Kumpulan Penyakit

7 Jenis Penyakit Karena Adanya Kelainan Pada Mata

Penyakit Karena Kelainan Pada Mata

Sumber : Google.com

Penyakit Karena Kelainan Pada Mata – Tidak perlu ditanyakan lagi fungsi dari organ mata kita yang kita miliki. Yang harus kita lakukan pada mata kita adalah menjaga dan merawatnya dengan baik, agar mata kita bisa terus sehat dan mampu menjalankan fungsinya secara normal. Sebab jika kita mengabaikan kesehatan mata, tentunya secara perlahan mata kita akan mengalami berbagai masalah yang akhirnya dapat membuat penglihatan kita menjadi terganggu bahkan bisa saja mata kita tidak dapat digunakan untuk melihat sama sekali.

Ada banyak gangguan yang dapat menyerang mata kita, selain itu adanya faktor lain seperti usia, kurangnya mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata tentu akan menyebabkan masalah pada mata. Beberapa penyakit mata yang dapat timbul akibat terjadi kelainan pada mata, diantaranya adalah sebagai berikut.

Inilah Penyakit Mata yang Timbul Akibat Terjadi Gangguan Pada Mata

  1. Kebutaan.

Penyakit mata yang menjadi momok paling menakutkan adalah masalah kebutaan. Kebutaan adalah kondisi yang menyebabkan persepsi visual menurun akibat adanya faktor fisiologis sehingga dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan.  Untuk masalah kebutaan ini akan berbeda jauh dengan gangguan pada mata lainnya, karena kebutaan ini tidak dapat ditolong dengan bantuan kacamata sekalipun.

Kebutaan ini di bagi menjadi dua yaitu, kebutaan parsial dan kebutaan lengkap. Untuk kebutaan parsial adalah kebutaan yang membuat pandangan menjadi sangat terbatas, sedangkan kebutaan lengkap adalah kebutaan yang akan membuat pandangan benar-benar hilang dan mata sudah tidak dapat melihat apa-apa lagi.

Penyebab masalah kebutaan diantaranya adalah :

  • Degenerasi makula dapat menjadi salah satu penyebab masalah kebutaan. Hal ini akan terjadi secara perlahan namun otomatis akan membuat fungsi penglihatan menjadi semakin menurun dan bisa membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk bisa melihat secara jelas.
  • Glaukoma yang diderita oleh seseorang juga akan memicu kondisi mata yang akhirnya bisa membuat masalah kerusakan di bagian saraf optik. Hal ini secara perlahan akan membuat masalah kebutaan bagi para penderitanya.
  • Adanya riwayat penyakit diabetes yang tidak terkontrol.
  • Akibat kecelakaan yang dapat mengakibatkan cedera pada mata.
  • Akibat terjadinya luka di permukaan mata.

Pada masa sekarang ini masalah kebutaan masih dapat di sembuhkan dengan jalan implan steroid dengan menggunakan suntikan yang akan melepaskan obat anti inflamasi di dekat bagian retina mata. Akan tetapi untuk melakukan pengobatan ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga hanya segelincir orang saja yang dapat menikmatinya.

  1. Pterygium.

Pterygium adalah jenis penyakit yang menyerang mata yang dapat diketahui dengan adanya tanda pertumbuhan selaput tipis di bagian konjungtiva. Selaput tipis ini akan menutupi bagian putih di mata yang akhirnya dapat menyebar ke bagian kornea mata. Penyebab dari penyakit pterygium hingga saat ini belum dapat di temukan secara pasti, namun pada seseorang yang sering terpapar sinar matahari, angin serta debu akan berisiko besar menderita penyakit pterygium ini. Sehingga tak heran jika sebagian besar penderita pterygium ini adalah mereka yang menjalani banyak aktivitas diluar ruangan seperti petani, nelayan dan juga orang-orang yang bertempat tinggal di daerah yang berdekatan dengan garis khatulistiwa.

Pterygium adalah jaringan non kanker yang dapat tumbuh dengan cepat dan melakukan perluasan di bagian kornea mata. Dengan demikian, penderita pterygium akan mengalami gangguan pada penglihatannya yang terasa silau dan kabur. Gejala dari penyakit pterygium adalah mata yang selalu berair dan gatal, serta sering merasa ada sesuatu yang mengganjal pada area mata. Namun tidak semua orang yang menderita pterygium merasakan gejala-gejala tersebut.

  1. Astigmatisma.

Astigmatisma atau silindris ini adalah suatu keadaan dimana penglihatan terlihat kabur. Hal ini dapat terjadi akibat bentuk kornea yang tidak beraturan yaitu bagian lensa mata mempunyai cekungan yang berbeda di bagian tengah dan juga di bagian pinggirnya. Penderita astigmatisma akan melihat benda disekitarnya yang jumlahnya hanya 1 namun dalam pandangannya bisa menjadi 2.

Astigmatisma akan menimbulkan gejala mata yang cepat merasa lelah, muncul sakit kepala disebelah kiri dan penglihatan yang kabur. Untuk membantu para penderita astigmatisma kini sudah tersedia kacamata berlensa silindris dan bisa juga menjalani beberapa pengobatan seperti perawatan laser, orthokeratology dan juga operasi.

  1. Buta Warna.

Pada kasus buta warna umumnya mata akan merasa bermasalah pada penglihatannya yang disebabkan  oleh adanya butiran sensor warna di sel saraf dalam mata. Seseorang yang mengalami buta warna akan merasa kesulitan saat harus membeda-bedakan warna seperti merah, kuning, hijau atau biru.

Biasanya buta warna yang terjadi pada seseorang disebabkan karena adanya faktor genetik yang mana hal itu tidak bisa untuk disembuhkan, namun dapat dibantu menggunakan kacamata lensa warna yang berguna untuk mengurangi dampak buruk yang akan ditimbulkan dari buta warna ini. Dengan memakai kacamata lensa warna akan membuat penderita lebih mudah untuk membedakan warna.

  1. Presbiopi.

Presbiopi atau mata tua ini merupakan salah satu penyakit mata yang terjadi akibat adanya faktor usia. Para penderita presbiopi ini tidak dapat melihat benda yang berada di depannya secara fokus, terlebih untuk melihat benda yang jaraknya jauh. Penyakit presbiopi terjadi akibat adanya gangguan dalam sistem pembiasan pada mata. Sehingga membuat mata tidak dapat fokus pada cahaya yang telah masuk secara langsung pada retina karena adanya pengerasan lensa mata.

Semakin bertambahnya usia seseorang, akan membuat elastisitas otot mata yang berada di area sekitar mata menjadi berkurang. Dan hasilnya akan membuat orang tersebut merasa kesulitan untuk dapat melihat benda secara fokus.  Untuk membantu penglihatan mata agar lebih baik, maka disarankan untuk memakai kacamata berlensa cekung serta cembung.

  1. Rabun Dekat.

Selanjutnya untuk penyakit mata yang disebabkan adanya permasalahan pada mata adalah rabun dekat atau yang sering disebut dengan istilah hipermetropi. Rabun dekat merupakan masalah pada penglihatan yang diakibatkan oleh adanya lensa mata yang bentuknya terlalu pipih. Sehingga akan membuat bayangan benda yang dilihatnya terbentuk di bagian belakang retina dan membuat penderita tidak dapat melihat benda-benda dengan jarak yang dekat. Agar penglihatan dapat kembali normal, penderita rabun dekat membutuhkan bantuan kacamata berlensa cembung atau positif.

  1. Rabun Jauh.

Kebalikan dari rabun dekat, penyakit rabun jauh akan membuat penderitanya tidak bisa melihat benda yang jaraknya terlalu jauh dari pandangan mata. Biasanya penderita rabun jauh ini masih mempunyai garis keturunan dinamakan ayah atau ibunya menderita gangguan pada mata seperti miopi. Namun hal ini juga dapat di picu oleh adanya faktor lain seperti kekurangan vitamin A dalam tubuhnya.

Mulai sekarang jagalah dan rawat dengan baik mata yang kita punya, jangan sampai penyakit mata datang menghampiri dan mengganggu penglihatan kita. Demikian ulasan yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai penyakit karena kelainan pada mata. Semoga bermanfaat dan Terima kasih 🙂

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • kelainan pada mata
  • kelainan mata
  • jenis penyakit yang tumbuh di permukaan mata
  • mereka yang mengalami gangguan dalam penglihatan diakibatkan oleh kelainan atau keeysakan pada organ penglihatan dinamakan
  • penyakit yang menggunakan kacamata berlensa cekung adalah penyakit
7 Jenis Penyakit Karena Adanya Kelainan Pada Mata | admin Kesehatan | 4.5
/* */