Kumpulan Penyakit

7 Obat Batuk Anak Secara Alami dan Tradisional Paling Ampuh

obat batuk anak

obat batuk anak

Obat Batuk Anak – Batuk adalah salah satu kondisi yang kurang nyaman bila dialami semua orang, terutama bagi si kecil. Anak-anak adalah yang paling rentan mengalami batuk. Batuk akan Sangat mengganggu si kecil untuk bermain bersama teman-temannya. Batuk adalah suatu respon dari saluran pernapasan terhadap benda-benda asing yang masuk kedalam saluran pernapasan. Faktanya apabila si kecil sangat mudah terserang batuk, tak terlepas dari imunisasi yang sangat rendah pada masa pertumbuhan si kecil.

Obat batuk alami adalah pilihan yang sangat cocok untuk obat batuk anak anda, dengan obat batuk alami segala jenis batuk mulai dari batuk berdahak sampai obat batuk kering dan batuk pilek, bisa cepat sembuh tanpa ada efek samping dari pengobatan.

Jenis Batuk Pada Anak Yang Perlu Di Waspadai

Batuk adalah penyakit yang dapat menular melalui udara. Perlu anda ketahui, batuk memiliki beberapa jenis batuk anak dan penyebab batuk pada anak anda, yaitu :

1. Batuk Berdahak

Batuk jenis ini adalah batuk yang mengeluarkan dahak. Penyebab utama terjadinya batuk berdahak disebabkan oleh adanya infeksi pada pernapasan sehingga sekresi sekret atau dahak, akan sering keluar. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pernapasan. Dan pastinya sangat tidak nyaman karena penderita batuk berdahak akan mengalami sulit bernapas bahkan menjadi sesak saat bernapas.

2. Batuk Disertai Tenggorokan Kering

Apabila si kecil mengalami batuk dengan kondisi tenggorokan kering, perlu bunda ketahui bahwa, penyebabnya adalah infeksi sinus. Apabila, kondisi ini terjadi pada si kecil. Jangan dibiarkan cukup lama, segera periksakan si kecil ke dokter, agar cepat mendapat penanganan yang tepat. Biasanya untuk batuk disertai tengggorokan kering di beri obat antibiotik.

3. Batuk Berdarah

Batuk berdarah diakibatkan karena pecahnya pembuluh darah kecil yang di picu dari batuk-batuk terlalu keras, atau bisa jadi karena terinfeksi penyakit bronkitis, kanker paru-paru, efek samping penggunaan obat-obatan, atau bisa jadi disebabkan oleh infeksi parasit.

4. Batuk disertai pilek

Biasanya si kecil sering mengalami batuk yang disertai pilek. Hal ini bisa terjadi pada kondisi batuk kering maupun batuk berdahak. Umumnya, batuk yang disertai pilek akan sembuh dalam kurun waktu satu minggu. Namun bisa lebih cepat apabila bunda cepat mengatasi kondisi seperti ini pada si kecil.

5. Stridor

Kondisi stridor adalah batuk yang disertai suara napas yang keras dan cenderung berisik. Apabila si kecil mengalami kondisi seperti ini, jangan ditunda-tunda lagi, segeralah memeriksakan kondisi si kecil ke dokter. Karena stridor adalah sebuah pembengkakan pada saluran pernapasan yang diakibatkan oleh virus.

6. Batuk Disertai Muntah

Seringkali batuk akan merangsang rasa ingin muntah. Meskipun kondisi ini tidak membahayakan, namun tetap saja harus mendapat perhatian lebih, agar tidak mengganggu kesehatan anak. Muntahnya pun berupa air dan lendir-lendir.

7. Batuk Setelah Minum Obat

Kondisi ini sering terjadi ketika si anak kecil habis meminum obat. Efek samping dari obat akan membuatnya terbatuk-batuk, kadang disertai muntah. Biasanya, obat yang memiliki efek samping seperti kondisi tersebut yaitu obat sejenis inhibitor.

8. Batuk Pada Waktu Malam Hari

Kondisi ini perlu diperhatikan apabila si kecil mengalami batuk namun hanya terjadi pada waktu malam hari saja. Batuk akan terjadi karena kondisi pada waktu berbaring di tempat tidur terjadi penyumbatan hidung lalu mengalir ke tenggorokan. Kondisi itulah yang membuat iritasi dan pada akhirnya terjadilah batuk. Konsultasi kondisi ini kepada dokter, karena dikhawatirkan si kecil menderita penyakit asma.

9. Batuk Mendadak

Kalau kondisi batuk mendadak ini, secara umum tidak membahayakan bagi si kecil. Penyebabnya yaitu karena tersedak oleh suatu makanan atau minuman yang masuk ke saluran yang salah. Sehingga mengakibatkan si anak menjadi batuk-batuk karena makanan atau minuman masuk ke saluran pernapasan bukan ke saluran pencernaan.

10. Batuk Menggonggong atau Batuk Parau

Batuk menggonggong terjadi yang disebabkan oleh peradangan trakhea. Peradangan trakhea pun terjadi akibat reaksi alergi atau juga karena perubahan suhu. Batuk menggonggong ini paling sering menyerang anak-anak usia 1-3 tahun.

Obat Batuk Anak Alami Paling Manjur

Setelah mengetahui berbagai macam jenis batuk, ada beberapa teknik penyembuhan secara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi batuk si kecil, berikut dibawah ini adalah obat batuk anak tradisonal paling ampuh

1. Jeruk dan Kecap

Resep yang satu ini, sudah sering di pakai dari jaman nenek moyang kita, apabila sedang mengalami batuk, obatnya yaitu jeruk dan kecap. Dan, benar saja, setelah mencoba menggunakan resep tradisional yang satu ini, reaksinya terbilang cukup cepat. Caranya sangat mudah sekali. Yaitu, peraslah jeruk nipis dan tambahkan satu sendok teh kecap, campur keduanya lalu minumlah secara rutin. Dan lihat hasilnya! Batuk segera menghilang. Si kecil pun dapat dengan nyaman bermain.

2. Jahe dan Kencur

Kedua macam tanaman herbal ini juga gampang dibuat untuk mengatasi masalah batuk. Masalah batuk anak akan cepat teratasi dengan obat tradisional anak apalagi obat batuk berdahak anak. Caranya praktis saja, cukup siapkan jahe dan kencur, masing-masing potong berukuran 1cm, tumbuk lalu rebuslah kedua ramuan tersebut. Setelah air rebusan tertinggal separuh, saring dan berikan untuk diminum kepada si kecil, apabila si kecil tidak menyukai rasanya, bisa ditambahkan madu untuk mendapatkan rasa manis.

3. Madu

Madu juga sangat baik untuk mengatasi batuk. Salah satu obat batuk alami untuk anak ini memang sangat ampuh. Karena, seperti yang telah diketahui bahwa madu memang memiliki banyak manfaatnya. Nah, caranya cukup mudah yaitu minumkan madu yang benar-benar murni kepada anak dua kali sehari. Dosisnya cukup satu sendok makan madu. Kandungan madu akan meredakan radang pada tenggorokan si kecil. Lakukan dengan rutin, sampai batuk pada si kecil sembuh.

4. Air putih

Perbanyaklah mengkonsumsi air putih, obat yang sangat sederhana namun apabila di minum minimal 8 gelas per hari, juga mampu mengatasi masalah batuk pada si anak. Jangan sampai si kecil kekurangan cairan dalam tubuh, semakin banyak cairan berkurang, maka kekebalan tubuh masin menurun dan batuk tidak akan berhenti menyerang si kecil. Air putih memang sudah dipercaya dapat menyehatkan tubuh.

5. Daun sirih

Obat tradisional memang pilihan yang tepat ketika si kecil mengalami batuk-batuk. Selain tidak memiliki efek samping, obat tradisional lebih menyehatkan tubuh si kecil daripada keseringan di beri obat batuk kemasan. Daun sirih, adalah salah satu jenis tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk pada si kecil. Caranya pun gampang, cukup ambil beberapa lembar daun sirih dan sedikit jahe, lalu rebus sampai air nya tinggal separuh, kemudian berikan kepada anak untuk di minum. Rasa mentol dari jahe akan meredakan peradangan pada tenggorokan.

6. Minyak Telon

Salah satu produk yang identik dengan si kecil, minyak telon rupanya ampuh mengatasi batuk. Apabila yang terserang anak yang berusia dibawah 6 bulan, batuk dapat dikurangi setelah minyak telon di oleskan ke tubuh si kecil, terutama di bagian dada dan leher. Niscaya batuk dapat berkurang dan lama-kelamaan akan menghilang dengan sendirinya.

7. Istirahat

Jangan sepelekan rutinitas yang satu ini. Dengan cukup beristirahat bisa menjadi obat batuk dan pilek terbaik dan juga si kecil lebih cepat pulih dari batuk dan juga pilek. Beristirahat adalah cara yang dianjurkan, karena ketika sedang mengalami batuk atau pilek, tubuh pasti akan menjadi lemah, oleh karena itu dengan beristirahat, akan mengembalikan daya tahan tubuh si kecil. Sehingga masalah batuk pun akan cepat teratasi.

jika anda membutuhkan referensi lain mengenai obat batuk yang lainnya silahkan lihat di obat batuk

Demikian penjelasan dari jenis-jenis batuk sampai pengobatan dengan obat batuk alami untuk si kecil. Semoga beberapa cara pengobatan alami batuk yang telah dipaparkan dapat menjawab permasalahan ibu-ibu ketika si kecil mengalami batuk. 🙂

kata untuk mencari artikel ini:
  • obat batuk anak tradisional yang ampuh
  • obat batuk anak tradisional
  • obat batuk alami untuk anak
  • obat batuk anak alami
  • obat batuk herbal anak
  • obat batuk alami untk anak
  • obat batuk alam
  • obat batuk anak tradisonal
  • Obt btk ank alami
  • contoh obat batuk untuk anak kecil
  • obat batuk anak tr
  • obat batuk anak herbal
  • daun untuk sakit kepala
  • obat alami batuk anak kecil
  • obat batuk alami pada anak
7 Obat Batuk Anak Secara Alami dan Tradisional Paling Ampuh | Doktersehat | 4.5
/* */