Waspada 10 Kebiasaan Sepele ini Berbahaya Bagi Kesehatan

Kebiasaan Buruk Berbahaya untuk kesehatan

Kebiasaan Buruk Berbahaya untuk kesehatan – Ketika kita menjalani aktivitas sehari-hari, seringkali kita kurang menyadari apakah kebiasaan yang kita lakukan tersebut tidak merugikan kesehatan kita. Meskipun memang kesannya tidak begitu penting, namun ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Inilah 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merugikan Kesehatan Kita

Maka dari itu penting sekali untuk kita selalu menjaga kesehatan agar aktivitas yang kita lakukan tidak terganggu. Untuk itu anda pun perlu mengetahui tentang kebiasaan-kebiasaan apa saja yang bisa membahayakan kesehatan. Nah, kebetulan pada pertemuan kali ini, kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa merugikan kesehatan kita. Berikut ini informasi selengkapnya!

  1. Sering Mengkonsumsi Suplemen Bernutrisi

Pakar kesehatan dari salah satu negara di eropa mengatakan bahwa cukup banyak orang sering mengkonsumsi suplemen nutrisi, namun tanpa pernah mengetahui terlebih dahulu jenis suplemen yang di konsumsinya tersebut apakah sesuai dengan kondisi tubuhnya. Jadi apabila anda belum benar-benar mengetahui secara pasti, sebaiknya anda jangan dulu mengkonsumsi suplemen nutrisi tersebut, karena hal ini bisa sangat membahayakan kesehatan anda.

Selain itu terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi asupan vitamin A, ternyata juga bisa mengganggu perkembangan janin, terutama untuk wanita yang dalam masa kehamilan. Kemudian mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah berlebih juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan sistem pencernaan.

Terlebih untuk penderita diabetes, mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak ternyata juga bisa mengganggu kandungan glukosa dalam tubuh. Dan yang sangat berbahaya lagi, kebiasaan mengkonsumsi vitamin B6 dalam dosis yang tinggi juga bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem saraf. Jadi, bukan tidak dibolehkan untuk mengkonsumsi suplemen nutrisi, namun anda harus mengatur asupan vitamin sesuai dengan anjurannya saja.

  1. Menyimpan Makanan Ditempat Plastik

Meskipun sebenarnya banyak dari kita yang sudah mengetahui bahayanya zat kimia yang terdapat pada tempat atau kotak berbahan plastik, namun seringkali tidak menghiraukan kebiasaan tersebut.

Saat kita menyimpan makanan diwadah plastik dalam jangka waktu yang lama, tanpa kita sadari ternyata zat kimia yang ada dalam tempat plastik tersebut akan meresap kedalam makanan. Akibatnya jika kebiasaan seperti ini masih sering kita lakukan, hal itu tentunya akan membuat sistem pencernaan menjadi terganggu. Jadi sebaiknya simpanlah makanan pada wadah atau tempat berbahan stainless atau kaca. Karena itu pastinya jauh lebih sehat.

  1. Menyikat Gigi Tepat Sehabis Makan

Banyak dokter gigi yang menganjurkan supaya kita menyikat gigi minimal setengah jam atau satu jam sesudah makan. Beberapa jenis makanan atau minuman yang memiliki rasa yang asam, ternyata bisa berdampak pada enamel gigi serta lapisan bawah gigi.

Saat kita menggerakkan sikat gigi, tentunya secara otomatis akan mendorong sisa makanan tadi menjadi lebih dalam hingga masuk ke lapisan bawah gigi. Hal ini tentunya akan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan selain itu juga bisa menimbulkan kerusakan pada email gigi. Jadi, saat anda ingin menyikat gigi, usahakan lakukanlah dalam jangka waktu setengah jam atau satu jam setelah makan.

  1. Mengonsumsi Minuman Dalam Kemasan

Sering kita menganggap bahwa air putih dalam kemasan sudah pasti steril dan terjamin kebersihannya. Namun, tahukah anda bahwa ternyata minuman atau air putih yang dijual dalam kemasan, kebanyakan tidak memiliki kandungan zat fluoride, yang mana hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Jadi dianjurkan supaya anda mulai saat ini mengkonsumsi air keran yang telah difilter atau disaring, karena ini jauh lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi air minuman dalam kemasan yang belum tentu terjamin kebersihannya.

  1. Duduk Dengan Kaki Menyilang.

Mungkin banyak dari kita yang belum paham akan pengaruh buruk yang ditimbulkan saat kita duduk dengan posisi kaki menyilang. Perlu anda ketahui, ternyata duduk dengan posisi kaki menyilang dapat menaikkan tekanan darah didalam tubuh. Jadi bagi anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya menghindari kebiasaan duduk dengan posisi menyilangkan kaki.

  1. Memakai Sabun Antibakteri Terlalu Sering.

Ternyata ada juga beberapa jenis bakteri yang justru sangat berguna untuk kesehatan kulit kita yang memiliki peranan dalam menjaga kesehatan tubuh. Meskipun dengan sering memakai sabun antibakteri akan membuat tangan kita menjadi bersih dan bebas dari kuman, namun jika hal ini terlalu sering dilakukan, justru akan membuat bakteri berbahaya akan lebih mudah menyerang tubuh kita. Para ahli kesehatan menyarankan, sebaiknya gunakanlah sabun antibakteri hanya pada bagian kulit tubuh kita yang terluka saja. Jadi jangan digunakan sebagai sabun cuci tangan setiap hari.

  1. Menahan Bersin.

Tahukah anda ketika kita sedang menahan bersin, ternyata tekanan intrakranial dapat melonjak dengan begitu cepat. Hal itu tentunya akan menghambat aliran darah yang menuju ke otak, karena  adanya penekanan pada jaringan saraf. Dan apabila kebiasaan  ini terus menerus anda lakukan, tentu bisa memicu sakit kepada atau pusing, kerusakan pembuluh darah, dan yang lebih parahnya lagi bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

  1. Menonton Televisi Terlalu Lama.

Ternyata kebiasaan menonton tv dengan jangka waktu yang lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita, terutama berbahaya bagi kesehatan mata. Karena ketika kita menonton televisi secara terus menerus setiap hari maka akan membuat kinerja mata menjadi menurun, apalagi jika kita menontonnya sambil tiduran. Hal itu tentunya membuat kesehatan mata menjadi terganggu.

  1. Terlalu Sering Mengganti Produk Kecantikan.

Setiap wanita pastinya tidak bisa dilepaskan dari produk-produk kosmetik kecantikan. Karena itu merupakan kodrat wanita yang memang ingin selalu tampil cantik didepan umum. Namun tahukah anda, bahwa ternyata kita tidak boleh terlalu sering berganti-ganti produk kecantikan, karena hal itu justru akan merugikan kesehatan yang menimbulkan masalah peradangan pada kulit kita.

  1. Menahan Kencing Terlalu Lama

Rata-rata orang sering sekali melakukan menahan untuk berkemih atau kencing dalam jangka waktu yang lama ternyata hal itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Sadarkah bahayanya jika anda terlalu sering menahan kencing dalam jangka waktu yang lama? menahan kencing dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kotoran yang ada didalam tubuh anda berupa zat-zat yang berbahaya yang seharusnya dikeluarkan lewat urin, dan jika sering dilakukan bisa menjadi penyebab timbulnya batu ginjal.

selain itu ada juga dan hal ini sering di rasakan oleh orang yang terlalu sering menahan kencing yaitu penyakit anyang-anyangen kata orang orang awam. hal inilah yang sering terjadi ketikan menahan kencing. akan menyebabkan terjadinya penyempitan saluran kemih akibat menahan pipis. nah anyang – anyangan pasti akan sangat sakit sekali. jika terus anda lakukan maka akan terjadi infeksi saluran kemih juga lo. Jadi jangan suka menahan kencing ya.

Jadi, dengan mengetahui hal ini tentunya bisa membuat kita lebih berhati-hati dengan kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan setiap hari saat beraktivitas. Semoga Bermanfaat ya! 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • hal sepele yang membahayakan
  • faktor yg dapat membahayakan kesehatan
  • hal hal sepele yang berbahaya yang sering kita lakukan
  • hal kecil yang berbahaya
  • hal hal yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya
  • hal hal sepele yang kurang baik bagi kesehatan
  • hal hal sepele yang dapat merusak kesehatan
  • hal hal sepele yang berbahaya
  • hal hal sepele tapi bahaya
  • hal hal sepele penyebab penyakit
  • hal hal kecil yg bisa mendatangkan penyakit berhaya
  • hal berbahaya untuk kesehatan
  • hal apa saja yang mengenai kesehatan
  • beberapa ritual sehari hari yang membahayakan bagi kesehatan
  • penyakit sepelw tapi berbahaya bagi manusia
  • Leave a Comment

/* */