10 Jenis Makanan Sehat Balita yang Bergizi

Makanan Sehat Balita

Makanan Sehat Balita – Diet seimbang dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi penting dapat membantu balita tumbuh dengan sehat, kuat dan tumbuh tinggi lebih cepat. Aneka makanan yang mengandung gizi dan nutrisi lengkap memang sangat diperlukan bagi tubuh balita untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Tidak sedikit balita di Indonesia yang mengalami gizi buruk akibat dari kurangnya mendapatkan asupan nutrisi dan gizi penting pada tubuh mereka, sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan bahkan tidak sedikit pula yang meninggal dunia.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua kita tentunya harus lebih memperhatikan asupan makanan si kecil dengan baik. Berikan mereka beragam jenis makanan sehat bernutrisi tinggi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuhnya, sehingga mereka dapat tumbuh sehat, kuat dan cerdas. Dengan melakukan moderasi makanan pada balita adalah kuncinya, karena terlalu berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatannya. Dengan melakukan diet tinggi nutrisi penting merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk dilakukan dan diterapkan kepada balita, sehingga makanan sehat terbaik untuk bayi dan balita harus selalu disertakan dalam menu hariannya agar balita dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Makanan Sehat Untuk Balita

Untuk mendukung tumbuh kembang balita, maka anda dapat memberikan aneka jenis makanan sehat setiap hari. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik untuk diberikan kepada balita, diantaranya yaitu :

  1. Telur Rebus

Makanan sehat berikutnya yang baik diberikan kepada balita yaitu telur rebus, di dalam putih telur yang direbus mengandung banyak sekali protein yang baik untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan balita anda. sedangkan pada kuning telurnya mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh balita seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D dan juga vitamin E yang dapat membantu pertumbuhan dengan cepat. Namun jika di dalam keluarga anda ada yang memiliki riwayat alergi, sebaiknya anda tidak memberikan telur kepada balita anda sebelum usianya 1 tahun.

  1. Yoghurt

Di dalam yoghurt memiliki kandungan lemak, protein, essensial, kalsium dan juga fosfor. Jenis makanan sehat ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada balita, sehingga balita dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Selain itu, di dalam yoghurt juga mengandung probiotik atau dikenal dengan sebutan bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga memelihara kesehatan pencernaan. Untuk bayi yang berumur kurang dari 1 tahun, sebaiknya yoghurt tidak diberikan dulu sampai usianya di atas dua tahun, karena kemungkinan balita akan mengalami alergi terhadap susu dan produk olahannya. Untuk informasi lebih jelasnya, anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter jika akan memberikan yoghurt kepada si kecil.

  1. Daging Ayam

Di dalam daging ayam mengandung vitamin B6 dan juga protein yang sangat baik untuk membantu meningkatkan penyerapan nutrisi yang di dapatkan dari makanan dan juga sumber energi tubuh. dengan ini juga dapat meningkatkan kekuatan tubuh dan mendukung tumbuh kembang balita dengan optimal. Selain itu, daging ayam juga dapat membantu menjaga berat badan balita tetap ideal.

  1. Lentil

Lentil merupakan salah satu makan sehat untuk balita yang di dalamnya mengandung protein dan serat yang mampu meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan, sumber energi dan membantu meningkatkan kesehatan pada pencernaan balita. Dengan demikian, maka dengan memberikan sayuran ini kepada si kecil dapat membantu dalam meningkatkan tumbuh kembang balita serta melindungi tubuhnya dari serangan berbagai jenis penyakit dan infeksi.

  1. Sereal Bayi

Makanan sehat dan penting lainnya yang wajib diberikan kepada balita yaitu sereal khusus untuk bayi. Di dalam sereal ini telah diperkaya dengan kandungan zat besi yang sangat baik dan penting untuk mendukung tumbuh kembangnya secara maksimal, sehingga makanan sehat ini sangat penting untuk diberikan kepada balita anda dan kandungan zat besi yang terkandung di dalam ASI tidak sebanyak seperti pada makanan ini.

  1. Brokoli dan Sayuran Hijau

Di dalam sayuran hijau dan brokoli sangat kaya akan kandungan nutrisi dan gizi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh balita dalam mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal. Beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat di dalam sayuran hijau dan brokoli diantaranya seperti vitamin, kalsium, zat besi, kalium, asam folat, beta karoten dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat dari nutrisi tersebut diantara yaitu dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, memperkuat otot tubuh, meningkatkan pertumbuhan dan juga perkembangan bayi secara keseluruhan. Beberapa jenis sayuran hijau yang baik diberikan kepada si kecil diantaranya seperti bayam, daun selada, lobak, kale dan masih banyak lagi jenis sayuran hijau lainnya.

  1. Buah Jeruk

Balita berumur lebih dari satu tahun sudah sangat wajib untuk diberikan makan buah jeruk segar, karena kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk sangat tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh balita untuk menunjang tumbuh kembangnya dengan baik. Selain itu, kandungan vitamin C juga sangat baik untuk memelihara kesehatan kulitnya, meningkatkan kekuatan tulang, otot dan juga jaringan tubuh lainnya. Selain itu, di dalam buah jeruk juga sangat kaya akan kandungan potasium yang dipercaya dapat membantu mempertahankan kadar air dalam tubuh, sehingga dapat membantu dalam proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

  1. Alpukat

Makanan sehat untuk balita berikutnya yang baik untuk diberikan agar tumbuh kembangnya semakin maksimal, maka anda bisa memberikan balita anda makanan sehat dari buah alpukat. Di dalam buah alpukat sendiri tersimpan banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik seperti protein dan lemak jenuh tunggu, kedua nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat ini sengat baik untuk membantu memelihara kesehatan jantung, meningkatkan kecerdasan otak dan memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cara memberikannya, anda dapat menghaluskan buah alpukat dan memberikannya sampai bayi merasa kenyang.

  1. Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis makanan sehat yang dapat anda berikan kepada si kecil, karena di dalam buah pisang terkandung nutrisi dan gizi yang lengkap dan baik untuk mendukung tumbuh kembangnya seperti karbohidrat, vitamin, zat besi, kalsium, kalium dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya. Buah pisang sendiri memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan menjaganya agar tetap sehat. Anda dapat memberikan pisang matang dengan cara di haluskan, sehingga dapat dengan mudah dicerna dan diserap tubuh.

  1. Buah Pepaya

Makanan sehat lain yang penting untuk diberikan kepada balita yaitu buah pepaya, di dalam buah ini tidak hanya mengandung vitamin yang cukup lengkap, tetapi juga mengandung serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan balita dan membantu mengatasi susah buang air besar pada balita. Selain itu, buah pepaya juga sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit dan rambutnya.

Itulah beberapa jenis makanan sehat untuk balita yang penting untuk anda berikan, semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan bagi anda yang baru mempunyai anak dan sedang mencari informasi terkait makanan sehat terbaik untuk balita.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1829 7zVnsEKiP-prQqHIo8zOaYeP5DhddRiz93jCQpKBSKqghf9qzPjNsrj8kN6Y3iSx c239796bb9845571519d036f3c986873096b6d28&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme
  • jenis makanan untuk balita
  • jenis makanan yang gizi untuk balita
  • makanan gizi tinggi untuk balita
  • makanan sehat pertumbuhan balita
  • Makanan untuk balita diatas satu tahun yang banyak mengandung gizi
  • makanan yang baik untuk balita
  • Leave a Comment

/* */