Penyakit Kanker Tulang – Gejala Penyebab dan Pengobatan

Kanker Tulang – Kanker tulang merupakan jenis penyakit kanker yang dapat menyerang tulang di dalam tubuh kita. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kanker tulang terbagi menjadi dua tipe yaitu kanker tulang primer dan juga kanker tulang sekunder. Kanker Primer yaitu jenis kanker yang muncul dan berkembang langsung dari dalam tulang, sedangkan kanker tulang sekunder yaitu jenis kanker yang berasal dari bagian tubuh lain yang menyerang tulang. Seluruh bagian tulang di dalam tubuh dapat terserang oleh jenis penyakit ini, namun tulang kaki dan lengan merupakan bagian tulang yang paling sering terserang.

Penyakit Kanker Tulang

Penyakit Kanker Tulang

Gejala Kanker Tulang

Berikut ini merupakan gejala kanker tulang yang dapat terjadi pada penderita kanker tulang, yaitu :

  • Timbul rasa nyeri pada tulang dan akan semakin meningkat ketika bergerak, terutama pada malam hari.
  • Mengalami pembengkakan pada area sekitar tulang yang terkena kanker, jika terjadi pada persendian akan menyebabkan kesulitan bergerak dan rasa sakit yang menyiksa.
  • Tulang menjadi rapuh dan lemas, bahkan jika sudah parah dapat menyebabkan tulang mudah patah.
  • Rasa kebas dan mati rasa jika kanker menyerang tulang belakang dan tertekan pada persarafan.
  • Pada orang dewasa, rasa nyeri pada tulang yang disebabkan oleh kanker ini sering dianggap sebagai rasa sendi. Sedangkan jika terjadi pada anak-anak sering dianggap sebagai efek dari pertumbuhan tulang.

Penyebab Kanker Tulang

Sebenarnya penyebab dari kanker tulang belum diketahui secara pasti, namun dilihat dari kondisinya diperkirakan kanker tulang disebabkan oleh karena terjadinya perubahan atau mutasi pada struktur DNA yang berfungsi sebagai pengendali pertumbuhan sel, sehingga menyebabkan pertumbuhannya semakin tidak terkendali. Proses penumpukan sel-sel ini kemudian akan membentuk suatu tumor yang dapat menyerang pada struktur tulang yang berada di dekatnya dan bahkan dapat menyebar hingga ke bagian tubuh yang lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit kanker tulang, yaitu :

  • Seseorang yang sering terkena paparan dari radiasi tinggi ketika sedang melakukan pengobatan yang pernah dialami oleh si penderita seperti radioterapi.
  • Sebelumnya pernah menderita suatu jenis penyakit kanker mata atau retinoblastoma ketika masih kecil.
  • Menderita sindroma Li-Fraumeni, merupakan sebuah kondisi genetika yang tergolong langka.
  • Pernah menderita penyakit Paget yang menyebabkan kondisi tulang menjadi lemah.
  • Pernah menderita penyakit hernia umbilitikus bawaan atau sejak lahir.

Jenis-Jenis Penyakit Kanker Tulang

Kanker tulang sendiri terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan dari tempat dimana sel kanker tersebut tumbuh, yaitu :

  • Osteosarcoma

Osteosarcoma merupakan jenis kanker yang dapat berkembang pada bagian ujung tulang panjang, dimana tulang tersebut sedang dalam keadaan aktif. Kanker tulang ini biasanya sering menyerang bagian tulang kering, tulang paha dan juga lengan. Orang yang paling beresiko menderita kanker tulang ini yaitu laki-laki usia remaja mulai dari usia 10-19 tahun.

  • Chondrosarcoma

Jenis kanker tulang ini dapat berkembang di dalam sel tulang rawan yang dapat menyerang pada bagian tulang lengan atas, tulang rusuk, tulang belikat, tulang panggul dan juga tulang paha. Penyakit ini sering menyerang seseorang yang telah menginjak usia diatas 40 tahun.

  • Chordoma

Jenis kanker tulang ini sering kali menyerang bagian tulang tengkorak dan juga tulang belakang, penyakit ini biasanya sering di alami oleh orang yang berusia diatas 30 tahun dan pria lebih beresiko mengalami penyakit ini.

  • Tumor Sel Raksasa pada Tulang

Meskipun kanker atau tumor ini bersifat jinak, namun beberapa diantaranya bersifat ganas dan sering menyerang pada tulang kaki dekat lutut. Jenis tumor ini jarang bermetastase ke bagian tubuh yang lainnya, namun bisa muncul kembali meski sudah dioperasi.

  • Sarkoma Ewing’s

Sarkoma Ewing’s merupakan jenis kanker tulang yang dapat berkembang pada bagian dalam jaringan saraf yang masih belum dewasa pada sumsum tulang. Jenis kanker ini biasanya sering menyerang pada bagian tulang paha, tulang kering dan juga tulang panggul. Penyakit kanker tulang jenis Sarkoma Ewing’s lebih sering dialami oleh pria usia remaja dibandingkan dengan pria usia dewasa yaitu sekitar usia 4-15 tahun.

Tahapan Perkembangan Kanker Tulang

Penyakit kanker tulang sendiri terjadi dalam empat tahapan berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu :

  • Kanker Tulang Stadium 1. Pada tahapan ini kanker baru menyerang pada satu bagian tulang dan belum menyebar ke bagian tulang lainnya. Kanker tulang stadium 1 ini terbagi menjadi 2 tipe, yaitu stadium 1A dengan tumor dibawah < 8 cm dan stadium 1B dengan ukuran > 8 cm atau bahkan bisa tumbuh lebih dari satu tumor pada tulang yang sama.
  • Stadium 2. Tidak berbeda jauh dengan kanker tulang stadium 1, pada tahapan ini kanker masih berada pada bagian tulang dan belum menyebar. Kanker tulang stadium 2 juga terbagi menjadi 2 tipe, yaitu kanker tulang tips stadium 2A dengan tumor berukuran ? 8 cm dan tipe stadium 2B tumor berukuran > 8 cm.
  • Kanker Tulang Stadium 3. Pada tahapan ini kondisi kanker sudah menyebar ke beberapa tempat pada tulang yang sama.
  • Kanker Tulang Stadium 4. Tahapan inilah kanker sudah menggerogoti tulang dan telah menyebar hingga ke bagian-bagian lainnya dalam tubuh seperti organ paru-paru, otak dan juga organ hati. Pada tahapan stadium 4 ini kanker tulang juga terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tips stadium 4A yang ditandai dengan tumor sudah menyebar ke organ paru-paru dan tipe stadium 4B ditandai dengan tumor sudah menyebar ke bagian kelenjar getah bening atau menyebar ke organ tubuh lain selain organ paru-paru.

Seseorang yang terdeteksi terkena kanker tulang, maka biasanya dokter akan melakukan beberapa pertanyaan mulai dari gejala yang dirasakan. Kemudian dokter akan melakukan beberapa tes untuk mengetahui jenis dan tahapan tingkat keparahan dari kanker tulang yang anda alami. Beberapa tes yang akan dilakukan yaitu seperti melakukan tes Biopsi, xray, Pemindaian Tulang, MRI Scan dan juga CT Scan.

Metode Pengobatan Kanker Tulang

Ada beberapa metode pengobatan kanker tulang yang dapat dilakukan yang disesuaikan dengan tingkat keparahan kanker, lokasi kemunculan kanker dan jenis kanker itu sendiri. Penanganan utama dari penyakit kanker sendiri biasanya akan dilakukan melalui tindakan operasi dan dikombinasikan dengan metode pengobatan lainnya seperti melakukan pengobatan melalui metode kemoterapi dan juga radioterapi.

Penyakit kanker tulang yang masih belum terlalu parah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya atau masih dapat terlokalisasikan, maka masih mudah untuk ditangani jika dibandingkan dengan kanker tulang yang telah menyebar luas atau lebih dikenal dengan istilah bermetastasis. Faktor inilah yang dapat menentukan peluang kesembuhan bagi penderita kanker tulang.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Inggris, mengungkapkan jika seseorang yang sudah terdiagnosis terkena penyakit kanker tulang jenis osteosarcoma yang terlokalisasi diperkirakan masih memiliki peluang untuk hidup sebesar 60% atau setidaknya tidak kurang dari 5 tahun kedepan. Sedangkan bagi penderita kanker tulang jenis osteosarcoma metastasis hanya memiliki peluang untuk hidup sekitar 25% saja.

Lalu, untuk penderita jenis kanker tulang sarkoma Ewing’s yang terdiagnosis, para penderita kondisi yang terlokalisasinya diperkirakan memiliki peluang untuk hidup sekitar 70%, sedangkan untuk mereka yang menderita kanker tulang dengan kondisi metastasis hanya memiliki peluang hidup sekitar 30% saja.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab kanker tulang, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

kata untuk mencari artikel ini:
  • kanker tulang
  • kanker tulang kaki stadium 4
  • kanker tulang lutut menular tidak
  • kanker tulang stadium 2
/* */