6 Makanan Kaya Antioksidan Menurut Analisis FRAP

Makanan Kaya Antioksidan

Makanan Kaya Antioksidan – Tentu anda sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya antioksidan? Senyawa ini merupakan senyawa penting yang bisa diproduksi di dalam tubuh dan ditemukan pada makanan. Sangat berguna untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari molekul berbahaya bernama radikal bebas.

Ketika radikal bebas tersebut sudah terakumulasi, maka akan menyerang DNA dan struktur penting lain dalam sel anda. bahkan, dibeberapa kasus bisa meningkatkan resiko penyakit kronis serperti serangan jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

Namun demikian, mengkonsumsi makanan kaya antioksidan  akan sangat membantu meningkatkan tingkat antioksidan dalam darah sehingga bisa mengurangi resiko tersebut.

Ilmuwan menggunakan beberapa test untuk mengukur makanan yang kaya antioksidan. Salah satunya ialah analisis FRAP (Ferric Reducing Ability of Plasma).

Analisis tersebut mengukur konten antioksidan dalam makanan dengan sebagaimana bagus makanan tersebut bisa menetralisir radikal bebas tertentu.

 

Mana saja makanan sumber antioksidan tertinggi menurut analisis FRAP?

Setidaknya ada 6 makanan yang paling tinggi berdasarkan analisis ini digolongkan sebagai makanan yang kaya antioksidan.

 

1. Coklat Hitam

Berbahagialah jika anda suka dengan coklat, khususnya coklat hitam yang terkenal sangat bernutrisi. Mengandung lebih banyak antioksidan dan beberapa mineral lainnya dibandingkan dengan coklat biasa.

Berdasar analisis FRAP, makanan sumber antioksidan ini mempunyai tingkat antioksidan 15 mmol tiap 3.5 ons (100 gram). Bahkan angka ini lebih tinggi dari blueberry (9.2 mmol) dan raspberry (2.3 mmol) pada takaran yang sama.  Dengan kata lain, makanan mengandung antioksidan tertinggi di dunia, menurut FRAP.

Terlebih, antioksidan yang terkandung dalam coklat hitam ini juga memberikan dampak kesehatan yang bagus seperti mengurangi anti inflamasi dan resiko penyakit jantung.

Mengurangi makanan sumber antioksidan ini bisa menurunkan tekanan darah sistolik dengan rata-rata 4.5 mmHg dan tekanan darah diastolic dengan rata-rata 2.5 mmHg.

RANGKUMAN: Coklat Hitam sangat lezat dan bernutrisi dan salah satu sumber makanan antioksidan terbaik. Pada umumnya, semakin tinggi kompisisi biji coklat, semakin banyak juga antioksidan yang terkandung di dalamnya.

 

2. Pecans

Mungkin sebagian besar anda masih asing dengan makanan kaya antioksidan ini. benar Pecans merupakan kacang yang aslinya dari Meksiko dan Amerika Selatan. Sumber yang sangat bagus untuk lemak sehat, minerals dan tentunya kaya akan antioksidan.

Berdasarkan analisis FRAP, sumber antioksidan ini mengandung 10.6 mmol antioksidan tiap 3.5 ons (100 gram). Bahkan Pecans sangat efektif dalam meningkatkan tingkat antioksidan dalam darah.

Studi kasusnya, 20 persen orang yang mengkonsumsi makanan ini mengalami peningkatan signifikan dalam tingkat antoksidan darahnya.

Namun demikian, meskipun makanan kaya antiokasidan dan lemak sehat, namun juga tinggi kalorinya. Jadi, konsumsilah secara teratur dan hindari makan terlalu banyak.

RANGKUMAN: Pecans merupakan kacang yang kaya akan minerals, lemak sehat dan antioksidan. Makanan antioksidan tersebut bisa membantu meningkatkan tingkat antioksidan pada darah dan menurunkan kolestrol jahat.

 

3. Blueberries

Blueberries merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi. Meskipun makanan ini rendah kalorinya, Blueberry kaya akan nutrisi dan antioksidan.

Menurut analisis FRAP, kandungan antioksidannya mencapai 9.2 mmol per 3.5 ons ( 100 gram). Bahkan beberapa penelitian mengukuhkan Blueberries merupakan buah dan sayuran yang mengandung antoksidan tertinggi.

Selain itu, pernah ada penilitian bahwa makanan sehat ini bisa mengurangi penurunan fungsi otak yang terjadi karena pengaruh usia.  Antioksidan dalam buah tersebut menetralkan radikal bebas yang berbahaya, mengurangi inflamasi, dan mengubah ekspresi beberapa gen.

RANGKUMAN: blueberries merupakan salah satu sumber terbaik antioksidan yang layak untuk anda masukkan ke dalam daftar makanan sehat anda. buah ini kaya akan anthocyanins dan juga antioksidan lainnya yang dapat mengurangi resiko gangguan hati serta memperlambat penurunan fungsi otak karena factor usia.

 

4. Strawberry

Siapa sih yang gak kenal dengan buah manis asam satu ini? hampir semua orang suka akan buah ini. strawabery merupakan salah satu jenis buah berries yang paling terkenal di dunia ini.  buah ini mempunyai rasa manis, asam, kaya akan vitamin C dan tentunya merupakan sumber terbaik antioksidan.

Berdasarkan analisis FRAP, kandungan antioksidan buah ini mencapai 5.4 mmol per 3.5 ons (100 gram).

Buah berwarna merah ini juga mengandung anthocyanins yang memberikan warna merah. Dibandingkan buah lainnya, strawberries memang yang paling tinggi kandungan anthocyanins-nya.

Berdasarkan pada penelitian, kandungan tersebut mampu membantu mengurangi resiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol LDL yang buruk.  Kolestrol  baik HDL di waktu bersamaan juga akan naik.

Berdasarkan 10 penelitian, ditemukan bahwa anthocyanin secara signifikan bisa mengurangi kolesterol LDL terhada pasien yang menderita penyakit jantung atau kolesterol HDL yang tinggi.

RANGKUMAN: seperti buah berries lainnya, strawberries kaya akan antioksidan yang disebut anthocyanins  yang bermanfaat dalam membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

Baca Juga :

 

5. Artichokes

Seperti halnya dengan Pecans, mungkin sebagaian besar dari anda tidak tahu dengan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi satu ini. sayuran ini  sangat lezat dan bernutrisi yang mungkin masih asing dalam daftar makanan sehari-hari, bahkan di negara asalnya sendiri Amerika Utara.

Namun ternyata, sayuran tinggi antioksidan ini telah lama digunakan oleh nenek moyang mereka sebagai salah satu ramuan obat alami. Selain tinggi akan antioksidan, sayuran ini juga kaya akan fiber dan mineral.

Berdasarkan pada analisis FRAP, kandungan antioksidannya ialah 4.7 mmol per 3.5 ons (100 gram).

Antioksidan yang terkandung dalam sayuran ini bernama chlorogenic acid. Berdasarkan beberapa penelitiian, senyawa tersebut mengandung banyak antioksidan dan anti inflamasi. Selain itu, senyawa tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker, diabetes tipe  2, dan penyakit jantung dengan jenis tertentu.

Sementara itu, kandungan antioksidan dalam artichokes berbeda-beda tergantung pada bagaimana sayuran tersebut disiapkan.

Artichokes yang dididihkan bisa meningkatkan kandungan antioksidannya, bahkan hingga 8 kalinya dan jika dipanaskan bisa mencari 15 kalinya. Dengan kata lain, menumis sayuran tersebut akan  mengurangi kandungan antioksidannya.

RANGKUMAN:  Artichokes merupakan sayuran yang punya tingkat antioksidan yang tinggi termasuk chlorogenic acid. Tingkatkan antioksidan tersebut bisa berbeda-beda tergantung bagaimana cara anda  dalam menyajikannya.

 

6. Goji Berries

Makanan tinggi antioksidan ini sudah dikenal sebagai salah satu pengobatan tradisional China sejak 2000 tahun.  Buah ini termasuk dalam superfood karena memang kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin.

Berdasarkan pada analisis FRAP, buah berries ini mengandung 4.3 mmol antioksidan per 3.5 ons (100 gram). ‘ buah ini mengandung antioksidan yang unik,  Lycium barbarum polysaccharides yang bsia membantu tubuh anda dalam meningkatkan level antioksidan pada darah, mengurangi resiko kanker, dan penyakit jantung. Kandungan buah tersebut jugah bisa membantu dalam menghambat penuaan kulit.

RANGKUMAN: Goji Berries merupakan salah satu makanan kaya antioksidan yang bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan penuaan kulit.

kata untuk mencari artikel ini:
  • apa itu ferric reducing abbility
  • makanan yang kaya dengan antioksidan
/* */