Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Menghitung Masa Subur

Menghitung Masa Subur

Menghitung Masa Subur – Solusi Bagi anda yang dilakukan saat setelah masa haid, ternyata dapat menjadi solusi tepat dan terbaik untuk anda yang sedang ingin merencanakan kehamilan. Oleh karena itu, sebaiknya anda selalu melakukan pencatatan terkait periode haid anda setiap bulannya. hal ini yang akan membantu anda untuk dapat menentukan masa subur anda.

Lalu, apa yang dimaksud dengan siklus haid atau menstruasi?

Siklus haid atau menstruasi adalah rentang waktu yang dimulai sejak hari pertama haid sampai dengan hari pertama masa haid berikutnya. Normalnya, siklus haid seseorang akan berlangsung selama 21 sampai dengan 35 hari. Pada hari ke 1 dalam siklus haid adalah hari pertama haid terjadi.

Kapan hari pertama mulainya sikluas haid?

Hari pertama dimulainya siklus haid yaitu pada saat dinding rahim meluruh dan berubah menjadi darah, darah tersebut akan keluar melalui organ kewanitaan. Selama masa haid berlangsung, maka akan terjadi perkembangan oada sel telur di dalam ovarium. Setelah sel telur tersebut benar-benar matang, maka sel telur tersebut akan dilepaskan dari ovarium dan peristiwa inilah yang disebut dengan masa ovulasi.

Lalu, kapan terjadinya masa ovulasi?

Pada umumnya, masa ovulasi akan terjadi antara 12 sampai dengan 14 hari sebelum terjadinya haid. Namun biasanya, hari pertama terjadinya ovulasi ini tergantung dari siklus haid anda sendiri. Jika masa haid anda berlangsung cukup singkat, misalnya hanya berlangsung selama 22 hari, maka masa ovulasi hanya akan terjadi selama beberapa hari saja setelah hari terakhir anda haid. Jadi, wktu ovulasi pada setiap wanita akan berbeda-beda. maka dari itu, sangatlah penting bagi anda untuk mengetahui siklus haid anda sendiri sehingga anda dapat memperkirakan kapan waktu terjadinya ovulasi.

Kapan terjadinya masa subur pada wanita?

Waktu masa subur dapat terjadi di sekitar masa ovulasi, yaitu kira-kira dalam waktu lima hari sebelum terjadi ovulasi. Pada umumnya, wanita akan mengalami masa subur selama 12 sampai dengan 16 hari sebelum tiba masa haid berikutnya. Itu artinya, setiap wanita rata-rata akan mengalami masa subur  antara hari ke 10 sampai dengan hari ke 17 setelah hari pertama dari masa haid sebelumnya. Hal ini hanya berlaku untuk wanita yang mempunyai siklus haid normal dan teratur yaitu sekitar 28 hari. Tetapi jika siklus haid anda sedikit berbeda, maka anda bisa mempelajari dan coba menghitung kapan masa subur anda tiba.

Hal yang sering menjadi permasalahan dan sekaligus tantangan yaitu sering disebabkan oleh karena masa hadi wanita bisa berbeda dan berubah sewaktu-waktu tanpa kita ketahui sebelumnya dan bahkan biasanya berlangsung selama 2-7 hari. Dalam kondisi seperti ini dapat membuat waktu ovulasi bisa berbeda seminggu lebih cepat atau bahkan bisa seminggu lebih lambat dibandingkan dengan periode ovulasi berikutnya.

Dilihat dari sisi lain, selain masa ovulasi, terjadinya kehamilan juga sangat ditentukan oleh seberapa cepat sperma bisa menjangkau sel telur. Agar bisa cepat hamil, maka sel telur yang sudah matang harus segera dibuahi tidak boleh lebih dari 24 jam.

Cara Menghitung Masa Subur Sendiri

Singkatnya waktu maksimal sel telur harus segera dibuahi, maka sangat penting untuk mendeteksi pada hari-hari apakah seorang wanita sedang berada dalam kondisi masa paling subur. Biasanya masa subur wanita dapat dihitung berdasarkan dari hasil catatan dan analisa dari siklus haid sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 8 bulan.

Untuk dapat memperkirakan masa subur wanita bisa dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus berikut ini:

  • Ketahui berapa lama siklus haid paling singkat yang anda alami. Misalnya saja 27 hari, maka anda bisa mengurangi angka tersebut dengan angka 18. Maka hasilnya menunjukan angka 9. Jadi angka inilah yang menunjukan hari pertama anda berada pada kondisi paling subur.
  • Ketahui berapa lama siklus hadi paling terlama yang pernah anda alami. Misalnya saja 30 hari, anda bisa mengurangi angka tersebut dengan angka 11. Maka hasilnya menunjukan angka 19. Jadi angka inilah yang menunjukan hari terakhir masa paling subur anda.

Maka dengan demikian, bisa kita simpulkan bahwa siklus rata-rata haid anda sekitar 27 sampai dengan 30 hari. Maka anda akan mengalami masa paling subur setiap hari ke 9 sampai dengan hari ke 19. Untuk menambah kuat prediksi anda dalam menentukan masa subur, maka anda bisa melakukan pemeriksaan dengan menggunakan beberapa indikator seperti :

  • Suhu basal tubuh anda meningkat

Suhu basal tubuh adalah suatu kondisi suhu tubuh pada saat bangun tidur di pagi hari. Suhu tubuh normal yaitu sekitar 35,5 sampai dengan 36,6 derajat Celcius. Tetapi jika suhu basal tubuh anda meningkat sedikit lebih tinggi, maka dapat dipastikan jika anda sedang mengalami masa ovulasi dalam 1-2 hari terakhir.

  • Keluarnya lendir dari dalam mulut rahim

Lendir yang keluar bisa kental, basah, sangat kental dan semi transparan. Perubahan yang terjadi pada lendir tersebut menunjukan telah terjadi perubahan kadar hormon estrogen dalam tubuh, kondisi tersebut juga dapat menjadi pertanda dari masa ovulasi akan segera terjadi.

Tanda anda dalam kondisi paling subur bisa ditandai ketika lendir yang keluar berwarna bening, licin dan juga sangat elastis mirip seperti putih telur yang masih mentah. Cairan inilah yang berfungsi untuk membantu dalam melancarkan dan sekaligus melindungi jalannya sperma untuk menuju ke tuba falopi agar bisa bertemu dengan sel telur.

  • Muncul rasa nyeri dalam intensitas ringan hingga berat di bagian perut atau punggung

Sebagian wanita mungkin akan merasakan rasa nyeri dengan intensitasi ringan hingga berat di bagian tubuh tertentu seperti bagian perut dan salah satu bagian punggung ketika akan memasuki masa ovulasi. Munculnya rasa nyeri tersebut dapat menjadi salah satu tanda dalam mendeteksi jika anda sedang berada pada masa paling subur.

  • Merasa Lebih Bergairah

Sebagian wanita sering merasa lebih bergairah dan merasa lebih bersemangat serta suka bersosialisasi ketika mengalami masa subur. Jika anda merasakan adanya perubahan tersebut pada diri anda, maka tanda tersebut bisa menunjukan jika anda sedang berada pada masa paling subur.

Dengan melakukan perkiraan dan menghitung masa subur setelah haid, maka anda akan merasa lebih dalam merencanakan kehamilan dan sekaligus melakukan evaluasi terhadap kesehatan pada reproduksi anda. Maka dari itu, pastikan anda selalu mencatat siklus haid atau menstruasi yang anda dalami setiap bulannya secara berkala.

Bagaimana, apakah penjelasan yang kami sampaikan diatas sudah cukup jelas?

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai cara menghitung masa subur yang bisa anda coba lakukan, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu memudahkan anda dalam menentukan masa paling subur pada diri anda, sehingga anda bisa merencanakan kehamilan dengan baik dan anda bisa cepat hamil.

Selamat mencoba dan semoga informasi yang telah kami bagikan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua. semoga sehat selalu.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara menghitung masa subur
  • masa subur wanita
  • menghitung masa subur
  • ramuan alami untuk asam urat
  • makan apa untuk melangsing kan badan
  • menghitung masa subur wanita
  • langkah perawatan wajah sehari-hari
  • masa subur wanita setelah haid
  • cara menghitung masa subur agar cepat hamil
  • masa subur setelah haid
  • masa subur setalah haid
  • masa subur
  • masa
  • cara mengobati batuk asma dn sesak napas
  • cara menghiyung casx subur
/* */