Kumpulan Penyakit

11 Fakta Penyebab Rambut Beruban yang Tak Terduga

Penyebab Rambut Beruban – Tentu mempunyai rambut beruban bukanlah sesuatu yang menyenangkan bukan? Apalagi jika anda masih muda, tentu goretan warna putih dipadu dengan warna abu-abu yang kelihatan di rambut hitam anda tersebut akan sedikit mengganggu penampilan.

Mempunyai uban merupakan salah satu proses alami yang mana akan dialami oleh sebagian orang ketika menginjak masa tua mereka. Namun ternyata dibalik rambut memutih tersebut, ada beberap fakta rambut beruban yang selama ini banyak orang yang tidak duga.

rambut beruban

Ternyata tidak selamanya rambut ubanan tersebut selalu dikaitkan dengan penuaan manusia, tidak. Ada hal-hal lain yang perlu anda ketahui kaitannya dengan fakta rambut memutih ini. apa saja simak ulasannya sebagai berikut.

Fakta Penyebab Rambut Beruban

1. Rambut beruban sebenarnya adalah rambut  yang berbeda

Berbeda? Maksudnya gimana? Tentu berbeda dalam hal ini, bukan berarti rambut anda berbeda secara fisik. Hanya saja rambut beruban tersebut pada umumnya disebabkan karena kehilangan pigmen (aka melanin) pada rambut.

Seringnya rambut beruban ini memang mempunyai tekstur yang berbeda dengan rambut yang ber-pigmen pada umumnya. Rambut ubanan biasanya lebih tipis, lebih kasar dan jarang dirawat. Namun hal tersebut tentunya bukanlah akhir dari segalanya, karena masih banyak perawatan yang bisa dilakukan.

 

2. Lihatlah Keluargamu ketika Rambut beruban terjadi kepadamu

Ada banyak alasa mengapa orang-orang rambutnya mulai beruban. Namun memang umumnya, penyebab rambut memutih ialah karena factor usia dan juga factor gen.  dengan kata lain, rambut bisa memutih apalagi ketika masih muda, hal ltersebut tidak terlepas dari gen keluarga.

Silahkan cek, keluarga anda apakah juga mengalami hal yang sama. Sudah ubanan ketika masih muda. Cocokan dengan kondisi anda sekarang ini.

 

3. Gaya Hidup bisa menjadi penyebab munculnya rambut putih

Factor nutrisi dan juga factor lingkungan juga tidak bisa dilepaskan dengan memutihnya rambut seseorang di masa muda. Stress, merokok, dan diet yang tidak seimbang merupakan beberapa hal yang menyebabkan seseorang mempunyai rambut memutih di usia muda. Hal tersebut sependapat dengan Caleb Backe, seorang ahli nutrisi,  dari Maple Holistics.

Tapi, Apakah stress merupakan facktor yang paling berpengaruh?

Ketika tubuh kita merespon stress, hal tersebut akan berdampak pada  sel tubuh yang sehat. Salah satu penelitiannya pernah dilakukan pada tikus, dimana stress yang dirasakan memperburuk DNA yang terus bertambah setiap waktu.

Meskipun penilitian itu tidak bisa dijaikan sebagai bukti yang ilmiah, namun setidaknya bisa menggambarkan korelasi langsung antara rambut beruban dan stress.

Baca Juga:

4. Merokok mempunyai peranan penting dalam Rambut Ubanan

Fakta rambut beruban keempat ialah merokok bisa membuat rambut anda mulai memutih di usia muda. Berdasarkan penemuan yang dilakukan pada tahun 2013, merokok mempunyai hubungan yang erat dengan memulainya rambut putih sebelum umur 30 tahun.

Hal ini merupakan salah satu penyebab rambut meutih yang paling relevan karena gaya hidup.

Meskipun anda tidak merokok, bisa jadi perokok pasif juga bisa. Berdasarkan pada penelitian pada tahun 2013, 25 dari 100 perokok pasif terkontaminasi cotinine yang terkandung dalam darah mereka. Cotinine merupakan senyawa nicotine yang sudah dipecah oleh tubuh. Jadi sama bahayanya.

Langkah terbaik memang meninggalkan sesuatu yang berkaitan dengan rokok, baik itu perokok pasif, dan perokok aktif. Pilih lingkungan yang terbebas dari asap rokok.

 

5. Diet yang salah juga bisa menyebabkan ubanan, lho!

Diet yang salah juga diklaim sebagai salah satu factor yang berperan penting membuat rambut beruban pada usia muda. Biasanya diet jenis ini menyebabkan kurangnya nutrisi yang ada pada tubuh dan itu bisa memperbesar ubanan sejak muda.

Berdasarkan penelitian, kurangnya vitamin D 3, kalsium, dan Ferritin menyebabkan pemutihan pada rambut. Sementara itu, penelitian yang lain mengungkapkan bahwa rendahnya copper, zinc, serta besi juga memainkan peran dalam ubanan di usia muda.

 

6. Ketika berumur 50 tahun, 50 persen rambut anda mungkin sudah memutih

Kapan seseorang itu rambutnya mulai memutih, tentu hal tersebut tergantung dari masing-masing orang.  Sebagai contoh, orang Kaukasus cenderung lebih murah untuk ubanan dibandingkan dengan orang Afrika atau Asia. Pada penelitian tahun 2006, sebagian besar orang yang sudah menginjak umur 50 tahun, hampir 50 %-nya rambutnya sudah memutih.

 

7. Mengubah gaya hidup bisa mencegah rambut ubanan

Pertama, jika anda seorang perokok, maka segerah hubungi dokter dan tanyakan cara terbaik untuk bisa berhenti merokok. Ini mungkin langkah yang kurang nyambung, namun ini sangat efektif dalam mencegah rambut anda memutih di usia muda.

Berhenti merokok bukanlah suatu proses yang mudah, anda bisa mulai menggantinya dengan aktivitas yang lain, mengunyah permen misalnya.  Dan tentunya, anda juga harus bisa menjaga stress anda, jangan biarkan diri anda mudah stress.

 

8. Walnut, Zinc dan Ikan bisa membantu mengatasi permasalahan rambut beruban

Ahli nutrisi merekomendasikan bahwa menambahkan beberapa makanan ke daftar makanan anda bisa memberi suplemen tambahan dalam  menutupi kekurangan nutrisi. Kacang walnut juga merupakan sumber copper yang bisa membantu dalam meminjamkan pigmen ke rambut.

Sementara itu, ikan, biji-bijian, dan dedaunan seperi brokoli dan kale juga merupakan sumber yang bagu untuk omega-3 fatty acids dan juga zincs. Kedua senyawa tersebut bermanfaat untuk menguatkan rambut serta mengembalikan warna rambut.

 

9. Konsumsi Suplemen Vitamin B

Daging ayam jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup besar, bisa menjadi sumber vitamin B-12 dan juga B-6. Keduanya sangat bermanfaat dalam mengurangi potensi rambut putih.

Namun demikian, jika anda vegetarian atau anti makan daging, maka mengkonsumsi vitamin B bisa meningkatkan kemampuan  tubuh dalam menghambat ubanan. Hal yang perlu diperhatikan ialah memperhatikan keseimbangan antara istirahat, dan juga makan. Pastikan konsumsi banyak sayuran serta banyak air.

 

10. Punya rambut beruban bukan berarti harus mewarnai rambut

Mengatasi rambut uban dengan cara mewarnai bukanlah solusi yang terbaik. Memang betul bahwa mewarnai bisa mengatasi masalah dengan waktu yang singkat, namun itu tidak menyelesaikan masalah.

 

11. Ubanan itu anugrah Tuhan, jadi syukuri saja

Fakta rambuat beruban terakhir namun bukan yang paling akhir ialah ubanan itu keren. Ya, mindset ini sudah seharusnya anda tanamankan dibenak anda. mindset itulah yang akan membuat anda lebih percaya diri serta tampil optimis meskipun dengan rambut yang sudah beruban.

Setelah gaya hidup sudah diubah menjadi lebih baik, begitu juga telah mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat. Maka langkah selanjutnya ialah mensyukurinya bahwa anda masih diberikan rambut oleh Tuhan meskipun beruban. Hal tersebut akan membuat anda mudah menjalani hidup. Yakinlah itu.

Itulah 11 fakta rambut beruban yang mungkin selama ini tidak terduga dipikiran anda. rambut ubanan memang bisa diatasi namun tentunya hal yang tidak boleh ditinggalkan ialah mensyukuri apa yang sudah diberikan oleh Tuhan.

11 Fakta Penyebab Rambut Beruban yang Tak Terduga | admin Kesehatan | 4.5
/* */