Cara Daftar BPJS Kesehatan dan Syaratnya

Cara Daftar BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Kesehatan – Yuk Daftar BPJS karena Memelihara kesehatan tubuh memang sangat penting untuk selalu kita perhatikan baik dengan menjaga pola makan maupun menjalani pola hidup yang sehat. Bagaimana tidak, situasi dan kondisi kehidupan yang kini jauh dari kata sehat, biaya kesehatan dan obat-obatan yang semakin mahal tentu membuat kesehatan menjadi suatu aset yang sangat penting dan sangat berharga dalam kehidupan ini. Indonesia sendiri merupakan sebuah negara yang memiliki pelayanan standar kesehatan yang masih sangat jauh dari kata maksimal jika dibandingkan dengan standar pelayanan kesehatan dari negara lain, sehingga Indonesia terus memperbaiki pelayanannya dalam hal sistem dan fasilitas kesehatan.

Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan dan Persyaratan

Selain asuransi kesehatan, salah satu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan pelayanannya dalam bidang kesehatan masyarakat yaitu dengan menyelenggarakan layanan BPJS Kesehatan bagi masyarakat Indonesia. BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) pertama kali diresmikan pada tanggal 1 Januari 2014 yang sebelumnya dikenal dengan nama ASKES (Asuransi Kesehatan). BPJS Kesehatan ini resmi didirikan oleh pemerintah yang didirikan bersamaan dengan program layanan BPJS Ketenagakerjaan sebagai program layanan sosial yang diperuntukan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tujuan dari diselenggarakannya program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan ini pemerintah sangat berharap mampu mengakomodasi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia dalam hal jaminan sosial yang terkait dengan layanan kesehatan dan ketenagakerjaan. Namun cukup disayangkan, banyak kalangan masyarakat yang mengeluh karena pelayanan dari program ini kurang maksimal akibat dari sosialisasi yang masih kurang maksimal. Sehingga masih banyak masyarakat yang masih tidak mengetahui bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan.

Sama hal nya dengan asuransi kesehatan pada umumnya, cara mendaftar BPJS Kesehatan ini dapat dilakukan dengan 2 pilihan cara baik secara online maupun offline dengan langsung mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan. Kedua cara tersebut masing-masing memiliki tingkat kemudahan dan kesulitan yang berbeda-beda, sehingga anda dapat menyesuaikannya dengan pengetahuan dan kemampuan anda sendiri. Sebagai contoh, anda tidak paham dengan internet dan tidak pernah menggunakannya sama sekali, maka sangat disarankan anda untuk langsung mengunjungi kantor BPJS untuk melakukan pendaftaran secara langsung (offline). Sedangkan bagi anda yang sudah terbiasa dengan mengakses internet, maka anda bisa melakukan pendaftaran secara online, karena diklaim lebih cepat dan efisien waktu.

Bagi anda yang masih belum paham mengenai cara mendaftar BPJS Kesehatan baik secara online maupun offline, maka kali ini kami akan menjelaskan langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan. namun sebelum anda melakukan pendaftaran, selain mengetahui prosedur, anda juga harus membawa sejumlah dokumen penting yang diperlukan saat melakukan pendaftaran.

Selain mengetahui prosedur pendaftaran, ada beberapa hal penting yang harus anda siapkan terlebih dahulu sebagai syarat pendaftaran BPJS Kesehatan.

Syarat Pendaftaran 

Berikut ini beberapa dokumen yang dibutuhkan dalam persyaratan pendaftaran BPJS Kesehatan, yaitu :

  1. Kartu Tanda Penduduk (eKTP) atau kartu identitas diri lainnya seperti SIM atau Paspor (Asli Dan Fotocopy)
  2. Kartu Keluarga (KK) terbaru (Asli Dan Fotocopy)
  3. Buku Nikah (Khusus bagi yang sudah menikah)
  4. Fotocopy Buku Tabungan (Khusus untuk penanggung biaya)
  5. Pas foto berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  6. Alamat email dan nomor telp/hp yang masih aktif

Setelah semua persyaratan lengkap, maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu pendaftaran. Sistem pendaftaran terbagi menjadi 2 pilihan cara, yaitu secara online dan offline.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Offline

Berikut ini beberapa langkah yang perlu anda lakukan dalam melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara offline, yaitu :

  1. Siapkan dan bawa persyaratan umum yang dibutuhkan.
  2. Kunjungi kantor Cabang BPJS Kesehatan Terdekat di kota anda.
  3. Setibanya di kantor BPJS, mintalah formulir pendaftaran dan isi data secara lengkap dan teliti. Jika anda masih bingung, anda bisa meminta bantuan kepada petugas agar tidak terjadi kesalahan yang akan menjadi masalah di kemudian hari.
  4. Setelah selesai mengisi formulir secara lengkap dan benar, kemudian serahkan kepada petugas dan anda akan mendapatkan Virtual Account yang nantinya akan anda gunakan untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulannya berupa data beberapa rekening bank (gunakan salah satu bank saja dan pilih sesuai dengan bank pada bukti tabungan anda).
  5. Setelah itu, lakukan pembayaran di bank atau melalui ATM.
  6. Selanjutnya, kembali ke kantor BPJS, kemudian serahkan bukti pembayaran atau transfer yang sudah anda lakukan.
  7. Tunggu sampai kartu BPJS Kesehatan anda selesai di cetak.

Catatan :

Kartu BPJS tidak akan langsung aktif sebelum 14 hari dimulai dari tanggal pendaftaran.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

  1. Hampir sama dengan cara mendaftar BPJS secara offline, hanya saja persyaratan umum yang berupa dokumen seperti KTP, KK, Buku Nikah, Pas Foto dan dokumen lainnya harus dalam bentul file scan.
  2. Setelah itu, kunjungi website resmi BPJSK Kesehatan dengan mengakses alamat bpjs-kesehatan.go.id melalui browser yang ada pada perangkat smartphone, laptop maupun PC anda.
  3. Setelah itu, isi semua data dari formulir yang tersedia secara lengkap dan benar yang mencakup data diri, fasilitas kesehatan tingkat I anda pilih sebagai tempat pemberi rujukan dan kelas kamar sesuai kemampuan anda mulai dari kelas I, II dan III.
  4. Simpan data anda dan tunggu hingga anda mendapatkan balasan melalui email notifikasi berupa nomor registrasi pendaftaran melalui email anda, anda akan mendapatkan email berupa lembar Virtual Account yang akan anda gunakan untuk media pembayaran dan segera print.
  5. Setelah itu, segera lakukan pembayaran di bank atau ATM terdekat yang ditunjuk seperti BRI, BNI atau Mandiri.
  6. Tunggu hingga 14 hari dari awak pendaftaran, lalu anda akan mendapatkan email dari BPJS Kesehatan berupa E-ID Card yang bisa anda print sendiri.
  7. Setelah 14 hari, maka kartu BPJS Kesehatan anda sudah aktif dan bisa digunakan.

Pilih Cara Mendaftar Layanan BPJS Kesehatan Yang Sesuai Dengan Kenyamanan Anda

Dalam melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan, sebaiknya anda memilih sistem pendaftaran yang anda anggap paling mudah dan nyaman. Apalagi bagi anda yang mengutamakan efisiensi waktu dan juga minim biaya operasional, maka pendaftaran secara online dapat menjadi pilihan terbaik untuk anda. namun jika anda masih merasa bingung dan membutuhkan informasi yang lebih jelas, maka anda sebaiknya melakukan pendaftaran secara offline, karena di kantor BPJS Kesehatan anda bisa meminta bantuan kepada petugas baik mengenai informasi maupun prosedur pendaftaran secara jelas.

Bagaimana, cukup mudah dan jelas bukan?

Segera lakukan pendaftaran BPJS kesehatan untuk anda dan keluarganya karena semua orang tidak akan ada yang tahu kapan akan sakit dan kapan uang untuk berobat habis. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara daftar BPJS Kesehatan baik secara offline maupun online, semoga informasi yang kami jelaskan diatas dapat mudah dipahami dan bermanfaat untuk anda semua.

Selamat mencoba.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara dan syarat2 mengurus bpjs kesehatan dimulai dr mn
  • cara mendaftar bpjs dan cara pelayananya
  • scan KK yang asli atau fotocopynya untuk daftar bpjs
  • Syarat2 membuat bpjs
  • syarat2 mengurus bpjs
  • Leave a Comment

/* */