Cara Merawat Kulit Bayi yang Tepat dan Aman

Cara Merawat Kulit Bayi

Cara Merawat Kulit Bayi – Merawat dan menjaga kulit bayi memang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang tua, sehingga kulit bayi tidak kulit bayi tidak akan mudah terkena iritasi seperti biang keringat dan gatal-gatal. Kulit bayi memang masih sangat sensitif sehingga sangat rentan terhadap berbagai hal yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit bayi, seperti terkena paparan sinar matahari, terkena polusi udara dan berbagai hal lainnya yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan kulit bayi anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa kulit dapat berfungsi untuk mempertahankan tubuh, oleh karenanya sangat penting kiranya untuk kita selalu merawat dan menjaga kesehatan kulit bayi dengan baik dan benar. Dengan demikian, maka kulit bayi akan tetap halus, lembut dan sehat.

Cara Merawat Kulit Bayi Yang Baik Dan Benar

  1. Memandikan Bayi Setiap Hari

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu bunda lakukan ketika memandikan bayi, yaitu :

  • Pastikan suhu aur yang akan digunakan untuk mandi bayi tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.
  • Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit bayi seperti sisa makanan, air seni dan juga tinja bayi dengan air hangat secara terpisah. Dengan mandi sehari dua kali dapat membantu membersihkan dan menjaga kulit bayi tetap bersih dan sehat, namun jika aktivitas bayi anda sangat aktif dan sering bermain di lantai, maka sebaiknya mandikan bayi anda 3 kali sehari.
  • Ketika sedang memandikan bayi, bunda wajib memperhatikan dengan teliti sabun bayi yang akan digunakan. Jenis sabun yang baik untuk kulit bayi yaitu sabun khusus bayi yang memiliki kadar pH antara 4,5 sampai dengan 5. Selain itu, pastikan juga sabun yang digunakan mengandung minyak, sehingga kulit bayi dapat terhindari dari iritasi
  • Pastikan anda membersihkan tubuh bayi dua kali, tujuannya yaitu untuk membersihkan sisa sabun dan bahan kimia yang menempel pada kulit bayi. Jika kulit bayi anda mengalami iritasi akibat dari penggunaan sabun mandi yang sedang digunakan, sebaiknya segera beralih pada merk lain.
  • Bersihkan lipatan tubuh bayi seperti sela-sela jari, telinga, leher, ketiak, selangkangan dan juga pantat bayi.
  • Ketika akan membersihkan bagian alat kelamin bayi, pastikan anda melakukannya dengan baik dan benar karena cara membersihkan alat kelamin bayi laki-laki berbeda dengan bayi perempuan. Cara membersihkan alat kelamin pada bayi perempuan, basuh dengan gerakan diawali dari arah depan ke belakang. Anda bisa membersihkan alat kelamin bayi perempuan dengan menggunakan kapas atau waslap basah.
  • Setiap bayi selesai buang air besar, maka bersihkan bagian anus dan sekitarnya dengan air bersih yang mengalir. Jika memang terpaksa harus menggunakan tisu basah, pastikan tisu basah yang digunakan khusus tisu basah bayi yang tidak mengandung alkohol dan bahan kimia lainnya untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi.
  • Setelah bayi selesai mandi, segera keringkan tubuh bayi dengan menggunakan handuk kering yang bersih dan lembut. Jangan gunakan handuk bayi bersamaan dengan orang dewasa.
  • Setelah tubuh bayi dikeringkan, gunakan pelembab kulit khusus untuk bayi berupa krim atau lotion yang dapat bermanfaat untuk menjaga kelembaban alami kulit bayi.
  • Pastikan bunda selalu memakaikan bedak dan juga minyak telon setiap selesai mandi keseluruh tubuh bayi, karena pemakaian minyak telon ini dapat menghangatkan tubuh bayi dan mencegah kulit bayi terkena gigitan nyamuk dan serangga.
  1. Pemilihan Pakaian Untuk Bayi

Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memilihkan pakaian untuk bayi, yaitu :

  • Pastikan anda memilih pakaian dan popok untuk bayi yang berbahan halus, lembut dan tipis. Bahan kain yang paling baik untuk bayi yaitu pakaian berbahan katun atau campurannya. Jangan kenakan pakain bayi yang terbuat dari bahan nilon, karena pakaian berbahan nilon dapat membuat bayi mersa gerah dan menyebabkan tubuh bayi mudah berkeringat. Kondisi tersebut dapat memicu kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan muncul ruam dan gatal-gatal.
  • Hindari penggunaan pakaian dan popok untuk bayi yang terlalu ketat, karena dapat menyebabkan kulit bayi mengalami luka lecet akibat sering terjadi gesekan pada kulit bayi.
  • Pastikan bunda selalu rutin mengganti pakian dan popok bayi apabila terkena kotoran atau ketika bayi buang air besar, karena jika terlalu lama kulit bayi terkena kontak langsung dengan kotoran dan air seni bayi dapat menyebabkan ruam pada kulit bayi.
  • Cuci pakaian kotor bayi dengan menggunakan sabun atau detergen cair, karena kandungan kimia yang terdapat pada detergen bubuk lebih keras sehingga jika bahan kimia tersebut menempel pada pakaian dapat menyebabkan kulit bayi mengalami iritasi. Selain itu, tidak dianjurkan juga untuk menggunakan pewangi pakaian, karena kandungan bahan kimia yang terdapat pada pewangi pakaian dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi dan bahkan aromanya pun sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh bayi jika sering terhirup.
  1. Pemilihan Kosmetika Bayi Yang Aman

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu bunda perhatikan dalam pemilihan produk kosmetika untuk bayi, yaitu :

  • Ketika bunda akan membeli produk kosmetik khusus untuk bayi, maka pastikan bunda memilih produk yang berkualitas dan terjamin keamanannya untuk kulit bayi.
  • Gunakan produk kosmetik bayi dengan baik dan benar sesuai ajuran pemakaiannya yang tertera pada kemasannya.
  • Hindari penggunaan kosmetik pada bayi secara berlebihan, karena dapat menyebabkan terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit bayi yang bisa memicu munculnya ruam.
  • Hindari pemakaian produk kosmetik yang di dalamnya mengandung alkohol, karena dapat menyebabkan kulit bayi mudah mengalami iritasi.
  • Selalu konsultasikan dengan dokter anak jika anda merasa ragu dalam memilih produk kosmetik yang baik dan aman untuk bayi.
  1. Hindarkan Bayi Dari Paparan Sinar Matahari Di Siang Hari
  • Jangan jemur tubuh bayi diatas jam sembilan pagi.
  • Hindari kulit bayi dari paparan sinar matahari siang, karena jika sering terkena paparan panas matahari di siang hari dapat menyebabkan resiko terkena kanker kulit.
  • Jika anda akan membawa bayi pergi keluar rumah, maka sebaiknya lindungi bayi anda dengan menggunakan payung atau topi. Selain itu, penggunaan krim pelindung kulit (sunblock) khusus bayi juga dapat menjadi solusi terbaik. Namun hati-hati jangan sampai krim tersebut mengenai maya, mulut, telapak tangan dan juga jari tangan bayi.
  1. Buatlah Lingkungan Sehat Untuk Bayi

Beberapa hal yang perlu anda pehatikan untuk menciptakan lingkungan yang sehat untuk bayi, yaitu :

  • Rutin membersihkan kamar yang digunakan oleh bayi.
  • Buatlah suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman untuk bayi.
  • Jika suhu di dalam ruangan terlalu panas untuk bayi, maka anda bisa membuka jendela kamar atau menyalakan kipas angin tapi terpaan anginnya jangan di arahkan pada bayi.
  • Hindari penggunaan obat nyamuk, baik obat nyamuk semprot, bakar maupun elektrik. Cukup gunakan kelambu saja dan anda bisa membasmi nyamuk-nyamuk yang ada di dalam kamar dengan menggunakan raket nyamuk.
  • Pastikan juga bunda selalu rutin memotong kuku bayi, karena kuku bayi yang tidak terawat dengan baik dapat menimbulkan masalah kesehatan pada kulit bayi.

Bagaimana, cukup jelas dan mudah dipahami penjelasan yang kami sampaikan diatas?

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara merawat kulit bayi, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

/* */