Kumpulan Penyakit

Inilah Penyebab dan Cara Mengobati kaki Bengkak

Penyebab kaki Bengkak

Penyebab Kaki Bengkak – Kaki bengkak biasanya diakibatkan oleh adanya penumpukan cairan di bagian kaki yang tidak segera diatasi. Hal ini sangat berkaitan erat dengan adanya gangguan kesehatan didalam tubuh. Untuk itu jika tiba-tiba kaki kita membengkak dan terasa nyeri, maka cobalah untuk lebih dulu mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya, sehingga kita bisa mencari pengobatannya dengan mudah. Adapun penyebab dan cara mengatasi masalah kaki bengkak, dapat disimak lebih lengkapnya dalam informasi di bawah ini.

Penyebab Kaki Bengkak Yang Timbul Secara Mendadak

  1. Terjadi Infeksi Tubuh

Khusus untuk para penderita penyakit diabetes yang sudah berada dalam stadium 3 atau 4 akan sangat rentan terhadap masalah infeksi di tubuhnya. Infeksi ini utamanya akan menyerang bagian saraf kaki sehingga sangat memungkinkan untuk terjadinya kaki bengkak yang datang secara tiba-tiba dan pada kasus ini bengkak yang timbul di kaki ini akan sulit untuk disembuhkan. Untuk itu, bagi para penderita diabetes stadium lanjut disarankan untuk lebih berhati-hati lagi dalam menjalankan aktivitasnya.

Karena jika sampai terjadi luka seperti sayatan, sobekan, goresan dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan pendarahan akan membuat luka tersebut sangat sulit disembuhkan dan hal ini akan sangat berbahaya bagi para penderita diabetes karena ditakutkan akan membuat masalah infeksi.

  1. Cedera Di kaki

Hal lain yang dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian kaki adalah karena adanya cedera yang mengenai bagian kaki. Apabila terjadi cedera di kaki baik di bagian telapak kaki, jari-jari kaki, tumit, pergelangan, dan juga betis yang diakibatkan karena terkilir, terpeleset, akhirnya terjatuh. Serta mengenai benda keras yang dapat mengakibatkan ligamen mengalami luka atau peradangan, sobek, urat terjepit dan masalah pendarahan di bagian saraf kaki maka akan memicu kaki membengkaksecara tiba-tiba.

  1. Adanya Gangguan di Pembuluh Getah Bening

Pembuluh getah bening atau limfedema yang mengalami gangguan akan mengakibatkan peredaran darah di kaki menjadi tidak lancar dan menimbulkan banyaknya tumpukan cairan pada kaki. Hal ini akan membuat penekanan yang terjadi secara terus menerus di dalam jaringan kaki, dan akhirnya akan memicu terjadinya pembengkakan. Apabila kaki tiba-tiba mengalami pembengkakan bisa jadi pembuluh getah bening ini sedang mengalami gangguan.

  1. Adanya Penumpukan Darah Beku

Selanjutnya terjadinya pembekuan darah di daerah sekitar kaki juga dapat menimbulkan masalah kaki bengkak yang terjadi secara mendadak. Hal ini terjadi karena adanya aliran darah dari bagian kaki yang akan menuju ke jantung mengalami keterlambatan karena terhambat, dan tersumbat yang akhirnya dapat menjadi penumpukan darah beku yang menjadi gumpalan. Akibat gumpalan inilah yang akan menimbulkan kaki menjadi bengkak dan diikuti oleh rasa nyeri yang amat menyiksa.

  1. Sakit Hati, Jantung Serta Ginjal

Berbagai penyakit yang menyerang tubuh juga dapat memberikan dampak pada bagian kaki. Contohnya adalah di saat organ penting seperti hati, jantung dan ginjal mengalami masalah berupa infeksi atau peradangan yang diakibatkan oleh adanya bakteri atau virus. Tentu akan membuat fungsi atau kinerja dari beberapa organ tadi mengalami gangguan dan tidak bisa secara maksimal dalam melaksanakan tugasnya.

Dan hal ini akan mengakibatkan adanya penumpukan cairan disekitar kaki, maka secara tiba-tiba akan membuat kaki membengkak. Masalah ini akan sering menyerang orang yang sudah berusia lanjut dan yang memiliki gangguan pada ginjal, hati atau organ jantungnya.

  1. Adanya Kehamilan

Wanita atau ibu hamil juga akan lebih rentan mengalami kaki bengkak saat hamil secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena ketika sedang hamil pembuluh darah yang berada di pangkal paha akan mengalami penekanan yang terjadi secara terus menerus dari adanya janin yang ada di dalam rahim. Saat janin ini semakin hari semakin bertambah besar maka dapat mengakibatkan aliran darah menjadi kurang lancar sehingga akan membuat kaki ibu hamil mengalami bengkak yang terjadi secara tiba-tiba.

  1. Penggunaan Obat

Perlu untuk kita ketahui, bahwa mengkonsumsi obat-obatan untuk penyakit diabetes yang berupa anti depresan, anti inflamasi, non steroid. Serta obat steroid yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi yang dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama, ternyata akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh. Sebab bisa mengakibatkan adanya penyumbatan aliran darah dan  juga meracuni darah yang membawa kandungan oksigen. Zat kimia dari obat-obatan yang mengalir dalam darah dapat menumpuk di permukaan jaringan kaki. Maka dari itu timbullah gangguan kaki bengkak secara mendadak.

  1. Akibat Duduk Atau Berdiri Dalam Waktu Yang Lama

Kegiatan atau aktivitas sehari-hari terkadang menuntut kita untuk terus duduk di kursi atau justru kebalikannya diharuskan berdiri sepanjang waktu. Tanpa kita sadari bahwa dari adanya kegiatan berdiri atau duduk yang terlalu lama akan menyebabkan aliran darah terganggu dan tidak lancar yang akhirnya akan memicu penumpukan cairan pada kaki.

Hal ini akan cepat membuat masalah pembengkakan di kaki secara tiba-tiba. Untuk itu, jika dalam pekerjaan sudah menuntut kita untuk tidak bisa bergerak aktif, paling tidak sewaktu berada dirumah kita bisa melakukan olahraga ringan dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh. Dengan aktif bergerak akan membantu aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan tentunya masalah kaki bengkak dapat di minimalisir.

  1. Faktor Haid

Masalah kaki bengkak secara tiba-tiba juga dapat terjadi pada wanita saat mengalami siklus haid. Sebab siklus haid yang dialami oleh wanita akan menyebabkan terjadinya perubahan hormon yang  dapat mengganggu kelancaran aliran darah di semua organ tubuh, salah satunya adalah di bagian kaki. Hal ini akan membuat kaki tiba-tiba membengkak, namun tak perlu khawatir, karena hal ini hanyalah sementara saja, apabila menstruasi ini sudah selesai maka kaki yang tadinya bengkak dapat sembuh dan dapat kembali ke posisi normal.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Secara Alami

  1. Rendamlah kaki yang bengkak kedalam air hangat yang sudah dicampuri dengan garam dan air rebusan daun sirih. Lakukan secara rutin agar kaki bengkak lebih cepat disembuhkan.
  2. Mengolesi kaki yang membengkak dengan parutan jahe. Senyawa anti peradangan pada jahe akan membantu mempercepat penyembuhan luka, dan melancarkan aliran darah.
  3. Memanfaatkan peterseli kering yang memiliki efek diuretik sehingga mampu menghambat penyerapan natrium dan kalsium, sehingga akan membantu tubuh untuk membuang tumpukan cairan yang dianggap limbah bersama dengan urin.
  4. Pijatlah secara perlahan kaki kita yang bengkak menggunakan minyak zaitun yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu.
  5. Mengoleskan parutan bawang putih dengan kunyit pada kaki yang membengkak.

Demikian ulasan yang dapat kami berikan kepada mengenai cara mengobati kaki bengkak secara alami yang bisa anda lakukan dirumah, semoga bermanfaat dan anda lekas sembuh. Terima kasih. 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • kaki bengkak
  • penyebab kaki bengkak
  • obat bengkak
  • obat luka bengkak pada kaki
  • penyebab kaki bengkak tiba tiba
  • obat kaki bengkak
  • kumpulan obat kaki bengkak
  • daun sirih untuk kaki bengkak
  • kaki
  • mengobati kaki bengkak karena infeksi
  • bengkak di kaki
  • knp pingir telapak kaki skt bnget pdhl gk luka
  • cara menyembuhkan kaki bengkak
  • kaki bengkak karena luka infeksi
  • Kaki bengkak itu penyakit atau apa
Inilah Penyebab dan Cara Mengobati kaki Bengkak | admin Kesehatan | 4.5
/* */