Cara Memotong Kuku Bayi Yang Aman

Cara Memotong Kuku Bayi

Cara Memotong Kuku Bayi – Memelihara kebersihan tubuh memang menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap hari, karena jika tubuh tidak selalu dijaga dengan baik kebersihannya tentu akan menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit dan infeksi. Tidak hanya pada orang dewasa, tubuh bayi pun harus selalu dijaga kebersihannya, karena bayi lebih rentan terserang infeksi kuman dan bakteri.

Cara Aman Memotong Kuku Bayi

Berbagai celah yang ada di dalam tubuh dapat dimasuki oleh kuman agar dapat tumbuh dan berkembang biak di dalamnya. Terlebih lagi pada tubuh bayi.

Oleh sebab itulah, kenapa sangat penting untuk kita selalu menjaga kebersihan tubuh bayi. Hal ini dikarenakan, di dalam tubuh bayi masih belum mempunyai sistem kekebalan tubuh yang terbentuk secara sempurna, sehingga kuman dan bakteri sangat mudah masuk dan berkembang biak dan menimbulkan penyakit.

Selain tubuh, bagian tubuh bayi lain yang sangat penting untuk selalu diperhatikan kebersihannya yaitu pada bagian kuku tangan dan kaki bayi. Memotong kuku bayi menjadi salah satu solusi terbaik yang dapat dilakukan oleh setiap orang tua, karena dengan rutin memotong kuku dapat dapat mencegah kuman masuk ke dalam tubuh dan juga dapat mencegah terjadinya luka pada tubuh bayi yang sering kali menggaruk atau mencakar bagian tubuhnya sendiri.

Kuku bayi sebaiknya dipotong secara rutin ketika kukunya sudah cukup panjang, anda tidak perlu menerapkan aturan bahwa memotong kuku harus dilakukan setiap 4-6 hari sekali. Jika anda melihat kuku bayi sudah kelihatan panjang, maka segera lakukan pemotongan pada kuku bayi tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya selalu persiapkan alat untuk memotong dan membersihkan kuku bayi dirumah agar tetap pendek dan bersih.

Namun tidak sedikit pada orang tua yang merasa tidak percaya diri ketika melakukan kegiatan memotong kuku bayi, banyak para orang tua yang merasa takut jika kuku yang dipotong terlalu pendek yang dapat menyakiti jari si bayi nantinya. Akan tetap, rasa takut itu haruslah dilawan dan lakukan pemotongan secara hati-hati dan perlahan, karena memotong kuku bayi harus tetap dilakukan untuk menjaga kebersihannya dan terbebas dari kuman yang dapat menyerang tubuh si kecil. Terlebih lagi, biasanya bayi sering kali memiliki kebiasaan menghisap jari-jari tangannya, sehingga jika tidak dijaga kebersihannya akan dapat menyebabkan kuman masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh bayi itu sendiri.

Maka dari itu, mau tidak mau anda harus tetap memberanikan diri untuk memotong kuku bayi anda secara rutin. Jika anda masih merasa ragu, kali ini kami telah siapkan ulasan mengenai cara memotong kuku bayi yang benar. Penasaran, bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasan mengenai beberapa tips dan cara memotong kuku bayi dibawah berikut ini.

Tips Memotong Kuku Bayi

Berikut ini ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui ketika akan memotong kuku bayi, yaitu :

  1. Memotong Kuku Bayi Secara Rutin Dan Teratur

Pada awal bulan kelahiran bayi, kuku bayi akan tumbuh dengan cepat, terutama untuk kuku yang terdapat pada bagian tangan. Maka tak heran, ketika anda selesai memotong kuku dalam beberapa hari anda akan melihat jika kuku si kecil sudah panjang lagi. Oleh karena itu, sebaiknya potong kuku bayi anda tidak kurang dari 2 kali dalam seminggu atau anda juga bisa melakukannya setiap kuku bayi sudah terlihat panjang. Selain itu, jangan lupa potong juga kuku pada bagian kaki bayi.

  1. Gunakan Gunting Kuku Khusus

Ketika anda mendapati kuku tangan dan kaki si kecil sudah panjang, maka segera potong dan gunakan alat khusus untuk memotong kuku bayi. Dengan menggunakan alat khusus, maka resiko terluka pada saat memotong kuku bayi dapat diminimalisir. Selain itu, hal penting yang tidak boleh anda lewatkan sebelum melakukan pemotongan kuku bayi sebaiknya bersihkan terlebih dahulu alat yang akan anda gunakan. Anda bisa menggunakan alkohol untuk membersihkan gunting kuku khusus bayi, sehingga gunting kuku yang akan anda gunakan bebas dari kuman dan bakteri.

  1. Lakukan Pemotongan Kuku Bayi Pada Waktu Yang Tepat

Ketika memotong kuku bayi, biasanya bayi tidak mau diam dan terus bergerak-gerak. Kondisi ini tentu akan menyulitkan anda ketiak akan memotong kuku si kecil. Salah satu caranya yaitu lakukan pemotongan kuku pada bayi ketika bayi sedang tidur pulas, pada saat tidur bayi akan diam dan anda dapat dengan mudah memotong kuku bayi.

Selain itu, anda juga bisa memotong kuku bayi sambil menyusui. Karena pada saat bayi sedang asik menghisap air susu biasnaya tubuh bayi akan lebih tenang dan tidak sering bergerak-gerak. Pada saat inilah waktu yang tepat untuk memotong kuku bayi.

  1. Lakukan Di Tempat Yang Terang

Untuk mencegah agar kuku bayi tidak dipotong terlalu pendek yang dapat melukai bayi, maka pastikan anda melakukannya di tempat yang terang atau anda bisa melakukannya di siang hari. Jangan pernah anda melakukan kegiatan memotong kuku bayi di tempat yang memiliki cahaya remang-remang, salah-salah anda bisa melukai ujung jari tangan dan kaki bayi anda karena memotong terlalu pendek.

Cara Memotong Kuku Bayi Yang Benar

Jika anda masih belum berpengalaman memotong kuku bayi, maka anda bisa melakukannya dengan mengikuti caranya yang benar seperti berikut ini.

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan memegang tangan bayi, lalu arahkan jari tangannya ke atas agar memudahkan anda saat melakukan pemotongan. Pastikan anda melakukan dengan tenang dan tidak terburu-buru agar tidak melukai jari si kecil.
  2. Setelah itu, siapkan alat khusus untuk memotong kuku bayi. Jangan gunakan gunting yang di posisikan pada bagian kuku terlalu dekat, karena justru akan membuat jari tangan bayi mengalami luka yang akan menyakitkan si kecil.
  3. Kemudian, lakukan pemotongan kuku secara perlahan mulai dari bagian depan dan kemudian pada bagian sisi-sisinya agar terlihat rapi. Pastikan anda melakukannya di tempat yang terang.
  4. Pastikan anda tidak memotong kuku bayi terlalu pendek dan memotong kuku secara sekaligus, lalukan sedikit demi sedikit. Jika memotong kuku terlalu pendek, maka dapat membuat bayi merasa kesakitan pada ujung jari-jemarinya.
  5. Gunakan Alas Dengan Tisu

Pada saat anda memotong kuku, pastikan anda menggunakan alas dengan tisu. Ketika anda selesai memotong kuku bayi, anda bisa langsung menggulungnya dan membuangnya sehingga kuku tidak akan berceceran kemana-mana.

Bagaimana, sangat mudah bukan?

Itulah tadi beberapa cara memotong kuku bayi yang baik dan benar, lakukanlah dengan penuh kehati-hatian agar jari bayi anda tidak mengalami luka akibat menggunting kuku bayi terlalu pendek. Semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba. Jadilah ibu yang smart dan penyayang 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • Apakah asi bisa menyembuhkan luka akibat memotong kuku bayi
  • cara memotong kuku bayi
  • cara memotong kuku bayi yg aman
  • Leave a Comment

/* */