Kumpulan Penyakit

27 Makanan Bernutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan Bernutrisi Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Bernutrisi Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Bernutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Jantung – Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang letaknya berada di dalam paru-paru. Fungsi Jantung adalah untuk mengendalikan peredaran darah didalam tubuh. Karena itulah jantung dianggap sebagai organ yang sangat vital bagi manusia. Tanpa jantung yang sehat, organ tubuh lain pasti tidak akan berfungsi dengan baik. Baik buruknya kesehatan jantung kita salah satunya ditentukan dari makanan apa yang kita konsumsi.

Jantung sebagai organ tubuh yang paling rentan terkena penyakit perlu dijaga kesehatannya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius kedepannya. Beberapa penyakit jantung seperti jantung koroner telah terbukti menjadi salah satu penyebab kematian paling tinggi di dunia. Perlu untuk mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi yang bisa membuat jantung menjadi sehat. Apa saja jenis-jenis makanan tersebut?

  1. Makanan rendah lemak (terutama lemak trans) dan juga rendah kolesterol
  2. Makanan yang mengandung serat yang tinggi
  3. Makanan yang mengandung garam yang rendah
  4. Buah-buahan, biji-bijian dan sayuran hijau
  5. Makanan kaya akan omega 3
  6. Makanan yang mengandung zat seperti kalium, Polifenol, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B kompleks.

Pada makanan apa saja jenis-jenis makanan tersebut bisa ditemukan? Berikut adalah daftarnya :

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan zat omega 3, ikan yang satu ini juga kaya akan protein yang baik bagi kesehatan kita. Di dalam 85,04 gram daging ikan salmon terkandung 5 sampai 11 gram lemak dan 700 sampai 1800 mg zat omega 3. Selain itu ikan jenis ini juga mempunyai kandungan mineral dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin B6, dan Vitamin B12.

Almond

Pada almond terkandung serat, steril, dan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung. Kacang yang satu ini juga mampu untuk menurunkan kolesterol jahat LDL. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dimakan bersamaan dengan sayuran, ayam, ikan, ataupun makanan penutup lainnya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan lemak yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Tapi lemak pada minyak zaitun ini bukanlah lemak jahat yang berbahaya bagi tubuh kita. Minyak yang satu ini tinggi akan antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dan juga dapat melindungi pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa menggunakan minyak zaitun ini untuk membuat salad atau memasak sayuran.

Kenari

Kacang kenari mampu melindungi arteri jantung dari peradangan. Pada kenari terkandung omega 3, lemak sehat, dan juga serat. Mengkonsumsi sedikit kenari setiap harinya ternyata mampu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kenari dapat  diolah menjadi minyak kenari yang dapat mengganti lemak jahat yang terdapat pada kripik dan cookies

Edamame

Kacang edamame biasa disajikan sebagai hidangan pembuka di restoran Jepang. Edamame mengandung protein yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dan juga mengandung sekitar 8 gram serat  yang dapat menyehatkan jantung kita. Mengkonsumsi edamame bisa dengan cara merebusnya terlebih dahulu kemudian dikonsumsi selagi masih hangat.

Jeruk

Jeruk mengandung serat perctin yang bisa melawan kolesterol. Buah jeruk juga mengandung kalsium yang mampu mengendalikan tekanan darah. Dalam suatu studi menyatakan jika seorang pria meminum 2 gelas jus jeruk setiap harinya terbukti mampu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan juga mampu menurunkan tekanan darah.

Barley

Barley merupakan gandum yang kaya akan serat. Kandungan serat pada barley mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga kadar gula di dalam darah. Ada banyak jenis barley, tetapi barley whole grain adalah barley yang paling tinggi nutrisi. Anda dapat mengkonsumsi gandum ini dengan mencampurkannya bersama beras atau bisa ditambahkan pada sup ataupun sekedar dijadikan sereal/camilan.

Oatmeal

Dengan mengkonsumsi satu mangkuk oatmeal hangat setiap paginya mampu untuk mengisi perut selama berjam-jam sehingga dapat mencegah anda untuk mengemil dan menjaga kadar gula darah secara stabil. Hal ini tentunya sangat berguna bagi penderita diabetes. Pada oatmeal juga terkandung serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat LDL

Flaxseed

Flaxseed merupakan sejenis biji-bijian yang memiliki warna mengkilap seperti madu. Flaxseed memiliki kandungan serat, lignan, dan asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung anda. Anda dapat mengkonsumsi flaxseed dengan cara menambahkannya ke sereal, yogurt, panggangan, atau mustard pada sandwich.

Ceri

Segala jenis buah ceri baik bagi kesehatan anda. Buah ini dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan yang disebut anthocyanin yang dipercaya mampu melindungi pembuluh darah. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau menantikannya ke dalam sereal, salad, nasi, ataupun adonan muffin.

Blueberry

Buah blueberry juga banyak mengandung anthocyanin yang dapat melindungi pembuluh darah. Buah ini juga kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya. Bisa anda konsumsi langsung ataupun menambahkannya pada pancake, sereal, ataupun yogurt.

Rempah-rempah

Ada baiknya anda menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu masakan anda untuk menggantikan garam. Mengkonsumsi masakan banyak bumbu tetapi sedikit garam bisa membuat jantung kita menjadi lebih sehat

Kacang Hitam

Kacang hitam kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan jantung. Kacang Hitam mengandung antioksidan, folat, dan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu kacang yang satu ini juga mengandung serat yang dapat mengontrol kadar kolesterol dan juga kadar gula darah. Anda dapat mengkombinasikan makanan ini dengan menambahkan pada sup ataupun salad.

 

Baca Juga:

 

Ikan Tuna

Sama seperti ikan salmon, ikan tuna juga kaya akan omega 3. Sebaiknya konsumsilah tuna putih karena memiliki kandungan omega 3 lebih tinggi daripada jenis ikan tuna lainnya. Selain itu pilihlah ikan tuna yang dikemas di dalam air bukan di dalam minyak, supaya kandungan gizinya tetap terjaga.

Tahu

Tahu dikenal sebagai makanan yang kaya akan protein. Tak hanya protein, ternyata makanan yang satu ini juga kaya akan mineral, serat, dan juga lemak tak jenuh ganda yang baik bagi kesehatan jantung. Tips mengkonsumsi tahu : sebaiknya jangan mengkonsumsi tahu yang digoreng karena minyaknya yang mengandung lemak jenuh yang justru kurang baik bagi jantung anda. Sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi tahu rebus yang lebih sehat.

Asparagus

Sayur yang satu ini memang jarang dikonsumsi di Indonesia, padahal banyak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Pada asparagus terkandung folat yang dapat menguatkan jantung serta menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Asparagus juga berperan sebagai anti oksidan dan anti perdagangan.

Tomat

Di dalam tomat, terutama yang sudah di jus terkandung nutrisi lycopene yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu tomat juga kaya akan vitamin C yang memiliki peran sebagai antioksidan pada jantung.

Paprika Merah

Paprika merah merupakan sayuran yang kaya akan folat dan vitamin B6 yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Di dalam paprika merah juga terkandung likopen yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh jantung dan juga mengandung antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas.

Sayur Bayam

Siapakah diantara anda yang tidak mengenali sayuran yang satu ini? Mayoritas pasti mengenalinya dan bahkan sering mengkonsumsinya. Sayuran yang satu ini ternyata banyak mengandung  zat besi dan asam folat yang mampu mengoptimalkan kerja jantung baik permasalahan pada detak jantung, serta mampu untuk menambah darah.

Susu Kedelai

Daripada susu sapi, ternyata susu kedelai lebih sedikit mengandung lemak sehingga dapat menurunkan resiko penyakit serangan jantung dan juga menurunkan kadar kolesterol. Di sarankan bagi penderita penyakit jantung untuk mengkonsumsi susu kedelai 20 gram setiap harinya.

Teh

Pada teh terkandung polifenol flavonoid yang memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan polifenol ini berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah, membersihkan paru-paru yang kotor, dan mencegah resiko serangan jantung.

Kentang

Kentang kaya akan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu kentang juga mengandung serat yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Sebaiknya anda mengolah kentang dengan cara di rebus untuk mendapatkan zat gizi yang lebih baik.

Madu

Meskipun rasanya sama sama manis seperti gula, tetapi kadar gula di dalam madu sangat rendah sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes. Beberapa studi menyatakan bahwa madu mampu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Kubis

Kubis kaya akan fitonutrien yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu kubis juga banyak mengandung aneka vitamin, kalsium, fosfor dan juga zat besi. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya ke menu sayuran seperti sup atau salad.

Beras Merah

Pada beras merah terkandung zat-zat gizi yang penting bagi tubuh seperti mangan dan antioksidan. Kandungan mangan pada beras merah sangat berguna untuk menetralisir lemak dan juga membantu proses sintesis dalam tubuh. Sementara kandungan antioksidan pada beras merah berguna untuk menstabilkan denyut jantung serta mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

Yogurt

Selain mengandung protein, yogurt juga banyak mengandung kalsium dan kalium yang mampu untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Pilihlah yogurt rendah lemak yang memiliki zat gizi yang lebih baik daripada yogurt tinggi lemak.

Ubi Jalar

Di dalam ubi jalar banyak mengandung vitamin B6 yang berguna bagi tubuh untuk mengendalikan sistem homesistein sehingga mampu memproteksi dari serangan jantung. Selain itu dalam buah ini juga terkandung magnesium yang baik bagi sistem arteri didalam tubuh. Ubi jalar juga mengandung kalium yang mampu menjaga detak jantung tetap normal.

Menjaga kesehatan jantung itu sebaiknya kita lakukan mulai sekarang, tak perlu menunggu hari tua. Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Anak-anak, remaja, orang dewasa semua berpotensi terserang penyakit ini. Berawal dari memperbaiki apa yang kita konsumsi menjadi awal yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung kita. Demikian artikel seputar daftar makanan yang baik untuk kesehatan jantung semoga bermanfaat bagi pembaca.

kata untuk mencari artikel ini:
  • harga obat generik buat penderita sakit jantung khusus katup
27 Makanan Bernutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Jantung | admin Kesehatan | 4.5
/* */