Kumpulan Penyakit

Bahaya Stres Pada Ibu Hamil dan Janin

Bahaya Stres Pada Ibu Hamil

Bahaya Stres Pada Ibu Hamil – Stres atau terlalu banyak beban pikiran merupakan hal yang pastinya sering di alami oleh semua orang, tidak terkecuali bagi ibu hamil sering kali mengalaminya baik itu ada kaitannya dalam menghadapi proses melahirkan atau dikarenakan faktor lain seperti keluarga, ekonomi dan masalah lain yang sedang di alaminya.

Khusus bagi ibu hamil, terlalu banyak pikiran akan berdampak buruk bagi kesehatan janin dan juga ibu hamil itu sendiri. Oleh karena itu, hindari terlalu banyak pikiran pada saat sedang hamil karena memiliki tingkat stres berlebih bagi ibu hamil dapat mempengaruhi kestabilan daya tahan tubuh sehingga menjadi lemah. Akibat dari terganggunya sistem kekebalan tubuh, maka secara otomatis tubuh akan lebih mudah terserang penyakit akibat dari berkurangnya asupan nutrisi dan vitamin yang diperlukan saat hamil.

Dampak Stres Bagi Ibu Hamil dan Janinnya

Menurunnya asupan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh ini dikarenakan kondisi stres yang dapat membuat nafsu makan menurun secara drastis, sehingga asupan makanan sehat untuk ibu hamil pun menjadi kurang diperhatikan. Oleh karenanya, segera atasi dan jangan tunggu kondisi kesehatan dan kehamilan anda menjadi terganggu akibat terlalu stres.

Efek dari Stres Pada Ibu Hamil

Berikut ini dampak buruk atau bahaya yang bisa ditimbulkan akibat ibu hamil sering mengalami stres, diantaranya yaitu :

  1. Beresiko Mengalami Keguguran

Bagi ibu hamil yang terlalu banyak pikiran atau stres dapat menyebabkan keguguran, karena pada saat sdang hamil kondisi stres dapat menyebabkan keluarnya hormon kortisol. Jika kadar hormon tersebut keluar dalam jumlah yang berlebihan, maka dapat menyebabkan hormon tersebut masuk ke dalam plasenta yang dapat mengganggu pekembangan janin di dalam kandungan.

Selain itu, kondisi stres berlebih pada ibu hamil juga dapat menyebabkan terjadinya preeklampsia. Preeklampsia adalah suatu kondisi atau gangguan pada kehamilan yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan juga kadar protein pada urin mengalami peningkatan secara drastis. Jika kondisi ini terus terjadi dan tidak segera di atasi, maka dapat menyebabkan terganggunya organ dalam tubuh seperti hati, ginjal dan mata.

  1. Beresiko Alergi Pada Bayi

Ketika ibu hamil mengalami stres berlebih, maka dapat meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh. Jumlah hormon kortisol yang berlebihan akan masuk ke dalam plasenta, sehingga dapat menyebabkan janin di dalam kandungan mengalami alergi. Bahkan setelah dilahirkan, resiko menderita alergi akan semakin meningkat. Hasil dari sebuah penelitian menjelaskan bahwa bayi yang menyerap hormon kortisol dalam jumlah banyak dapat beresiko menderita alergi lebih parah dibandingkan dengan bayi yang menyerap hormon kortisol dalam jumlah sedikit.

  1. Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Jika ibu hamil sering mengalami stres berlebih dapat mepengaruhi daya tahan tubuh janin di dalam kandungan. Pernyataan ini semakin diperkuat dengan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Jurnal Brain yang mengemukakan bahwa ibu hamil yang sering mengalami cemas berlebih, panis dan juga tegang dapat berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh janin pada usia kehamilan 6 bulan.

  1. Terhambatnya Tumbuh Kembang Otak Janin

Stres berlebih pada ibu hamil dapat menyebabkan terganggunya tumbuh kembang otak janin di dalam kandungan, sehngga dapat meningkatkan resiko perubahan pada prilakunya saat ia tumbuh besar. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian dari Journal Endocrinology Clinical yang menyatakan bahwa sering mengalami stres berlebih saat hamil dapat mempengaruhi perkembangan otak dan prilakuknya.

  1. Menyebabkan Bayi Lahir Prematur

Fungsi dari hormon kortisol yang diproduksi oleh tubuh dapat mengatur waktu kelahiran, sehingga pada saat ibu hamil sedang mengalami stres berlebih, maka hormon kortisol dapat mempercepat proses kelahiran sebelum waktunya atau lebih dikenal dengan kelahiran bayi prematur.

  1. Penurunan Asupan Nutrisi Pada Janin

Stres berlebih pada ibu hamil dapat mempengaruhi produksi hormon epinephrine dan norepinephrine dalam jumlah berlebih, hormon tersebut dapat menyebabkan terhambatnya kerja dari pembuluh darah. Pembuluh darah sendiri bertugas untuk mengalirkan darah ke dalam tubuh bayi melalui tali pusar, namun tali pusar bayi akan tertekan akibat dari hormon tersebut. Jadi, asupan nutrisi yang seharusnya masuk ke dalam tubuh bayi tidak akan maksimal dan menyebabkan bayi lahir dengan memilki berat badan yang sangat rendah.

  1. Berkurangnya Asupan Oksigen Pada Bayi

Akibat dari terganggunya pembuluh darah yang disebabkan oleh hormon epinephrine dan norepinephrine akibat dari ibu hamil yang sering mengalami stres, maka oksigen yang masuk ke dalam tubuh bayi akan terganggu. Dengan demikian, tubuh bayi tidak akan mendapatkan asupan oksigen dalam jumlah cukup.

Dari beberapa bahaya diatas, maka penting sekali untuk menjaga ibu hamil agar jangan sampai mengalami banyak pikiran atau stres berlebih. Karena secara tidak langsung dapat berdampak burung bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan, bahkan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan keguguran.

Tips Mengurangi Stres Pada Ibu Hamil

Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi stres berlebih yang di alami oleh ibu hamil, yaitu :

  1. Sering Berkomunikasi

Alangkah baiknya jika ada masalah yang sedang menimpa anda, sebaiknya bicarakanlah dengan orang-orang terdekat anda yang bisa anda percaya seperti suami, orang tua atau teman dekat. Dengan berbagai cerita, mungkin sedikitnya dapat membantu mengurangi beban pikiran yang sedang anda pikirkan selama ini. Hal ini dilakukan demi kesehatan anda dan calon bayi yang sedang anda kandung.

  1. Rutin Olahraga

Jika memang belum ada orang yang bisa anda percaya untuk berbagi cerita tentang masalah anda, sebaiknya untuk mencegah stres berlebih anda bisa rutin melakukan aktivitas olahraga ringan yang baik untuk ibu hamil. Hal ini jauh lebih baik dan bermanfaat ketimbang anda banyak berdiam diri dan melamun yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

  1. Mempersiapkan Diri Untuk Menjadi Ibu

Mempersiapkan diri untuk menjadi seorang itu jauh lebih baik dibandingkan memikirkan masalah yang justru dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan anda. Alihkan perhatian anda untuk sementara waktu selama kehamilan dengan lebih memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ibu.

  1. Perbanyak Waktu Istirahat

Terlalu banyak pikiran saat hamil dapat mengakibatkan kondisi tubuh menjadi lemah, karena ketika mengalami banyak pikiran tubuh akan banyak kehilangan stamina dan energi. Dengan banyak istirahat dapat membantu memulihkan stamina tubuh yang terkuras dan juga membuat pikiran menjadi lebih tenang, sehingga anda dapat memikirkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah anda.

  1. Jalani Pola Hidup Sehat

Dengan menjalani pola hidup sehat setiap hari dapat membantu mengendalikan stres dengan baik, sehingga anda masih tetap menjalani masa-masa kehamilan dengan tenang dan tidak terlalu banyak pikiran yang dapat mempengaruhi kesehatan calon bayi anda di dalam kandungan.

  1. Pergi Liburan

Jika memungkinkan, coba sesekali untuk pergi liburan dan patikan jaraknya tidak terlalu jauh agar anda tidak mengalami kelelahan. Dengan pergi liburan, maka anda bisa lebih merasa tenang dan dapat mengendalikan stres dengan baik.

Bagi para ibu hamil, cobalah untuk menjadi pribadi yang lebih positif dan berbahagia dalam menyambut kelahiran sang buah hati tercinta. Hindari berbagai hal yang dapat membuat anda marasa cemas atau stres berlebih, jika anda sedang memiliki banyak masalah, mungkin beberapa tips diatas dapat sedikit membantu.

Demikian ulasan mengenai bahaya stres pada ibu hamil, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat menambah pengetahuan anda terutama bagi anda yang masih baru akan memiliki anak. Semoga bermanfaat.

kata untuk mencari artikel ini:
  • apakah ibu hamil tidak boleh terlalu banyak pikiran
  • akibat stres pada ibu hamil
  • dampak stres bagi ibu hamil
  • dampak stres ibu hamil pada janin
  • memikirkan sesuatu dapat mengganggu janin
  • penyebab plasenta tidak berfungsi maximal pada saat Hamil Dan akibatnya pada janin
  • resiko yang terjadi jika ibubhamil stres
  • terlalu banyak fikiran saat hamil
Bahaya Stres Pada Ibu Hamil dan Janin | Doktersehat | 4.5
/* */