Cara Menambah Berat Badan Bayi Cepat dan Aman

Cara Menambah Berat Badan Bayi

Cara Menambah Berat Badan Bayi – Ketika ada bayi yang lahir dengan memiliki berat badan yang normal, maka itu menandakan jika kondisi kesehatan sangat bayi sangat baik. Namun kondisi ini sangat jarang sekali terjadi pada bayi yang lahir dengan kondisi prematur, karena bayi yang lahir prematur memiliki resiko tinggi terkena berbagai jenis gangguan kesehatan dan terjadi kelainan pada berat badan sejak dalam kandungan.

Para ibu biasanya ingin sekali meningkatkan berat badan bayi yang baru lahir, namun keinginan tersebut sangat wajar terjadi pada bayi yang menerima asupan susu formula atau pada bayi yang mendapatkan ASI secara penuh dari sang ibu. Ketika terjadi terjadi kenaikan berat badan, maka kondisi tersebut bisa dijadikan sebagai indikasi adanya masalah kesehatan pada tubuh bayi. Selain itu, bertambahnya berat badan bayi juga dapat membantu dan mendukung tumbuh kembang bayi setelah lahir.

Tips Menambah Berat Badan Bayi

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai orang tua agar berat badan anda bisa bertambah, diantaranya yaitu :

  1. Sering Menyusui

Pola pemberian ASI pada bayi sejak baru lahir sampai berumur 2 tahun sebenarnya dapat berjalan secara alami sesuai dengan tumbuh kembang dari bayi itu sendiri, sehingga anda dapat memberikan ASI sesuai kebutuhan bayi. Cara ini juga berlaku untuk bayi yang diberi susu formula, pemberian ASI tidak hanya dilakukan pada siang hari tetapi juga pada malam hari setiap kali bayi menginginkannya. Bahkan sering menyusui bayi di malam hari akan menambah berat badan bayi dengan cepat, sehingga sebaiknya para ibu jangan pernah merasa malas untuk memberikan ASI ataupun susu formula pada bayi di malam hari karena ASI atau susu formula itu merupakan asupan yang sangat penting bagi bayi.

  1. Menjaga Kualitas ASI

Jika anda memberikan ASI secara penuh pada bayi sampai bayi sudah siap untuk mendapatkan makanan padat, maka sebaiknya anda selalu menjaga kualitas ASI dengan baik. Cara untuk menjaga kualitas ASI bisa dilakukan oleh ibu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi yang baik untuk ibu menyusui seperti mengkonsumsi berbagai jenis sayuran, buah-buahan dan lauk pauk yang baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Selain itu, sebaiknya para ibu menghindari beberapa jenis makanan yang mengandung bahan pengawet dan juga makanan cepat saji karena dapat memperburuk kualitas ASI.

  1. Lakukan Cara Menyusui Dengan Baik Dan Benar

Disamping sering menyusui bayi, para ibu juga harus memperhatikan tata cara dalam menyusui yang benar agar bayi nyaman dan berat badannya bisa bertambah setelah bayi lahir. Cara menyusui yang baik dan benar yaitu dengan cara memberikan ASI dari satu sisi payudara hingga bayi merasa puas dan kenyang, jangan pernah memaksa bayi untuk melepaskan puting payudara ketika bayi sedang menghisap ASI. Ketika bayi sudah merasa tidak nyaman pada satu sisi payudara anda, maka anda bisa memberikan satu sisi payudara anda ketika bayi masih belum merasa puas dan kenyang.

  1. Lakukan Pemijatan Payudara Ketika Menyusui

Ketika anda sedang memberikan ASI kepada bayi, maka biasakan untuk selalu melakukan pemijatan pada sisi payudara anda. cara ini bertujuan untuk merangsang produksi ASI tetap terjaga dan mengalir dengan lancar. namun jika anda tidak terbiasa melakukan pemijatan pada payudara saat menyusui, maka anda bisa menggunakan pompa ASI untuk menyerap ASI dan ASI yang dihasilkan dapat diberikan sesuai kebutuhan bayi.

  1. Tidur Dekat Bayi

Dengan menemani bayi saat tidur, maka bayi akan merasa lebih nyaman dan secara tidak langsung dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan serta membantu menambah berat badan bayi. Hal ini dikarenakan, bayi anda sudah terbiasa dengan kondisi rahim yang hangat dan nyaman, sehingga dengan tidur dekat bayi dapat memberikan rasa nyaman dan hangat pada tubuh bayi.

  1. Hindari Pemberian Makanan Padat Pada Bayi Baru Lahir

Jika anda ingin berat badan bayi bertambah dengan cepat dan sehat, jangan pernah memberikan bayi anda makanan padat sebelum bayi berumur 6 bulan. Setelah bayi berumur 6 bulan, maka anda bisa memberikan makanan padat berupa makanan pendamping ASI untuk mendapatkan nutrisi tambahan agar berat badan batu terus meningkat. Di dalam makanan padat mengandung nutrisi yang baik dan lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya, namun jika diberikan kepada bayi baru lahir akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem pencernaan bayi seperti perut kembung dan bahkan infeksi pada usus. Selain itu, jangan pernah berikan bayi anda minum air putih sejak usia 0-6 bulan, karena dapat berakibat fatal pada kesehatan pencernaan bayi.

  1. Sering Menggendong Bayi

Cara menambah berat badan bayi tidak hanya dapat dilakukan dengan pemberian ASI atau susu formula secara sering saja, tetapi juga dapat dilakukan dengan cara sering menggendong bayi agar bayi merasa nyaman dan tenang. Manfaat menggendong bayi yang baru lahir ternyata sangat baik untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi serta meningkatkan berat badan bayi secara maksimal. Selain itu, kontak langsung antara kulit bayi dengan ibu dapat membantu merangsang produksi ASI dengan lebih baik. Selain itu, menggendong bayi juga dapat mencegah dan menenangkan bayi ketika menangis. Namun jika bayi merasa tidak nyaman ketika digendong, maka sebaiknya biarkan bayi tidur di tempat tidurnya.

  1. Melakukan Terapi Pijat Pada Tubuh Bayi

Untuk menambah berat badan bayi juga dapat membantu meningkatkan berat badan bayi, karena dengan adanya rangsangan pada tubuh bayi dapat membuat bayi merasa lebih nyaman dan tenang. Selain itu, melakukan pemijatan pada tubuh bayi juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan peredaran darah dalam tubuh bayi. Kondisi inilah yang dapat membantu meningkatkan berat badan bayi. Jika anda tidak bisa melakukan sendiri pemijatan pada bayi, maka anda bisa meminta ahlinya yang sering melakukan pemijatan pada bayi.

  1. Tidurkan Bayi Dengan Baik

Bayi yang baru lahir akan sering tidur, namun sebaiknya anda selalu memberikan ASI setiap 3 jam sekali dengan membangunkan bayi. Setelah memberikan ASI, maka bayi akan tidur lebih nyenyak dan pastikan anda terus memberikan ASI setiap 3 jam sekali agar berat badan bayi bisa bertambah dengan cepat dan sehat. Pastikan bayi anda tidur dalam posisi yang baik, karena tidur yang baik dapat membantu mengatasi bayi sering menggeliat.

  1. Menjemur Tubuh Bayi

Cara menambah berat badan terakhir yang bisa anda lakukan pada bayi yaitu dengan rutin menjemur tubuh bayi di pagi hari setiap setelah dimandikan, karena manfaat menjemur tubuh bayi dapat membantu menjaga dan melancarkan pencernaan dan merangsang kenaikan berat badan pada bayi.

Catatan :

Pastikan anda selalu membawa bayi ke posyandu atau bidan untuk memantau perkembangan berat badan bayi secara berkala, sehingga bidan akan selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan baik.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa cara menambah berat badan bayi, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua dan sampai jumpa.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara menambah berat badan bayi
  • agar berat badan bayi cepat naik
  • makanan agar berat badan bayi cepat naik
  • cara menggemukan bayi
  • agar berat badan bayi naik
  • tips agar berat badan bayi cepat naik
  • tips berat badan bayi cepat naik
  • cara agar berat badan bayi cepat naik
  • tips menambah berat badan bayi
  • penambah berat badan bayi
  • cara membuat berat badan bayi naik
  • cara menambah bb bayi
  • cara meningkatkan berat badan bayi
  • cara cepat menambah bb bayi
  • untuk menggemukan bayi payudara sebelah mana
  • Leave a Comment

/* */