Kumpulan Penyakit

13 Obat Biduran Alami dan Generik Paling Ampuh

Obat Biduran – Pernahkah anda mengalami kondisi dimana kulit menjadi bercak-bercak berwarna merah? Terasa sangat gatal dan perih? Tandanya, anda mengalami urtikaria, atau yang lebih di kenal oleh masyarakat sebagai penyakit biduran. Awal mula kulit dapat terserang biduran yaitu dikarenakan sebuah reaksi terhadap bermacam-macam sebab.

Paling umum, biduran terjadi karena kulit terpapar oleh reaksi alergi. Banyak pemicu terjadinya alergi, bisa jadi karena bahan-bahan kimia pada makanan, sengatan serangga, obat-obatan, terkena sinar matahari langsung, atau pemicu alergi yang paling sering terjadi yaitu disebabkan oleh kandungan kimia pada kosmetik. Penyebab-penyebab inilah yang akhirnya membuat kulit mengeluarkan senyawa kimia yang dalam bahasa kedokteran disebut histamin. Histamin ini akan menyebabkan pelepasan plasma dalam darah, sehingga terjadilah rasa gatal pada kulit dan akhirnya menjadi biduran.

Obat Biduran Paling Manjur

Obat Biduran

Obat Biduran

Perlu kita ketahui bahwa, biduran dapat berubah menjadi akut dan kronis. Apabila kondisi biduran menjadi akut, cobalah mencari tahu asal penyebabnya. Mulailah memperhatikan lingkungan di sekitar anda. Bisa jadi, anda yang terkena biduran akut karena alergi terhadap debu, serbuk sari, bulu kucing, atau gigitan serangga. Selain itu, anda perlu berhati-hati memilih jenis makanan untuk dikonsumsi, tidak dapat dipungkiri beberapa jenis makanan juga bisa menjadi pemicu biduran.

Apabila biduran sudah memasuki tahap kronis, perlu diketahui bahwa tanda-tanda penyakit tipe ini berlangsung lebih dari enam minggu. Kronis maksudnya penyakit ini bersifat kambuhan. Biduran akan muncul dan hilang dalam kurun waktu tertentu. Pemicu yang paling sering terjadi yaitu dikerenakan perubahan cuaca, mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi obat-obatan, atau anda terlalu stress. Perlu diwaspadai juga bahwa biduran terjadi karena memiliki riwayat medis seperti infeksi usus, dan hepatitis. Tapi, anda tidak perlu terlalu khawatir, karena penyakit biduran hanya berlangsung beberapa waktu saja.

Daftar Obat Biduran Generik Terbaik

Untuk pengobatan penyakit biduran, sesuaikan dengan kondisinya, apabila biduran akut, cobalah atasi dengan obat biduran generik :

1. Antihistamin

Obat yang mengandung antihistamin seperti loratadine, cetirizine, dan fexofenadine dapat menghentikan gatal-gatal dan mengurangi bilur yang muncul dengan cara menghambat histamin. sangat tdak diperbolehkan bagi wanita yang sedang mengandung

2. Kortikosteroid

Obat ini bekerja dengan cara menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh. Contoh obatnya adalah prednisolone. Obat ini tidak untuk dikonsumsi secara jangka panjang. Pemakaian untuk jangka panjang akan mengakibatkan  timbulnya efek samping seperti penyakit hipertensi, penyakit katarak, penyakit glaukoma, dan penyakit diabetes.

Lain halnya cara mengobati biduran kronis:

3. Antihistamin H1 dan H2.

Dosis yang bisa diminum disesuaikan dengan gejala yang dihadapi. Antihistamin H2 yang biasa diberikan adalah cimetidine, famotidine dan ranitidine. Pada saat kemunculan kemerahan dan ruam pada kulit, obat antihistamin H2 ini bisa anda gunakan untuk mengatasi ruam pada kulit dengan cara menyempitkan pembuluh darah. Antihistamin H2 memiliki efek samping seperti sakit kepala, diare dan pusing.

4. Omaluzimab.

Obat ini bisa mengurangi jenis antibodi dalam tubuh yang berperan menyebabkan biduran. Obat ini diberikan melalui suntikan.

Cara Mengobati Biduran Secara Alami

Selain diatasi menggunakan obat-obatan. Anda juga bisa mengatasi penyakit biduran dengan beberapa obat alami yang lebih herbal tanpa efek samping, mau tau apa saja obat alami untuk biduran? Simak berikut ini :

1. Air Degan Ijo

Memang, air degan ijo memiliki banyak kasiat. Salah satunya yaitu dapat menetralkan racun yang ada pada tubuh anda. Maka, air degan ijo sangat baik untuk menyembuhkan penyakit biduran. Minumlah air degan ijo secara rutin sampai biduran menghilang.

2. Bahan Dapur

Bahan alami yang selanjutnya adalah beberapa bahan dapur yang sering digunakan ibu untuk memasak. Kunyit, bawang merah, daun kelor, sambiloto dan adas. Masing-masing bahan memiliki takaran sendiri. Untuk kunyit sediakan 20 gram, kemudian tiga siung bawang merah, satu sendok adas, 30 gram daun kelor dan 10 gram sambiloto. Semua bahan di tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu rebus dengan menggunakan 600 cc air. Rebuslah ramuan-ramuan ini sampai air tersisah separuhnya, atau tersisa sepertiga air rebusan. Saring air rebusan lalu minumlah 2-3 kali sehari secara rutin. Niscaya, dengan meminum ramuan-ramuan ini, biduran anda akan segera sembuh.

3. Jahe Dan Cuka Beras Hitam

Jahe, adalah salah satu tanaman herbal yang banyak di pakai oleh masyarakat indonesia untuk dijadikan obat alternatif. Nah, untuk penyakit biduran, jahe juga bagus untuk menyembuhkannya. Campurlah jahe dengan cuka beras hitam, caranya dengan sediakan 100 cc cuka beras hitam dan 30 gram jahe. Tumbuklah jahe lalu kemudian rebuslah bersama cuka beras hitam, anda juga bisa menambahkan gula merah ke dalam rebusan. Minumlah air rebusan sebanyak 2 kali sehari.

4. Minyak Kayu Putih

Untuk pengobatan yang satu ini, semua orang sepertinya sangat memfavoritkan minyak kayu putih. Minyak kayu putih memang kaya akan kasiat. Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh, minyak kayu putih juga mampu meredahkan biduran anda dengan cara mengoleskannya ke area kulit yang terkena biduran. Biasanya, cara ini ampuh dalam mengatasi biduran.

5. Air Dingin

Siapa bilang air dingin hanya di pakai untuk minum saja, air dingin juga dipercaya untuk menghilangkan biduran. Caranya cukup sederhana, hanya dengan mengkopmreskan air dingin ke area kulit yang biduran. Tujuannya untuk mengurangi rasa gatal dan perih yang ditimbulkan karena biduran. Cara mengkompresnya pun cukup variatif, bisa dengan menggunakan warslap lalu oles-oleskan ke kulit, atau dengan menaruh air dingin ke dalam plastik lalu kompreskan ke kulit.

6. Daun Sirih

Selain digunakan untuk merawat organ kewanitaan, daun sirih juga dipercaya dapat mengatasi biduran pda kulit. Untuk menyembuhkan biduran menggunakan daun sirih, caranya sangatlah mudah, yaitu ambilah beberapa lembar daun sirih, cuci sampai bersih, kemudian rebuslah sampai air berubah warna. Kemudian saring air rebusan lalu minumlah ramuan air daun sirih. Apabila dilakukan secara rutin akan membantu mengobati penyakit biduran anda.

7. Temulawak Dan Buah Asem

Ada dua tanaman herbal yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah biduran anda. Temulawak dan buah asem. Rebuslah kedua bahan tersebut, anda juga bisa mengkombinasikan dengan gula aren bila ingin. Untuk temulawak, komposisi yang dianjurkan yaitu 15 gram. Rebuslah semuanya samapi air tersisa separuhnya. Setelah itu saring terlebih dahulu lalu biarkan air agak dingin, dan terakhir, minumlah ramuan tersebut.

8. Daun Jombang

Bukan kota jombang, tapi daun jombang. Tahukah anda, daun jombang salah satu obat alternatif untuk mengatasi biduran? Nah, untuk menyembuhkan menggunakan daun jombang cukup siapkan 300 gram daun jombang dan rebuslah dengan 400 cc air. Rebuslah airnya sampai tersisa setengahnya, lalu minumlah ramuan tersebut selagi hangat.

9. Air Hangat

Selain air dingin, air hangat juga bisa digunakan untuk meredahkan rasa gatal dari biduran. Caranya dengan memasukan air ke dalam botol kaca. Lalu kompreslah air hangat ke area kulit yang terkena biduran. Biasanya cara ini selain menghilangkan rasa gatal, juga dapat meredahkan biduran.

Demikian beberapa cara mengobati biduran secara alami. Anda bisa mencoba salah satunya untuk di coba. Semoga cara-cara tersebut ampuh untuk menyembuhkan biduran anda.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • obat biduran
  • obat biduren
  • obat bi
  • obat bidur
  • obat biduran paling ampuh
  • obat biduran alami
  • obat gatal biduran
  • biduran
  • obat bidura
  • obat untuk biduran
  • cara mengobati biduran
  • daftar nama obat biduran
  • obat gatal bidu
  • mengobati biduran
  • obatbiduran
13 Obat Biduran Alami dan Generik Paling Ampuh | Doktersehat | 4.5
/* */