Kumpulan Penyakit

Obat Batuk Pilek Bayi Alami dan Di Apotik Paling Ampuh

Obat Batuk Pilek Pada Bayi

Obat Batuk Pilek Pada Bayi

Obat Batuk Pilek Bayi – Dalam memberikan obat batuk kepada bayi tidak boleh dilakukan sembarangan, karena obat batuk yang dijual bebas di pasaran sangat tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi tanpa anjuran dari dokter.

Penyebab batuk yang terjadi pada bayi dan anak-anak sering kali disebabkan oleh karena iritasi atau bahkan infeksi pada tenggorokan, thrakea atau pada bagian organ paru-paru. Batuk sendiri sebenarnya suatu kondisi dimana tubuh sedang melakukan pembersihan terhadap benda asing atau molekul asing dari saluran pernapasan melalui lendir. Pada umumnya, batuk yang terjadi pada bayi merupakan suatu gejala infeksi yang disebabkan oleh virus flu biasa dan kondisi tersebut akan berangsur-angsur membaik dengan sendirinya paling tidak dalam waktu dua minggu.

Meski demikian, jangan pernah anda anggap remeh ketika bayi menderita batuk, apalagi jika membuat bayi rewel dan tidak mau makan atau menyusu. Bunda harus mencari tahu faktor penyebab dan juga obat batuk yang aman untuk diberikan kepada bayi.

Batuk sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Selain itu, batuk pada bayi juga dapat diertai dengan munculnya gejala lain seperti demam, pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan, mata merah, nafsu makan menurun dan gejala-gejala lain. Batuk yang disertai dengan gejala lain sering membuat bayi menjadi rewel.

Jika batuk terjadi pada bayi usia dibawah 4 bulan, biasanya bayi hanya akan mengalami batuk ringan saja. tetapi jika batuk yang terjadi secara sering atau disertai dengan gejala lain, maka kemungkinan kondisi tersebut menandakan adanya gangguan kesehatan yang cukup serius pada bayi. Bunda harus lebih cermat dalam menangani dan memberikan obat batuk yang aman untuk bayi anda, sebaiknya bunda bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pemberian obat yang tepat agar kondisinya tidak bertambah parah.

Obat Batuk Pilek Alami Untuk Bayi

Berikut ini beberapa jenis obat batuk pilek alami yang dapat anda berikan untuk bayi, diantaranya yaitu :

  • Madu

Madu memang menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya ampuh untuk mengobati batuk dan pilek pada bayi, namun madu ini tidak disarankan untuk diberikan kepada bayi usia dibawah 1 tahun. Manfaat madu untuk bayi sangat dipercaya mampu meredakan batuk dan pilek serta meringankan rasa sakit akibat radang tenggorokan. Anda bisa memberikan madu untuk bayi dengan dosis setengah sendok teh atau sekitar 2-5 ml sebelum tidur.

  • Istirahat Cukup

Jika si kecil terserang batuk dan pilek, maka sebaiknya usahakan agar si kecil lebih sering istirahat. Bunda bisa biarkan bayi anda tidur selama yang mereka inginkan.

  • Cukupi Asupan Cairan

Dengan mencukupi asupan cairan dalam tubuh bayi yang sedang terserang batuk dan pilek, maka dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir pada saluran pernapasan bayi. Untuk bayi usia diatas 6 bulan bisa bunda berikan minum air hangat dalam jumlah cukup atau bisa juga dengan memberikan mereka minum jus buah segar. Sedangkan untuk bayi usia dibawah 6 bulan, sebaiknya berikan ASI atau susu formula sesering mungkin agar tenggorokan bayi tidak kering.

  • Penguapan

Untuk membantu melegakan pernapasan pada bayi ketika terserang batuk dan pilek yaitu dengan melakukan penguapan. Caranya cukup sederhana, anda dapat mendidihkan air, lalu tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih. kemudian posisikan tubuh bayi anda tengkurap di pangkuan anda dengan wajah bayi menghadap ke wadah yang berisi air panas. Biarkan bayi menghirup uap dari air panas tersebut selama beberapa menit, biasanya pada saluran hidung dan mulut bayi akan mengeluarkan lendir dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain dengan pemberian obat batuk pilek alami diatas untuk bayi anda, batuk pilek pada bayi juga bisa diatas dengan menggunakan obat batuk generik di apotik yang bisa anda dapatkan di apotik terdekat atau di dokter andalan para ibu.

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi Yang Aman Diberikan

Ada banyak sekali merk dan jenis obat batuk pilek yang dijual bebas dipasaran, namun kebanyakan obat batuk tersebut diperuntukan bagi bayi dengan usia diatas 2 tahun saja. oleh karena itu, jangan pernah memberikan obat batuk tersebut tanpa rekomendasi dari dokter. Ada beberapa jenis obat yang biasanya diberikan oleh dokter untuk mengobati batuk pada bayi, diantaranya seperti :

  • Paracetamol Anak

Bunda bisa berikan bayi anda obat batu paracetamol anak, obat ini harus diberikan kepada bayi yang sudah berusia diatas 2 bulan dengan berat badan diatas 4 kg. Paracetamol anak ini dapat membantu meredakan batuk demam dan juga rasa nyeri, namun obat ini bukan untuk mengurangi pembengkakan dan juga mengatasi peradangan. Pemberian paracetamol anak ini cenderung lebih aman untuk pencernaan bayi apabila dibandingkan dengan ibuprofen, sehingga anda tidak perlu khawatir jika pemberian obat ini dilakukan sebelum makan.

Dosis pemberian paracetamol anak ini sebaiknya diberikan setiap 4 jam hingga 6 jam sekali, pastikan bunda tidak memberikannya lebih dari 4 kali dalam waktu 24 jam. Jika anda memberikan obat lain, pastikan jika obat tersebut tidak memiliki kandungan paracetamol dan berikan sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

  • Ibuprofen Anak

Selain paracetamol, obat batuk pilek untuk bayi lain yang bisa diberikan untuk bayi yaitu Ibuprofen. Pemberian obat ini sebaiknya diberikan kepada bayi berusia diatas 3 bulan dengan berat badan diatas 5 kg. Pemberian Ibuprofen cukup efektif untuk meredakan batuk pilek pada bayi dan juga dapat diberikan untuk menurunkan demam, menghilangkan rasa nyeri, mengurangi peradangan dan juga menghilangkan rasa sakit pada bayi.

Kerja Ibuprofen sendiri cenderung lebih kuat dibandingkan dengan paracetamol, sehingga bunda harus hati-hati agar tidak memberikan dosis secara berlebihan dan berikan dosis sesuai anjuran dokter. pemberian Ibuprofen pada bayi sebaiknya tidak lebih dari 3 kali dalam waktu 24 jam dengan jarak waktu pemberian tidak kurang dari 6 jam sekali. selain itu, pastikan sebelum memberikan obat ini, sebaiknya bayi diberi susu terlebih dahulu untuk mengisi perut bayi atau makan jika bayi anda sudah diberi makanan pendamping ASI.

  • Saline Drop

Obat batuk pilek pada bayi berikutnya yaitu Saline Drop. Obat ini berupa obat tetes yang dapat membantu dalam mengencerkan dahak yang kental, sehingga bayi akan lebih mudah untuk mengeluarkannya dan dapat membantu melegakan saluran pernapasan pada bayi.

Cara penggunaannya yaitu, teteskan larutan saline drop pada lubang hidung bayi anda. setelah itu, hisap lendir yang ada pada saluran pernapasan bayi dengan menggunakan alat penghisap lendir. Obat seline drop ini dapat dengan mudah anda dapatkan di apotik, namun kami sarankan agar anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter dalam penggunaan obat ini.

Perhatian :

Informasi yang kami bagikan diatas hanya sebatas informasi saja, sehingga alangkah baiknya jika anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter ketika bayi anda terserang batuk dan pilek.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa jenis obat batuk pilek pada bayi, semoga bermanfaat dan semoga bayi anda lekas sembuh.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • obat batuk pilek bayi
  • obat batuk pilek untuk bayi
  • obat pilek untuk bayi
  • obat pilek bayi
  • obat flu dan batuk untuk bayi
  • obat batuk ba
  • Obat pilek
  • obat pilek paling ampuh untuk anak
  • obat batuk unt
  • obat batuk anak yg manjur
  • obat batuk anak yang manjur
  • obat batuk:balita paling manjur
  • obat batuk bayi 6 bulan di apotik
  • obat batuk pilek pada bayi
  • obat batuk pil
Obat Batuk Pilek Bayi Alami dan Di Apotik Paling Ampuh | Doktersehat | 4.5
/* */