Kumpulan Penyakit

10 Penyakit Berbahaya dan Mematikan yang Perlu Diwaspadai

Penyakit Berbahaya dan Mematikan

Sumber : Google.com

Penyakit Berbahaya dan Mematikan Diwaspadai – Berbicara soal penyakit memang terkadang membuat kita merasa ngeri sendiri, terlebih jika penyakit tersebut termasuk kedalam jenis penyakit berbahaya yang sering berujung pada kematian. Tentunya siapapun orangnya pasti tidak ingin tubuhnya sampai terserang oleh penyakit, begitupun juga kita. Namun terkadang yang namanya penyakit, masih juga bisa menyerang tubuh meskipun kita sudah berusaha untuk menjaga kesehatan. Tubuh kita memang begitu rentan dengan segala penyakit, terlebih saat kondisi tubuh melemah.

Ada banyak penyakit menular, penyakit yang berbahaya dan mematikan disekitar kita. Untuk itu penting bagi kita agar mengetahui segala jenis macam penyakit, terlebih untuk jenis penyakit berbahaya yang dapat menelan jiwa penderitanya. Beberapa jenis penyakit berbahaya dan mematikan yang perlu untuk kita ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

Jenis Penyakit Berbahaya dan Sangat Mematikan

  1. HIV Atau AIDS.

HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan penyakit mematikan yang menyerang dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Apabila daya tahan tubuh melemah maka tubuh akan sangat mudah untuk diserang berbagai penyakit menular khusunya seperti batuk, pilek, cacar dan sebagainya. Tubuh kita memiliki sel T dan CD4 yang berfungsi untuk mencegah datangnya penyakit, namun jika tubuh sudah diserang oleh virus HIV, maka sel-sel tadi akan diserang oleh virus HIV sehingga tidak dapat lagi menjalankan tugasnya sebagai penangkal penyakit. Hal ini tentu sangat membahayakan kondisi tubuh, karena segala macam penyakit dapat masuk dan merusak seluruh organ di dalam tubuh dan besar kemungkinan dapat menyebabkan kematian. Penyebab AIDS adalah penggunaan jarum suntik secara bersamaan, seks bebas dan akibat pemakaian narkoba.

  1. Leukimia.

Leukimia atau penyakit kanker darah juga sudah dinobatkan sebagai penyakit berbahaya yang mematikan. Penyakit leukimia ini disebabkan adanya pertumbuhan sel-sel pembentuk darah pada sum-sum tulang belakang serta di jaringan limfoid, yang umumnya terjadi pada sel darah putih dalam tubuh. Terlalu tinggi jumlah sel darah putih inilah yang akhirnya akan mengganggu kinerja dari sel darah merah. Leukimia umumnya diderita oleh orang dewasa.

  1. Penyakit Ebola.

Penyakit ebola juga merupakan jenis penyakit berbahaya dan paling mematikan didunia, bahkan angka kematiannya mencapai 100 persen. Penyakit ini disebabkan oleh adanya virus ebola, yang akan menyerang penderitanya dan jika sudah terkena virus ebola ini maka penderita sudah tidak lagi memiliki harapan hidup, karena pasti akan mengalami kematian hanya dalam waktu 6 sampai 20 hari saja. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk menangani penyakit ebola ini.

  1. Penyakit Jantung Koroner.

Penyakit jantung koroner atau iskemik adalah salah satu penyakit paling berbahaya, yang sudah banyak memakan banyak nyawa dari para penderitanya. Semua orang berpotensi terserang penyakit ini, apalagi untuk pria dengan usia dewasa. Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah serta oksigen yang akan menuju ke jantung. Hal ini dapat mengakibatkan infrak miokart pada organ jantung. Jika kinerja jantung yang dikenal sebagai sentral untuk mengalirkan darah dan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh terutama otak, mengalami gangguan. Maka akan membuat kekacauan disemua organ tubuh dan hal ini tentu akan berdampak pada kematian. Penyebab penyakit jantung koroner dikarenakan adanya kadar kolesterol tinggi, hipertensi, dan malas untuk berolahraga.

  1. Penyakit Stroke.

Di jaman sekarang, jumlah penderita penyakit stroke terus bertambah dan meningkat. Stroke juga masuk kedalam deretan penyakit berbahaya yang sering menimbulkan kematian. Stroke merupakan gangguan pada fungsi otak akibat kerusakan atau terhambatnya aliran darah yang akan menuju ke otak ini. Apabila otak kita tidak mendapatkan asupan darah dan juga oksigen yang cukup, maka akan membuat sel-sel di otak akhirnya mati. Dan jika organ otak ini sudah tidak berfungsi, siapa yang akan memegang kendali atas gerakan semua organ didalam tubuh? Penyebab stroke antara lain adanya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, sering mengkonsumsi makanan berlemak dan kurang berolahraga.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi saluran nafas atas atau penyakit ISPA adalah salah satu jenis infeksi paling mematikan yang perlu untuk kita waspadai. Infeksi ini akan membuat kerusakan pada sistem pernapasan yang akan membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk bernapas. Bahkan saking sulitnya untuk bernapas, bisa mengakibatkan napas terhenti dan berpotensi pada kematian.  Infeksi saluran pernapasan atas ini sering terjadi pada anak-anak.  Dan untuk gejalanya adalah sakit kepala, pilek, bersin-bersin dan gangguan pada tenggorokan. Penyebab infeksi ini adalah akibat polusi udara, lingkungan yang sangat padat penduduk dan lain sebagainya.

  1. Komplikasi Perinatal.

Penyakit ini juga masuk dalam golongan penyakit berbahaya dan mematikan, yang akan dialami oleh wanita hamil. Komplikasi perinatal dapat terjadi pada saat ibu hamil dan juga pada saat terjadi proses persalinan. Komplikasi perinatal ini berbentuk pendarahan, infeksi dan juga karena melakukan aborsi yang tidak aman.

  1. Tuberkulosis atau TBC.

TBC juga salah satu penyakit berbahaya yang mematikan yang harus benar-benar kita waspadai. Sebab ada banyak dan semakin banyak penderita TBC ini setiap tahunnya. Penyakit TBC adalah penyakit yang menyerang organ paru-paru yang juga bisa menyerang organ lainnya dalam tubuh. Penyakit ini sangat mudah untuk disebarkan, karena dapat menular kepada orang lain hanya lewat kontak udara dengan penderita.

  1. Penyakit Kanker.

Selanjutnya untuk penyakit berbahaya yang mematikan adalah penyakit kanker. Penyakit kanker terkenal sebagai penyakit pembunuh paling banyak didunia. Kanker merupakan jenis penyakit yang terjadi karena adanya kelainan pada sel tubuh yang terjadi secara pesat dan tidak terkendali. Dan jika sel ini terus berkembang maka dapat merusak seluruh organ di dalam tubuh dan tentunya akan berujung pada kematian.

  1. Diare.

Jangan anggap sepele penyakit seperti diare ini. Karena ternyata diare justru menjadi salah satu penyakit berbahaya yang dapat membuat kematian pada penderitanya. Diare dapat menimbulkan luka, adanya alergi kuman fructose, lactose dan juga akibat kelebihan vitamin C. Diare akan menyerang sistem pencernaan dan melemahkan kondisi tubuh yang dapat membuat penderitanya merasakan lemas yang amat sangat. Bahkan diare akan membuat nafsu makan menjadi hilang dan akhirnya tubuh akan kekurangan asupan nutrisi dan bisa berisiko pada kematian jika tidak segera diatasi. Penyebab diare adalah makanan yang tidak sehat atau tidak bersih, alergi terhadap susu, keracunan dan lain-lain.

Itulah 10 daftar penyakit berbahaya dan mematikan yang mewakili banyaknya penyakit lain yang lebih ganas dan sangat mematikan. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk bisa terus menjaga kesehatan dan menghindari segala faktor penyebabnya.

Semoga ulasan yang telah kami bagikan diatas bisa menjadi panduan untuk anda dapat mewaspadai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan diri anda, sebaiknya sering dan rutin memeriksakan kesehatan ke dokter agar penyakit yang kronis atau mematikan bisa di deteksi secepat mungkin. sekian dan terima kasih. 🙂

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • penyakit berbahaya
  • penyakit mematikan
  • penyakit yang berbahaya
  • penyakit bahaya
  • penyakit berbahay
  • penyakit penyakit berbahaya dan harus diwaspadai
  • penyakit menular mematikan
  • penyakit memati
  • Peyakit ber
  • pemyakit b
  • pemyakir berbahaya
  • macam macam sel yang berbahaya di tubuh
  • macam macam penyakit berbahaya
  • jenis penyakit yg membahayakan
  • cara terserang penyakit mematikan
10 Penyakit Berbahaya dan Mematikan yang Perlu Diwaspadai | admin Kesehatan | 4.5
/* */