12 Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur Cepat dan Mudah

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

Anda Insomnia atau Susah Tidur?

Cara Mengatasi Insomnia – Insomnia merupakan hal yang paling setiap orang jika terjadi terus menerus, penyebab insomnia bisa bermacam-macam, gejala yang tampak biasanya sulit tidur, kebingungan dan juga mata cekung. Insomnia yaitu masalah sulit tidur malam. Seseorang yang mengalami insomnia akan memiliki siklus tidur yang tidak teratur. Akibat insomnia ini lah, beberapa orang lebih rawan untuk terkena serangan penyakit. Cara mengatasi insomnia bisa saja tetapi hal itu tergantung pada anda, nah untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan tentang insomnia atau susah tidur. Tidur adalah suatu keperluan vital untuk badan kita. Kekurangan tidur maupun memperoleh tidur yang tidak berkualitas dapat membuat kesehatan badan kita terganggu.

Seseorang yang kurang tidur akan tingkatkan kemungkinan dapat terserang penyakit jantung yang menjadi penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Diluar itu bila kita tidak tidur dalam 3 hari, jadi akan mengganggu kerja system hormonal dan juga metabolisme pada badan kita. Tetapi ada saatnya mengawali tidur jadi hal yang susah untuk sebagian orang sehingga mengalami insomnia. Kesempatan ini saya akan sharing panduan tentang cara mengatasi insomnia supaya tidur anda lebih berkualitas begitu juga badan lebih sehat.

Tipe Insomnia

Pada dasarnya insomnia di klasifikasikan jadi tiga type yang tidak sama, sesuai sama tanda-tanda medis maupun psikologis pasien. Mengenai ketiga type itu diantaranya :

1. Insomnia temporer : gejalanya berjalan cukup singkat, kurang dari satu minggu saja. Umumnya insomnia ini karena sebab aspek stres.

2. Insomnia akut : gejalanya berjalan lebih kurang sekitaran 1 bulanan. Pasien akan begitu susah untuk mengawali tidur atau menjaga tidurnya walau sebenarnya keadaan sangat mungkin.

3. Insomia kritis : tanda-tanda sulit tidur berjalan sampai kurang lebih 1 bulan. Akibat sulit tidur, pasien umumnya akan mengalami halusinasi kemudian juga melihat sesuatu hal yang aneh.

Penyebab Insomnia

Terdapat banyak aspek penyebabnya insomnia, diantaranya seperti stress atau kecemasan berlebihan, salah mengkonsumsi obat, sangat banyak tidur siang, kerap konsumsi makanan/minuman stimulan. lantas apakah cara mengatasi sulit tidur ini susah?. Tapi kenyataannya tidak, bahkan juga sangat gampang untuk mengatasi insomnia seandainya dikerjakan dengan baik dan terus menerus.

Di bawah ini akan di ulas tentang cara mengatasi insomnia yang cepat dan Mudah yang ditulis dari laman Yahoo Health oleh seorang pakar psikolog yaitu Linda Wasmer Andrews, berikut penjelasannya:

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

1. Ciptakan Situasi Kamar Lebih Nyaman

Cara mengatasi insomnia yaitu dengan kamar yang tidak rapi atau kotor ini sangat mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap kwalitas tidur seorang. Untuk lelaki mungkin saja kamar berantakan yaitu hal umum. Walau demikian, apabila belakangan ini anda mengalami sulit tidur sebaiknya anda harus menciptakan suasana kamar menjadi lebih nyaman lagi.

Dengan cara mengatur beberapa pakaian begitu juga benda yang berantakan dalam kamar. Dekorasi kamar seolah-olah anda bisa membuat hati anda lebih nyaman, dan bukannya tertekan. Jika memang perlu, ubah poster atau warna cat dinding sesuai dengan selera anda.

2. Pilih Warna Dekorasi Yang Tepat

Warna dekorasi memegang fungsi utama dalam psikologi seorang. Orang semakin lebih terasa nyaman juga tenang bila ada didalam ruangan yang berwarna sesuai sama warna yang mereka gemari. Selanjutnya anda dapat coba memilih warna biru muda/hijau muda. dikarenakan warna yang satu ini lebih membuat suasana yang menenangkan, relaksasi, mengasyikkan, damai, penuh dengan harapan. Diluar itu untuk pencahayaan kita dapat pilih lampu-lampu yang redup serta kalem seperti warna krem untuk yang tidak bisa tidur tanpa ada lampu.

3. Tentukan Ukuran Kasur Yang Sesuai

Mengalami sulit tidur salah satu diantaranya juga dapat disebabkan oleh ukuran kasur yang tidak cocok. Seperti saat anda membeli kasur pasti kasur masih terasa tidak empuk, masih ada banyak lagi. Yakinkan bahwa kasur yang sedang anda pakai untuk tidur sudah nyaman atau tidak memberi desakan berlebihan di bagian punggung badan, untuk dapat mengeceknya silakan Kamu berbaring di kasur itu. Pada saat saat Kamu berbaring merasa seperti berdiri, kasur itu akan terasa nyaman. Kasur yang nyaman bukan sekedar dapat menyingkirkan sulit tidur saja, namun kasur yang nyaman juga baik untuk menyokong tulang anda dan juga menghindarkan anda dari masalah penyakit di bagian punggung.

4. Kurangi Pencahayaan Lampu Berlebih

Cara mengatasi susah tidur Menurut satu diantara jurnal kesehatan yang datang dari Amerika Serikat, sekitaran 40 persen masyarakat negara itu mengalami sulit tidur akibat Terangnya Cahaya dari lampu. Bahkan juga survey itu juga membuktikan bahwa 10 persen orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan semakin beresiko untuk terserang penyakit-penyakit tertentu. Oleh karena itu coba kurangi sinar lampu dapat jadi cara mengatasi insomnia susah tidur yang efisien. Jika memang perlu matikan lampu tidur Kamu supaya dapat memperoleh tidur yang lebih pulas. Diluar itu cermati juga gorden jendela yang ada di kamar Anda, yakinkan jika gorden sudah tertutup supaya sinar kendaraan dari luar tidak mengakibatkan tidur Kamu tidak terganggu.

5. Pindahkan Jam/ Alarm

Cara mengatasi sulit tidur yaitu jika ada Jam di kamar memanglah cukup baik untuk mengingatkan kita kapan saat tidur, walau demikian sekitaran 50 persen orang mengalami sulit tidur akibat ada jam dinding itu, terlebih untuk jam dinding yang memiliki ukuran besar.

Oleh karenanya memindahkan jam dinding ke tempat lain dapat juga jadi cara mengatasi insomnia susah tidur yang efisien, tetapi bila Kamu yaitu orang yang disiplin, silakan ubah jam itu dengan ukuran lebih kecil serta tidak berbunyi tik tidak tik.

6. Alat elektronik

Karena sangat sibuknya kita dalam dunia kerja, kerap sekali kita meletakkan sebagian perlengkapan elektronik didalam kamar tidur. Seperti misalnya tv, Handphone bahkan laptop. Walau tidak dinyalakan, alat elektronik itu tetap akan mengakibatkan masalah sulit tidur pada malam hari. Bukan sekedar dua alat alektronik itu saja yang butuh Kamu jauhkan, namun gadget atau hp harus juga segara Kamu pindahkan. Sebab saat ini sangat banyak orang-orang yang membawa gadget mereka tidur. Kehadiran hp ini menurut aku sangat menganggu, sebab saat pesan masuk tentu hp akan berbunyi. Walau telah dimatikan, kadang-kadang sinar lampu dari hp itu dapat membuat kita memainkannya dan itu sangat amat mengganggu kualitas dari tidur anda.

7. Meminimalisir Kebisingan

Cara mengatasi sulit tidur karena kebisingan yang dihasilkan dari kenalpot kendaraan, anjing menggonggong, tetesan keran, jam dinding, dsb dapat mengganggu kualitas dari tidur anda. Oleh karena itu, jika sebaiknya anda segera menetralisir beberapa suara yang terdengar itu saat anda akan tidur. Dengan menutup pintu kamar rapat-rapat atau menggunakan penutup telinga dengan kata lain ear plugs. Dan lebih baik lagi mengatasi masalah susah tidur dengan mengunci pintu kamar agar menghindari jika ada yang keluar masuk kamar anda tapi jika kamu anak kos atau kontrakan sih hehe.

8. Jaga Kondisi Kesegaran Udara Ruangan

Kesegaran udara sangat berpengaruh terhadap kwalitas tidur Kamu. udara yang kotor dan juga penuh dengan polusi sangat jelek untuk kualitas tidur, bahkan juga dapat mengakibatkan masalah pada system pernafasan. Jadi hal utama yang harus Kamu lakukan adalah tetap senantiasa menjaga kesegaran udara diruangan tidur atau rumah. Jika kamar Kamu tertutup rapat, silakan buka sedikit jendela supaya oksigen menjadi lebih fresh yang masuk kedalam kamar. Akan lebih baik kalau ada ac dan lagi jika Kamu juga mengatasi sulit tidur dengan AC atau kipas dengan memakai alat itu sepanjang 30 menit saja, Kamu akan memperoleh kualitas tidur yang sesungguhnya. dan dengan begini bahkan bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi insomnia akut yang sangat mengganggu kualitas dar tidur anda sehari-hari

9. Usahakan Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan adalah hal yang paling remeh,selain makan makanan sebelum tidur akan membuat kamu gemuk namun lebih baik jika kamu tidak makan 45 menit sebelum kamu tidur. Sebab saat makanan yang Kamu konsumsi itu masuk dalam Tubuh kamu, maka perut akan lebih aktif dalam mengolah makanan itu. Hingga munculah tanda-tanda insomnia atau susah tidur. Sebaiknya Kamu jauhi makan minimum 60 menit sebelumnya tidur malam. Sebagai penggantinya, silakan untuk mengkonsumsi 4 gelas air putih saja.

10. Bersihkan kaki & muka

Sempatkah anda membersihkan kaki sebelumnya tidur? Apabila belum pernah, baiknya mulai saat ini kerjakan rutinitas itu. Walaupun remeh, namun membersihkan kaki dengan air hangat sebelumnya tidur sesungguhnya cukup efisien untuk mengatasi sulit tidur. Air hangat bisa dapat membuat kaki lebih enteng dan jugasaraf pusat jadi lebih tenang.

Baca Juga:

11. Kurangi Untuk Mengkonsumsi Kafein

Kopi sangat tidak baik untuk kwalitas tidur Kamu, sebab kopi memiliki kandungan cafein yang dapat membuat kamu akan mengalami sulit tidur. Terlebih untuk type kopi hitam yang pekat. Cara mengatasi insomnia susah tidur yang Terakhir adalah Kamu bisa untuk menghindari konsumsi kopi. Minimum jauhi kopi sekitaran 5 jam sebelumnya Kamu tidur saat malam hari.

12. Berdoa

Apapun keyakinan agama kalian pasti sebelum tidur anda dianjurkan untuk berdoa, cara mengatasi insomnia menurut islam adalah dengan cara berwudlu sebelum tidur atau bisa dibilang harus bersuci selain cara itu untuk menjaga kita sebelum tidur hal itu juga dapat meningkatkan ketenangan dalam jiwa umat manusia sehingga tidur anda akan lebih maksimal dan itu cara paling jitu dan terbaik karena anda sedang dijaga oleh kedua pelindung tidur anda sampai pagi akan menjelang. begitu pun dengan agama yang lainnya.

Demikianlah tentang ulasan dari cara mengatasi insomnia di malam hari. Mudah-mudahan berguna dan juga Kamu terhindar dari insomnia. Terimakasih 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • susah tidur
  • cara mengatasi susah tidur
  • cara mengatasi insomnia
  • mengatasi susah tidur
  • susah
  • cara jitu mengatasi susah tidur
  • cara mengatasi susah
  • cara mengatasi sulit tidur
  • cara mengatasi insomnia menurut islam
  • cara menghilangkan insomnia
  • cara mengatasi susa
  • mengatasi insomnia
  • mengatasi sulit tidur
  • sulit tidur
  • cara mengobati susah tidur
/* */