai gangguan jantung misalnya aterosklerosis juga stroke dan serangan jantung. Mineral potasium yang terdapat dalam plum bisa membuat laju detak jantung anda dan juga tekanan daran menjadi stabil.

Baca Juga : Makanan Bernutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

 

  1. Sebagai Obat Alami Anemia

Mengalami anemia karena kekurangan zat besi? Tenang, manfaatkan saja buah yang satu ini. Zat besi dan tembaga yang terkandung dalam buah ini penting membantu pembentukan sel darah merah juga untuk memfasilitasi pemurnian darah serta sirkulasi sehat darah. Buah Plum punya kandungan tembaga berperan menjadi  antioksidan yang membantu membentuk kolagen dan memacu kesehatan saraf.

Cara Memilih Buah Plum Yang Berkualitas Baik

  • Buah plum yang memar atau sangat lunak jangan anda pilih.
  • Jika buah plum yang matang saat ditekan sedikit akan lunak. Sementara itu plum yang busuk bila anda tekan akan terasa sangat lunak sekali.
  • Plum akan mengeluarkan bau harum dan manis.
  • Hindari memilih plum dengan kondisi cacat di kulitnya misalnya ada luka goresan atau tusukan.

Seperti itulah ulasan kami mengenai manfaat buah plum. Semoga dengan ini anda bisa mengetahui seperti apa khasiat buah plum untuk kesehatan.

Manfaat Buah Plum Untuk Sehatnya Tubuhmu | admin Kesehatan | 4.5
/* */