Kumpulan Penyakit

Penyakit Hepatitis – Gejala, Penyebab, Jenis dan Pengobatan

Pengetian Penyakit Hepatitis pastinya anda semua sudah sering mendengar nama penyakit ini. Namun tahukah anda, apa itu penyakit Hepatitis? Hepatitis adalah jenis penyakit yang dapat menyerang pada organ hati manusia. Pada kondisi ini, organ hati atau liver mengalami peradangan yang menyebabkan fungsi hati yang menjadi tempat untuk menyaring racun-racun dalam darah menjadi terganggu. Jika organ hati kita terganggu, maka secara otomatis dapat mengganggu organ tubuh lainnya yang tentunya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Akibat lain dari gangguan hati ini yaitu organ hati akan menolak darah yang mengalir sehingga dapat menyebabkan terjadi tekanan darah tinggi dan bahkan dapat berpotensi pecah pada pembuluh darah.

Penyakit Hepatitis

Penyakit Hepatitis

Penyebab Penyakit Hepatitis

Penyebab terjadinya kerusakan pada fungsi hati yaitu dapat disebabkan oleh karena seseorang sering mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan atau juga dapat disebabkan karena adanya racun yang dapat membebani kerja organ hati dan menyebabkan fungsi hati mengalami kerusakan. Tetapi pada sebagian banyak kasus yang terjadi. Penyakit Hepatitis ini lebih sering disebabkan oleh adanya virus yang ditularkan oleh seseorang yang menderita penyakit hepatitis.

Virus hepatitis sendiri terdiri dari 5 jenis yang diberi nama sesuai dengan abjad yaitu virus hepatitis A (VHA), hepatitis B (VHB), hepatitis C (VHC), hepatitis B (VHD) dan juga hepatitis E (VHE). Semua virus hepatitis terus mengalami perkembangan dan bahkan diperkirakan ada sekitar 3 jenis virus yang masih berpotensi menyebabkan penyakit hepatitis.

Inilah Gejala Penyakit Hepatitis

Pada umumnya, penyakit hepatitis sering menimbulkan beberapa gejala hepatitis seperti timbulnya rasa nyeri pada perut bagian kanan, badan terasa lemas, sering mual, mengalami demam dan juga diare. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi sering ditemukan gejala-gejala seperti terserang flu dan menderita sakit kuning yang ditandai dengan kulit dan mata berwarna kuning. Namun gejala dari penyakit hepatitis ini tidak selalu tampak dengan jelas, terutama pada beberapa kasus yang dapat menimpa usia anak-anak.

Virus hepatitis dapat berpindah dari penderita hepatitis kepada orang yang sehat, jika sistem kekebalan seseorang sedang lemah, maka virus tersebut akan menyerang seseorang yang meskipun virus tersebut bisa dihilangkan dengan antibodi orang itu sendiri apabila sistem kekebalan tubuhnya sedang dalam kondisi baik. selanjutnya apa saja jenis-jenis Virus hepatitis?? simak dibawah ini.

Jenis – Jenis Virus Hepatitis

1. Virus Hepatitis A

Jenis Jenis Hepatitis A biasanya ditemukan pada kotoran dari si penderita itu sendiri dan virus ini mampu bertahan hidup pada air dan juga es batu. Virus ini dapat menyebar melalui air minum yang telah tercemar oleh virus HVA atau ketika mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan cara yang tidak tepat, sehingga virus tersebut bisa hidup pada makanan tersebut. Selain itu, penularan virus VHA juga bisa terjadi ketika memakan makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, karena kemungkinan tangannya terdapat virus VHA. Tidak mencuci tangan dengan baik sehabis BAB juga dapat menyebabkan penularan virus tersebut.

2. Virus Hepatitis B

Penularan virus hepatitis B (VHB) ini biasanya dapat terjadi melalui darah atau cairan melalui cairan tubuh seperti air liur, sperma ataupun cairan vagina yang dapat masuk ke dalam aliran darah orang yang sehat. Hal ini dikarenakan, virus hepatitis B terdapat dalam aliran darah dan cairan tubuh. selain itu, perpindahan virus hepatitis B juga dapat berpindah melalui transfusi darah, pisau cukur, gunting kuku, perawatan gigi, jarum suntik atau jarum yang digunakan untuk membuat tato. Bahkan darah yang sudah kering dari orang yang terjangkit virus hepatitis B masih dapat menular ke orang lain selama 1 minggu ketika darah tersebut menempel pada suatu benda. Penularan juga dapat terjadi pada janin yang ada di dalam kandungan karena sang ibu yang sudah terinfeksi dan juga dapat menular melalui hubungan badan.

3. Virus Hepatitis C

Sistem penularan dari virus hepatitis C ini hampir sama dengan penularan virus hepatitis B, hanya saja sebagian besar kasus dikarenakan pemakaian jarum suntik.

Pengobatan Penyakit Hepatitis

1. Penanganan Dari Dini

Pengobatan penyakit hepatitis sebaiknya dilakukan sejak dini, sehingga penderita hepatitis dapat disembuhkan. Jika penanganan hepatitis terlambat, maka virus hepatitis akan semakin merusak organ hati dan bahkan dapat berpotensi menjadi kanker. Karena terkadang tidak menampakkan suatu gejala yang jelas, banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya terinfeksi virus hepatitis dan ketika mengetahuinya organ hati sudah terlanjur mengalami kerusakan yang sudah cukup parah.

2. Pemberian Vaksin

Melakukan vaksinasi menjadi salah satu solusi terbaik agar seseorang memiliki antibodi yang lebih kuat dan dapat mencegah penularan virus hepatitis A dan hepatitis B, namun untuk jenis virus hepatitis C tidak ada vaksinasi yang bisa diberikan untuk mencegahnya, meskipun seseorang belum terindikasi virus hepatitis, tetapi pemberian vaksin mampu mencegah terjadinya kerusakan pada organ hati yang disebabkan oleh virus ini, karena gejala hepatitis kemungkinan bisa terjadi setelah puluhan tahun kemudian. Pemberian vaksinasi hepatitis ini sebaiknya diberikan ketika masih anak-anak, karena sistem kekebalan tubuh mereka masih sangat lemah dalam membersihkan virus hepatitis dibandingkan dengan sistem kekebalan pada orang dewasa.

3. Pencangkokan Organ Hati

Melakukan pencangkokan hati sangat perlu dilakukan ketika organ hati sudah rusak parah. Akan tetapi, penanganan ini sangat sulit untuk dilakukan karena ketersediaan pendonor hati yang ada sangat sedikit dibandingkan dengan daftar tunggu dari para pasien penderita yang membutuhkan donor hati. Hal ini dikarenakan, sulitnya mencari pendonor organ hati.

4. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Para penderita penyakit hepatitis harus memperbanyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi, sehingga kebutuhan nutrisi tubuh akan terus terpenuhi yang menjadikan sistem kekebalan tubuh mampu melawan serangan virus ini dan mencegahnya agar virus tidak bertambah banyak yang dapat menggerogoti organ hati dan organ tubuh lainnya.

5. Istirahat yang cukup

Dengan istirahat yang cukup akan membantu mengembalikan stamina dan kondisi tubuh semakin baik.

6. Olahraga Teratur

Melakukan olahraga teratur sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu melawan serangan virus hepatitis.

Obat Alami Hepatitis A, B, C

Penyakit hepatitis juga ternyata dapat diatasi dengan cara pengobatan alami. Berikut ini merupakan beberapa jenis tanaman obat yang efektif untuk mengobati penyakit hepatitis A, B dan C, yaitu :

1. Buah Noni

Buah Noni atau juga dikenal dengan sebutan Buah Mengkudu adalah jenis buah yang memiliki segudang manfaat bag kesehatan, salah satunya yaitu dapat mencegah dan mengobati penyakit hepatitis. Caranya yaitu cukup dengan rutin minum air perasan atau jus buah mengkudu setiap hari, maka akan menurunkan resiko terkena penyakit hepatitis dan bagi yang sudah terinfeksi berangsur-angsur akan membaik.

2. Mahkota Dewa

Mahkota Dewa mengandung banyak sekali zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti kandungan flavanoid, mengandung minyak atsiri dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti penyakit hepatitis. Mengkonsumsi ramuan obat dari Mahkota Dewa mampu mengurangi resiko hepatitis dan juga mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Baca Juga:

Penyakit hepatitis jika tidak segera mendapatkan penanganan dengan tepat, maka dapat berdampak fatal dan bahkan sangat mematikan.

Demikianlah ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai gejala pengobatan dan penyebab penyakit hepatitis, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca semua. 🙂

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • gejala dan cara pengobatan hepatitis
  • hepatitis adalah jenis penyakit yang menyerang organ tubuh manusia bagian
  • Mengapa penyakit hepatitis dapat mengganggu proses mengedarkan sari-sari makanan
  • penyakir hepatitis dan penyebabnya
  • virus yang menyerang penyakit hepatitis
Penyakit Hepatitis – Gejala, Penyebab, Jenis dan Pengobatan | Doktersehat | 4.5
/* */