Kumpulan Penyakit

5 Macam Penyakit Jantung – Tanda Gejala dan Penyebabnya

penyakit-jantung

penyakit-jantung

Penyakit Jantung Pada Pria dan Wanita – Jantung adalah Organ vital pada tubuh yang terletak disebelah dada kiri dan mempunyai ukuran sebesar kepalan tangan masing-masing orang. Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah keseluruh tubuh agar seluruh tubuh manusia dapat terisi darah secara merata, kenapa tubuh mahluk hidup harus dialiri darah??

Karena setiap sel-sel maupun jaring tubuh membutuhkan banyak sekali nutrisi agar dapat hidup maka dari itu darah yang dipompakan oleh jantung mengandung berbagai macam kandungan mulai dari air,nutrisi, vitamin dan sumber oksigen yang sangat dibutuhkan bagi sel-sel dan jaringan tubuh mahluk hidup. Sudah faham tentang apa itu jantung sekarang mari kita simak penjelasan pada macam – macam tanda gejala penyebab penyakit jantung pada pria dan wanita.

Macam-Macam Penyakit Jantung dan Penyebabnya

1. Penyakit Jantung Koroner (PJK)

penyakit jantung koroner

penyakit jantung koroner

Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit yang paling  sering dan paling banyak diderita dari macam-macam penyakit jantung yang lain. Penyakit jantung koroner dikenal dengan sebutan nama The Silent Killer yang berarti pembunuh secara Perlahan, penyakit jantung koroner sendiri merupakan jenis penyakit tidak menular tapi menjadi penyebab kematian akibat penyakit jantung tertinggi didunia. Di negara Indonesia juga, penyakit jantung koroner  diperkirakan 30% kematian yang telah terjadi. Bahkan pada 5 tahun terakhir Penyakit jantung koroner sudah mengalami peningkatan yang drastis.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab penyakit jantung koroner yaitu dikarenakan sumbatan kolesterol lemak atau disebut Aterosklerosisi  pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai darah keseluruh tubuh menjadi tidak lancar dan suplai darah menjadi terhambat. Hal ini terjadi karena gaya hidup sesorang mulai dari makan, kebiasaan merokok dan juga malas berolah raga.

2. IMA ( Infark Miokard Akut )

IMA ( Infark Miocard Akut )

IMA ( Infark Miokard Akut )

IMA ( Infark Miokard Akut ) adalah kematian pada otot jantung  yang diakibatkan kelanjutan dari penyakit jantung koroner.

Penyebab IMA ( Infark Miokard Akut )

Penyebab IMA ( Infark Miokard Akut ) dari penyumbatan kolesterol dalam pembuluh darah otot dari jantung  akan mengalami kelemahan sampai kematian otot jantung.

3. Gagal Jantung

Gagal Jantung

Gagal Jantung

Gagal jantung adalah saat jantung gagal memompa darah keseluruh tubuh sehingga pasokan darah keseluruh tubuh tidak terpenuhi dengan baik, bisa dibilang penyakit ini juga merupakan akibat dari penyakit jantung koroner.

Penyebab  Gagal Jantung

Penyebab Gagal Jantung  adalah bisa dibilang komplikasi dari penyakit jantung koroner atau bisa karena gaya hidup dan aktivitas yang berat, sehingga menyebabkan jantung menjadi gagal memompa darah keseluruh tubuh dan menyebabkan kematian.

4. Aritmia (Atrial Fibrilasi atau Fibrilasi Atrial)

Aritmia (Atrial Fibrilasi atau Fibrilasi Atrial)

Aritmia (Atrial Fibrilasi atau Fibrilasi Atrial)

Aritmia (Atrial Fibrilasi atau Fibrilasi Atrial) adalah gangguan irama kecepatan jantung dan pencetusnya adalah kelistrikan pada jantung yang menyebabkan irama pada jantung berubah secara drastis dan jantung gagal memompa, karena jantung sendiri dapat memompa dikrenakan adanya sisitem kelistrikan yaitu mulai dari SA Node, AV Node dan Serabut Purkinje yang merupakan penghasil listrik yang membantu jantung untuk berdetak dalam kehidupan jantung manusia

Penyebab Penyakit Jantung Aritmia (Atrial Fibrilasi) adalah terjadinya suatu keracunan alkohol yang terlalu banyak, hal ini lebih ditemukan pada peminum dan pada orang yang tidak suka olahraga, karena dengan olahraga sistem kelistrikan jantung akan tetap terjaga dan stabil.

5. Kelainan Katup Jantung

Kelainan Katup Jantung

Kelainan Katup Jantung

Kelainan Katup Jantung adalah jenis penyakit yang sering diderita pada bayi baru lahir maupun anak yang sudah dewasa dan orang tua, kelainan katup jantung sendiri sebagai pengontrol darah agar dapat berjalan baik sesuai alurnya, sehingga darah kotor dan darah bersih tidak akan tercampur. Anak atau orang dengan kelainan katup jantung ini biasanya akan mengalami gatal seluruh kulit dan juga perubahan warna kulit dan hal ini dapat meracuni tubuh.

Penyebab Kelainan Katup Jantung

Penyebab Kelainan Katup Jantung adalah jika ditemukan sejak lahir berarti terjadi kesalahan pada organ atau kelainan genetik dan jika ditemukan saat dewasa berarti terjadinya infeksi oleh virus maupun bakteri pada jantung  bisa juga oleh salah penggunaan obat.

Baca Juga:

Tanda Gejala Penyebab Penyakit Jantung Pada Pria dan Wanita

Tanda Dan Gejala Penyakit Jantung

Tanda Dan Gejala Penyakit Jantung

1. Irama Detakan Jantung Tidak teratur

Tanda gejala penyakit jantung ini yang paling umum ditemukan pada pasien dengan kelainan penyakit jantung. Karena jantung yang tidak memiliki kelainan pada dasarnya nada atau irama detakan yang dapat di dengarkan adalah LUB dan DUB dan nada ini akan didengarkan pada jantung yang sehat, jika ada perubahan bunyi irama detakan pasti bisa karena terjadi kelainan atau selesai melakukan olah raga.

2. Cepat Lelah

Cepat Lelah Hal ini tanda yang sering dilihat juga dari pasien yang menderita  penyakit jantung. Cepat lelah ini dikarenakan oleh adanya suplai Air, oksigen dan nutrisi sebagai bahan dasar metabolisme agar manusia mempunyai energi untuk melakukan kehidupan sehari-harinya.

3. Nafsu makan menurun

Nafsu makan menurun hal ini disebabkan oleh karena pada penyakit jantung ini merupakan penyakit yang sangat mempengaruhi organ tubuh yang lainnya seperti lambung pada lambung biasanya pada pasien dengan penyakit jantung akan merasa mual dan ingin muntah. Dan hal ini yang membuat nafsu makan menurun dan memperparah kondisi tubuh pasien.

4.  Penyakit Jantung Pada Pria dan Wanita

Penyakit jantung adalah penyakit yang dikatakan Universal karena bisa menyerang semua Jenis kelamin dan juga semua Umur tetapi penyakit jantung biasanya sering ditemukan pada laki-laki karena laki-laki memiliki tempramen yang sangat tinggi dan juga lebih dekat dengan yang namanya hidup tidak sehat seperti narkoba, merokok, alkohol dan lainnya.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Tidak ada orang yang meminta atau menginginkan penyakit jantung tapi yang namanya penyakit datang karena kesalahan dari diri setiap insan dan Cara Mencegah Penyakit Jantung itu harus dengan hidup yang sehat, dan kesehatan itu adalah keinginan semua orang, dan cara hidup yang sehat itu harus ada yang dilakukan lebih ekstra seperti hal seperti dibawah ini agar dapat mencegah penyakit jantung.

1. Kurangi Makanan Berlemak Dan Hindari Makanan Berkolesterol

Kenapa harus mengurangi yang berlemak dan tidak makan makanan yang berkolesterol jika banyak maka akan menyebabkan kegemukan dan kemudian anda akan malas beraktivitas karena aktivitas dan olah raga adalah cara menjaga jantung supaya tetap sehat lalu jangan makan makanan yang berkolesterol hal  ini harus dilakukan karena awal dari penyakit jantung koroner adalah disebabkan penumpukan kolesterol pada pembuluh darah. Yang dapat menyebabkan banyak sekali jenis-jenis penyakit jantung.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Minum air putih adalah hal sepele yang terkadang banyak dilupakan orang, kita harus tahu  bahwa 80 % tubuh manusia terdiri dari air, dan manfaat air bagi tidak dapat terhitung lagi pada jantung sendiri meminum air akan medapat manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung diantaranya untuk tetap menjaga pembuluh darah bersih dari kolesterol dan juga organ organ yang lainnya.

3. Olah raga

Olahraga merupakan hal yang harus dan wajib dilakukan oleh setiap manusia agar kesehatan dari organ organ tubuh manusia tetap sehat. Tidak terkecuali pada jantung kenapa demikian ? karena jantung akan terlatih dengan baik saat melakukan olahraga dan juga banyak lemak serta kolesterol yang ada pada pembuluh darah  akan hilang dan tidak akan mengakibatkan terjadinya penyakit jantung koroner dan komplikasi penyakit lainnya

4. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah hal yang wajib bagi seluruh manusia karena maksimal orang dapat bekerja itu hanya satu hari saja kira – kira sampai 12 jam, dan dengan istirahat yang cukup juga jantung akan kembali beristirahat maksudnya istirahat adalah memperlambat irama yang terlalu cepat agar tetap stabil dalam irama yang normal.

Sekian yang dapat dijelaskan tentang Bahanya Penyakit Jantung diatas, semoga ulasan sedikit yang sudah diberikan dapat membantu anda dan keluarga bisa mengerti apa itu penyakit jantung dan bagaimana harus menjaganya, semoga sehat selalu. Terima kasih 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • gejala penyakit jantung
  • penyakit jantung
  • jenis penyakit jantung dan gejalanya
  • kumpulan gejala organ tubuh kesehatan
  • macam macam penyakit jantung
  • macam macam penyqkit ja
  • macam-macam penyakit jantung dan
  • penyakit jantung dan penyebabnya
5 Macam Penyakit Jantung – Tanda Gejala dan Penyebabnya | admin Kesehatan | 4.5
/* */