Kumpulan Penyakit

Pola Makan Sehat Bayi Mulai Usia 6 Bulan

Pola Makan Sehat Bayi

Pola Makan Sehat Bayi

Pola Makan Sehat Bayi – Apakah usia bayi anda sudah siap untuk mendapatkan makanan semi padat? Hampir semua ibu tentunya sangat berantusias untuk mengenalkan bayi mereka dengan makanan semi padat ketika usianya menginjak 6 bulan pertama. Perkembangan bayi yang sudah berusia 6 bulan pada saluran pencernaannya sudah lebih baik dan mampu mencerna makanan semi padat dengan baik.

Bahkan pada usia 6 bulan, jari-jari bayi sudah mulai dapat memegang berbagai benda yang ada di depannya, sehingga pada usia tersebut pun bayi sudah bisa memegang makanan seperti biskuit dan makanan bayi sejenisnya. Meski sudah dapat diberikan makanan semi padat, para orang tua tetap harus selalu memperhatikan ekstra dengan menerapkan pola makan sehat untuk bayi usia 6 bulan.

Lalu, berapa jumlah kebutuhan susu untuk bayi usia 6 bulan?

Ketika bayi anda memasuki usia 6 bulan, bayi membutuhkan susu sekitar 24 hingga 32 ons per harinya. Ibu dapat memberikan ASI atau susu formula sesuai kebutuhan atau setidaknya antara 5 hingga 6 kali dalam sehari. Meskipun bayi sudah mulai mendapatkan makanan semi padat, bayi masih tetap membutuhkan asupan ASI atau susu formula untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi bagi tubuhnya yang tidak bisa di dapatkan dari makanan pendamping ASI. Banyak sekali manfaat ASI atau susu formula bagi bayi, selain memenuhi nutrisi dan gizi harian juga dapat membantu bayi mengurangi rasa lapar.

Tetapi jika anda sudah mengenalkan makanan semi padat pada bayi, maka biasanya bayi tidak akan terlalu berantusias terhadap susu. Selain itu, anda juga tidak perlu memberikan minum air putih atau jus buah, karena di dalam ASI atau susu formula sudah memiliki kandungan air dalam jumlah cukup. Meski demikian, setiap bayi akan memiliki pola makan yang berbeda-beda.

Jadwal Pola Makan Sehat Untuk Bayi Usia 6 bulan

Berikut ini contoh jadwal makan yang bisa anda terapkan pada bayi berusia 6 bulan berdasarkan waktunya, yaitu :

  • Jam 06:30

Pada jam ini, waktunya membangunkan bayi, kemudian anda bisa langsung memberikan bayi ASI atau susu formula.

  • Jam 07:45

Waktunya bayi anda sarapan pagi, anda bisa memberikan makanan semi padat, makanan semi padat dapat membuat perut bayi merasa lebih nyaman.

  • Jam 08:30

Sudah waktunya untuk tidur lagi, karena jam segini bayi anda sudah merasa kenyang dan mengantuk. Biasanya bayi akan tidur paling lama sekitar 1 jam.

  • Jam 10:00

Ketika bayi bangun tidur, anda bisa memberikan ASI atau susu formula sampai ia merasa kenyang. Kemudian anda bisa mengajaknya bermain atau mendengarkan musik.

  • Jam 11:30

Biasanya jam segini bayi akan mulai kembali mengantuk dan tidur, biasanya bayi akan tertidur selama 30-45 menit.

  • Jam 13:00

Anda bisa memberikan bayi anda ASI atau susu formula sampai bayi merasa kenyang.

  • Jam 14:00

Bayi akan kembali tidur, biasanya antara 30 sampai dengan 45 menit. Jika bayi anda merasa lelah, biasanya bayi akan tidur lebih lama.

  • Jam 16:00

Saatnya anda memberikan ASI atau susu formula kepada bayi. Pada jam segini, biasanya bayi juga akan mulai minta makan dan anda bisa memberikannya makanan semi padat.

  • Jam 16:30

Ajak main bayi anda bersama dengan keluarga di dalam rumah, dengan bermain dapat membantu meningkatkan fungsi dan kerja motorik dan sensorik sesuai dengan perkembangan bayi.

  • Jam 17:00

Waktunya makan lama, pada jam ini anda bisa memberikan bayi anda makanan semi padat agar bayi anda merasa lebih kenyang dan dapat tidur dengan nyenyak.

  • Jam 18:30

Anda bisa mengajak bayi bermain sebentar bersama keluarga sambil menunggu bayi mulai mengantuk.

  • Jam 19:00

Sudah waktunya bayi anda diajak untuk tidur malam, sebelum tidur anda bisa memberikan bayi anda ASI atau susu formula dan bayi akan tidur dengan nyenyak.

Catatan :

Dalam satu malam, mungkin bayi anda bisa terbangun dan minta ASI antara 2-3 kali dan anda bisa memberikan susu sampai bayi anda tidur kembali.

Manfaat Memberikan Makanan Semi Padat Pada Bayi Usia 6 Bulan

Berikut ini beberapa manfaat memberikan makanan semi padat kepada bayi berusia 6 bulan, diantaranya yaitu :

  1. Manfaat pertama pemberian makanan semi padat pada bayi berusia 6 bulan yaitu dapat membantu dalam mendeteksi adanya alergi atau gangguan kesehatan pada pencernaan bayi.
  2. Dengan memberikan makanan semi padat yang memiliki kandungan gluten sejak awal memasuki usia 6 bulan, maka bayi akan memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat dan kuat.
  3. Pemberian makanan semi padat pada bayi berusia 6 bulan juga dapat membantu mencegah bayi menderita anemia, karena pada usia tersebut tubuh bayi sangat membutuhkan asupan zat besi dalam jumlah cukup setiap harinya untuk mendukung perkembangan fisik dan juga metabolisme tubuhnya.
  4. Manfaat lainnya dengan mengenalkan bayi pada makanan semi padat sejak awal memasuki usia 6 bulan dapat memberikan perlindungan terhadap perkembangan beberapa jenis penyakit seperti penyakit diabetes dan gangguan pada saluran pencernaannya.

Jenis Makanan Padat Terbaik Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Berikut ini beberapa jenis makanan padat yang baik untuk diberikan kepada bayi usia 6 bulan, dianataranya yaitu :

  1. Bubur

Jenis makanan semi padat pertama yang baik untuk anda berikan kepada bayi usia 6 bulan yaitu seperti sereal, bubur beras merah, bubur tepung atau bubur khusus untuk bayi yang bisa anda dapatkan di supermarket atau swalayan. Pada beberapa produk bubur bayi ini diperkaya dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan tersedia dalam beberapa varian rasa.

  1. Buah Buahan

Anda juga bisa memberikan bayi anda makanan semi padat berupa buah-buahan seperti buah pisang atau buah alpukat. Buah juga harus anda lunakkan terlebih dahulu sebelum diberikan, karena bayi masih belum mengenal buah sama sekali dan masih belajar mengunyah.

  1. Sayuran

Pada usia 6 bulan ke atas bayi sudah mulai bisa diperkenalkan dengan berbagai jenis sayuran yang memiliki rasa manis dan dapat dimasak hingga lunak. Beberapa jenis sayuran yang baik untuk diberikan yaitu seperti wortel atau bayam.

Pola makan sehat bayi usia 6 bulan merupakan awal perubahan pada jenis makanan untuk diberikan kepada bayi. Bagi para ibu tentunya harus pandai dalam mengatur makanan yang akan diberikan dengan baik dan tetap memberikan ASI atau susu formula dalam jumlah cukup. Penting untuk anda ingin bahwa bayi anda masih tetap sepenuhnya bergantung pada pemberian ASI atau susu formula, makanan  semi padat hanya sebagai pendamping.

Demikianlah penjelasan mengenai pola makan sehat bayi usia 6 bulan, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para orang tua khususnya bagi para ibu muda yang baru mempunyai bayi. Semakin ibu mempersiapkannya maka ibu akan lebih pandai dan lebih pintar saat bayinya mengalami masalah dengan pola makan yang kurang sehat dan kurang teratur, karena kualitas makanan bayi bukan dari jumlahnya saja, mulai dari jenis waktu dan kandungan yang sesuai harus di perhitungkan juga supaya nutrisi bayi selalu terpenuhi dengan baik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 🙂

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • pola makan bayi 6 bulan
  • pola fungsi untuk bayi
Pola Makan Sehat Bayi Mulai Usia 6 Bulan | Doktersehat | 4.5
/* */