Kumpulan Penyakit

Virus Zika ~ Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Virus Zika

Virus Zika

Virus Zika – Beberapa tahun terakhir ini, masyarakat sempat di gegerkan dengan penyebaran wabah virus zika, yang mana virus ini hingga saat ini sudah menyerang beberapa negara di wilayah Eropa dan Asia. Sedangkan untuk indonesia, wabah virus zika ini sudah mulai menyebar sekitar dua tahun lalu. Untuk wilayah indonesia, pertama kali virus zika ini ditemukan pada salah satu daerah di jambi dan sumatera. Namun untuk negara indonesia penyebarannya tidak sebanyak di wilayah negara lain.

Penyebaran virus zika ini memang tergolong sangat cepat, hanya dalam waktu beberapa tahun saja wabah zika ini sudah menjangkit ratusan bahkan ribuan orang diseluruh dunia. Tentu saja virus zika ini menjadi sebuah persoalan bagi semua orang. Dari beberapa penelitian yang belakang ini sudah dilakukan menyatakan bahwa virus zika ini ternyata bisa menular kepada bayi yang masih didalam kandungan, yang ditularkan melalui ibunya saat sedang masa kehamilan.

Gejala Virus Zika Yang Perlu Diwaspadai

Pengaruh buruk virus ini kepada sang bayi yakni mengakibatkan perkembangan saraf bayi menjadi terhambat dan itu terjadi dari semenjak didalam kandungan ibunya. Maka dari itu pada tahun 2016 kemarin akhirnya WHO mengumumkan bahwa wabah virus zika ini merupakan suatu permasalahan bagi seluruh dunia yang harus mendapatkan perhatian serius. Untuk itu sudah sewajarnya kita pun harus mengenali gejala, pencegahan, dan pengobatan virus zika ini, supaya nantinya kita bisa lebih tanggap untuk mengatasi wabah virus berbahaya ini.

Wabah virus zika ini merupakan suatu jenis virus yang bisa mengakibatkan penderitanya terserang penyakit zika yang biasanya ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Penyakit zika ini sekilas memang hampir mirip dengan penyakit demam berdarah dan chikungunya. Virus zika ini pertama kali ditemukan di negara bagian afrika tepatnya di hutan zika uganda di tahun 1947 yang terdeteksi dalam darah seekor monyet. Kemudian di tahun 1950an, virus zika ini barulah terlihat pada sampel darah manusia di wilayah sekitar uganda (Afrika).

Gejala Virus Zika.

Masa penetasan virus zika ini didalam tubuh manusia sampai dengan menunjukkan gejalanya ternyata berlangsung cepat yakni dalam waktu beberapa hari saja. Yang kemudian timbullah gejala seperti berikut ini:

  • Badan mengalami demam tinggi secara mendadak.
  • Muncul bintik atau bercak merah pada kulit.
  • Penderita akan mengalami mata merah atau konjungtivitis.
  • Timbul rasa nyeri dibagian otot dan sendi.
  • Mengalami sakit kepala berat.
  • Tidak nafsu makan.
  • Badan terasa sangat lemas.

Memang jika dilihat beberapa gejala penyakit zika ini hampir mirip dengan gejala penyakit demam berdarah.  Jadi tidak jarang kita pun tidak sadar bahwa ternyata orang tersebut sedang terserang penyakit zika. Dari beberapa kasus yang terjadi, gejala penyakit virus zika ini bisa hilang sendiri hanya dalam hitungan hari, apabila kekebalan tubuh si penderita sudah mulai pulih. Akan tetapi akan berbeda kondisinya, jika virus zika ini menyerang ibu hamil, tentunya hal itu akan berdampak pada bayi dalam kandungannya.

Untuk bisa membedakan antara virus zika ini dengan virus demam berdarah adalah dengan cara melakukan tes darah di laboraturium. Untuk virus zika biasanya hanya menimbulkan penurunan pada sel darah putih yang sama seperti infeksi virus lainnya, tanpa diikuti dengan penurunan trombosit. Kemudian, virus zika ini bisa ditularkan dari ibu hamil kepada bayi dalam kandungannya yang akan berpengaruh buruk pada perkembangan saraf bayi setelah lahir nanti.

Umumnya  apabila sejak dalam kandungan sudah terkena virus zika, setelah lahir bayi tersebut akan mengalami kelainan saraf penglihatan atau pendengaran. Dan selain itu biasanya bayi akan lahir dengan ukuran kepala yang kecil. Dan tentunya masalah ini akan menjadi masalah yang sangat serius bila diderita oleh ibu hamil. Maka dari itu, sudah selayaknya penanganan serta pencegahan terhadap virus zika ini harus dilakukan secara lebih teliti lagi.

Cara Pencegahan Virus Zika.

  1. Membasmi Sarang Nyamuk.

Untuk memusnahkan perkembang biakan nyamuk aedes ini anda bisa melakukan beberapa hal seperti mengubur barang-barang bekas didalam tanah, kemudian tutuplah tempat penampungan air untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk. Setelah itu kuraslah bak mandi secara rutin minimal 2-2 kali seminggu. Untuk membunuh jentik nyamuk, anda juga bisa menaburkan bubuk abate di bak mandi atau tempat penampungan air lainnya. Dan yang terpenting adalah tetap selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.

  1. Hindari Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti.

Supaya kita terhindari dari virus zika, langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah gigitan nyamuk aedes  adalah dengan mengenakan baju lengan panjang serta celana panjang. Kemudian anda pun bisa memasangkan obat nyamuk elektrik pada pintu atau jendela rumah. Lalu ketika tidur, sebaiknya gunakanlah kelambu. Selain itu anda pun memakai lotion anti nyamuk.

  1. Melindungi Sistem Imun Tubuh.

Untuk bisa terindar dari penyakit virus zika, anda tentunya harus tetap selalu menjaga kekebalan tubuh anda dengan cara melakukan olahraga secara teratur, lalu beristirahat yang cukup, dan konsumsilah makanan  bergizi. Itu lakukan supaya sistem kekebalan tubuh kita bisa selalu terjaga.

  1. Untuk Pasangan Suami Istri Hindari Berhubungan Intim Jika Salah Satu Pasangan Anda Terkena Virus Zika.

Bagi kalian yang sudah menikah, apabila ternyata pasangan anda terinfeksi virus zika, sebaiknya anda untuk sementara waktu tidak melakukan hubungan seksual. Itu karena virus zika ini bisa tinggal dalam cairan sperma pria dan akan ditularkan kepada pasangannya melalui hubungan intim.

Cara Mengobati Virus Zika.

Apabila semua cara pencegahan virus zika sudah anda lakukan, namun ternyata virus zika masih juga menyerang anda, secepatnya periksakan kondisi anda tersebut ke rumah sakit atau dokter untuk bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Meskipun virus zika ini memang tidak bisa dihilangkan, namun paling tidak jika kita memang terjangkit virus zika, kita bisa melakukan langkah pengobatan seperti:

  • Berikanlah obat paracetamol jika penderita mengalami gejala demam, sakit kepala, nyeri otot.
  • Apabila penderita tidak nafsu makan, berikanlah vitamin penambah nafsu makan.
  • Untuk mengobati penyakit zika ini, penderita juga perlu memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin C.
  • Untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh penderita juga perlu mengkonsumsi vitamin penambah daya tahan tubuh.
  • Perbanyaklah beristirahat sampai kondisi tubuh anda membaik.
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang dianjurkan.

Virus zika ini bukan merupakan suatu penyakit yang harus dikhawatirkan, akan tetapi perlu dilawan dengan melakukan pencegahan dan pengobatan virus zika dengan lebih akurat. mencegah lebih baik dari pada jika anda harus mengobati. semoga sehat selalu.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara pengobatan dan pencegahan prnyakit zika
  • gejala pada penyakit demam zika
  • gejala virus zika
  • macam macam virus yang meridian beserta gejala penyebab pencegahan &pengobatannya
  • pencegahan dan pengobatan penyakit zika
  • pengobatan penyakit akibat virus zika
  • penyebab sifat gejala dan pencegahan virus zika
  • penyuluhan penyakit yang disebabkan virus zika
Virus Zika ~ Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan | admin Kesehatan | 4.5
/* */