Darah Tinggi – Gejala Penyebab dan Pengobatan Hipertensi

darah tinggi

darah tinggi

Penyakit Darah Tinggi/Hipertensi

Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi – Hipertensi atau lebih dikenal dengan sebutan darah tinggi merupakan jenis penyakit kronis, penyakit ini dapat terjadi karena tekanan darah pada pembuluh darah arteri mengalami penyempitan. Hipertensi sendiri menjadi salah satu jenis penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian secara mendadak tanpa gejala yang jelas, seseorang yang mengalami hipertensi hanya dapat dikenali dengan melakukan tes tekanan darah tinggi. Jika anda tidak mengetahui tekanan darah anda, maka sebaiknya lakukan pengecekan di puskesmas atau dokter terdekat, sehingga anda bisa lebih waspada jika memang beresiko mengalami hipertensi.

Penyebab Darah Tinggi

Penyebab darah tinggi atau hipertensi sendiri memang belum dapat dipastikan dengan jelas, namun biasanya seiring dengan bertambahnya usia seseorang resiko hipertensi pun semakin meningkat. Berikut ini merupakan beberapa faktor pemicu hipertensi, diantaranya yaitu :

  • Usia diatas 40 tahun
  • Terlalu banyak mengkonsumsi garam
  • Memiliki berat badan berlebih (obesitas)
  • Jarang mengkonsumsi buah dan sayuran
  • Jarang berolahraga
  • Terlalu banyak minum minuman berkafein
  • Terlalu sering minum-minuman beralkohol
  • Stres dan depresi
  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Resiko terserang hipertensi akan dapat di minimalisir dengan mengubah beberapa faktor kebiasaan diatas dan membiasakan untuk menjalani pola hidup sehat setiap hari. Melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin dan berkala memang dapat membantu mencegah terjadinya serangan hipertensi pada tahap awal, sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke yang bisa datang tiba-tiba.

Hipertensi

Hipertensi

Cara Menurunkan Darah Tinggi

Jika tekanan darah mengalami peningkatan, maka sebaiknya lakukan pemantauan dengan ketat hingga tekanan darah mengalami penurunan dan dapat dikendalikan dengan baik. Biasanya dokter akan menyarankan agar anda merubah pola hidup yang lebih sehat, karena dengan merubah pola hidup merupakan upaya untuk mencegah dan mengobati hipertensi.

Berikut ini merupakan beberapa cara menurunkan darah tinggi yang dapat anda lakukan ketika tekanan darah mengalami peningkatan, yaitu :

  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Kurangi konsumsi garam berlebih dan juga minuman berkafein
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Jalani olahraga secara rutin dan teratur
  • Jalani diet sehat khusus bagi anda yang memiliki masalah berat badan berlebih
  • Hentikan kebiasaan minum minuman beralkohol

Upaya untuk mencegah hipertensi jauh lebih mudah ketimbang dengan melakukan pengobatan. Maka dari itu, upaya pencegahan hipertensi ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, maka hipertensi dapat menyebabkan terjadinya kompilkasi seperti mengalami serangan jantung, stroke dan bahkan kematian.

Gejala Darah Tinggi

Umumnya banyak orang yang tidak menyadari jika mereka beresiko mengidap penyakit darah tinggi, karena jenis penyakit ini gejala yang ditimbulkannya tidak dapat diketahui dengan jelas dan bahkan bisa dikatakan tidak memiliki gejala darah tinggi dengan tanda-tanda yang signifikan. Orang dewasa sebaiknya selalu memeriksakan tekanan darah minimal lima tahun sekali, namun bagi mereka yang sudah memiliki riwayat darah tinggi dan beresiko mengalami hipertensi tinggi, sebaiknya selalu periksakan kondisi kesehatan dan tekanan darah anda minimal satu tahun sekali.

Hipertensi Pada Ibu Hamil

Bagi para ibu hamil sangat di sarankan supaya rutin memeriksakan tekanan darah secara berkala, meskipun hasil pemeriksaan selalu bagus tidak mengalami peningkatan yang drastis, ibu hamil harus tetap melakukan pemantauan dan pemeriksaan medis secara rutin dan teratur, karena tidak menutup kemungkinan resiko hipertensi dapat menyerang kapan saja tanpa di sadari selama masa kehamilan.

Jika jarang memeriksakan tekanan darah secara rutin dan teratur, maka ibu hamil sangat berpotensi mengalami hipertensi dengan kondisi yang cukup serius dan kondisi ini dikenal dengan nama Preeklamsia. Penyakit preeklamsia sendiri dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada plasenta (organ tubuh yang terhubung dengan ari-ari).

Diagnosa Darah Tinggi

Tekanan darah pada orang dewasa idealnya berada di bawah 120/80 mmHg, tetapi jika hasil pengukuran tekanan darah menunjukan angka dibawah 130/90 masih bisa dikatakan normal. Tekanan darah setiap orang bisa berubah-ubah, sehingga hasil pemeriksaan dengan mengukur tekanan darah yang tinggi dalam satu kali pemeriksaan bukan berarti orang tersebut menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Orang dewasa yang berusia diatas 40 tahun sangat dianjurkan untuk rutin memeriksakan kondisi tekanan darah meskipun dalam kondisi sehat, namun bagi anda yang memiliki resiko mengalami hipertensi lebih tinggi, maka sebaiknya anda lebih sering memeriksakan tekanan darah minimal satu tahun sekali. Dalam menentukan angka tekanan darah tinggi ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat sfigmomanometer baik yang manual maupun digital, namun kebanyakan sekarang lebih sering menggunakan sfigmomanometer digital yang telah dilengkapi dengan sensor elektronik untuk mendeteksi denyut jantung.

Jika memungkinkan, bagi anda yang memiliki resiko hipertensi lebih tinggi sebaiknya memiliki alat ukuran sendiri di rumah, sehingga anda dapat memeriksa tekanan darah anda lebih sering secara berkala dengan jeda satu hari. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir serangan hipertensi yang bisa datang secara tiba-tiba. Selain itu, melakukan tes darah dan juga urine biasanya sering dilakukan pada pasien hipertensi untuk memastikan kondisi kesehatan atau penyakit tertentu yang dapat menjadi pemicu dibalik dari terjadinya peningkatan darah tinggi yang anda alami.

Baca juga:

Pengobatan Darah Tinggi

Menerapkan pola hidup sehat dan diimbangi dengan mengkonsumsi obat hipertensi dapat menjadi upaya terbaik dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tingginya angka dari hipertensi yang di alami dan resiko mengidap penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, serangan jantung dan juga stroke dapat menentukan jenis pengobatan yang nantinya akan dijalani. Berikut ini contoh kondisi yang dapat menjadi pertimbangan untuk melakukan pengobatan hipertensi, meliputi :

  • Apabila tekanan darah anda menyentuh angka 160/100 mmHg atau bahkan lebih, maka anda harus segera dilakukan pengobatan secepatnya.
  • Apabila tekanan darah anda menyentuh angka 140/90 mmHg atau lebih, maka anda memiliki resiko penyakit kardiovaskular dalam jangka waktu sekitar 10 tahun ke depan. Pada kondisi ini, sebaiknya mulailah menjalani pola hidup sehat dan mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter.
  • Apabila tekanan darah anda menyentuh angka 130/80 mmHg, maka memiliki resiko menderita penyakit kardiovaskular lebih rendah. Untuk menurunkannya, anda cukup menjalani pola hidup sehat saja tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan hipertensi.
  • Melakukan perubahan pada pola hidup yang lebih sehat mampu menurunkan tekanan darah hanya dalam beberapa minggu saja.

Sebenarnya penyakit darah tinggi atau hipertensi tidak bisa disembuhkan, namun dengan memiliki disiplin tinggi dalam menjalani pola hidup sehat tentunya dapat memberikan dampak yang lebih positif terhadap tekanan darah anda. Dengan demikian, tekanan darah bisa terkontrol dengan baik. Beberapa pasien hipertensi bahkan tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan hipertensi, karena mereka telah berhasil menurunkan hipertensi hanya dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Maka dari itu, mencegah jauh lebih baik daripada harus mengobati. Untuk lebih lengkapnya tentang obat darah tinggi silahkan baca di bawah ini.

Baca Juga:

Itulah sedikit penjelasan mengenai Gejala Penyebab Penyakit Darah Tinggi, semoga ulasan kesehatan yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Terima kasih telah berkunjung dan menyimak ulasan kesehatan di blog kami, semoga bermanfaat dan sampai jumpa. dan Lekas Sembuh 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat menggigil
  • semenjak hipertensi pola pikirku jadi berubah
  • ciri terkena penyakit tipes
  • jenis penyakit tekanan darah tinggi
  • minum obat hipertensi terlalu banyak apakah bisa menyebabkan kematian
  • PENYEBAB TEKANAN DARAH BAWAH SELALU TINGGI
  • Leave a Comment

/* */